4 Alasan Pentingnya Memasang Exhaust Fan di Kamar Mandi

Kamar mandi adalah salah satu ruangan vital pada hunian. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kamar mandi bisa menjadi cerminan penghuninya. Itulah kenapa kenyamanan dan kebersihan kamar mandi harus selalu dijaga. 

Tidak perlu kamar mandi mewah untuk menjadikannya nyaman, karena kamar mandi minimalis dengan desain dan dekorasi yang tepat dapat membuatnya sempurna. Selain tata letak dan dekorasi yang tepat, salah satu hal yang dapat menambah kenyamanan dalam kamar mandi adalah kipas ventilasi yang popular disebut exhaust fan

manfaat exhaust fan
Nah, exhaust fan ini sudah banyak diaplikasikan pada desain rumah modern hingga rumah mewah. Exhaust fan memang belum banyak digunakan, karena masih kalah dengan jendela atau lubang angin sederhana yang lebih ekonomis.
 
Exhaust fan adalah perangkat ventilasi mekanis yang mengeluarkan udara dalam ruangan ke luar melalui tabung fleksibel. Kipas ini akan mengeluarkan kelembaban dan bau dari kamar mandi, sehingga meningkatkan kualitas udara. Untuk hal tersebut, ada yang memasang lebih dari satu exhaust fan dalam satu kamar mandi berukuran besar.
 
Tentunya tidak semua kamar mandi harus memiliki exhaust fan, karena yang sudah memiliki jendela mungkin tidak memerlukannya. Meski tidak diperlukan, exhaust fan adalah tambahan yang bagus untuk kamar mandi mana pun. Banyak orang berfikir kalau exhaust fan hanya berfungsi sebagai penghilang bau kamar mandi. 

Faktanya, fungsi penting kipas ventilasi kamar mandi ini adalah untuk mengeluarkan udara hangat dan lembab, yang dihasilkan dari penggunaan air.
 

Kelebihan Exhaust Fan untuk Kamar Mandi

1. Menghilangkan bau dan uap tanpa membuka jendela.

model exhaust fan

Di beberapa kota, kipas ventilasi kamar mandi memang tidak dibutuhkan jika ada jendela yang dapat dioperasikan.  Membuka jendela di hari panas yang lembab tidak banyak membantu. Kelembaban yang masuk dapat menyimpan kondensasi tambahan pada permukaan kamar mandi.
 
Saat musim dingin, kamar mandi pasti akan menghasilkan uap banyak, sedangkan anda enggan membuka jendela. Exhaust fan  dapat menghilangkan kelembaban tanpa membuka jendela dan membiarkan udara dingun masuk.
 

2. Mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh air.

fungsi exhaust fan

Cermin berkabut bukan satu-satunya masalah di dalam kamar mandi tanpa ventilasi. Udara yang lembab adalah lingkungan sempurna untuk jamur, lumut dan pertumbuhan mikroorganisme. Jamur menghasilkan spora di udara yang dapat memperburuk alergi dan seiring waktu menyebabkan kerusakan struktural. 

Kelembaban yang tinggi pada ruangan dapat merusak material interior ruang seperti wallboard, cat tembok, trim hingga pintu masuk. Exhaust fan dapat melindungi kualitas udara dan permukaan kamar mandi, serta dengan cepat menghilangkan udara lembab dari kamar mandi.
 

3. Tidak bising saat menyala.

Awal dipasarkan, exhaust fan memang memiliki suara bising. Namun, semakin berkembangnya teknologi, kinerja alat sudah ditingkatkan tanpa menimbulkan suara bising. Untuk mendapatkan exhaust fan yang senyap dan tidak bising, tentu ada berbagai merk dan harga beragam yang bisa anda pilih dengan keunggulan masing-masing.
 

4. Memiliki fitur-fitur tambahan

fitur exhaust fan

Ada berbagai kipas ventilasi yang menggabungkan berbagai fitur dan gaya, tidak hanya untuk estetika kamar mandi saja, tetapi juga meningkatkan fungsi kipas. Ada model exhaust fan dengan tambahan fitur pemanas internal yang membantu menghangatkan ruangan. Kipas ventilasi kamar mandi lainnya ada yang dilengkapi dengan sensor kelembaban yang dapat diatur untuk menyala ketika kelembaban udara mencapai tingkat tertentu. 

Ada juga yang dipasang detektor gerakan, dimana kipas menyala saat seseorang masuk kamar mandi, kemudian mati beberapa menit setelah tidak ada gerakan terdeteksi. Anda bisa memilih exhaust fan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda. Baca : 50 Desain Kamar Mandi Minimalis Sederhana. 
 
Bagi yang suka dengan desain kamar mandi minimalis yang serba praktis, anda bisa mengaplikasikan exhaust fan dengan lampu, agar anda tidak perlu menambah lubang tambahan pada langit-langit. Ada banyak model exhaust fan yang memiliki lampu, beberapa diantaranya juga memberikan pencahayaan malam yang menenangkan. Anda bisa memilih bola lampu yang terang untuk penggunaan siang dan bola lampu lembut (7 watt) untuk malam.
 
Itu adalah empat kelebihan exhaust fan kamar mandi yang harus anda ketahui. Anda bisa menyalakan exhaust fan segera setelah menyalakan pancuran. Biarkan kipas tetap menyala sekitar 20 menit setelah selesai mandi. Ini akan membantu menjaga kamar mandi anda bebas dari kelembabapan dan jamur.
 

Bagaimana memilih exhaust fan kamar mandi yang tepat?

memilih exhaust fan

Kebutuhan akan ventilasi dan pergerakan udara yang tepat merupakan pertimbangan dalam pemasangan exhaust fan untuk kamar mandi. Pergerakan udara biasanya diukur dalam CPM (cubic feet per minute), yaitu pengukuran standar aliran udara kipas. Sebagian besar kamar mandi bekerja untuk 1 CPM per kaki persegi area kamar mandi. Anda bisa mendiskusikannya dengan ahli professional untuk hal tersebut.
 
Sebelum memilih exhaust fan, anda perlu mempertimbangkan :
  • Kapasitas aliran udara.
  • Fitur spesial.
  • Gaya dan warna.
  • Tingkat kebisingan.
  • Budget.

Exhaust fan bervariasi dalam ukuran, gaya dan warna. Ada kipas yang berfungsi sebagai kipas saja, dan ada juga unit kombinasi. Hal yang paling peting adalah tetap memastikan kipas beroperasi pada kapasitas yang cukup untuk ukuran kamar mandi. 

Semakin besar kapasitas memang semakin baik, tetapi bisa saja terlalu kuat untuk ruang yang dapat menciptakan situasi tekanan negatif di kamar mandi. Hal ini berpotensi mengganggu pengoperasian saluran. Jadi sangat penting untuk memilih ukuran exhaust fan yang sesuai dengan ukuran luas kamar mandi anda.
 
Nah, sudah tahu bukan pentingnya exhaust fan bagi kamar mandi?. Tanpa kipas ventilasi, kamar mandi rentan terhadap penumpukan kelembaban yang meningkatkan kemungkinan merusak dinding, lantai, langit-langit, hingga perlengkapan kamar mandi. Untuk kamar mandi yang aman dan sehat, jangan lupa selalu sediakan ventilasi guys!.
 
Ref : home.howstuffworks, centralhtg, bobvila, thespruce.