Tips Jitu Menjaga Kebersihan Ventilasi Udara di Rumah

Ventilasi rumah adalah salah satu bagian penting di sebuah bangunan. Di semua hunian baik itu perumahan di Bogor, Bali, Medan dan kota lain, ventilasi akan selaluada. Bagian yang menjadi jalur keluar masuk udara ini sangat vital karena berkaitan dengan kualitas udara di dalam hunian.
Tips Menjaga Kebersihan Ventilasi Udara
Fungsi Ventilasi Udara
Lantas, apa saja ya fungsi dari ventilasi udara di rumah?. Berikut ini ada penjelasan mengenai fungsi ventilasi.

Fungsi Ventilasi Rumah

Agar kamu lebih paham apa fungsi ventilasi, berikut ini kamu beberkan penjelasan selengkapnya. Yuk kita simak bersama!

Menjadi jalur masuk dan keluar udara

Fungsi pertama ventilasi rumah adalah sebagai jalur masuk dan keluarnya udara. Umumnya ventilasi ini dipasang di atas pintu atau jendela. Semua pintu ruangan harus dipasang ventilasi. Tujuannya agar semua ruangan tetap mendapatkan udara.

Menghilangkan sumpek

Pernah masuk ke gudang di rumah? Kamu merasa ruangan itu pengap atau sumpek? Nah, ini adalah akibat dari kurangnya udara yang masuk ke ruangan tersebut. Kondisi sumpek ini pun diakibatkan karena ruangan tersebut jarang dibuka. Oleh karena itu penting sekali memasang ventilasi supaya udara bisa mengalir lewat ventilasi.

Membuat area indoor tidak bau

Tahukah kamu mengapa sebuah ruangan yang sumpek bisa bau? Ya, bau atau aroma tidak sedap ini disebabkan karena udara yang tidak mengalir dengan lancar. Untuk itu perlu sekali memasang ventilasi di setiap ruangan khususnya di atas pintu dan jendela rumah.

Menjadi sumber cahaya

Sebuah ruangan yang ditutup rapat tidak akan mendapatkan cahaya. Padahal cahaya matahari bisa membunuh bakteri yang ada di dalam rumah dan juga menghilangkan bau tak sedap. Oleh karena itu ventilasi ini sangat diperlukan sebuah rumah agar penghuni tetap bisa hidup nyaman. Jadi jangan biarkan ruangan di rumah kamu gelap ya, karena bisa mengundang bibit penyakit.

Tips Menjaga Kebersihan Ventilasi Udara di Rumah

Tips Menjaga Kebersihan Ventilasi Udara
Tips Menjaga Kebersihan Ventilasi

Setelah kamu memahami fungsi ventilasi udara, berikut ini ada tips untuk menjaga kebersihan ventilasi rumah. Yuk kita simak informasi selengkapnya berikut!

Gunakan jaring ventilasi

Saat kamu memasang ventilasi udara, pastikan kamu juga melapisinya dengan jaring ventilasi. Tujuan pemasangan jaring ventilasi ini sebagai penghalang debu dan kotoran yang akan masuk ke ruangan. Pastikan kamu melakukan penggantian jaring ventilasi apabila sudah tidak layak pakai atau sobek. Hal ini untuk mencegah nyamuk atau lalat yang bisa menyusup ke dalam rumah.

Bersihkan debu di sekitar ventilasi

Selanjutnya bersihkan debu di sekitar ventilasi. Untuk membersihkan ventilasi, kamu bisa melepas jaring penutup dulu setelah itu bisa kamu lap dengan kain basah atau vacuum cleaner. Pastikan kamu menggunakan pelindung mata dan masker saat membersihkan debu agar kotoran tidak masuk ke mata atau alat pernapasan kamu.

Pasang pewangi ruangan di dekat ventilasi

Selain itu kamu juga bisa memasang pewangi ruangan di dekat ventilasi. Tujuannya bisa memberikan aroma wangi untuk area di dalam rumah. Namun, kamu harus memastikan pewangi ruangan yang kamu gunakan tidak mengganggu pernapasan ya. Pilih pewangi yang mempunyai wangi netral dan tidak terlalu menyengat. Kamu bisa menggunakan pewangi yang bentuknya padat.

Apakah kamu sudah memahami tips menjaga kebersihan ventilasi rumah? Nah, kalau sudah paham jangan lupa untuk memastikan kamu menjaga ventilasi di rumah ya. Apabila kamu punya rumah di Bogor, di Jakarta, Palembang dan kota-kota lain pastikan kamu selalu menjaga kebersihan ventilasi ya.

Related Posts