8 Tips Desain Ruang Keluarga Minimalis Serba Praktis

Gaya minimalis menjadi konsep yang sedang digandrungi saat ini. Hampir semua orang mengubah sudut-sudut rumahnya menjadi minimalis, tak terkecuali dengan ruang keluarga minimalis.

Sebagian besar ruang keluarga terletak di bagian depan rumah dan ada yang fungsinya menjadi satu dengan ruang tamu. Beberapa rumah memang sudah menghilangkan perbedaan antara ruang tamu dan ruang keluarga. Hal ini karena banyak orang yang hanya menginginkan satu ruang yang multifungsi.

Ruang keluarga merupakan ruang multifungsi yang menyediakan ruang untuk relaksasi, bermain game, menonton televisi, bersosialisasi dengan keluarga dan teman. Bahkan, ruang keluarga juga digunakan untuk menjamu tamu dalam suasana formal.

Desain ruang keluarga minimalis tidak hanya menarik dari segi tampilan, tetapi juga cukup nyaman digunakan untuk beraktivitas maupun diberi sentuhan personal. Berikut beberapa tips dan trik desain gaya minimalis yang akan menjadikan desain ruang keluarga anda lebih nyaman, cantik dan modern :

1. Skema warna ruang minimalis

ruang keluarga minimalis
Elemen warna sangat penting saat mendesain ruang keluarga minimalis. Agar desain interior tidak keluar dari kesan minimalis, maka gunakan warna terang yang netral seperti putih, abu-abu muda, coklat muda dan putih gading. Warna-warna tersebut bisa menjadi alternatif saat memilih untuk desain ruang minimalis. 

Warna-warna tersebut tidak selalu diterapkan pada dinding atau lantai, tetapi juga bisa dihadirkan melalui furniture yang ada seperti sofa, meja, rak TV, rak dinding dan sebagainya. 

Namun, jangan takut juga untuk memberikan warna-warna berani untuk ruangan yang didedikasikan untuk kesenangan. Memberikan perbedaan mencolok antara ruang tamu dan ruang keluarga akan membantu anak-anak memahami peran masing-masing ruang, serta dapat menarik mereka ke ruang yang lebih cocok untuk bermain. 

2. Buat ruang keluarga di dekat dapur

ruang keluarga minimalis

Jika mencari ide ruang keluarga terbuka, pertimbangkan untuk mengubah area dapur-ruang makan yang luas menjadi ruang keluarga. Ruang keluarga yang dekat dapur dapat menjadi tempat yang lebih santai untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, daripada ruang tamu yang sedikit lebih formal. 

Tanpa adanya sekat antara ruang keluarga dan dapur, akan membuat area terasa lapang. Area sarapan yang meluas ke ruang keluarga dengan area TV yang nyaman, menciptakan ruang tanpa batas yang sempurna untuk menikmati cemilan, bersantai selepas kerja dan sebagainya. 

3. Minimalkan pola pada interior ruang keluarga

desain ruang keluarga

Jika anda suka menerapkan pola pada interior, sebaiknya tidak melakukannya jika ingin desain ruang keluarga minimalis menjadi lebih maksimal. Kehadiran pola, yang biasanya diterapkan pada dinding dan ubin - apalagi dalam pola ramai, akan menghilangkan kesna modern dan minimalis dalam ruang keluarga anda. 

Jika anda khawatir interior menjadi lebih kaku dan biasa-biasa saja, anda bisa menerapkan sedikit pola pada elemen dekorasi, seperti bantal sofa, karpet, detail lampu atau karya seni pilihan anda. 

4. Gunakan furniture yang dibutuhkan

desain ruang keluarga

Elemen terpenting pada ruang keluarga adalah furniture. Pastikan menggunakan furniture yang benar-benar dibutuhkan di ruang keluarga, seperti rak dinding, sofa dan meja. Pilih furniture yang memiliki gaya desain minimalis sehingga dapat menunjang suasana minimalis pada desain ruang keluarga anda. Hindari furniture berlebihan dengan banyak detail agar tidak merusak komposisi ruang minimalis anda. 

Aplikasikan sofa terbaik yang membuat siapapun nyaman berada di atasnya, saat menonton TV, membaca maupun bersantai. Pertimbangkan dofa sudut bentuk L yang biasanya dapat menampung lebih banyak orang dan menawarkan kesempatan tiduranBagus juga untuk memiliki beberapa kursi santai atau kursi yang lebih tegak, karena tidak semua orang suka duduk di sofa yang rendah dan dalam. 

Menjadi tempat berkumpulnya keluarga, menjaga ruang keluarga tetap rapi bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu tempat penyimpanan sangat penting untuk mengatasi ruangan yang berantakan. Penggunaan furniture built-in sangat bagus untuk membantu memaksimalkan ruang terbatas tanpa mengurangi estetika. Anda bisa membingkai area TV dengan rak, tempat majalah di sisi sofa, area meja samping untuk menyimpan mainan anak-anak dan lain sebagainya. 

5. Gabungkan dengan area santai

ruang keluarga minimalis

Tidak hanya sebagai tempat berkumpulnya keluarga, anda bisa menjadikan ruang keluarga sebagai tempat santai dan relaksasi untuk anda. Tambahkan sesuatu yang bisa membuat anda nyaman disana. Jika suka membaca buku, anda bisa menambahkan rak buku disana. anda bisa meletakkan humidifier agar kelembaban terjaga, atau menambahkan karpet untuk area bermain anak-anak dan menaruh lemari built-in untuk penyimpanan. 

Jangan lupa untuk tidak menaruh banyak furniture disana. Pastikan apa yang ingin anda aplikasikan tidak mengganggu tampilan ruang minimalis anda. Maksimalkan seluruh ruang untuk menghemat space dan sediakan tempat penyimpanan built-in dan jaga selalu kerapian ruangan anda. 

6. Aplikasikan dekorasi personal di ruang keluarga

desain ruang keluarga

Sesuai namanya, ruang keluarga adalah pusat berkumpulnya keluarga anda. Jadi jangan segan untuk memasang apapun yang berhubungan dengan keluarga anda. Lagipula, desain ruang keluarga minimalis tidak lengkap tanpa adanya dekorasi. Namun ingat, dekorasi yang berlebihan juga dapat membuat ruang keluarga anda kehilangan nuansa minimalisnya. 

Setiap ruang keluarga harus memberikan indikasi keluarga yang tinggal disana, entah itu melalui foto, karya seni, buku, atau yang lain. Fokuslah pada beberapa dekorasi pribadi agar ruang keluarga minimalis anda tetap terasa homey. Anda bisa menempatkan kolase bingkai foto keluarga, kerajinan tangan pribadi atau koleksi barang favorit yang bisa menjadi dekorasi cantik di ruang keluarga. 

7. Gunakan tanaman indoor untuk menambah kesejukan

ruang keluarga minimalis

Besar atau kecil ruangan. seperti kurang segar jika tidak menempatkan tanaman indoor disana. Tanaman adalah bagian dari dekorasi interior yang akan memberikan nuansa segar pada ruang keluarga minimalis. Anda bisa menambahkan tanaman indoor di pojok ruangan, di atas meja atau bufet, hingga tanaman gantung di dekat jendela. 

Pilih tanaman indoor yang mudah dirawat dan hanya membutuhkan sedikit air atau butuh waktu penyiraman sekali selama beberapa minggu. Anda bisa mengaplikasikan tanaman philodenderon, english ivy, peace lily dan sebagainya. Baca : 11 Rekomendasi Tanaman Hias yang Mudah Dirawat & Banyak Manfaat.

8. Maksimalkan pencahayaan dan bentuk

desain ruang keluarga

Penataan cahaya cukup penting dalam desain rumah minimalis, karena cahaya berpengaruh pada tampilan ruang. Cahaya yang terang akan membuat ruang tampak lebih luas, begitu pula sebaliknya. Saat memilih lampu, hindari lampu dengan bentuk rumit seperti tempat lilin atau lampu kristal. Pilih lampu yang simple dan minimalis dengan bohlam yang cukup untuk memberikan pencahayaan yang baik untuk desain ruang keluarga anda. 

Pencahayaan yang terlalu redup kurang baik untuk konsep ruang minimalis. Lebih beruntung lagi jika ruang keluarga anda mendapat cahaya alami dari jendela. Jangan segan mengaplikasikan jendela lebar pada dinding atau pintu kaca yang menghubungkan ruang keluarga dengan halaman belakang. 

Itu adalah beberapa tips dan trik desain ruang keluarga minimalis yang bisa anda coba. Membuat ruang keluarga tampak homey dan nyaman memang tidak sulit. Intinya, untuk mendesain ruang keluarga yang fungsional dan dekoratif, pilih perabotan  yang dapat menghindari kepadatan ruang. 

Gabungkan furniture yang memungkinkan mobilitas dan aktivitas multiguna (makan, bermain game, menonton TV, dst). Jangan lupa menempatkan barang-barang dekoratif ataupun aksesoris yang indah, karena sentuhan kecil dapat membuat hasil yang luar biasa. Semoga artikel Tips Desain Ruang Keluarga Minimalis bermanfaat!

Ref : homedcorhub, homesandgardens, purewow, scottmcgilivray.