8 Ide Cantik Memanfaatkan Bambu Untuk Dekorasi Interior

Ada banyak cara dan material yang bisa digunakan untuk mendesain interior rumah. Mendesain interior rumah harus disesuaikan dengan gaya rumah. Kini, gaya rumah klasik hingga modern hampir tidak pernah lepas dari efek kayu. Sedangkan untuk menggunakan kayu, ada banyak alternatif yang bisa menjadi pertimbangan. 

Alih-alih menggunakan kayu keras, alternatif yang bisa anda gunakan untuk membuat interior kayu khas pedesaan adalah bambu, yang dikenal lebih murah daripada berbagai jenis kayu lainnya. Hal ini tentu akan lebih menghemat budget, tetapi tetap menampilkan hasil sempurna. 

Bambu bukanlah bahan biasa karena memiliki sejarah panjang dan pernah digunakan untuk furniture di seluruh dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, produk berbahan bambu juga semakin populer, karena ramah lingkungan. Beberapa produk bambu yang telah dikembangkan digunakan untuk bahan bangunan, jalan, jembatan, obat-obatan, produksi tekstil, makanan, bahan bakar, produk kertas, peralatan makan, dan sebagainya. 

Beberapa alasan kenapa bambu menjadi produk dekorasi, serta ramah lingkungan yaitu :
  • Bambu bisa panen dalam 1-5 tahun tergantung spesiesnya. 
  • Tidak memerlukan penanaman kembali. 
  • Dapat tumbuh dimanapun dan tidak perlu pupuk. 
  • Tak ada bahan kimia yang diperlukan untuk melindungi bambu.
  • Dapat menyerap hingga 35% gas rumah kaca. 

Bambu dapat menggantikan banyak jenis kayu keras dan plastik. Itulah kenapa anda bisa memanfaatkan bambu dalam banyak hal, termasuk untuk pagar rumah maupun pelengkap interior minimalis pada hunian anda. Jika penggunaan bambu biasanya cenderung ke desain pagar rumah, gazebo dan bagian eksterior yang lain, kali ini akan membahas pemanfaatan bambu pada interior rumah. Baca : 70 Model Gazebo Kayu Sederhana di Taman. 

Berikut beberapa ide desain dan dekorasi rumah berbahan bambu yang bisa menjadi inspirasi untuk hunian anda :

1. Furniture

furniture bambu
Furniture berbahan bambu kini banyak digunakan banyak orang di berbagai dunia. Bambu lebih keras dari kebanyakan bahan, sehingga sangat kuat dan ideal untuk membuat furniture. Bentuk dan warna alami bambu memberikan daya taris estetis pada furniture bambu dimanapun anda meletakkannya. 

Melihat beberapa alasan yang telah ditulis di atas, tak diragukan lagi bahwa bambu lebih baik digunakan untuk beberapa jenis furniture daripada menggunakan kayu biasa. Untuk model furniture bambu pun juga beraneka ragam. Anda bisa memilih desain furniture sesuai gaya rumah anda. 

Anda bisa menggunakan bambu untuk kursi sofa, meja, lemari hingga rak. Rak bambu tidak hanya cocok digunakan pada area eksterior saja, tetapi juga interior. Anda bisa menghemat budget dengan menggunakan rak bambu. Rak terbuka ini cocok dipasang di berbagai area di rumah, seperti kamar mandi, dapur maupun ruang tamu rumah anda. 

2. Partisi Ruangan

sekat bambu

Bingung mencari desain sekat ruangan yang ekonomis?, maka bambu bisa jadi solusinya. Partisi bambu cocok untuk rumah tradisional hingga rumah mewah, tergantung bagaimana anda memilih model yang sesuai untuk rumah anda. Partisi bambu dengan warna natural akan memberikan efek sejuk pada ruangan anda. 

Selain partisi ruangan, anda juga bisa memanfaatkannya sebagai layar area privasi atau kerai. Kerai bambu ini biasanya lebih digunakan untuk penghalang sinar matahari dan dipasang pada area teras.

3. Lantai

lantai kayu

Meski tanaman bambu adalah sejenis rumput, bukan pohon, lantai bambu sangat mirip dengan lantai kayu, bahkan bisa diperbaiki dengan cara yang sama. Bambu sama kerasnya dengan jenis kayu kebanyakan dan juga tahan terhadap kelembaban. Ada beberapa jenis lantai bambu dengan proses pembuatan yang berbeda, yaitu :
  • Stranded Bamboo (Untaian Bambu) : Batang bambu dicabik menjadi untaian kecil yang dipadatkan menjadi lembaran menggunakan bahan pengikat panas dan resin, kemudian dipotong menjadi papan-papan.
  • Horizontal Bamboo Flooring (Lantai Bambu Horisontal) : Memotong untaian bambu menjadi strip tipis, kemudian dilekatkan untuk membentuk papan. 
  • Engineered Bamboo Flooring (Rekayasa Lantai Bambu) : Mengikat lapisan tipis bambu ke kayu lapis atau inti MDF. Termasuk bentuk lantai bambu paling murah, tahan lama dan tidak bisa dipoles ulang. 

4. Jendela

desain jendela klasik

Jika tinggal pada hunian klasik, anda bisa melengkapinya dengan jendela bambu. Biasanya jendela bambu banyak diaplikasikan pada Vila khas pedesaan. Anda bisa memasukkan bambu pada desain jendela. Andap dapat membuat seluruh struktur menggunakan potongan bambu tipis untuk memberikan nuansa desain rumah tropis. Model jendela bambu ini dapat anda pasang dimana saja di rumah. 

5. Railing

railing tangga kayu

Jika anda tidak ingin banyak mengaplikasikan bambu ke dalam desain interior minimalis, maka pagar sederhana bisa menjadi alternatif yang ideal. Bukan pagar area luar rumah, tetapi pagar pada interior atau railing. Railing adalah konstruksi besi yang dipadu menjadi suatu pegangan (pengaman) sekaligus pagar lantai pada rumah bertingkat. 

Alih - alih menggunakan besi, anda bisa menggantinya dengan bambu. Warna cokelat pada pagar berfungsi sebagai koneksi antara interior modern dan pedesaan, menghasilkan tampilan interior yang sempurna. 

6. Pintu

pintu kayu

Pintu kayu memang sudah umum digunakan, tetapi bagaimana dengan pintu bambu?. Pintu dianggap sebagai elemen penting di setiap rumah. Dengan membuat pintu rumah berbahan bambu, dapat meningkatkan kesan unik pada desain interior minimalis rumah anda. Apalagi, pintu bambu juga jauh lebih ringan dari pintu kayu lainnya. 

Model pintu bambu bukan hanya jajaran bambu layaknya pintu pagar halaman. Kini, ada berbagai model pintu bambu yang sudah di modifikasi dengan konstruksi yang kokoh. Anda bisa mencari model pintu bambu yang mungkin di kombinasi dengan material lain, atau pintu bambu dengan gaya anyaman yang berbeda. 

Tatanan bambu yang kontras akan menciptakan kisi bergaya kontemporer yang menambah desain eksklusif pada hunian anda. Pintu interior bambu adalah pilihan sempurna untuk rumah modern mana pun, karena menambah daya tarik dimanapun pintu ditempatkan. 

7. Hiasan

kerajinan tangan bambu

Manfaat bambu untuk interior rumah selanjutnya adalah hiasan dari kerajinan tangan yang bisa dipasang untuk mempercantik interior anda. Anda bisa membuat banyak hal dari bambu, seperti lukisan pada bambu yang kemudian dipasang di dinding, seperti cenderamata yang banyak dijumpai di tempat-tempat wisata. Anda juga bisa membuat vas bunga, lampu kamar, asbak rokok, anyaman hias untuk digantung di dinding, pot gantung, miniatur, dan sebagainya. 

8. Tanaman Hias

bambu hias

Tanaman bambu bisa menjadi cara yang bagus untuk menggabungkan material tanpa membuat struktur permanen. Tanaman bambu hias dapat digunakan untuk menambahkan sentuhan hijau ke dalam interior rumah dan dapat dilepas kapanpun. Tanaman bambu tidak membutuhkan banyak perawatan, jadi bisa menjadi salah satu pilihan jika anda sedang mencari tanaman hias untuk interior. Baca : 7 Fakta Bambu Keberuntungan, Bambu Cina Penghias Interior.

Tidak semua jenis bambu dapat diaplikasikan dimanapun anda mau. Bambu hias yang terlalu besar dapat mengganggu anda jika diletakkan dalam rumah. Selain bambu hias (bambu keberuntungan), berbagai jenis bambu hias yang cocok untuk interior adalah bambu gendang, bambu air dan jenis lainnya yang tidak tumbuh terlalu tinggi. 

Itu adalah beberapa ide pemanfaatan tanaman bambu untuk desain interior rumah anda. Secara keseluruhan, bambu bisa digunakan di area eksterior sebagai pagar, ayunan, hiasan, kursi taman, rak tanaman, dan sebagainya. Namun ternyata mengaplikasikan bambu ke dalam hunian juga tidak akan mengurangi estetika interior anda, jika anda bisa mendekorasinya dengan baik dan tepat. Semoga artikel Ide Memanfaatkan Bambu bermanfaat!.