7 Fakta Bambu Keberuntungan, Bambu Cina Penghias Interior

Siapa saja yang menyukai tanaman hias pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman bambu Cina yang populer disebut fortunate bamboo. Bentuk tanaman yang cantik, unik dan mungil ini menjadi incaran banyak orang untuk melengkapi desain interior

Dari sekian banyak tanaman hias, bambu Cina adalah salah satu yang dikenal dapat meningkatkan feng shui. Bambu keberuntungan ini telah menjadi budaya di Tiongkok selama lebih dari 4.000 tahun dan populer selama perayaan Tahun Baru dan acara keagamaan lainnya.

Bambu keberuntungan adalah tanaman indoor yang menarik, populer, dan mudah dirawat dalam ruangan. Bambu ini memiliki banyak nama umum, termasuk bambu keberuntungan, bambu air Cina, bambu keriting, cemara Belgia, tanaman pita, bambu persahabatan, dan tanaman Dewi Belas Kasih. Selain itu, ada berbagai fakta tentang bambu cantik ini. Hm…apa itu?

Berikut beberapa fakta tentang bambu hias yang perlu anda ketahui:

1. Bukan tanaman bambu

bambu keberuntungan
Banyak orang mengira tanaman ini adalah bambu asli. Padahal, tanaman hias ini bukanlah tanaman bambu seperti nama ilmiahnya, melainkan sejenis teratai tropis bernama Dracaena Sanderiana. Tanaman ini dinamai tukang kebun Jerman-Inggris terkenal bernama Henry Frederick Conrad Sander.

2. Digunakan sebagai feng shui.

bambu cina

Bambu hias ini berasal dari Asia Tenggara dan terkenal karena penggunaannya dalam Feng Shui selama lebih dari 5.000 tahun. Tanaman hias ini dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran di tempat penanamannya. Bambu Cina juga dikenal dapat meningkatkan aliran energi positif dalam sebuah ruangan jika ditempatkan pada arah yang benar.

Bambu cina biasanya merupakan tanaman hias dalam ruangan yang dilengkapi dengan tali merah sebagai pengikat. Tanaman bambu ini mewakili unsur kayu. Pita merah yang diikatkan di sekelilingnya melambangkan elemen api. Hal ini dikenal untuk menciptakan rasa keseimbangan dan keamanan dalam hidup.

Elemen Fengshui dalam bambu Cina:
  • Tanah: Kerikil, batu atau tanah jika ditanam di media tanah.
  • Air : Air untuk menopang tanaman.
  • Kayu : Tangkai tanaman.
  • Api: Pita merah melilit batang.
  • Logam: Wadah kaca (diklasifikasikan sebagai logam dalam sistem feng shui). Jika tidak menggunakan kotak kaca, dapat memasukkan koin logam ke dalamnya.

Tempatkan bambu Cina di atas meja bundar, bukan bujur sangkar yang cenderung memotong energi positif chi. Jika ditempatkan di kantor, letakkan di timur atau tenggara. Untuk keberuntungan, selatan adalah arah terbaik. Jika anda ingin meletakkannya di dapur, tiga atau lima batang bambu bisa diletakkan di atas lemari es.

3. Memiliki arti tertentu

bambu keberuntungan

Menurut tradisi Cina, bambu keberuntungan ini memiliki banyak arti tergantung pada jumlah batangnya. Tak hanya bermanfaat untuk interior rumah, tanaman bambu hias pun bisa dijadikan sebagai hadiah untuk orang tersayang.

Berbagai simbol bambu Cina adalah sebagai berikut:
  • Satu batang: kemakmuran dan umur panjang.
  • Dua batang: cinta dan dikatakan menggandakan keberuntungan.
  • Tiga tongkat : kekayaan, kebahagiaan dan umur panjang.
  • Lima tongkat : kekayaan sempurna untuk diberikan kepada seseorang yang menginginkan pertumbuhan dalam bisnisnya.
  • Enam tongkat : semoga sukses dan sejahtera.
  • Tujuh batang : kekayaan, kebahagiaan dan kesehatan.
  • Delapan batang : semoga sukses dan bertindak sebagai motivator.
  • Sembilan tongkat : semoga berhasil.
  • Sepuluh batang : kelengkapan dan kesempurnaan.
  • Dua puluh satu batang : kelimpahan dan berkah.

Tidak ada empat batang di atas karena empat melambangkan hal-hal buruk. Mengapa?, karena dalam bahasa Cina, kata untuk "empat" terdengar sangat mirip dengan "kematian" dan hanya dibedakan oleh nada yang memisahkan kedua kata tersebut.

Gunakan simbolisme tanaman bambu hias (bambu keberuntungan) yang tercantum di atas untuk menemukan jumlah batang yang tepat untuk orang yang dicintai.

4. Dapat dirancang dalam berbagai bentuk

bambu cina

Bambu Cina ini mudah dikenali karena dapat tumbuh hingga satu meter dan memiliki batang yang indah dengan daun hijau yang kaya. Dengan sedikit perawatan ekstra, anda bahkan bisa menata batang bambu agar tumbuh dengan pola yang khas.

Salah satu keunikan bambu hias adalah bentuk desainnya yang beragam. Anda bisa mendesain tanaman hias ini 2 lapis, 3 lapis, 7 lapis. Anda bisa berkreasi membentuk batang elastis dengan berbagai bentuk yang menarik, seperti spiral misalnya.

5. Mudah dirawat

bambu cina

Bambu Cina merupakan tanaman yang mudah perawatannya, sehingga sangat cocok dan bagus untuk interior. Tanaman ini tumbuh dengan baik di tanah atau air, tetapi bertahan lebih lama jika ditanam di tanah. Tanah harus dijaga agar sedikit lembab. Jadi jangan terlalu sering disiram, tapi jangan sampai mengering.
Jika tumbuh di air, air harus diganti setiap minggu untuk mencegah pembusukan akar. 

Bambu Cina menyukai kondisi yang sedikit tropis dan baik dalam cahaya tidak langsung dengan kisaran suhu 18-35 derajat celcius. Untuk desain interior, biasanya bambu Cina ditanam dalam vas kaca berisi kerikil dan air. 

Tips Merawat Bambu Cina :
  • Tanaman ini tumbuh baik di tempat terang, tapi jangan ditaruh langsung sinar matahari. air yang cukup untuk menutupi akar. Gunakan air murni atau air suling. Air minum kemasan dapat membuat penumpukan garam atau mineral yang berbahaya bagi tanaman.
  • Gunakan pupuk tanaman hias cair setiap 3-4 minggu sekali.
  • Jika daunnya menguning, segera potong agar daun yang hijau bisa tumbuh kembali.

6. Beracun bagi hewan

bambu keberuntungan

Tanaman bambu Cina tidak beracun bagi manusia, tetapi beracun bagi kucing dan anjing. Jadi, jika anda memiliki hewan peliharaan, pastikan untuk menjauhkannya dari jangkauan. Jika tertelan, dapat menyebabkan pupil melebar, sakit perut, peningkatan denyut jantung dan air liur. Kucing yang memakan tanaman ini akan tampak tertekan, tidak nafsu makan, muntah dan merasa lemas.

7. Bukan tanaman pembersih udara

bambu cina

Banyak yang mengklaim bahwa tanaman hias dalam ruangan berguna untuk membersihkan udara dan racun di dalam ruangan. Beberapa tanaman hias bisa melakukannya, tapi tidak untuk bambu Cina. Bambu Cina (Dracaena Sanderiana) bukanlah pembersih/filter udara atau pembersih racun. Namun, karena merupakan tanaman hijau, bambu Cina dapat menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen.

Anda bisa memilih bambu Cina karena feng shui atau karena cantik dan mudah perawatannya. Sebuah simbol selama ribuan tahun di Asia, tanaman hias ini juga populer di Barat dan telah mengubah rumah menjadi kantor menjadi ruang yang penuh energi positif. Sekarang giliran rumahmu!