20 Denah Rumah Minimalis 2 Kamar 3D Gaya Modern

Memilih rumah minimalis adalah pilihan yang tepat jika anda memiliki lahan kecil dan ingin menghemat anggaran. Biaya kavling dan bahan bangunan yang terus meningkat, banyak orang yang hanya mampu membeli kavling yang lebih kecil untuk masa depan.

Rumah minimalis kini banyak dikembangkan pada perumahan masa kini. Anda bisa memilih rumah minimalis type 36, 45, 50 hingga 90 sesuai dengan budget dan kebutuhan. Kebanyakan keluarga baru memilih rumah type 36 dengan dua kamar tidur. Selanjutnya rumah ini kelak dapat juga dibangun menjadi dua lantai. 

Anda akan mendapatkan denah rumah minimalis 2 kamar yang cenderung mirip dari perumahan satu dan perumahan yang lain. Namun, jika ingin membuat rumah 2 kamar yang berbeda dan nggak gitu-gitu aja, anda harus merencanakan denah yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan tanpa meninggalkan gaya minimalisnya. 

Pada dasarnya, minimalis memiliki banyak elemen kesederhanaan yang tetap membuat nyaman penghuninya. Anda harus memanfaatkan ruang kecil sebaik mungkin agar tidak terasa sempit. Itulah kenapa anda harus merencanakan denah sekaligus rencana penataan interior rumah terlebih dahulu. 

Bagi anda yang memiliki lahan sempit, berikut beberapa contoh denah rumah minimalis 2 kamar 3D dengan desain modern yang bisa menjadi inspirasi dalam membuat rumah baru :

denah rumah minimalis 2 kamar
Denah rumah minimalis 2 lantai tersebut memiliki dua pintu depan dan belakang di dekat dapur. Ruang tamu dan ruang makan menyatu tanpa sekat agar ruang kecil tetap tampak lapang. Teras kecil di depan direncanakan dibuat taman kecil untuk menyegarkan suasana. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Denah rumah tersebut tampak kecil dan penuh, tetapi memenuhi segala kebutuhan vital penghuninya. Tidak seperti sebelumnya yang memfasilitasi kamar utama dengan kamar mandi, denah diatas memiliki satu kamar mandi untuk semua, berada di tengah area yang mudah diakses dari sisi manapun. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Denah rumah minimalis 2 kamar diatas biasanya digunakan di area apartemen, dengan adanya kamar mandi pribadi pada masing-masing kamar dan area teras atau balkon di bagian belakang. Repotnya, jika ada tamu yang ingin ke kamar mandi, mau tidak mau harus melalui salah satu kamar anda. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Rumah berbentuk L diatas sangat mungil, tetapi masih dapat mendesain kamar mandi pribadi untuk kamar utama. Dengan konsep minimalis, denah diatas tidak menggunakan desain dapur bentuk U atau L yang umum digunakan pada rumah modern. Meski hanya ada satu pintu, pintu lainnya bisa direncakan pada sisi dapur dengan mengganti jendelanya. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Denah rumah minimalis 2 kamar diatas terbilang menarik dengan adanya fasilitas lengkap. Kamar tidur utamanya dilengkapi balkon dan kamar mandi pribadi. Bahkan, anda juga menemukan teras di dekat ruang makan dan berhadapan dengan pintu utama. Desain dapur bentuk L masih memungkinkan untuk digabung dengan ruang cuci. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Rumah mungil, minimalis, lengkap dan hangat. Warna coklat pada lantai menciptakan kesan hangat dan warna ini rata-rata memang cocok untuk rumah minimalis, apalagi dipadukan dengan warna terang pada dinding. Area teras yang kecil memungkinkan anda untuk menambahkan meja kursi untuk menerima tamu pribadi (1-2 orang).

denah rumah minimalis 2 kamar

Taman kecil di area teras denah rumah 2 lantai ini menjadi angin segar hingga area makan tanpa terhalang apapun hingga pintu belakang. Hal ini akan membuat rumah anda tetap sejuk.

denah rumah minimalis 2 kamar

Rumah di lahan sempit diatas mungkin sedikit tidak nyaman bagi anda, karena akan kesulitan untuk menjamu tamu dengan ruang makan ala cafenya. Mau tidak mau anda harus menggabungkan fungsi ruang tamu sebagai ruang keluarga maupun ruang makan jika ingin mengadakan perjamuan. tapi jika anda masih memiliki lahan sisa, pikirkan untuk membuat area semi outdoor untuk ruang makan. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Denah rumah minimalis 2 lantai di atas cukup berbeda dari denah kebanyakan, karena anda akan melewati dapur dan ruang makan sebelum ruang utama (ruang tamu/ruang keluarga). Ruang tamu yang ada di ujung seolah-olah menjadi tempat privat yang nyaman untuk berbincang. Anda bisa meninggikan tembok dapur di sebelah pintu masuk hingga atap, kemudian pasang lemari sepatu disana, pasti akan lebih sempurna. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Ruang tamu minimalis, desain dapur bentuk L lengkap dengan ruang makan didepannya membuat interior rumah anda tampak sempurna. Anda bisa menambahkan pintu samping di dekat ruang makan agar aktivitas lebih leluasa. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Denah rumah minimalis 2 lantai diatas sangat friendly dengan adanya ruang makan yang bersebelahan dengan ruang tamu. Salah satu sofa dihadapkan membelakangi area makan sebagai pembatas antar ruang, untuk menciptakan area privasi yang sulit dilakukan. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Jika anda ingin menghemat ruang atau memperbesar area ruang tamu / ruang keluarga, anda bisa mendesain ruang makan ala cafe yang hanya membutuhkan sedikit space. Untuk memudahkan aktivitas, ada tiga pintu yang ada di belakang dapur, ruang tamu dan kamar depan yang disatukan oleh teras rumah. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Denah rumah 2 lantai di atas memiliki ruang tamu yang lebar, dan harus digantikan dengan dapur dan ruang makan kecil. Menariknya, ruang depan dikelilingi teras kecil yang bisa dimanfaatkan sebagai balkon, taman, ataupun tempat santai menerima tamu. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Denah rumah minimalis diatas cukup cantik, sayangnya tidak ada ruang makan. Jadi mau tidak mau anda harus memanfaatkan ruang tamu sebagai ruang keluarga dan ruang makan, atau anda bisa menambahkan meja multifungsi pada kabinet dapur agar bisa digunakan saat makan, dan dapat disimpan saat tidak digunakan. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Meski kecil, denah rumah diatas terlihat segar karena adanya balkon kecil yang bisa dimanfaatkan sebagai taman vertikal. Ruang tamu dan ruang makannya menyatu dengan tambahan balkon mini dekat ruang makan yang pasti bisa membuat suasana nyaman. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Denah rumah minimalis 2 lantai ini hanya terbuka pada area ruang tamu dan ruang makan menyatu saja, sedangkan dapur tidak terbuka seperti kebanyakan rumah minimalis lainnya. Meski begitu, ruang depan masih tampak lapang tanpa adanya sekat. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Denah rumah minimalis 2 lantai di atas memiliki fasilitas lengkap dengan area yang lapang. Ruang tamu, ruang makan dan dapur dibiarkan terbuka tanpa sekat. Area teras yang lapang bisa dimanfaatkan untuk menerima tamu maupun berkengkerama santai. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Meski lahan sempit, denah rumah 2 lantai di atas tetap menerapkan konsep minimalis. Dapur bentuk U sederhana, ruang makan mungil dan ruang tamu minimalisnya dilengkapi pemandangan teras yang bisa dimanfaatkan menjadi taman hijau. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Denah rumah minimalis 2 kamar diatas hampir sama dengan desain sebelum-sebelumnya. Hanya saja, agar tidak monoton, anda bisa mengubah desain keramik dan warna dinding. 

denah rumah minimalis 2 kamar

Meski sederhana, denah rumah diatas cukup luas jika hanya untuk rumah minimalis 2 kamar. Area depan dikhususkan untuk aktivitas sehari-hari, sedangkan area belakang untuk area tenang yang minim lalu lintas. Dengan begitu kegiatan tidur anda tidak akan terganggu. 

Tips Denah Rumah Minimalis 2 Lantai :

  1. Pastikan lahan yang digunakan cukup untuk mengakomodir pembuatan rumah. Jika menginginkan yang lebih besar, anda bisa membangun Rumah Minimalis 2 Lantai. Baca : Denah terbaik Rumah Minimalis 2 Lantai. 
  2. Bangunlah rumah dengan ruangan sesuai kebutuhan. Ruangan yang wajib adalah Ruang Tamu, Kamar Tidur, Kamar Mandi dan Dapur.
  3. Tentukan ruangan apa yang bisa dimaksimalkan sebelum membangun ruang baru, seperti ruang tamu yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang keluarga, dapur dan ruang makan menyatu, dst.
  4. Berikan tempat sirkulasi udara yang cukup.
  5. Usahakan tetap memiliki taman sebagai penyaring udara kotor, penambah oksigen dan bisa menambah kesan asri. Baca : 15 Desain Pagar Minimalis Kekinian yang Lagi Ngetren.
Info :
  1. Sebelum membuat denah, hitung terlebih dahulu berapa kira-kira upah pekerjaan tersebut dan sesuaikan dengan budget.
  2. Pelajari estetika desain agar tahu bagaimana tata letak denah rumah minimalis anda.
  3. Buatlah perencanaan kasar terlebih dahulu pada selembar kertas untuk mengetahui secara detail kebutuhan rumah anda.
  4. Hitung rencana anggaran biaya yang diperlukan agar proyek selesai tepat waktu. 
  5. Atur jadwal pekerjaan dengan konsultasi dengan orang yang ahli pada bidang struktur.
Semoga artikel Denah Rumah Minimalis 2 Lantai bermanfaat. Jika anda kesulitan untuk merancang desain interior, anda bisa menggunakan jasa arsitek desain rumah untuk hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, anda bisa mencari referensi contoh desain rumah yang tepat untuk bangunan impian anda. Selamat mendesain rumah impian anda !