10 Tips Membuat Pencahayaan Taman Sesuai Hunian

Menikmati waktu di halaman merupakan saat bersantai paling indah yang bisa dilakukan di rumah. Itu tentu saja kalau anda sudah memiliki desain taman atau halaman yang nyaman dan cantik. Namun, jika anda ingin menikmati waktu sore atau malam di taman, tentu harus memperhatikan pencahayaan taman anda. 

Pencahayaan luar ruangan adalah cara yang mudah dan elegan untuk menambahkan keanggunan ke rumah anda, sekaligus meningkatkan keamanan. Hampir tidak ada orang yang ingin rumahnya tampak gelap, suram dan horor, karena tidak adanya lampu outdoor. 

desain lampu taman
Namun, memilih lampu taman mana yang bekerja paling baik yang sesuai dengan desain eksterior dan landscape rumah tentu tidak mudah. Ada berbagai model lampu taman yang bisa menjadi pertimbangan, tetapi tidak semuanya akan sesuai dengan rumah anda. 

Tips Membuat Pencahayaan Taman

Di bawah ini ada beberapa tips terbaik untuk memilih pencahayaan atau lampu taman yang cocok untuk hunian anda. 

1. Buat rencana pencahayaan. 

desain lampu taman
Pencahayaan taman dapat membuat taman lebih cantik, atau bisa juga menghancurkannya. Jadi, sebelum menentukan memasang lampu taman, rencanakan jenis iluminasi yang anda inginkan dan dimana anda ingin menempatkannya. Buat sketsa rencana kasar taman anda dan tandai semua fitur utama. Identifikasi fitur mana yang ingin anda tingkatkan, seperti area kolam, pohon, tangga atau fitur apapun. 

Jika bingung, anda bisa melihat taman dari dalam rumah, pada setiap ruangan. Tentukan apakah lampu dengan watt tinggi terlalu silau dipasang pada ruang makan?, apakah lampu watt rendah cocok untuk halaman dekat dapur?, dan sebagainya. 

2. Tentukan lokasi pemasangan.

desain lampu taman

Lokasi atau penempatan pencahayaan harus sejalan dengan tujuan desain anda. Sebelum membeli lampu taman, anda harus memastikan tujuan penggunaannya untuk apa. Contohnya, sconce dinding dan lampu akan membantu meningkatkan daya tarik visual area luar ruangan, sedangkan lampu sorot akan membantu meningkatkan keamanan rumah, dan sebagainya. 

Tak hanya itu, berbagai model lampu juga didesain untuk penempatan tertentu. MIsalnya, sconce dinding untuk dinding eksterior, lampu jalan tingkat rendah untuk tangga, lampu sorot untuk jalan masuk, lampu tali untuk teras atau gazebo dan sebagainya. Jadi pastikan untuk memilih lampu taman sesuai tempat dan fungsi. 

3. Sesuaikan ukuran lampu.

desain lampu taman

Disamping model dan cahaya menjadi perhatian utama, ukuran lampu juga sama pentingnya. Anda harus memilih lampu yang ukurannya proporsional dengan rumah anda. Misalnya, sebuah pencahayaan yang tampak raksasa dan semarak di showroom, bisa terlihat kecil dan tidak penting saat dipasang di pintu masuk.

Pencahayaan di luar ruangan harus terlihat mencolok jika dilihat dari jauh. Namun, pastikan pencahayaannya tidak terlalu kuat yang malah berdampak pada landscape sekitarnya. Selain ukuran, posisi pencahayaan juga penting. Misalnya, untuk pintu masuk luar ruangan, selalu tempatkan cahaya sedikit lebih tinggi dari ketinggian mata. 

4. Gabungkan tiga tipe dasar pencahayaan.

desain lampu taman

Pastikan untuk menggabungkan tiga tipe dasar pencahayaan, yaitu ambient, task dan accent.
  • Ambient : mengacu pada pencahayaan utama untuk menerangi seluruh ruang. Umumnya menempatkan titik lampu pada beberapa titik yang dipasang simetris.
  • Task : tipe pencahayaan terkonsentrasi sehingga biasanya dipasang sesuai di tempat yang paling dibutuhkan untuk menerangi area tertentu. 
  • Accent : pencahayaan yang berfungsi sebagai aksen.

Pencahayaan ambient bisa dilakukan melalui lampu gantung, lampu pos, dan lampu dinding. Pencahayaa task termasuk lampu jalan, lampu dek dan lampu keamanan. Sedangkan untuk aksen, anda bisa menambahkan perlengkapan lampu sorot. Untuk teras kecil dan sederhana, pertimbangkan lampu tali, lampu sorot tenaga surya atau lilin LED. 

5. Pilih model lampu sesuai gaya.

desain lampu taman

Saat memilih lampu taman, pilih yang sesuai dengan gaya ruang atau yang cocok untuk melengkapi lingkungan taman anda. Ada banyak gaya pencahayaan astro yang bisa dipilih, mulai tradisional, natural, kontemporer dan rusticMeski anda bisa menciptakan berbagai estetika untuk taman, keputusan mungkin bergantung pada selera anda. 

Anda dapat menggabungkan lampu tetap dengan lampu yang dapat dipindahkan dengan mudah untuk mengakomodasi perubahan musim, pertumbuhan tanaman dan downlight taman. Baca : 10 Jenis Lampu Taman Idaman untuk Percantik Eksterior.

6. Buat efek pencahayaan yang berbeda. 

desain lampu taman

Pencahayaan luar ruangan harus tepat, dengan jenis pencahayaan yang akan menciptakan efek berbeda di seluruh taman anda. 
  • Downlight bagus untuk menerangi pintu atau untuk menyinari area teras / dek. Lampu downlight yang lebih kecil dapat diaplikasikan pada tanaman atau fitur tertentu. 
  • Uplighting dapat digunakan untuk menerangi patung, pohon atau benda besar lainnya dari bawah, untuk menciptakan efek dramatis. 
  • Lampu silang dapat membuat fitur di bagian tengah taman. Buat efek dengan menempatkan lampu sorot di sisi berlawanan dari fitur. 
  • Lampu sorot adalah cara lain untuk membuat objek benar-benar menonjol. Posisikan sorotan terarah atau uplight agak jauh dari fitur untuk mendapatkan efek ini. 
  • Bayangan memproyeksikan fitur menarik ke dinding atau pagar dengan mengarahkan lampu sorot ke kaki objek. 
  • Dinding batu alam dapat menarik perhatian dengan menempatkan lampu tepat di sebelah dindingnya. 
  • Mirroring melibatkan pencahayaan fitur di badan air untuk memantulkan citranya di air yang gelap. 

Pastikan tidak terlalu banyak membuat silau saat menggunakan lampu outdoor. Misalnya, jangan mengaplikasikan lampu bagian bawah taman mengarah langsung ke teras dimana lampu tersebut dapat menyilaukan seseorang yang duduk disana. 

7. Tentukan mode operasi pencahayaan.

desain lampu taman

Ada beberapa opsi populer untuk mengontrol lampu taman anda. Anda bisa memilihnya sesuai kegunaan yang diinginkan.
  • Sensor gerak : dipicu oleh gerakan, menjadikannya lampu keamanan yang ideal untuk jalan setapak. Kecerahannya di area yang luas membuatnya ideal untuk menerangi pintu masuk ke rumah.
  • Dusk to Dawn : Perlengkapan luar ruangan ini secara otomatis menyala atau mati dengan terbit dan terbenamnya matahari, berkat sensor foto yang unik. Ini menyediakan mode pencahayaan yang nyaman dan tidak repot. 
  • Saklar : Pada mode ini, anda perlu menyalakan dan mematikannya secara manual. 
  • Dark Sky Lighting : Mode ini secara otomatis meminimalkan cahaya yang berlebihan di suatu area, sehingga mengurangi polusi cahaya. 

8. Sesuai kecerahan lampu dengan area.

desain lampu taman

Pencahayaan ruang tergantung pada bohlam pilihan anda. Jika anda mencari lampu taman dengan cahaya rendah, anda bisa mempertimbangkan bola lampu watt rendah atau lampu opal yang mengeluarkan lumen lebih sedikit. Selain bohlam, anda bisa juga menggunakan sedikit lampu untuk menjaga suasana tetap nyaman tanpa kecerahan yang berlebihan. 

Berikut besar lumen lampu yang bisa dijadikan pertimbangan (lm) :
  • Teras kecil : 500 lm
  • Jalan masuk : 1500 lm
  • Taman kecil (50m2) : 1600 lm
  • Taman sedang (150m2) : 2400 lm
  • Tempat parkir mobil : 900 - 2000 lm
Note : Umumnya 1 watt lampu menghasilkan 75 lumen.

9. Pastikan safety.

desain lampu taman

Keselamatan adalah prioritas pertama pencahayaan eksterior yang harus diperhatikan. Pastikan bahwa semua potensi bahaya sudah diminimalisir. Dalam hal ini, lampu tersembunyi cenderung bekerja dengan baik, memberikan pencahayaan tingkat rendah untuk mengurangi resiko mengganggu.

Pilih peringkat IP tertinggi saat memilih lampu taman anda. Pastikan hanya membeli lampu taman yang dirancang khusus untuk penggunaan di luar ruangan. Lampu taman memiliki peringkat IP yang menunjukkan seberapa terlindungnya pemasangan lampu terhadap masuknya air. Minimal peringkat IP untuk lampu taman adalah 4. Jika ragu, anda bisa menghubungi ahlinya. 

10. Jangan berlebihan mengaplikasikan lampu taman. 

desain lampu taman

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pemilik rumah adalah terlalu banyak menerangi area taman. Pencahayaan luar ruangan bukanlah tentang membuat taman bermain maupun taman kota dengan segala kelap-kelipnya, tetapi tentang menyoroti fitur-fiturnya agar lebih menarik.

Penting untuk memasukkan area terang dan gelap di taman untuk menciptakan kontras dan keseimbangan. Lagipula, polusi cahaya juga tidak baik untuk lingkungan dan anda harus bijaksana menggunakan penerangan untuk mengurangi penggunaan energi. 

Jika anda membutuhkan sedikit lebih banyak daya dari penerangan taman daripada tenaga surga, LED adalah pilihan terbaik. Meskipun umumnya lebih mahal daripada halogen, sumber cahaya LED memiliki masa pakai yang lama dan komsumsi energi yang rendah, sehingga lebih terjangkau dalam jangka panjang. 

Itu adalah 10 tips dan cara membuat pencahayaan taman yang sesuai dengan hunian anda. Tentunya taman yang gelap dan taman yang terlalu terang, tidak akan membuat taman atau halaman anda menarik, jadi anda perlu mempertimbangkan beberapa hal di atas untuk mendesain taman impian anda. Selamat mendesain!