Rekomendasi Warna Dinding Terbaik untuk Ruang Sempit

Ruang sempit memang menjadi masalah utama pada rumah mungil atau rumah minimalis. Meski bisa disiasati dengan penataan ruang, memilih warna juga bisa dilakukan agar ruangan tampak luas. 

Cara terbaik untuk membuat ruangan terlihat lebih besar bisa dimulai dari pemilihan warna dinding. Warna putih bukan satu-satunya pilihan yang bisa anda lakukan. Warna gelap hingga terang, selalu memiliki warna terbaik untuk ruang sempit di rumah anda. 

Warna cerah selalu menjadi pilihan terbaik bagi anda yang memiliki ruang sempit. Anda bisa menggunakan warna putih, krem, coklat muda dan berbagai warna cerah lainnya. Satu yang yang harus diperhatikan bahwa untuk mendesain rumah yang indah, anda harus mempertimbangkan segala hal termasuk warna. Jadi, jangan pernah menolak memakai warna yang sesuai untuk ruang sempit meski bukan warna favorit anda. 

Berikut ada beberapa rekomendasi warna terbaik yang cocok diaplikasikan untuk ruangan sempit di rumah :

1. Ungu

desain interior sempit
Warna liar dan keras seperti ungu bisa menjadi pilihan untuk ruang kecil. Ungu adalah warna royalti dan dapat membuat ruangan kecil anda benar-benar mewah. Ungu terdiri dari warna ungu netral hingga tebal, dan untuk ruang sempit, pilih warna ungu netral dan hindari ungu tebal. Memadukan warna ungu pucat (ungu muda) pada dinding dengan plafon putih akan menciptakan kesan luas pada ruangan.

2. Abu-abu

desain interior sempit

Memadukan warna abu-abu pada dinding dan putih pada plafon sangat cocok diaplikasikan pada desain interior ruang sempit anda. Kedua warna ini sangat melengkapi, dimana putih akan melembutkan kesan gelap dan abu-abu memperkuat kesan bersih. Anda juga bisa membuat ruangan terkesan monokrom. Baca : 70 Desain Ruang Tamu Nuansa Abu-abu, Tampil Casual & Elegan.

Tambahkan beberapa warna lain, seperti hijau dari tanaman hias, warna coklat pada furniture, warna gelap pada bingkai jendela dan sebagainya. Banyak warna abu-abu yang bisa dicoba untuk ruang sempit, seperti abu-bu gunmetal, abu-abu cerah, perak dan abu-abu tua. 

3. Teal 

desain interior sempit

Warna yang berada di antara hijau dan biru ini sering digunakan sekitar tahun 1950 -1960'an. Warna unik ini memberikan kesan gembira, feminim dan nyaman, sehingga sangat cocok diaplikasikan pada interior dengan nuansa modern. Warna teal mampu meningkatkan konsentrasi, sehingga baik digunakan pada ruang kerja dan ruang belajar. 

Anda bisa menggunakan warna teal muda atau tua (gelap) yang dikombinasikan dengan warna plafon putih. Warna teal gelap dapat seolah menjadi bayangan yang disamarkan dengan beberapa pernak-pernik dinding seprti lukisan yang lebar, dan hiasan lainnya. 

4. Krem

desain interior sempit

Warna krem menjadi warna populer favorit setelah warna putih. Seperti warna putih, warna krem menghadirkan sensasi lapang dan hangat sekaligus. Anda bisa menambahkan aksen warna cerah yang senada agar ruangan tidak monoton dan membosankan. Warna krem bisa dipadukan dengan dinding kayu atau tekstur kayu lainnya, seperti furniture dan hiasan. Hal ini akan membuat ruangan terasa luas, hangat dan nyaman. 

5. Putih

desain interior sempit

Warna putih dapat memantulkan cahaya dan membuat ruang kecil tampak lebih besar. Warna ini sangat populer dan banyak digunakan pada rumah minimalis dan rumah mungil. Warna putih ini dapat pula memiliki nada biru, merah muda dan bahkan hijau. Namun, anda bisa menggunakan warna putih murni tanpa nada apapun. 

Dengan seluruh area ruangan berwarna putih, anda bisa memberi warna lain pada furniture dan pernah pernik di ruangan. Jika didesain dengan tepat, warna ini tidak akan tampak dingin, tetapi malah terasa ringan dan lapang. Jika warna putih masih terlalu mencolok, anda bisa menggunakan putih pucat atau putih yang lebih hangat. 

6. Kuning Muda

desain interior sempit

Kuning merupakan warna matahari dan energi yang membangkitkan kreativitas dan secara positif mempengaruhi sistem saraf sekaligus meningkatkan daya ingat. Warna yang seperti sinar matahari ini memberi kesan fresh, cerah dan ceria, sehingga cocok untuk ruangan sempit.

Warna kuning muda cocok untuk warna kamar anak-anak, karena warna ini memang menyenangkan. Warna kuning muda bisa dikombinasikan dengan warna putih pada plafon dan warna gelap pada area lantai. Baca : Ide Interior Tema Kuning, Bikin Hunian Lebih Cerah dan Ceria.

7. Biru Peacock

desain interior sempit

Ruang sempit tidak berarti anda harus benar-benar membatasi warna berani. Anda bisa menggunakan warna biru peacock dengan aksen warna-warna berani lainnya serta tetap menjaga plafon putih. Meski warna tersebut tidak akan menciptakan ilusi visual agar ruangan terasa luas, tapi setidaknya akan membuat anda bersemangat dan santai. 

8. Biru Langit

desain interior sempit

Mengaplikasikan warna biru langit akan membantu membuat ruangan tampak lebih luas. Warna biru juga dapat menenangkan mood. Anda bisa mengaplikasikan dinding biru dengan paflon putih. Tambahkan aksen gelap pada furniture seperti warna coklat kayu atau warna netral agar tidak terlalu mencolok.

9. Milenial Pink (Blush)

desain interior sempit

Warna merah muda super lembut ini menambah kehangatan pada ruangan kecil tanpa membuatnya mencolok. Seperti warna putih, warna ini cocok dikombinasikan dengan aksen abu-abu dan hitam agar tidak membuatnya terlalu lembut yang menjadikannya membosankan. 

10. Biru Gelap 

desain interior sempit

Jika banyak orang suka warna putih cerah dan warna muda adalah warna yang bisa membuat ruangan tampak luas, anda bisa menambahkan warna yang lebih kaya dan lebih berani. Anda bisa mengaplikasikan warna biru gelap diantara plafon dan lantai yang berwarna terang. Kemudian, berikan warna cerah para hiasan maupun furniture, tetapi jangan terlalu banyak menggunakan warna kuat selain dinding.

11. Hijau Muda

desain interior sempit

Jika anda suka warna yang lebih lembut, hijau muda bisa menjadi pilihan. Nuansa netral dapat membuat ruangan lebih besar dan membawa lebih banyak perhatian pada aksesoris di dalam ruangan. Tampilan ruangan sempit dengan rona hijau lembut yang masih memantulkan cahaya alami, mengartikan bahwa hunian anda terinspirasi oleh alam dan tentunya segar dipandang mata.

Itu adalah beberapa rekomendasi warna yang bagus untuk ruang sempit. Warna cerah memang masih mendominasi, tetapi menggunakan warna gelap dengan desain yang tepat juga bisa membuat ruang sempit menjadi lebih nyaman.

Tips :

  • Warna yang dalam dan kuat pada ruangan kecil dapat menyamarkan ukuran ruang. Anda bisa memilih warna lembut yang menenangkan hingga warna kuat yang mencolok. Lengkapi dengan memilih furniture,  tirai dan aksesoris lainnya yang dapat melengkapi warna dinding. 
  • Untuk warna biru, hijau dan warna netral, berikan warna yang sama pada trim, lantai, karpet dan jendela agar serasi. 
  • Untuk warna yang dalam seperti kelabu tua, warna arang, dst, dapat membuat area sudut memudar dan membuat ruangan lebih luas secara visual. 
  • Anda bisa mengecat satu dinding dengan warna yang lebih dalam untuk membuatnya surut secara visual, membuat ruang lebih besar. Atau anda bisa mengecat pola garis di satu dinding untuk menciptakan titik fokus dan menarik perhatian daripada ukuran ruangan. 
  • Jika suka warna netral, abu-abu, hiijau dan kuning bisa meringankan ruangan sempit.
  • Putih bekerja dengan baik pada ruang sempit, tetapi hati-hatilah pada warna putih dingin, karena dapat membuat ruangan ukuran apapun terasa dingin. Warna krem, mentega, putih gading atau putih dengan sentuhan abu-abu, hijau, biru dan merah muda adalah pilihan yang baik. 
  • Lengkapi dinding dengan aksesoris dengan warna favorit.
  • Putih biasanya menjadi pilihan terbaik untuk langit-langit ruangan kecil. Maun, warna biru pucat juga pilihan yang baik untuk membuat langit-langit ruangan terlihat lebih tinggi. 
  • Selalu padukan warna dinding dengan aksesoris lain di dalam ruangan dan jangan menambahkan banyak warna, karena colorfull tidak bagus untuk ruangan sempit.