Interior Tema Kuning, Bikin Hunian Lebih Cerah dan Ceria

Warna kuning menawarkan daya tarik segar di setiap variasinya. Kuning adalah warna bahagia yang harus digunakan di rumah, karena warna cerah ini paling positif di antara semua warna. 

Kuning merupakan warna matahari dan energi yang membangkitkan kreativitas dan secara positif mempengaruhi sistem saraf sekaligus meningkatkan daya ingat. Jika digunakan dengan benar, warna kuning sangat cocok untuk desain interior. 
desain interior rumah tema kuning
Mengaplikasikan warna kuning pada desain interior tergantung pada warna kuning yang anda pilih. Banyak variasi warna kuning yang akan memberikan nuansa berbeda di dalam hunian. Beberapa warna dapat membawa sinar matahari ke rumah dan beberapa malah dapat melakukan sebaliknya. Jadi anda harus memilih 'kuning' mana yang anda sukai dan mengkombinasikannya dengan tepat. 

Tentu tidak mudah untuk memilih warna kuning yang tetap, tetapi jika berhasil, interior rumah anda akan tampak selalu bersinar dan terasa menyenangkan, karena tidak mungkin warna kuning itu tidak menyenangkan. 

Untuk menambahkan warna ceria di dalam hunian, anda bisa memulainya dari aksesoris, bantal, karya seni, layar dekoratif, kursi kecil dan hiasan lainnya. Namun, jika menginginkan tema kuning pada interior, anda bisa mulai dari cat dinding, sofa dan sebagainya. Dalam hal ini, kuning lemon mungkin lebih menyenangkan sekaligus menenangkan mata. 


warna kuning

Kadang, warna kuning banyak ditolak untuk interior karena warnanya bisa berlebihan, bahkan menjengkelkan. Anda bisa tetap menggunakan warna kuning, tetapi lakukan dengan hemat. 


Interior Tema Kuning

Berikut beberapa ide interior tema kuning yang bisa diaplikasikan di dalam hunian anda:

1. Ruang Tamu

Menyambut tamu dengan warna ceria akan memberikan kesan welcoming dan suasana yang menyenangkan. Dari sekian banyak teknik untuk dekorasi warna kuning, tempat duduk adalah satu hal yang paling populer. Menerapkan warna kuning pada kursi, sofa atau rangka, menunjukkan kepercayaan diri yang lebih besar daripada warna kuning pada aksesoris. 

Desain Interior Ruang Tamu Tema Kuning :


desain interior ruang tamu kuning

desain interior ruang tamu kuning

desain interior ruang tamu kuning

desain interior ruang tamu kuning

desain interior ruang tamu kuning

Tips :
  • Dinding ruang tamu berwarna kuning buttermilk dan lemon, akan jauh lebih lembut dan menawarkan kehangatan serta ketenangan. Gunakan salah satu warna tersebut.
  • Aplikasikan warna kuning di bagian dinding yang tidak berhadapan dengan kursi. Biasanya, warna kuning yang tepat mengarah di depan mata (ketika duduk), membuat ruang tamu tampak lebih kecil. 
  • Kuning adalah warna pertama yang dibaca mata dan sentuhan kuning akan mengambil posisi utama di dalam interior. Aplikasikan aksesoris seperti karpet kuning, ornamen dan patung kuning, bantal kuning atau aksesoris kuning lainnya. Hubungkan aksesoris dengan furniture, pastikan perpaduan warnanya serasi. Jangan semuanya serba kuning. Baca : 8 Tips Jitu Memilih Warna Ruangan yang Bagus dan Tepat.
  • Tirai tidak selalu mendapat perhatian pada dekorasi ruang. Anda bisa menjadikan tirai menjadi satu-satunya warna kuning di dalam ruang tamu. Jangan terlalu banyak menggunakan warna kuning lainnya karena akan kurang menonjol. 
  • Untuk ruang tamu bisa menggunakan kuning lemon, kuning mustard, kuning gold dan kuning ochre.

2. Kamar Tidur

Warna kuning sangat populer diaplikasikan untuk kamar anak-anak, karena sangat menyenangkan dan universal, untuk anak laki-laki maupun perempuan. Kuning juga terlihat bagus dalam gaya kamar tradisional, kontemporer dan modern, menciptakan kamar yang elegan penuh gaya. 

Desain Interior Kamar Tidur Tema Kuning :


desain interior kamar tidur kuning

desain interior kamar tidur kuning

desain interior kamar tidur kuning

desain interior kamar tidur kuning

desain interior kamar tidur kuning

Tips :
  • Jika ingin agar suhu kamar tampak greget, gunakan warna kuning cerah yang lebih kontemporer.
  • Anda bisa mengaplikasikan warna kuning pada langit-langit kamar dan mengkombinasikan dengan furniture warna biru. Kedua warna itu akan menambah kontras yang menyenangkan. 
  • Anda bisa mengkombinasikan warna kuning dengan pastel, biru, hijau, cokelat, hitam, abu-abu dan warna berani lainnya.
  • Jika kamar tidak mendapat banyak cahaya, tambahkan warna kuning yang cukup. Contohnya anda bisa memasang tirai kuning panjang dari lantai hingga langit-langit kamar. 
  • Hindari menggunakan warna kuning untuk aksesoris secara berlebihan, terutama jika mengkombinasikan dengan warna putih. 

3. Ruang Makan

Tempat sarapan yang dipenuhi cahaya sangat tepat untuk sapuan kuning cerah. Warna kuning akan membuat bahagia dan ini warna kehangatan dan optimisme yang cocok untuk ruangan tempat anda berkumpul, seperti pada ruang makan maupun ruang keluarga. 

Ada banyak warna kuning yang bisa menjadi pertimbangan untuk ruang makan, mulai kuning kehijauan yang segar hingga emas orange yang dalam. Warna pucat, kuning pudar adalah warna netral yang cocok untuk semua warna lain. Kuning tebal dan cerah cenderung berdiri sendiri dan cocok juga dipasangkan dengan warna netral yang lebih lembut. 

Desain Interior Ruang Makan Tema Kuning :


desain interior ruang makan kuning

desain interior ruang makan kuning

desain interior ruang makan kuning

desain interior ruang makan kuning

desain interior ruang makan kuning

Tips :
  • Jika sebagian suka mewarna dinding ruangan dan tetap membiarkan langit-langit berwarna putih, anda bisa melakukan sebaliknya. Berikan ruang makan cahaya lembut dengan kuning mentega di langi-langit dan warna putih pada dinding. 
  • Untuk hunian di iklim dingin (dataran tinggi), anda bisa mengaplikasikan warna orange - kuning tebal. Kesan hangat pada ruangan akan membuat anda tetap nyaman. 
  • Anda bisa mengkombinasikan warna kuning emas dengan furniture kayu yang gelap. Anda bisa menggunakan warna kuning emas pada kursi, tirai dan kop lampu. Rona kuning emas ini akan membuat ruang makan anda lebih berkelas. 
  • Untuk ruang makan dengan warna netral, anda bisa menambahkan aroma lemon pucat pada furniture. Akan lebih modern jika dipasangkan dengan abu-abu dingin dan putih segar.

4. Dapur

Bagi anda yang memiliki dapur kecil, biasanya cahaya alami kurang tersedia. Oleh karena itu, dapur putih polos sangat populer karena dapat membuat ruangan kecil tampak luas dan memantulkan cahaya alami di sekitarnya. Namun, warna putih bisa membuat ruangan dapur sedikit dingin. Jika anda mencari kehangatan dan suasana ceria di dapur, maka kuning adalah warna yang tepat. 

Desain Interior Dapur Tema Kuning :


desain interior dapur kuning

desain interior dapur kuning

desain interior dapur kuning

desain interior dapur kuning

desain interior dapur kuning

Tips :
  • Warna kuning memang memberi kehangatan pada dapur, tetapi jangan membalikkannya ke tema yang anda pilih. Kombinasikan warna kuning dengan warna putih dan abu-abu untuk efek terbaik. 
  • Hindari untuk menutup semua ruang dinding dengan warna kuning cerah. Batasi penggunaannya hanya di langit-langit atau satu dinding aksen. Kemudian padamkan dengan satu atau dua aksesoris dengan nada yang sama. Contohnya handuk dapur kuning atau bantal kursi, dan sebagainya. 
  • Jika memiliki dapur lebih besar, terapkan warna dinding dibawah kuning pisang cerah (turun 1-2 tingkat). Manfaatkan warna kuning yang lebih dekat dengan krim dan warna putih daripada warna buah. Sebagai gantinya, anda bisa menggunakan warna kuning yang lebih terang untuk kabinet, tetapi jangan lupa padukan elemen putih murni seperti pada kusen jendela atau counter tops.
  • Mengganti counter dapur dengan kuning emas atau kuning sitrus cukup untuk meningkatkan suasana ruangan secara keseluruhan. 
  • Jangan tergoda menutupi lantai dengan ubin kuning tunggal. Sesekali gunakan ubin dengan warna berbeda atau gunakan nat putih. Pilih ubin kuning dengan glasir yang akan memantulkan cahaya untuk hasil terbaik. 
  • Anda bisa melengkapi dapur dengan fitting lampu dan aksesori lainnya yang berwarna kuning. 

5. Kamar Mandi

Kamar mandi adalah ruangan yang baik untuk warna energik ini, karena tidak seperti ruang tamu atau ruang tidur, ini bukan ruangan yang cenderung anda habiskan dalam waktu lama. Warna kuning dapat menciptakan skema kamar mandi yang menenangkan, membuka mata dan secara visual mencolok. 

Anda bisa membuat tema dekorasi kuning membentang di selutuh kamar mandi atau hanya memasukkan beberapa item dekorasi utama untuk menciptakan kamar mandi yang cerah, hangat dan ramah. Warna kuning juga bisa ditampilkan sebagai warna utama pada furniture pada interior kamar mandi anda. 

Desain Interior Kamar Mandi Tema Kuning :


desain interior kamar mandi kuning

desain interior kamar mandi kuning

desain interior kamar mandi kuning

desain interior kamar mandi kuning

desain interior kamar mandi kuning

Tips :
  • Jika menggunakan kuning cerah, gunakan hanya pada satu atau dua dinding. Namun, jika kamar mandi mendapat cahaya alami yang cukup, jangan ragu untuk menambah jumlah warna cerah. Jendela yang besar dapat memecah bentangan warna dan dapat melunakkan dampak warna kuning yang sangat cerah. 
  • Kuning kehijauan memiliki sedikit getaran segar. Sedangkan kuning lembut yang mengarah ke orange memancarkan cahaya hangat dan keemasan. Anda bisa memilih perpaduan dari kuning muda tersebut sesuai selera.
  • Gunakan warna kuning sebagai alat untuk menonjolkan atau mengecilkan area dalam ruangan. 
  • Jika anda tidak suka warna kuning terlihat berlebihan, anda bisa memindahkan warna kuning dengan cara unik. Contohnya, bagian dalam laci berwarna kuning cerah. Meski sederhana, hal itu akan tampak menyenangkan ketika anda membuka laci. 
  • Jika memiliki furniture kayu, padukan warna natural tersebut dengan kuning lembut. Paduan warna tersebut cocok bagi anda yang tinggal di daerah iklim dingin. 
  • Paduan warna putih, abu-abu dengan kuning keemasan bisa menjadi pilihan jika anda tidak ingin kamar mandi tampak terlalu dingin. 

Kuning memang menjadi warna desain interior cerah yang dikaitkan dengan hal-hal hangat dan bahagia dalam hidup. Bahkan, terapi warna menggunakan nuansa warna kuning juga dapat membuat orang tersenyum dan merasa gembira. Warna emosi yang bahagia tentunya menciptakan dekorasi interior yang bahagia pula. 

Semoga artikel Interior Tema kuning bermanfaat!. Jika ingin mendekorasi interior dengan warna kuning, tetap jangan lupakan kombinasi warna yang tepat agar hunian anda semakin tampak cerah, sempurna dan pastinya bahagia.