Interior Tema Floral, Tampilkan Pesona Cantikmu di Dalam Hunian

Tidak sedikit pemilik rumah maupun desainer yang menyukai tema bunga, meski agak sulit diterapkan. Tema bunga atau bisa juga disebut floral, memang harus diterapkan dengan tepat atau seluruh interior anda akan berakhir dengan desain yang berantakan. 

Anda bisa dengan mudah memiliki desain interior rumah yang feminim, kalem, dan sejuk dengan menerapkan tema floral. Rangkaian bunga segar dijamin akan memberikan warna dan nuansa berbeda di dalam rumah anda. Tetapi, tema floral bukan tentang bunga hidup dalam vas saja. 
Mendekorasi tema floral dalam desain interior menuntut anda lebih dari sekedar menaruh tanaman bunga hidup. Anda dituntut juga untuk mengaplikasikan cetakan bunga segar di dalam interior anda, seperti pada furniture, aksesoris, hingga layering.

Cara Dekorasi Interior Tema Floral

Sebelum anda ingin mendekorasi tema floral, sebelumnya pikirkan tentang aksesoris dan bahan desain yang dapat digunakan untuk menggabungkan pola bunga. Contohnya termasuk tirai, selimut, bantal, karya seni, permasani, porselen, taplak meja, kain pelapis dan sebagainya. 

Aksesoris adalah cara sempurna untuk menambahkan aksen bunga ke dalam ruangan dan menemukan keseimbangan yang tepat. Menambahkan rona yang ditemukan pada motif bunga yang sesuai dengan selera akan memungkinkan anda untuk menggunakan pilihan warna pada furniture

Berikut contoh aksen bunga dalam bagian desain interior :

1. Bunga segar dalam vas
interior tema floral

Menaruh bunga segar di dalam interior adalah cara paling mudah menerapkan tema floral di dalam hunian. Anda hanya perlu menambahkan beberapa tanaman bunga hidup ataupun bunga hiasan untuk mempercantik hunian anda. Baca : Percantik Interior dengan 50 Model Vas Unik dan Lucu. 

2. Sofa tema floral
interior tema floral

Anda bisa mengaplikasikan layer sofa dengan tema floral. Pilih warna yang cerah agar corak bunga tampak jelas menyejukkan interior anda. 

3. Karpet tema floral
interior tema floral

Meski tidak masalah jika menggunakan karpet polosan, anda bisa juga mengaplikasikan karpet tema floral di dalam interior. Jika anda sudah mengaplikasikan sofa tema bunga, anda tidak perlu mengaplikasikan tema floral pada karpet, begitupun sebaliknya. Hal itu akan membuat motif tumpang tindih dan malah terkesan berantakan. 

4. Wallpaper pola bunga
interior tema floral

Area dinding bisa dimanfaatkan sebagai pendukung tema floral. Anda tinggal memilih, ingin mengaplikasikan wallpaper tema bunga atau memasang pajangan dinding dengan tema yang sama. Anda tidak perlu melakukan semuanya dan pilih salah satu saja, agar tema interior tidak tampak berlebihan. 

5. Tirai pola bunga
interior tema floral

Tirai dengan motif bunga-bunga cocok diaplikasikan pada dinding polos tanpa wallpaper dengan tema yang sama. Tetapi masih oke jika dikombinasikan dengan sofa floral dan tanaman hias. Untuk desain rumah minimalis, pastikan posisi tirai mendekati langit-langit hingga hampir menyentuh lantai agar terkesan luas. 

Bukan hanya untuk tirai jendela saja, jika ingin menciptakan tema floral di dalam kamar mandi, anda bisa juga mengganti tirai shower dengan tema floral. 

6. Aksesoris tambahan
interior tema floral

Aksesoris tambahan memang tidak wajib, tetapi keberadaannya akan mempercantik hunian, asalkan tidak berlebihan. Anda bisa memajang hiasan dinding bertema bunga seperti lukisan atau pajangan motif bunga, kemudian mengganti sarung bantal sofa, taplak meja maupun penutup lampu meja dengan motif bunga dan sebagainya. 

Jika ingin memilih sarung bantal dengan pola floral, cari yang memiliki latar senada dengan warna sofa agar selaras dan lebih berenergi di dalam ruangan. 

Beberapa hal diatas adalah contoh yang bisa dilakukan untuk menciptakan dekorasi tema floral dan bukan berarti anda harus menerapkannya semuanya. Anda bisa memilih beberapa yang sekiranya tepat, serasi dan tidak tampak berlebihan di dalam desain rumah minimalis anda. 

Desain Interior Tema Floral

Berikut beberapa contoh desain interior rumah tema floral yang bisa menjadi inspirasi. Bukan hanya sekedar tentang ruang tamu, anda juga bisa menerapkan di dalam ruangan lain, seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga dan semua ruang lain dimana anda ingin menerapkan tema floral. 

interior tema floral

interior tema floral

interior tema floral

interior tema floral

interior tema floral

interior tema floral

interior tema floral

interior tema floral

interior tema floral

interior tema floral

Tips Dekorasi Tema Floral

Menghadirkan tema floral atau tema bunga dapat menjadikan interior hunian anda terkesan segar, menyejukkan dan lembut. Jika sebelumnya sudah mengenal beberapa hal yang bisa di dekorasi dengan motif bunga, kini ada beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan dalam mendekorasi interior tema bunga. check it out!

1. Pilih warna senada

Warna memang menjadi hal penting dalam sebuah desain dengan tema apapun. Jika ingin menerapkan tema floral, anda harus menentukan warna yang senada dengan furniture di dalam ruangan agar membuatnya lebih menyatu dan seimbang. 

2. Pemilihan warna

Warna tema bunga cenderung ke warna-warna lembut, seperti warna cerah dan muda agar terkesan feminim. Meski begitu, bukan berarti tema floral hanya idola kaum hawa. Jika anda ingin hunian tetap terkesan cool, anda bisa menggunakan warna netral atau monokrom agar lebih santai. Baca : Menentukan Warna Ruang, Ciptakan Kesan Terbaik Favoritmu.

3. Menyesuaikan ukuran pola

Bermain dengan motif, anda juga akan bermain dengan pola. Contohnya dalam wallpaper tema floral, pasti ada berbagai ukuran pola floral yang tersedia, mulai dari yang kecil hingga yang berukuran besar. Selain memperhatikan desain dan warna, anda juga harus mempertimbangkan ukuran polanya.

Jika menghuni rumah minimalis, sebaiknya anda memilih pola kecil agar kesan minimalis tetap bisa ditampilkan. Begitupun sebaliknya, jika ruangan anda cukup luas, anda bisa mengaplikasikan pola berukuran besar. Tetapi, tetap sesuaikan mana yang lebih cocok untuk ruangan anda. 

4. Furniture tambahan

Tidak semua furniture harus dilapisi layer bermotif bunga. Agar interior tema floral lebih seimbang, anda bisa menambahkan furniture tambahan, seperti coffee table maupun plant stand untuk menaruh tanaman hias - mungkin bunga, di ruangan anda. Pastikan furniture tersebut berwarna netral atau berbahan kayu agar kesan alami semakin terasa.  Baca : 45 Model Plant Stand Minimalis untuk Tanaman Hias. 

5. Tidak mengaplikasikan banyak motif

Jangan sampai terlalu banyak jenis motif bunga yang dicampurkan. Hal itu akan membuat ruangan tampak ramai dan tidak selaras. Ruangan justru akan tampak elegan saat tema bunga dijadikan akses di salah satu sudut saja, bukannya mendominasi. Motif bunga yang dipadukan dengan material atau elemen interior lain yang netral akan lebih menarik dan menonjol.

Interior dengan tema bunga secara tidak langsung bisa membangkitkan kesan natural. Selain identik dengan simbol cinta, cantik dan wangi, tema floral akan mendekatkan anda dengan unsur alam dan tentunya membuat anda betah di dalamnya. Semoga artikel Dekorasi Interior Tema Floral bermanfaat, selamat mendesain!.