Tips Menentukan Warna Ruang, Ciptakan Kesan Terbaik Favoritmu

Warna sangat berpengaruh dalam merancang suatu rumah, karena efek yang timbul dari warna dapat menimbulkan kesan-kesan tertentu. Terlepas dari gaya rumah yang dipakai, warna pada ruangan juga bisa membuat rumah lebih nyaman. 

Tidak sedikit penghuni rumah yang jarang mempertimbangkan warna rumah. Kebanyakan biasanya memilih warna netral dan sedikit warna mencolok untuk kesan mempertegas. Padahal, warna dapat mempengaruhi mood seseorang.
desain interior
Warna adalah salah satu aspek terpenting dari setiap desain ruangan, karena warna bisa merubah suasana hati. Warna-warna bahkan bisa membuat anda tersenyum, menghilangkan stress dan membantu tidur nyenyak. Lalu, bagaimana warna terbaik untuk setiap ruang?.

Berikut penjelasan tentang beberapa efek yang ditimbulkan dari warna-warna tertentu yang bisa digunakan untuk desain interior rumah anda. 

1. Warna 'Dingin'

warna dingin ruangan
Warna - warna sejuk biasanya ditandai dengan biru, hijau, atau ungu muda. Warna ini memberi efek tenang dan menenangkan, karena secara tidak langsung akan mengingatkan anda pada air, langit bahkan es. Warna dingin sangat cocok untuk ruang kecil yang ingin terlihat lebih besar. 

Ruang-ruang yang membutuhkan ketenangan, konsentrasi dan relaksasi sangat cocok didesain dengan warna ini. Warna dingin sangat cocok digunakan oleh penghuni yang aktif, sehingga memberi efek ketenangan dalam rumah. 

Warna biru yang dipadukan dengan coklat, abu-abu dingin dan putih memiliki semua kualitas kesejukan, karena warna tersebut bersifat menenangkan dan menajamkan pikiran. Itulah sebabnya kenapa warna biru cocok diterapkan di tempat dimana konsentrasi, ketenangan dan istirahat adalah hal yang paling penting. 

Contoh desain interior dengan warna dingin :
desain interior

desain interior rumah

desain interior rumah

desain interior rumah

desain interior rumah

Tips : 
  • Ruang kerja, kamar tidur maupun ruang belajar, sebaiknya menggunakan warna-warna dingin seperti gradasi hijau, gradasi biru, warna-warna alam, cokelat tanah, merah bata, hijau daun, biru laut, biru langit atau abu-abu. 
  • Padukan dengan warna putih. Anda bisa menggunakan furniture serba putih untuk mengimbangi sisi cerah. Jangan terlalu serasi, pilih warna aksen lain yang kontras untuk memberikan warna tajam.
  • Gunakan warna hangat jika ingin mengaplikasikan karpet. 
  • Isi ruangan dengan warna saturasi yang sama. Contohnya, biru segar khusus di dinding, kuning segar dan merah cerah untuk perabotan dan sebagainya.

2. Warna 'Hangat'

warna hangat ruang
Warna hangat terdiri dari orange, merah , kuning dan kombinasi dari warna-warna tersebut. Seperti namanya, warna-warna tersebut cenderung membuat anda memikirkan hal hangat, seperti sinar matahari dan panas. Secara visual, warna-warna hangat terlihat seolah-olah semakin dekat. Oleh sebab itu, warna hangat biasanya sering digunakan untuk membuat kamar besar tampak lebih nyaman. 

Warna hangat cocok digunakan pada ruang-ruang dengan tingkat aktivitas tinggi, seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang bermain, dapur, ruang kerja, ruang belajar dan ruang makan. Warna hangat cocok digunakan untuk penghuni rumah yang pasif, sehingga akan terangsang beraktivitas. Warna ini juga cocok untuk restoran atau bar, dimana bersosialisasi, makan dan minum adalah yang terpenting. 

Contoh desain interior dengan warna hangat :

desain interior rumah

desain interior rumah

desain interior rumah

desain interior rumah

desain interior rumah

Tips : 
  • Jika anda memiliki kamar tidur besar dan ingin terlihat lebih hangat, anda bisa mengaplikasikan warna terracotta atau coklat untuk membuatnya lebih nyaman. 
  • Gunakan warna yang lebih dingin pada dinding dan langit-langit untuk membuat ruangan tampak lebih luas. Kemudian, beri sentuhan hangat melalui furniture, pencahayaan, aksesoris, pelapis dan arsitektur. 
  • Kombinasikan warna dingin dengan warna hangat. Kombinasi warna yang sukses akan menambah sentuhan romantis pada interior anda. Contohnya, kursi sofa coklat dan merah muda, krem-abu-coklat, krem-coklat-putih, abu biru - ungu, dan sebagainya. 

3. Warna 'ceria'

warna ceria

Jika anda ingin menciptakan ruangan hidup yang berpengaruh secara positif, anda harus menggunakan tren warna cerah yang dapat membangkitkan perasaan bahagia. Warna ceria baik digunakan pada ruang mana saja, asalkan tepat dalam mengkombinasikannya. Warna ceria akan memberi efek senang dan gembira pada penghuni rumah.  Baca : 100+ Ide Interior Ruang Tamu Colorful. 

Contoh desain interior dengan warna ceria : 
desain interior rumah

desain interior rumah

desain interior rumah

desain interior rumah
desain interior rumah

Tips : 
  • Warna ceria lebih ditujukan pada kombinasi warna pada satu ruang. Misalnya, pada ruang tamu, ketiga bagian dinding diberi warna krem dan dinding lainnya diberi warna biru.
  • Jangan terlalu banyak mengambil warna gelap pada satu ruang. 
  • Hidupkan ruang dengan menambahkan aksesoris dekoratif dalam berbagai warna, dengan pilihan dekorasi warna-warni, gambar menarik atau wallpaper warna-warni. 

4. Warna 'terapi'

warna ruangan
Warna terapi dikenal juga sebagai chromotherapy. Warna terapi biasanya terdiri dari gradasi warna kuning muda dan warna-warna lembut. Ketika anda mendekorasi rumah atau kantor, anda bisa membawa energi penyembuhan ke ruangan, dan meningkatkan atau merangsang 'sesuatu' tertentu, seperti di bawah ini :
  • Biru muda : Meningkatkan ketenangan, komunikasi, kejujuran, ekspresi diri, keindahan.
  • Biru tua : Merangsang pengetahuan diri, kekuatan, visualisasi, institusi, ketenangan.
  • Warna hijau : Mensuport keseimbangan, keharmonisan, cinta, sosial, alam, penerimaan. 
  • Kuning : Meningkatkan keceriaan, humor, keringanan, kekuatan personal, kreatifitas, intelek, logika.
  • Orange : Merangsang kreatifitas, produktivitas, kesenangan, rasa optimis, antusias dan ekspresi emosional. 
  • Merah : Meningkatkan energi fisik, stamina, spontanitas, stabilitas, gairah. 
  • Violet : Merangsang intuisi, imajinasi, pengetahuan diri, meditasi, kualitas artistik. 

Contoh desain interior dengan warna terapi :
desain interior rumah

desain interior rumah

desain interior rumah

desain interior rumah

desain interior rumah

Tips : 
  • Warna terapi cocok digunakan pada ruang yang berfungsi untuk pengobatan atau relaksasi. Warna ini menimbulkan efek terapi, sehingga akan memperlancar pengobatan.
  • Warna hijau adalah penyembuh utama alam. Jadi, simpan beberapa  tanaman dalam ruangan di dekat pintu masuk. Tidak perlu berlebihan dengan warna tertentu untuk tanaman bunga, anda bisa menggantinya dengan percikan warna dalam bentuk table runner, bantal dan sebagainya. 
  • Jangan lupakan warna putih karena, putih dapat memberikan perasaan ceria, energik dan ringan. Untuk kamar tidur, hindari warna seperti orange, kuning, dan neon, karena secara tidak sadar akan membangunkan otak anda. 
  • Untuk kamar tidur, warna terbaik adalah pink, peach dan lilac. Warna ini memberi nuansa bahagia. Beri sedikit warna merah dalam bentuk gorden, bantal atau barang-barang dekoratif untuk menyalakan gairah. 

Itu adalah beberapa warna ruang yang dapat memberikan mood baik untuk anda. Selain menerapkan beberapa warna pada dinding, furniture, lantai dan aksesoris, jangan lupa untuk mengatur pencahayaan yang sesuai. 

Warna yang lebih terang cenderung memantulkan lebih banyak cahaya daripada warna yang lebih gelap dan lebih dalam. Jika anda ingin mencerahkan ruang yang kekurangan sinar matahari, pilih warna yang memantulkan cahaya. Begitupun sebaliknya, jika ingin meredam ruang yang mendapat banyak cahaya, anda bisa menambah kontras kecerahan warna yang lebih gelap. Semoga artikel Menentukan Warna Ruang bermanfaat!.