30 Ide Cerdas Desain Tiang Rumah Multifungsi, Praktis dan Modis

Tiang menjadi bagian penting dalam sebuah rumah, karena berfungsi untuk menahan beban atap. Untuk itulah, bentuk tiang harus disesuaikan sesuai desain rumah agar mampu bekerja maksimal. 

Tak hanya sebagai penyangga, tiang rumah bisa menjadi komponen desain interior yang cukup menarik. Anda harus menyesuaikan model tiang untuk kebutuhan interior rumah anda secara keseluruhan.

Kini, ada banyak ide kreatif yang bisa di aplikasikan untuk Rumah Minimalis maupun hunian modern. Memanfaatkan segala elemen rumah dengan baik tentunya bisa mempercantik tampilan rumah anda, entah pada interior maupun eksterior. 

Nah, kini tiang rumah tidak hanya sekedar penyangga rumah jika anda bisa berkreasi dengan model dan desainnya. Anda bisa memanfaatkan tiang rumah sebagai pelengkap hunian agar rumah anda lebih praktis dan indah. 

Sebagai tempat keluarga yang menyenangkan, kadang adanya tiang di tengah ruangan akan sangat mengganggu penampilan, sekaligus membuat ruangan tampak sempit. 

Tiang teras diatas memiliki ukuran yang cukup besar, karena satu sisinya juga dimanfaatkan sebagai rak untuk melengkapi ruang keluarga. Anda bisa menaruh beberapa barang seperti buku resep, majalah, pigura dan beberapa kebutuhan lainnya. 


Jika sebelumnya rak pada tiang dipasang menjorok ke dalam, maka untuk model tiang di atas adalah menambahkan sendiri rak-rak'an sebagai dekorasi untuk interior rumah.

Tentunya jangan terlalu lapang membuat rak di sekeliling tiang karena dalam hal ini fungsi utamanya adalah sebagai hiasan. Jadi, anda hanya bisa menambahkan beberapa barang berukuran kecil seperti pajangan dinding atau buku-buku kecil. 



Tiang kecil di tengah dapur tidak akan menjadi masalah jika anda bisa memanfaatkannya untuk menopang pulau dapur ataupun meja bar. Desain interior dengan pulau dapur di tengah, cocok untuk Desain Dapur bentuk L
Baca : 54 Model Meja Dapur Minimalis untuk Dapur Sempit




Hangatkan  area teras dengan modifikasi pilar rumah yang estetik. Tiang rumah berbahan kayu bisa memberi kesan hangat pada hunian. Jika anda memiliki tiang kayu, anda bisa menonjolkan sisi kehangatan dengan menambahkan lampu pada tiang. 

Anda bisa memilih model tiang, kemudian mengkombinasikannya dengan penerangan. Jika tiang pada teras rumah sudah didekorasi dengan lampu, sepertinya anda tidak membutuhkan lampu lain di atap teras. 




Dua tiang saling berhadapan di tengah ruangan terasa kurang bermanfaat jika dibiarkan berdiri bebas begitu saja. Anda bisa menambahkan meja kecil di antara tiang dan melengkapinya dengan dudukan untuk bersantai. 

Hampir sama dengan tiang rumah di area dapur. Bedanya, anda hanya perlu menaruh meja di tengah agar desain tiang tidak terkesan monoton. 



Jika sebelumnya anda sudah melihat modifikasi tiang kecil di dapur dengan meja makan, maka anda bisa melakukannya juga untuk tiang yang lebih lebar. Bedanya, gunakan desain meja minimalis tanpa rak agar hunian tidak terkesan sempit dan penuh, terlebih untuk ruang yang tidak terlalu luas. 

Desain di atas tidak menggunakan kursi sebagai pelengkap semakin memperjelas bahwa meja diatas tidak sepenuhnya menjadi meja makan tetapi sebuah meja sebagai pelengkap kebutuhan rumah. 


Membuat rak dinding pada desain tiang rumah bisa dilakukan dengan cara yang unik dan anti mainstream. Tiang pada gambar diatas dibuat dengan desain seolah-olah mengelupas dengan warna cat yang berbeda. 
Baca : 20 Tanaman Hias Terbaik untuk Penyegar Ruangan
Dari desainnya saja, tiang rumah itu sudah bisa mempercantik hunian. Anda bisa juga menambahkan beberapa hiasan pada bagian yang lebih lebar dengan tanaman hias, pigura atau apapun sesuai selera.  




Tiang teras di tengah ruangan yang cukup luas bisa menciptakan interior ruang keluarga yang unik dan kreatif. Jika biasanya rak TV menempel datar ke dinding, anda bisa membuat area TV baru di area tiang. 
Baca : 70 Model Tiang Rumah Indoor Modern Terpopuler
Namun area TV tidak akan menarik dengan tiang polosan saja. Menambahkan rak untuk keperluan lain di Ruang Keluarga juga menjadi pilihan menarik untuk membuat ruang keluarga lebih praktis, unik dan modis. 




Model tiang rumah diatas biasanya banyak ditemukan di dalam rumah gaya Eropa. Banyaknya pilar berjajar disatukan dengan pembatas ruangan rendah untuk menonjolkan fungsi ruang.
Baca : 64 Model Sekat Ruangan Cantik Pada Rumah Minimalis
Anda bisa membiarkan bagian rendah tetap polos ataupun menambahkan dengan hiasan lainnya sesuai selera.




Pilar indoor dengan ukuran yang lebar dan tebal bisa dimanfaatkan untuk membuat meja bar di dapur, sekaligus sebagai pembatas untuk area lain di dapur. Meski terkesan terlalu besar dan mengganggu, pemanfaatkan yang tepat akan membuat interior anda tampak minimalis dan tetap rapi. 




Jangan selalu berfikir bahwa menggunakan bahan kayu pada interior akan membuat rumah anda terlihat tradisional. Material kayu membawa kesan hangat dan nuansa natural di dalam hunian dan bisa diaplikasikan pada hunian modern juga. 

Agar tidak monoton, hias tiang kayu dengan pernak-pernik sederhana. Jangan lupa untuk menggunakan beberapa furniture kayu agar interior semakin serasi dan cantik. 




Memiliki rumah yang luas dan besar, biasanya desain pilar rumah juga disesuaikan dengan ukuran rumah. Jika bosan memanfaatkan tiang dengan rak-rak, anda bisa menggunakan ide Taman Indoor untuk desain tiang rumah.

Pastikan jenis tanaman yang akan diaplikasikan serasi, seperti tanaman bambu air yang tidak membutuhkan ruang luas untuk bisa hidup, sekaligus juga tidak makan tempat dan mudah dirawat. 




Untuk hunian minimalis dengan interior cerah, tiang kayu akan membuat tampilan menjadi sederhana dan natural. Jika tiang kayu tidak terlalu besar, anda tidak perlu membuat rak-rak untuk ruang minimalis anda. 

Anda bisa memasang Lampu Gantung di tiang kayu, Pastikan letaknya di atas, tidak terlalu kebawah karena akan membuat hunian tampak sempit. 




Bagi pecinta buku, tiang rumah bisa membantu anda menciptakan rak buku baru yang menyatu dengan dinding. Anda bisa membuat rak dengan tinggi sesuai selera. 

Jika ingin ruang khusus, maka anda bisa meninggikan rak. Jika menyatu dengan Ruang Keluarga, sebaiknya tidak perlu terlalu tinggi agar bisa menjadi pembatas antar ruang. 




Model tiang rumah diatas cukup unik karena disusun dari batu alam dan kayu. Kemudian dilengkapi dengan lampu sebagai penerangan. Tanpa pernak pernik lain, tampilan seperti itu sudah membuat interior rumah anda terkesan hangat dan welcoming




Seperti desain sebelumnya, tiang teras di area dapur memang cocok untuk membuat meja bar. Bedanya, meja bar tersebut terbuka, sehingga ruangan akan tampak lebar dan praktis. 




Jika sebelumnya bisa ditambahkan desain meja melayang, maka anda bisa membuat lebih sederhana dengan meja kayu dan memanfaatkan pilar rumah menjadi salah satu kaki meja. 



Meski ada di area dapur dan ruang makan, meja ini bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap di dalam ruangan rumah anda. 




Tampil unik dan kreatif, anda bisa mendesain pilar rumah sebagai penyeimbang rak gantung yang tergantung di atap. Rak model gantung itu memang tidak benar-benar tergantung, tetapi dimodif menyerupai rak gantung agar tampilannya lebih unik. 

Anda harus menyesuaikan lebar rak dengan lebar pilar agar lebih simetris. Jika pilar cukup lebar, anda bisa menambahkan lebih banyak hiasan di rak, seperti Tanaman Hias, buku dan barang-barang lainnya. Atap dan pilar akan menjadi penyangga yang kuat untuk rak anda. 




Pilar berada di area dekat dinding?, manfaatkan saja dengan menambahkan rak-rakan agar menyerupai sudut ruangan. Dengan begitu, interior rumah anda tidak akan terganggu dengan keberadaan pilar yang berdiri di tengah jalan. 




Tidak ada ruang untuk memajang lukisan atau hiasan dinding lain?, pilar rumah bisa menjadi salah satu solusinya. Namun anda bisa melakukannya jika memiliki ukuran tiang rumah yang cukup lebar. 

Tidak hanya berupa kotak polos, anda bisa mendesain model pilar dengan area khusus untuk pajangan dinding. Dengan begitu, tiang di dalam rumah akan semakin cantik dan tidak monoton. 



Anda yang suka tampil unik dan tampil beda, tiang rumah yang masih plesteran dan acian pasti bisa didesain artistik seperti gambar diatas. Bukan menonjolkan tampilan pilar yang bisa dibilang belum finishing, tetapi desain di atas cenderung didominasi rak berukuran besar di sisi tiang. 

Anda harus memastikan bahwa isi rak cukup menarik perhatian agar tidak mengurangi estetika ruangan. Jadi, anda bisa memanfaatkannya untuk menaruh apapun yang menarik perhatian orang, contohnya cemilan seperti diatas.


Bagi yang suka baca dan terbiasa dengan Rak Dinding Minimalis, anda bisa menambahkan rak buku di sisi pilar. Jika rak bersusun terlalu mainstream, cobalah mendesain rak bersusun dengan bentuk yang unik. 
Baca : 67 Model Simple dan Kreatif Rak Dinding Minimalis
Tampilan yang unik akan menciptakan kesan modis di dalam hunian anda. Kemudian tambahkan kursi santai sebagai pelengkap kegiatan membaca selanjutnya. 


Jika sebelumnya ada meja di tengah tiang, maka desain di atas adalah contoh bahwa anda masih bisa menambahkan rak lagi tanpa mengurangi keindahan interior rumah anda. 

Agar tidak terkesan penuh, isi rak dengan pajangan ringan seperti pot kecil ataupun tempat bumbu jika pilar ada di area dapur. 




Beruntung jika pilar ada di dekat dinding sehingga tidak mengganggu tampilan interior. Dengan begitu anda hanya perlu menambahkan beberapa elemen untuk menambahkan rak untuk pajangan. Agar lebih keren, tambahkan lampu hias untuk mempertajam sisi pilar yang cantik beserta hiasannya.




Tiang rumah dengan posisi strategis memang sangat menguntungkan, seperti inspirasi desain tiang rumah diatas. Pada bagian dalam, tiang rumah dimanfaatkan untuk menopang meja bar di area dapur, sementara sisi yang lain dimanfaatkan untuk lemari kecil. 

Anda harus memastikan bahwa ukuran pilar memang cukup untuk menjadikannya lemari mini dan bisa untuk menampung beberapa barang. Jika pilar tidak lebar, sebaiknya anda cukup memasang rak dinding sederhana seperti gambar ide tiang dibawah. 




Siapa yang tidak bosan dengan model tiang yang simple dan biasa-biasa saja?. Meski umumnya tiang memang seperti itu, kini ada beberapa inspirasi model tiang yang bisa dicoba, seperti yang telah dijabarkan dari tadi.

Tiang rumah yang polos dan umum ini sengaja diberi tambahan rak agar tidak monoton dan biasa-biasa saja. Jika menghuni Rumah Minimalis, anda bisa mengisinya seperti gambar diatas, dengan Rak Dinding sederhana dan ukuran yang minimalis pula. 




Jika sebelumnya ada tiang persegi monoton, maka ini ada tiang segi banyak yang juga monoton, tetapi untuk desainnya tetap sama dengan yang diatas. Pastikan anda memasang Rak Dinding dengan ukuran minimalis dan tidak menambahkan terlalu banyak rak-rakan agar ruangan tidak terkesan penuh. 




Kali ini tanpa rak, tiang yang ada di tengah ruangan bisa anda desain cantik dengan menggunakan lampu, seperti desain Tiang Rumah Teras yang sudah dibahas di atas. 

Ada di tengah ruangan yang cukup luas, memberi lampu pada sisi-sisi tiang cukup menarik. Anda tidak perlu menyalakan lampu utama untuk membuat ruangan menjadi terang saat malam. Lampu di tiang bisa dimanfaatkan sebagai lampu malam yang bisa menjangkau ruangan lebar di sekitarnya. 




Model tiang di atas biasanya ada di rumah mewah atau rumah klasik gaya Eropa. Kali ini bukan hanya sebagai penyangga dan pembatas ruangan, tetapi bagian bawah dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan. 

Biasanya, posisi rak yang kurang menjadi pusat perhatian, lebih cocok digunakan untuk menyimpan barang - barang umum seperti buku dan beberapa pajangan dengan dominasi yang seimbang. Kurang cocok jika anda memajang foto maupun pajangan lain dengan jumlah banyak disana.



Memiliki pilar kecil bukan berarti anda tidak bisa melakukan apapun untuk mengisinya, apalagi jika tiang rumah monoton. Anda bisa memasang rak dengan bentuk sesuai tiang agar serasi. 

Nah, karena tiang berukuran kecil, agar menyolok, anda bisa menyusunnya tinggi dan mengisinya dengan beberapa pajangan sesuai selera. 

Untuk membuat desain tiang rumah yang modis dan praktis, anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti model, lokasi, material, warna dan fungsi. Jangan sampai anda membuat desain rak pada tiang, tetapi justru membuat rumah anda semakin tampak sesak. 

Rumah Minimalis tidak selalu memiliki tiang teras persegi, begitu juga rumah mewah tidak selalu memiliki tiang teras bulat. Semua tergantung selera anda, tetapi anda tetap harus menyelaraskan dengan desain rumah anda.

Semoga artikel Memanfaatkan Tiang Rumah bermanfaat. Jika anda kesulitan untuk merancang desain interior, anda bisa menggunakan jasa arsitek desain rumah untuk hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, anda bisa mencari referensi contoh desain rumah yang tepat untuk bangunan impian anda. Selamat mendesain rumah impian anda !