5 Tips Terbaik Merenovasi Dapur Minimalis

Tips Renovasi Dapur. Dapur tak hanya menjadi tempat memasak, tetapi jantung rumah, tempat dimana anda bisa terhibur dan menghabiskan waktu. 

Dapur biasanya bersatu dengan ruang makan, yang juga menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga, disamping ruang keluarga. Sebagai salah satu ruangan vital, anda perlu pertimbangan yang matang jika ingin merenovasinya.
Dapur minimalis

Renovasi rumah bukan hal baru. Anda bisa merenovasi dapur sesuai dengan desain baru yang anda inginkan, tetapi pastikan bahwa renovasi dapur akan membuatnya lebih banyak nilai plusnya dari pada minusnya. 

Tidak sedikit orang yang merenovasi ruangan secara bertahap. Hal ini dilakukan agar aktivitas di dalamnya tidak terhambat dan tetap berjalan dengan baik. Namun, ada juga yang merenovasi sekaligus dan memindahkan aktivitas dapur di ruang lain - ruang makan misalnya. 

Anda bisa memilih mana yang lebih baik untuk rumah anda. Disamping itu semua, anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal yang bermanfaat dalam merenovasi dapur. 

Berikut beberapa tips untuk merenovasi dapur minimalis :

1. Atur anggaran yang realistis.

Tips Renovasi Dapur

Hal penting pertama yang harus dipertimbangkan tentu saja anggaran. Anda harus lebih dulu tau berapa anggaran yang dibutuhkan. Anda bisa membuat reng-rengan dana dengan bertanya kepada tukang atau ahli yang paham tentang renovasi rumah. 

Biasanya, ahli renovasi akan memberi tahu dana yang cukup besar, karena renovasi haruslah maksimal dan menggunakan material dan barang yang baik. Pastikan detail renovasi anda, termasuk biaya tambahan jika tiba-tiba muncul pengeluaran tak terduga. 

Kunci untuk menciptakan dapur baru yang sukses terletak pada mengetahui cara mendapatkan apapun yang terbaik dengan harga minimum. 

Baca : 55 Desain Dapur Modern - Cantik dan Elegan

Tips : Dari detail tersebut, bekerjalah dengan penawaran harga untuk mencari material atau barang yang baik dengan harga yang terbaik pula. Cari cara cerdas untuk menghemat anggaran anda. 

Contohnya, seperti ubin yang sudah usang, anda bisa melapisinya dengan cat untuk membuatnya tampak baru. Sehingga anda tidak perlu membeli ubin baru. 

Selain contoh diatas, anda bisa menghemat banyak uang tanpa harus berkompromi dengan gaya dapur minimalis anda. Ingatlah untuk tetap fokus pada anggaran selama proses renovasi. Simpanlah setidaknya 10% dari anggaran renovasi untuk kemungkinan darurat. 

2. Tambahkan peralatan inovatif. 

dapur minimalis

Sangat perlu menambahkan peralatan yang tidak hanya meningkatkan fungsionalitas dapur, tetapi juga meningkatkan gaya interiornya. Menciptakan ruangan yang indah dan menarik hati tentu bisa mengubah mood siapapun untuk beraktivitas.

Jika dulu banyak dapur yang menggunakan peralatan serba besar dengan ruang benchtop, sudah saatnya mengganti itu semua, karena generasi baru sekarang lebih minimalis, multifungsi dan enak dipandang. 

Baca : 50 Inspirasi Keren Desain Rak Dapur Fungsional 

Tips : Ubahlah fungsi furniture di dapur dengan yang lebih multifungsi dengan bentuk yang minimalis. Anda bisa menggabungkan ruang makan dengan meja dapur, ataupun memisahnya dengan desain yang lebih cantik. Selain itu mengupgrade furniture juga bisa menjadi pilihan menarik. 
Contohnya, teknologi pintar hydrotap yang bisa menyediakan air mendidih dan dingin, memiliki sistem penyaringan mikro purity kelas dunia yang mengubah air menjadi air murni yang bermanfaat untuk kesehatan keluarga. Selain itu model hemat energinya bisa meminimalkan anggaran listrik di rumah. 

Anda bisa juga memilih kitchen set dengan rak yang lebih banyak dan praktis,  daripada memilih rak buatan yang akan memenuhi dinding dapur anda. Intinya, gunakan furniture yang praktis, minimalis dan multifungsi.

3. Pastikan tata letak dapur seimbang. 

dapur minimalis

Menjadi salah satu ruangan yang sering digunakan, dapur membutuhkan tata ruang yang menyeimbangkan fungsi dengan bentuk. Setiap dapur tentu memiliki anggaran berbeda dan anda pasti memiliki parameter sendiri untuk menentukan gaya dapur minimalis yang tepat. 

Umumnya, ada Dapur Bentuk L, lurus dan Dapur Bentuk U. Saat memutuskan gaya, utamakan fungsi dapur untuk mendapatkan solusi penyimpanan yang berguna. Selain itu, selektiflah dalam memilih kitchen set sesuai gaya dan fungsi. 

Baca : 70 Desain Terbaik Dapur Minimalis Bentuk L

Tips : Jika akses ganda cukup penting, anda bisa mempertimbangkan mengubah dapur menjadi Dapur Semi Terbuka. Atau, jika pekerjaan rumah adalah prioritas, anda bisa mempertimbangkan untuk memaksimalkan sedikit area untuk itu - tidak di area memasak ataupun area makan, menambahkan meja dan bangku minimalis

Jika memiliki dapur yang lumayan luas, anda bisa memanfaatkan area tersebut untuk mengerjakan pekerjaan lain sambil beraktivitas di dapur. Mungkin anda juga bisa membimbing anak anda belajar tanpa menunda pekerjaan di dapur anda. 

4. Pilih warna interior yang tepat.

dapur minimalis

Saat renovasi dapur, anda mungkin tergoda untuk mengganti warna klasik dengan warna-warna cerah yang tren sekarang ini. Namun, tidak mengubah warna pun tidak berarti membosankan, karena ada cara agar dapur minimalis anda selalu tampak modern.

Warna netral pada dinding maupun furniture  akan meningkatkan aliran cahaya alami dan membuat dapur tampak lebih besar, sekaligus membuka banyak ruang untuk variasi lain. 

Warna dapur klasik juga akan membuat lebih mudah jika anda ingin menggabungkan peralatan dan fitur yang kurang permanen, seperti bunga untuk hiasan. 

Baca : 8 Tips Jitu Memilih Warna Ruangan yang Bagus dan Tepat

Tips : Warna netral cocok untuk furniture berbahan alami seperti kayu, kulit dan kaca, salah satu elemen yang tidak pernah ketinggalan jaman. Anda bisa memberi warna netral juga pada dinding dan lantai. Kemudian memberi sedikit dekorasi di dalamnya. 

Untuk menentukan warna, sesuaikan dengan gaya dan tema rumah anda. Namun, karena dapur biasanya berada di area belakang, tidak masalah jika anda merenovasi dengan warna netral sementara ruang yang lainnya tidak. 

5. Menerapkan fitur lampu untuk pencahayaan sempurna.

dapur minimalis

Lampu dengan posisi yang sempurna bisa menjadikan dapur anda menjadi ruang yang menarik. Pencahayaan yang baik adalah komponen penting dari setiap dapur yang dirancang dengan baik. 

Pencahayaan yang baik akan membantu aktivitas dapur anda, seperti memasak, bersih-bersih dan lain sebagainya. Bagi anda yang menyukai gaya pencahayaan minimalis, anda bisa menggunakan Lampu Gantung Minimalis atau pencahayaan lain yang lebih terasa, seperti pencahayaan alami dari jendela misalnya. 

Baca : 80 Desain Lampu Gantung Unik Minimalis

Tips : Gunakan lampu gantung di atas tempat aktivitas anda, seperti di atas wastafel cuci piring, Meja Dapur atau area meja makan. Untuk model, pilih model lampu gantung minimalis, sehingga tidak membuat ruangan tampak penuh. Anda bisa menggunakan lampu gantung gaya Scandinavia. 

Anda bisa memindahkan area memasak (kompor, wastafel cuci) di dekat jendela, agar mendapatkan pencahayaan alami. Selain itu, adanya jendela juga akan membuat aktivitas anda tidak membosankan. 

Jika interior dapur anda menggunakan furniture kayu dengan warna yang masih alami, atau anda mengaplikasikan lantai kayu atau motif kayu, anda bisa mengaplikasikan Lampu Gantung Rotan untuk hunian yang lebih natural. 

Itu adalah tips singkat tentang renovasi dapur. Tentunya ada banyak tips menarik yang bisa dilakukan untuk merenovasi dapur minimalis anda dan yang telah disebutkan di atas adalah tips secara garis besarnya saja, dari kumpulan tips-tips yang mendetail. 

Hal yang paling penting dalam melakukan renovasi adalah anggaran. Anda tentu bisa mendapatkan renovasi yang lebih baik jika memiliki anggaran yang besar, karena pasti lebih banyak lagi kebutuhan anda untuk merenovasi dapur. Semoga artikel Tips Merenovasi Dapur Minimalis bermanfaat!.