Aktifkan Javascript

Untuk mengakses blog RUmahku Unik, hidupkan Javascript di dalam pengaturan browser.

Top 10 Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit Sederhana

Memiliki kolam ikan di rumah tidak selalu membutuhkan lahan luas. Anda bisa membuat model kolam ikan minimalis di lahan sempit yang hadir sebagai solusi tepat menghadirkan kesegaran dan ketenangan di rumah. Dengan rancangan sederhana dan fungsionalitas, Anda bisa memanfaatkan ruang tersedia dengan maksimal.

Desain ramping dan elegannya cocok untuk berbagai gaya rumah, mulai tradisional hingga modern. Kolam minimals ini cocok untuk teras, sudut ruang maupun ruang bawah tangga. Sehingga, Anda bisa menciptakan sentuhan alam yang menenangkan dan menyegarkan dengan cara sederhana meski di lahan sempit.
 

Konsep Desain

 
Model Kolam Ikan Minimalis

Tren Terbaru


Tren model kolam ikan minimalis di lahan sempit terus berkembang mengikuti inovasi dan gaya hidup asa kini. Bentuk sederhana seperti segi empat atau lingkaran masih populer karena memberi kesan modern dan stylish. Penggunaan elemen dekoratif seperti air mancur dan lampu LED memberikan efek dramatis.

Tak hanya berbentuk horisontal, bentuk kolam ikan vertikal juga bagus diaplikasikan pada hunian sempit. Pada hunian yang lebih modern, bentuk vertikal dapat menjadi pembatas ruangan, meja, dan sebagainya dengan tujuan dekorasi. Meski sederhana, tata letak dan desain yang tepat dapat meningkatkan visual rumah.

Material & Desain


Material yang digunakan pada model kolam ikan minimalis di lahan sempit biasanya sederhana, karena tidak membutuhkan ukuran besar. Anda bisa menggunakan material seperti betok, fiberglass atau terpal. Untuk tekstur bisa ditambahkan atau menggunakan batu alam atau batu bata.

Desain yang digunakan kebanyakan bentuk simpel dan geometris seperti persegi persegi panjang atau lingkaran. Bentuk rumit biasanya dihindari karena keterbatasan ruang. Itulah sebabnya, kolam ikan tidak selalu ada di taman, tetapi bisa dibentuk vertikal sebagai dekorasi dinding atau ruangan.

Dekorasi lain yang bisa digunakan untuk emnyempurnakan kolam ikan kecil yaitu penambahan tanaman hias, patung, batu alam dan lampu LED. Hal itu akan membuat tampilan kolam lebih indah, alami dan punya daya tarik.
 

Berapa Biaya Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit?


Banyak faktor yang mempengaruhi biaya pembuatan kolam ikan. Misalnya ukuran kolam, material, desain, dan upah pekerja. Untuk ukuran 100 x 100 x 50 cm, materialnya bisa bekisar antara Rp. 50.000 - Rp. 200.000. Sedangkan biaya desain dan upah, tergantung dimana Anda mencari jasa pembuatan kolam ikan.
 

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit

 

1. Kolam Ikan Kaca

 
Model Kolam Ikan Minimalis

Jika ingin membuat kolam ikan kecil, pertimbangkan menggunakan material kaca layaknya akuarium. Sehingga, meski bentuknya mungil, isi kolam bisa tampak dari kejauhan tanpa harus mendekat. Hal ii memberikan sentuhan modern dan elegan pada dekorasi rumah.

2. Dekorasi Air Mancur yang Menyegarkan

 
air mancur minimalis

Ingin desain yang lebih sederhana, Anda bisa menggunakan mangkuk air yang kerap digunakan sebagai tempat menanam tumbuhan air. Penambahan air mancur dapat menciptakan nuansa yang lebih tenang dan menyegarkan. Untuk model ini, pastikan ukuran ikan sesuai dengan ukuran mangkuk.
 

3. Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit Bentuk Unik

 
air mancur modern

Menyisakan sudut taman untuk kolam ikan adalah ide menarik, karena dapat menjadi daya tarik utama eskterior rumah. Jika tidak ingin menggunakan bentuk geometris, gunakan bentuk lain sesuai selera dan kreatifitas. Agar lebih indah, tambahkan dekorasi berupa tanaman hias, batu alam dan air mancur untuk menyegarkan suasana serta membuat ikan-ikan nyaman.

4. Kolam Ikan Depan Rumah Sederhana

 
air mancur

Memiliki budget minim bukan halangan untuk membuat model kolam ikan minimalis di lahan sempit. Desain sederhana dengan plastik juga bisa terlihat indah dengan dekorasi yang tepat. Dalam hal ini pertimbangkan menggunakan dekorasi seperti tanaman air, air mancur dan batu alam sederhana yang bisa meningkatkan tampilan kolam dan keseluruhan taman depan rumah.

5. Kolam Ikan Koi Pengganti Taman Teras

 
kolam ikan koi

Jika biasanya teras memiliki taman hijau, Anda bisa menggantinya dengan dominasi kolam ikan yang lebih menarik untuk mengatasi kebosanan. Kolam persegi panjang di samping taman kecil yang sejajar membuat tampilannya sangat sempurna untuk teras. Sehingga, areanya tidak hanya dapat untuk menerima tamu, tetapi juga menjadi tempat bersantai yang menyenangkan.

6. Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit yang Estetik

 
Model Kolam Ikan Minimalis

Ingin suasana yang lebih menyegarkan dengan air mancur?, Anda bisa memanfaatkan dinding batu alam untuk mengalirkan air menuju kolam di bawah. Desainnya bisa menjadi daya tarik yang sangat elegan. Dilengkapi dengan teduhnya pepohonan, area kolam bisa menjadi spot bersantai yang menenangkan.

7. Area Santai Semi Outdoor yang Menyejukkan

 
Model Kolam Ikan Minimalis

Model kolam ikan minimalis lahan sempit ini bisa menjadi area santai yang sangat menarik. Meski kecil, dekorasi ruangnya begitu penuh gaya dengan tektur pada dinding serta tanaman di tengah kolam. Suasananya yang tenang membuat area ini bisa untuk bersantai, belajar, sembahyang dan sebagainya.

8. Kolam Ikan Minimalis Ukuran 1 Meter

 
Model Kolam Ikan Minimalis

Kolam ikan geometris segi empat memang banyak diaplikasikan karena cocok untuk berbagai gaya rumah. Anda hanya perlu mendekorasi area kolam agar desainnya memberi daya tarik untuk rumah. Penabahan jalan setapak segi empat yang menyambungkan dua area serta air mancur sudah cukup untuk menciptakan suasana alami di pelataran rumah.

9. Kolam Ikan Minimalis yang Fleksibel

 
kolam ikan depan rumah

Jika tidak ingin membuat kolam permanen, Anda bisa menggunakan bak sebagai material kolam. Selanjutnya, Anda yang perlu mendekorasi sisanya agar kolam tampak indah dipandang. Memiliki kolam yang fleksibel memungkinkan Anda bisa memindahkan kolam ke area lain jika ingin mengganti suasana.

10. Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit Semi Outdoor

 
kolam minimalis

Kolam ikan koi yang tenang dapat menjadi tempat bersantai maupun relaksasi menarik. Anda bisa membuat kolam memanjang hingga bawah jalan, seolah-olah memiliki jembatan di dalam rumah. Hal ini dapat memaksimalkan area, serta memungkinkan anda memiliki kolam lebih luas tanpa harus menyita banyak ruang.
 

Do & Don't

 

Do

 
  1. Pilih model kolam yang simpel dan geometris agar terlihat rapi dan luas.
  2. Gunakan material modern seperti beton, fiberglass atau terpal yang tahan lama dan mudah dibentuk.
  3. Gunakan warna netral agar kolam terlihat minimalis dan elegan.
  4. Tambahakan elemen dekorasi seperti tanaman air untuk menjaga kualitas air, air mancur & batu alam untuk kesan natural serta lampu LED agak lebih dramatis.
  5. Manfaatkan ruang vertikal atau area bawah jalan untuk menghemat ruang.
  6. Hindari ikan yang terlalu besar agar kolam tidak terlihat penuh.

Don't

 
  1. Hindari memilih bentuk rumit dan dekorasi berlebihan dapat membuat kolam terlihat sesak.
  2. Penggunaan warna mencolok untuk model kolam ikan minimalis di lahan sempit akan membuat nya tidak minimalis dan terlihat ramai.
  3. Jangan membuat kolaml yang terlalu tinggi, karena akan sulit dijangkau ketika akan dibersihkan.
  4. Memilih ikan terlalu besar dapat mencemari air kolam dengan cepat, serta membuat kolam tampak penuh sesak. Hal ini juga tentu tidak nyaman untuk ikan tersebut.
  5. Tidak membersihkan kolam secara rutin akan menjadi kotor dan menimbulkan bau.

FAQ


Bagaimana memilih ukuran kolam ikan yang tepat untuk lahan sempit?
Pilih ukuran kolam sesuai jenis ikan dan luas lahan. Misalnya ikan koi butuh kolam besar, sedangkan ikan hias seperti cupang, rasbora, neon tetra, dll membutuhkan kolam kecil.

Berapa ukuran model kolam ikan minimalis di lahan sempit?
Ukuran kolam minimalis biasanya berkisar antara 50 x 50 x 50 cm hingga 200 x 150 x 100 cm.

Berapa ukuran ideal kolam koi?
Ukuran ideal kolam koi tergantung jenis dan jumlah koi. Umumnya, 1 koi dewasa membutuhkan 1 meter kubik air.

Bagaimana cara membuat kolam ikan?
Cara sederhana membuatnya adalah tinggal membuat lubang, pasang terpal/beton, isi air, pasang filter, dan tambahkan dekorasi.

Bagaimana caranya agar air kolam ikan tetap jernih?
Agar air kolam tetap jernih, jagalah kebersihan kolam, gunakan filter yang tepat, dan ganti air secara berkala.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel