Ini 10 Ide Ruang Keluarga Lesehan Elegan : Praktis & Fleksibel

Menciptakan ruang keluarga lesehan merupakan ide menarik bagi Anda yang ingin atmosfer hangat dan mengundang di dalam rumah. Desain ini memadukan unsur tradisional dan modern, menciptakan ruang yang tak hanya estetis tetapi juga fungsional. Meski banyak diaplikasikan pada hunian di Jepang, gaya desain ini juga cocok untuk rumah tropis di Indonesia lho!.

Bagi Anda yang ingin menciptakan suasana yang lebih homey dengan ruangan fleksibel, mendesain area menjadi lesehan adalah ide menarik. Lesehan tidak sebatas duduk di atas karpet saja, tetapi desain modern masa kini juga menggunakan kursi dan meja pendek. Hal ini akan memberikan nuansa santai yang mendorong interaksi dalam hangatnya kebersamaan.

Konsep Desain


Ruang Keluarga Lesehan

Warna & Material


Untuk menciptakan keanggunan dan kenyamanan, Anda bisa bermain dalam warna dan material. Menggunakan warna netral menenangkan seperti putih, krem, abu-abu atau cokelat muda dapat menciptakan kesan luas dan elegan. Aksen wana cerah juga bisa ditambahkan pada bantal, lukisan maupun tanaman hias.

Material alami seperti kayu, rotan atau bambu bisa digunakan untuk menghadirkan kesan hangat dan alami pada ruang keluarga lesehan. Jika ingin sentuhan modern, marmer atau granit kerap digunakan untuk memberi sentuhan mewah.

Furniture & Dekorasi


Furniture pun harus disesuaikan dengan gaya ruang lesehan. Meski identik dengan tikar, adapilihan furniture lesehan yang bisa dipilih juga, seperti beanbad, sofa bed atau bantal-bantal besar. Meja kecil rendah juga ditambahkan untuk meletakkan makanan dan minuman.

Untuk memeriahkan suasana, dekorasi bisa ditambahkan melalui aksen warna atau elemen dekoratif seperti lampu gantung, hiasan dinding, cermin, tanaman hias dan sebagainya. Anda juga bisa memasang foto keluarga supaya sesuai dengan tema ruangan.

Berapa Biaya Mendesain Ruang Keluarga Lesehan ?


Mendesain ruang keluarga lesehan bervariasi, tetapi biasanya lebih murah karena tidak menggunakan furniture besar. Harga juga dipengaruhi faktor seperti luas ruang, material, furniture, gaya desain dan dekorasi. Umumnya biaya desain antara 5 - 20 juta rupiah termasuk material, furniture dan dekorasi.

Ruang Keluarga Lesehan Elegan


1. Gaya Jepang yang Klasik & Elegan


ruang keluarga mewah

Ruang keluarga minimalis ini menggunakan warna netral putih dan krem yang memberikan kesan luas dan lapang. Sentuhuan cokelat muda pada sofa dan meja menambah kehangatan ruangan. Elemen dekoratis seperti kotak jendela dan tanaman hias menciptakan suasana tradisional ala Jepang yang elegan.
 

2. Minimalis & Nyaman dengan Sofa Lesehan

 
model ruang keluarga

Ruang keluarga lesehan ini didominasi warna putih dan krem yang meliputi dinding dan furniture. Warna terangnya membuat ruang terasa lebih lapang. Agar tidak monoton, elemen warna diaplikasikan pada tanaman hias dan rak dinding multifungsi.

3. Ruang Keluarga Lesehan yang Ceria

 
ruang keluarga aesthetic

Model ruang keluarga aesthetic ini tampak meriah dengan warna-warna cerah yang mendominasi. Ada kasur & tikar busa yang bisa digunakan saat bersantai bersama keluarga. Tanaman hias dan lampu kecil membuat ruangan ini terlihat segar dalam paduan warna-warnanya.

4. Gaya Minimalis Sederhana

 
ruang keluarga lesehan elegan

Jika ingin budget ekonomis, desain ruang keluarga lesehan di atas bisa jadi pilihan. Meja dan bantal duduk sederhana berbalut warna biru cerah yang memberi sentuhan ceria pada ruangan. Tata letak yang rapi juga bisa diaplikasikan pada ruang tamu.
 

5. Desain Nyaman dengan Bed dan Beanbag

 
ruang santai keluarga

Bagi yang ingin suasana santai, menauh kasur busa untu ruang keluarga lesehan adalah pilihan menarik. Namun, berikan pilihan lain seperti benbag atau bantal duduk untuk variasi. Pemilihan warna-warna ramai dengan tanaman hias sebagai elemen dekoratif menciptakan tampilan yang sederhana tapi modern dan nyaman.

6. Ruang Keluarga Lesehan Gaya Jepang

 
ruang keluarga modern

Tak ingin alas duduk untuk ruang keluarga?, mana pastikan lantai ruang cukup bersih dan nyaman. Material seperti kayu atau vinyl merupakan pilihan yang baik karena tidak dingin seperti keramik. Jika menggunakan keramik, maka bisa melapisinya agar tidak terlalu dingin.

7. Model Minimalis dan Elegan

 
desan ruang santai

Ruang keluarga modern ini memancarkan aura ketenangan dan kehangatan dalam desain minimalis yang mempesona. Warna tosca memberi ketajaman warna yang menyegarkan, apalagi adanya pelengkap tanaman hias. Penggunaan furniture berwarna cerah membuat tampilan desainnya semakin sempurna.

8. Sentuhan Modern pada Hunian Klasik

 
ruang keluarga estetik

gaya klasik memberi suasana hangat yang mengundang. Alih-alih menggunakan tikar biasa, memberikan sentuhan modern berupa dudukan sofa dapat meningkatkan tampilan interior. Dalam hal ini penyesuaian warna interior dengan tema ruangan harus diperhatikan agar selaras.
 

9. Ruang Keluarga Minimalis Sederhana

 
desain ruang keluarga lesehan

Bagi yang memiliki ruang keluarga sederhana di ruang sempit, memiliki desain lesehan sangat direkomendasikan karena bisa menghemat space. Gunakan meja sederhana dan dudukan minimalis untuk membuat tempat nyaman di depan TV. Taman hias di depan jendela cukup untuk menjadi fokus visual yang simple dan menyegarkan.

10. Ruang Keluarga Lesehan Warna Netral

 
dekorasi ruang keluarga

Ini adalah desain ruang santai yang cocok untuk rumah minimalis hingga ruang mewah. Bahkan Anda bisa meniru desainnya untuk area teras atau balkon. Warna cerah yang bersih, material sofa dan karpet yang lembut serta tanaman hiasnya menciptakan nuansa santai, nyaman dan menyegarkan untuk bercengkerama bersama keluarga.

Do & Don't


Do :

 
  1. Pilih furniture yang tepat. Gunakan bantal duduk yang nyaman dan meja lesehan yang kokoh. Tambahkan beanbag atau kursi pouf untuk menambah variasi tempat duduk.
  2. Pilih karpet dengan tekstur kaya dan warna menarik untuk menambah sentuhan elegan.
  3. Kombinasikan berbagai pencahayaan seperti cahaya alami dari jendela, lampu gantung maupun lampu meja untuk menciptakan suasana nyaman dan dramatis.
  4. Tambahkan aksesoris seperti vas bunga, bantal dekoratif dan karya seni untuk mencerminkan kepribadian pemilik rumah maupun untuk mempercantik ruangan.
  5. Pastikan tata letak memungkinkan pergerakan yang mudah dan semua orang bisa duduk dengan nyaman.

Don't :

 
  1. Menggunakan furniture terlalu tinggi dapat mengganggu suasana santai di ruang keluarga lesehan.
  2. Jagan gunakan karpet yang terlalu tipis, karena tidak memberikan kenyamanan yang cukup dan mudah kotor.
  3. Hindari menggunakan banyak pencahayaan. Ruangan yang terlalu terang membuat silau dan rasa tak nyaman.
  4. Hinari mendekorasi ruangan terlalu berlebihan, terutama jika ruangan sempit karena dapat membuat ruang tampak ramai dan sesak.

FAQ


Apa isi dari ruang keluarga?
Ruang keluarga biasanya berisi furnitur untuk duduk, seperti sofa, kursi, atau meja lesehan, dan juga televisi, rak buku, dan dekorasi ruang.

Apa saja yang bisa dilakukan di ruang keluarga?
Di ruang keluarga dapat bersantai, menonton TV, membaca buku, bermain game, atau mengobrol bersama keluarga.

Apa keuntungan ruang keluarga lesehan?
Keuntungannya gaya lesehan yaitu nyaman, cocok untuk keluarga, hemat ruang, mudah ditata ulang, praktis dan serbaguna.

Apa yang harus diperhatikan saat mendesain ruang keluarga?
Dalam mendesain ruang keluarga perhatikan tata letak, kenyamanan, pencahayaan, dekorasi dan kebersihan.

Related Posts