15 Model Plafon Ruang Tamu Kecil Sederhana. Cek!

Memiliki rumah minimalis dengan ruang terbatas seringkali cukup membingungkan untuk mendekorasinya. Memilih model plafon ruang tamu kecil sederhana juga bisa menjadi tantangan untuk memperindah tampilan visual ruangan. Jika selama ini ruang kecil kerap memasang plafon polos, apakah bisa mendesainnya agar lebih mewah?.

Entah memiliki ruang kecil atau besar, semua bisa didesain agar tampilannya lebih berkelas. Apalagi plafon merupakan area penting yang bisa mengubah seluruh tampilan ruang. Mendesain ruang kecil memang banyak pertimbangan, dan Anda harus membuat konsep terlebih dahulu agar nantinya desain tersebut serasi dengan gaya rumah.

Konsep Desain


desain plafon minimalis

Tren Terbaru


Model plafon ruang tamu kecil sederhana masa kini sering menggabungkan elemen-elemen modern dengan sentuhan minimalis. Plafon berstruktur dengan pola-pola tertentu seperti plafon PVC kerap menjadi pilihan praktis dan ekomonis yang memberikan tampilan memukau. Selain itu, penggunaan bahan alami seperti kayu atau bambu juga populer digunakan untuk memberikan sentuhan alami dan hangat.

Penggunaan pencahayaan tersembunyi juga menjadi elemen dekoratif yang banyak digunakan. Downlight plafon ruang tamu akan memberikan tampilan modern dan bersih dalam ruang kecil. Pencahayaan yang lembut dan merata tampak dramatis, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan tampilan elegan pada ruang tamu.

Warna & Material


Pemilihan warna dan material plafon juga memainkan peran kunci dalam menentukan seluruh tampilan ruang. Model plafon ruang tamu kecil sederhana bisa menggunakan warna putih dan netral untuk menciptakan ilusi ruang lebih luas. Material yang dipilih pun juga harus mempertimbangkan karakteristik dan ruang tamu.

Penggunaan panel kayu misalnya, dapat memberikan tampilan alami dan hangat. Sedangkan material plafon gypsum memberikan fleksibilitas dalam desain dan dapat dicat sesuai tema ruang. Warna dan material yang serasi dengan ruangan akan menciptakan atmosfer nyaman dan estetis di ruang tamu.

Berapa Biaya Model Plafon Ruang Tamu Kecil Sederhana?


Biaya memasang plafon ruang tau bervariasi tergatung beberapa faktor seperti ukuran ruangan, material, kompleksitas desain, lokasi geografis dan biaya. Berikut kisaran harga pemasangan plafon per meter persegi :
  • Upah pasang plafon gypsum biasaa Rp. 40.000 - Rp. 50.000/m2
  • Biaya instalasi plafon PVC Rp. 55.000 - Rp. 100.000/m2
  • Jasa & pasang plafon kayu Rp. 170.000- Rp. 350.000/m2

Harga jasa pasang atau instalasi plafon diatas bisa bervariai tergantung lokasi dn kompleksitas pekerjaan.

Model Plafon Ruang Tamu Kecil Sederhana


1. Model Plafon Ruang Tamu Minimalis


ruang tamu minimalis

Model plafon kayu ini sangat sederhana, tetapi cantik dilihat. Warna netral panel kayu berpadu dengan baik dengan tema ruangan. Penambahan kipas angin dan elemen dekoratif tanaman hias, karpet bludru dan lukisan dinding akan membuat suasana ruang tamu terlihat mewah.

2. Model Plafon Ruang Tamu Terbaru

 
desain ruang tamu minimalis

Ruang tamu minimalis ini menggunakan warna netral dengan aksen-aksen cerah yang menawan. Plafon kayu menambahkan suasana hangat dan elegan dengan pemilihan lampu-lampu kecil dan downlight di sisinya. Alih-alih lampu tengah ruangan, bisa diganti dengan kipas angin untuk penyejuk, karena pintu kaca sudah cukup untuk cahaya alami.

3. Model Plafon Ruang Tamu Polos Warna Putih

 
ruang tamu minimalis

Sederhana tapi modis, menggunakan plafon ruang tamu polos akan membuat ruang tampak bersih. Apalagi, warna putih yang mendominasi ruangan membuat tampilan visualnya lebih lapang dan luas. Warna cerah ditambahkan pada sofa agar ruangan tidak tampak pucat dan monoton.

4. Gaya Modern & Elegan

 
lampu gantung minimalis

Memiliki ruang sempit memang harus meminimalisir ornamen dekorasi agar ruang tidak tampak sesak. Model plafon ruang tamu kecil sederhana ini memang polos, tetapi tekstur pada gantungan lampu tengah mampu menambah estetika ruang. Sehingga meski sangat sederhana, pemilihan lampu gantung unik membuatnya tampl berkelas.

5. Model Plafon PVC Ruang Tamu

 
model plafon ruang tamu terbaru

Plavon PVC merupakan material plastik yang biasanya digunakan sebagai alternatif untuk plafon kayu atau gypsum dengan cara yang lebih praktis. Anda bisa memiih ragam motif yang diinginkan sesuai dengan selera dan gaya ruangan. Berbagai warna dan desainnya fleksibel dan bisa diganti jika ingin mengubah gaya ruang.

6. Model Plafon Ruang Tamu Kecil Sederhana yang Dramatis

 
model plafon ruang tamu terbaru

Model plafon ruang tamu terbaru ini banyak diaplikasikan pada rumah minimalis dan modern. Desainnya sederhana dan bersih, tetapi tampak mewah dengan adanya downlight yang menjadi penerangan unik. Tampil praktis dan bersih penerangan tersembunyinya juga menjadi elemen dekoratif yang elegan.

7. Model Plafon Gypsum Ruang Tamu

 
lampu gantung minimalis

Ini adalah model plafon ruang tamu kecil sederhana yang sangat modis. Perabot dalam ruang tamu ini minimalis seperti meja kursi dan lampu uniknya. Pencahayaannya merata dengan lampu di tengah ruangan, di beberapa are plafon hingga jendela besar yang membuat ruangan tampak lebih luas.

8. Plafon Kayu yang Modern dan Aestetic

 
lampu gantung minimalis

Ruang tamu penuh warna ini tampak sangat menyenangkan dipandang. Bagian tengah plafon menggunakan kayu untuk menciptakan kehangatan dalam ruang. Anda bisa memasang lampu unik untuk menyegarkan area plaon agar tidak monoton.

9. Model Plafon Ruang Tamu Kecil Sederhana tapi Mewah

 
hiasan dinding modern

Ini merupakan model plafon ruang tamu terbaru yang banyak diaplikasikan pada rumah minimalis hingga modern. Desainnya sederhana dengan warna bingkai gelap sebagai aksen sekaligus pembatas area. Jika tidak ingin memberi banyak dekorasi, cukup pasang satu dekorasi besar yang menjadi titik fokus ruang.

10. Model Plafon dengan Downlight Minimalis

 
rak dinding

Model plafon ruang tamu kecil sederhana ini ada dua area untuk menambah keterbukaan area. Meski ada dua area kotak plafon, area yang terbuka tanpa sekat membuatnya tetap serasi dengan tampilan keseluruhan ruang. Aksen - aksen warna cerah memberikan kesegaran dan elegansi dalam ruangan dominasi putih ini.

11. Plafon Minimalis dengan Aksen Kayu

 
model plafon ruang tamu terbaru

Plafon ruang tamu minimalis ini menambahkan elemen balok kayu besar untuk menambahkan tekstur alami. Jendela besarnya memberikan cahaya alami, sehingga lampu ruang yang digunakan juga tidak dipasang tidak terlalu banyak agar tidak tambah penuh. Warna putih dalam ruangan mampu memantulkan cahaya yang akan membuat ruang tambah lebih lapang.

12. Model Plafon Ruang Tamu Unik

 
model plafon ruang tamu terbaru

Plafon rumah minimalis ini sangat unik seperti kanopi di sebelah sisinya. Penambahan elemen kayu semakin memaksimalkan tampilan rustic interiornya. Penambahan tanaman hias mampu menambahkan kesan alami yang mempesona.

13. Model Plafon Ruang Tamu Kecil Sederhana

 
ruang tamu mewah

Jika memiliki plafon rata yang bersih, Anda bisa memberikan elemen dekoratif agar tidak kosong. Model plafon dihiasi oleh dua garis lampu dan kipas angin. Untuk menambah elegansi dalam ruang, penambahan elemen dekorasi modern bisa diaplikasikan berupa lampu dinding dan hiasan estetik.

14. Model Plafon Ruang Tamu dengan Skylight

 
desain skylight

Model plafon ruang tamu kecil sederhana dengan skylight sangat jarang dijumpai. Alih-alih jendela, rumah ini menggunakan skylight untuk penerangan alami. Penggunaan elemen kayu menjadi elemen dekoratif yang alami dan elegan.

15. Plafon Unik Bermotif yang Berkelas

 
model plafon ruang tamu terbaru

Ingin tampil beda?, Anda bisa menggunakan motif unik untuk plafon rumah. Plafon PVC memiliki banyak motif yang kebanyakan menyerupai kayu dan gypsum. Namun, Anda juga bisa memilih motif lain yang pas untuk rumah mewah meski untuk hunian sederhana.

Do & Don't

 

Do

 
  1. Gunakan warna yang cocok untuk model plafon ruang tamu kecil sederhana, misalnya warna-warna cerah dan netral agar ruangan terasa luas.
  2. Gunakan pencahayaan yang baik agar ruangan terang secara merata. Anda bisa menggunakan lampu gantung maupun downlight.
  3. Pertimbangkan plafon rata tanpa dekorasi rumit untuk menciptakan ruang yang lebih luas dan bersih.
  4. Plafon PVC atau gypsum bisa jadi pilihan bagus untuk ruang tamu kecil karena mudah dipasang, ringan dan tahan kelembaban.

Don't

 
  1. Hindari menggunakan plafon terlalu rendah karena membuat ruang terasa kecil.
  2. Hindari menggunakan dekorasi yang terlalu rumit dan berlebihan.
  3. Jangan gunakan warna gelap agar ruangan tidak tampak kecil dan gelap.
  4. Hindari penggunaan lampu gantung yang terlalu besar dan berat karena dapat mengurangi ruang visual di ruang tamu kecil.

FAQ


Apa saja jenis plafon?
Jenis-jenis plafon diantaranya plafon serat fiber, plafon gypsum, plafon PVC, plafon kayu, plafon bambu, plafon akustik, plfon, triplek, plafon akrilik, plafon kalsiboard.

Plafon bagusnya pakai apa?
Untuk ruang tamu, plafon gypsum atau PVC yang ringan, mudah dipasang dan tahan kelembaban.

Berapa harga plafon gypsum per lembar?
Harga gypsum per lembar sekitar Rp. 52.000 - Rp. 68.000 tergantung ketebalan.

Apa yang harus dipertimbangkan saat memilih plafon untuk ruang tamu?
Untuk model plafon ruang tamu kecil sederhana, pilih warna terang dan rata untuk kesan ruangan yang lebih luas.

Bagaimana cara memilih pencahayaan pada plafon?
Gunakan lampu langit-langit tersembunyi atau lampu sorot kecil untuk menerangi tiap sisinya dengan merata. Hindari lampu gantung besar yang dapat mempersempit ruang visual.

Related Posts