Top 10 Model Teras Depan Rumah Kampung : Asri & Sederhana

Keindahan dan keasrian model teras depan rumah kampung sering menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang. Tidak hanya untuk tempat tinggal saja, desain sederhananya kerap diaplikasikan pada hotel hingga vila-vila tropis. Memadukan berbagai elemen alam, gaya teras rumah ini cukup banyak digemari untuk rumah klasik hingga rumah mewah.

Tidak sedikit bangunan masa kini yang mengadopsi teras ala rumah kampung untuk menciptakan kesederhanaan. Bagi Anda yang bingung memiliki desain teras rumah, gaya sederhana ini bisa jadi pilihan menarik. Jika sudah tinggal di wilayah perkampungan, maka berbagai model teras di bawah ini bisa jadi inspirasi.

Konsep Desain


Teras Depan Rumah Kampung

Tren Desain


Model teras rumah kampung maupun rumah klasik lainnya kebanyakan memiliki tiang di kanan kiri sebagai penyangga. Beberapa model yang lebih tradisoinal, area teras menonjol ke luar kayaknya gerbang masuk bangunan. Kini, model teras beragam, ada yang mengadopsi gaya joglo yang lebar memanjang, ada pula yang mengadopsi gaya minimalis masa kini.

Ciri khas umum teras di kawasan perkampungan adalah adanya tiang. Namun di beberapa pemukiman yang lebih padat, teras tidak terlalu lebar karena berbagi tempat dengan garasi mobil. meski mengadopsi gaya rumah klasik.
 

Material & Dekorasi


Material umum untuk model teras rumah kampung kerap menggunakan kayu, tetapi kini sudah banyak yang menggunakan beton. Sedangkan tiang berbahan metal bisa digunakan jika ada penambahan kanopi di sekeliling teras.

Pemanfaatan area teras ini tergantung luasya. Jika memiliki luas yang cukup sering dijadikan tempat santai atau ruang tamu semi outdoor dan ada pula yang menyatukannya dengan tempat kendaraan. Sedangkan untuk ukuran lebih kecil, lebih mudah dijadikan tempat menaruh tanaman hias agar rumah tetap tampak indah dan segar.

Model Teras Depan Rumah Kampung


1. Teras Kecil Rumah Klasik


teras rumah

Teras rumah seperti gambar diatas biasanya ditemukan pada rumah klasik atau rumah kuno. Meski kecil, hal ini tidak mempengaruhi ukuran sebuah rumah. Desainnya yang kecil dengan tiang kayu menunjukkan kesederhanaan tanpa mengurani keanggunan sebuah rumah.

2. Model Teras Depan Rumah Kampung Minimalis

 
teras rumah minimalis

Ini adalah salah satu model teras rumah panjang yang biasanya mendominasi di perkampungan atau pedesaan. Terasnya memanjang dari sisi depan hingga samping bangunan, membuat areanya tampak lapang. Pagar kayu yang membatasi teras menunjukkn kesederhaan dan kesan hangat untuk siapapun yang datang.
 

3. Dak Teras Rumah Bertingkat


model teras rumah terbaru

Rumah dengan teras menonjol ini banyak dijumpai di perkampungan. Dak teras bertingkat menambah daya tarik visual dan fungsionalitas rumah. Tidak hanya sebagai area menyambut tamu, Anda pun bisa bersantai di teras sambil melihat pemandangan sekitar.
 

4. Teras Minimasil Rumah Panggung

 
model teras rumah panjang

Bagi yang punya model rumah panggung, menggunakan desain teras rumah panjang bisa jadi pilihan menarik. Rumah bambu dengan tiang-tiang kayu yang kokoh menawarkan area teras lapang untuk bersantai di dua sisi rumah. Terasnya juga sekaligus menjadi akses ke bagian belakang yang praktis dan aman.

5. Model Teras Depan Rumah Kampung dengan Taman


teras rumah sederhana

Model teras depan rumah kampung ini menjadi area santi yang menarik karena bersebelahan dengan taman. Meski kecil, Anda bisa membuat taman minimalis untuk menciptakan suasana asri pada eksterior rumah. Pilih tanaman yang sekiranya tidak menutupi area teras, kecuali Anda ingin privasi lebih.
 

6. Model Teras Rumah Panjang


tuang teras kotak

Memiliki teras yang cukup luas merupakan keuntungan, karena Anda bisa memanfaatkan areanya untuk kebutuhan tertentu. Teras rumah berbentuk U ini bisa dimanfaatkan untuk ruang tamu semi outdoor, tempat santai, tempat pertemuan dan sebagainya.

7. Teras Minimalis Rumah Klasik


rumah klasik

Mengadopsi teras rumah joglo, gambar diatas memilki desain megah yang tampak dari tiang teras bersarnya. Di sisi rumah yang lapang, teras dimanfaatkan untuk menjamu tamu. Tampilan yang kokoh dengan penerangan lampu pijar menambah nilai estetika dan keindahan dalam gaya arsitektur klasik ini.

8. Model Teras Depan Rumah Kampung Populer


rumah minimalis terbaru

Teras rumah minimalis seperti gambar diatas sangat populer dan umum dijumpai. Berada di salah satu bagian depan rumah, teras biasanya dimanfaakan untuk tempat kendaraan. Anda bisa menyempurnakan tampilannya dengan menanam tanaman hias di area taman yang terbatas.
 

9. Teras Rumah Gaya Joglo


rumah joglo

Rumah joglo memiliki teras memanjang di seluruh sisi depan rumah. Meski sederhana, model teras depan rumah kampung ini tampak megah dengan tiang-tiang besarnya. Pagar kayu halaman yang rendah memperlihatkan tampilan rumah sederhana yang sangat mengundang.
 

10. Model Teras Rumah Minimalis Terbaru


desain teras rumah minimalis

Model teras depan rumah kampung ini bsa jadi inspirasi bagi Anda yang memiliki lahan sempit. Areanya bisa dimaksimalkan dengan penambahan kanopi untuk melindungi dari sinar matahari dan hujan. Anda bisa menghiasnya dengan tanaman hias gantung, tanaman rambat dan tanaman pot, lalu menaruh dua kursi untuk ngobrol santai.
 

Do & Don't

 

Do :

 
  1. Pertahankan gaya tradisional dengan menggunakan material alami seperti kayu yang bisa digunakan untuk plafon teras, tiang teras maupun furniture.
  2. Tambahkan tanaman hias atau buat taman kecil untuk menciptakan suasana alami ala pedesaan.
  3. Pilih furniture yang sesuai dengan ukuran teras dan gaya rumah di perkampungan, seperti bangku kayu atau kursi rotan.
  4. Buat zona santai yang nyaman dan ramah untuk berkumpul dengan keluarga, tamu maupun tetangga.
  5. Berikan pencahayaan yang baik agar tetap terang di malam hari.
 

Don't :

 
  1. Hindari desain yang terlalu modern pada model teras depan rumah kampung, karena tidak sesuai dengan gaya tradisional.
  2. Hindari penggunaan material yang tidak cocok dengan lingkungan perkampungan, seperti logam yang terlalu mencolok maupun plastik yang terlihat tidak alami
  3. Jangan memenuhi ruang dengan dekorasi dan furniture berlebihan yang dapat mengurangi ruang terbuka.
  4. Pastikan teras mudah diakses dan hindari dekorasi yang mengganggu akses ke pintu masuk.

FAQ


Teras rumah untuk apa?
Teras rumah digunakan sebagai area depan untuk bersantai, menyambut tamu, atau menikmati pemandangan sekitar.

Apakah teras rumah termasuk luas bangunan?
Teras termasuk luas bangunan jika terhubung langsung dengan rumah dan ditutupi atap atap menjadi sebuah ruang teras.

Apakah model teras depan rumah kampung harus tradisional?
Tidak selalu. Ada teras yang mempertahankan gaya tradisional (material alam), ada pula yang mengadaptasi elemen modern untuk menciptakan kombinasi yang unik.

Bagaimana cara memperindah rumah dengan anggaran terbatas?
Manfaatkan bahan-bahan alami dan ekonomis seperti tanaman hias yang murah atau penggunaan barang daur ulang.

Related Posts