Aktifkan Javascript

Untuk mengakses blog RUmahku Unik, hidupkan Javascript di dalam pengaturan browser.

Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Memutuskan untuk Jual Rumah

Memilih untuk jual rumah bukanlah sebuah hal yang mudah, apapun itu alasannya. Ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum benar-benar menjual properti Anda kepada orang lain. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan hasil penjualan yang memuaskan dan tidak dirugikan setelah kepemilikan properti berpindah tangan.

Jenis properti seperti rumah sebenarnya merupakan sebuah aset yang sangat berharga. Jika pada suatu waktu Anda memutuskan untuk menjualnya, maka lakukan secara hati-hati. Jangan sampai melepaskan hunian tersebut dengan harga yang tidak tepat ke orang yang salah. Mari cari tahu apa saja hal yang harus Anda perhatikan sebelum menjual sebuah rumah.
 

Pertimbangan Sebelum Menjual Rumah


Rumah Dijual

Saat ini harga pasaran rumah minimalis sangat beragam dan rata-rata bisa dikatakan cukup tinggi. Anda sebaiknya berhati-hati dalam menentukan harga dan memastikan rumah tersebut terjual dengan tepat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda melepaskan rumah untuk dijual:
 

1. Tujuan Jual Rumah


Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah tujuan Anda dalam menjual hunian tersebut. Pastikan dulu bahwa tujuan Anda memang sudah tepat dan hunian tersebut memang sudah waktunya untuk dijual. Cari tahu apa yang sebenarnya memotivasi Anda untuk akhirnya menjual aset tersebut. Apakah mungkin karena Anda memang membutuhkan uang atau karena alasan lain.

Tujuan dalam menjual aset properti bisa berpengaruh pada banyak hal. Misalnya pada harga yang nantinya akan Anda tawarkan. Selain itu hal ini juga berpengaruh pada keseriusan Anda dalam menjual properti tersebut. Jadi lebih baik pikirkan dengan matang agar tidak menyesal. Apabila tujuannya memang sudah tepat dan Anda benar-benar yakin maka segera jual hunian tersebut ke orang yang tepat.
 

2. Kondisi Rumah dan Kelengkapan Dokumen


Rumah dijual

Perhatikan juga kondisi rumah yang akan Anda tawarkan. Tentu jika ingin rumah tersebut tepat terjual maka Anda harus menawarkannya dalam kondisi yang bagus. Sama halnya seperti ketika akan membeli rumah, Anda pasti melakukan pengecekan secara menyeluruh. Begitu juga ketika Anda ingin melepaskan rumah tersebut ke orang lain, lakukanlah pemeriksaan.

Pastikan rumah dalam kondisi yang bagus atau minim kerusakan. Tujuannya agar calon pembeli bisa langsung jatuh cinta dengan rumah yang Anda tawarkan. Jika rumah tersebut punya banyak kekurangan dan terdapat banyak kerusakan maka calon pembeli akan berpikir ulang. Hal ini akan membuat Anda butuh waktu lebih lama agar bisa menjual properti tersebut.

Selain kondisi secara fisik, Anda juga harus mempersiapkan semua kelengkapan dokumen rumah. Pastikan bahwa semua dokumen sudah lengkap dan tersedia. Saat nanti Anda bertemu dengan calon pembeli potensial, semua kebutuhan dokumen sudah ada dan hal ini akan meningkatkan daya jual dari rumah tersebut.
 

3. Harga yang Ditawarkan


pajak jual beli rumah

Sudah pasti harga jual rumah menjadi hal yang harus Anda pikirkan secara matang. Jika ini adalah pengalaman pertama Anda menjual hunian, maka Anda perlu mencari lebih banyak referensi dan informasi. Tidak ada salahnya juga untuk berkonsultasi dengan agen properti atau orang yang berpengalaman di bidang ini.

Coba cari tahu berapa harga pasaran rumah-rumah yang setipe dengan rumah Anda. Selain itu Anda juga harus mencari informasi harga rumah di lingkungan tempat tinggal Anda tersebut. Semua ini perlu dipertimbangkan agar nantinya Anda bisa memberi penawaran harga terbaik dan tidak merugikan diri sendiri.
 

4. Proses Penjualan yang Diinginkan


Hal berikutnya yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah proses penjualan rumah tersebut. Proses yang dimaksud di sini adalah bagaimana metode transaksi yang Anda inginkan. Lalu Anda juga perlu mempertimbangkan apakah ada syarat-syarat atau aturan khusus dalam pembelian rumah tersebut.

Semua ini sepenuhnya merupakan hak Anda sebagai pemilik properti. Anda juga berhak menentukan proses apa saja yang harus dilalui sampai akhirnya kepemilikan rumah berpindah tangan. Konsultasikan hal ini kepada agen properti atau mungkin orang yang lebih berpengalaman agar tidak terjadi kendala di kemudian hari.
 

5. Media Iklan Jual Rumah


rumah dijual

Demi mempercepat proses terjualnya rumah tersebut, sebaiknya Anda menggunakan media iklan yang tepat. Tentunya sebuah properti tidak akan bisa terjual dengan mudah jika Anda tidak memasang iklan dan memberi informasi kepada orang lain. Oleh sebab itu cobalah untuk memilih media iklan agar hunian Anda tersebut segera terjual.

Saat ini Anda bisa memanfaatkan media online untuk menjual rumah dengan harga yang sesuai. Salah satunya lewat sebuah platform yang disebut Pinhome.id. Melalui platform ini Anda bisa menjual rumah dan membagikan informasi lengkap mengenai rumah tersebut dengan mudah.

Pinhome.id merupakan platform dengan informasi dunia properti yang sangat lengkap. Anda bisa menemukan informasi jual beli rumah hingga perawatannya atau home service. Pinhome.id akan membuat Anda jadi #PintarUrusanHunian. Jadi Anda tidak hanya bisa menjual atau menawarkan rumah namun juga mencari hunian terbaik sesuai kebutuhan.

Pinhome.id akan menjadi pilihan platform terbaik untuk mencari, menjual, mencicil, maupun merawat rumah idaman Anda. Jual rumah akan terasa jauh lebih mudah dan praktis melalui platform ini. Jangkauan informasi mengenai rumah yang Anda jual bisa lebih luas dan Anda bisa lebih cepat menemukan pembeli rumah yang potensial.

FAQ


Bagaimana menjual rumah agar cepat laku?
Penting untuk menetapkan harga jual rumah yang kompetitif. Serta pastikan tampilan rumah bersih, terawat, dan siap huni, karena penampilan yang menarik dapat memberikan kesan positif kepada calon pembeli. Dengan menyajikan properti secara optimal, baik dari segi harga maupun penampilan, Anda dapat meningkatkan peluang untuk menjual rumah dengan cepat.

Apakah kita bisa menjual rumah ke bank?
Menjual rumah kepada bank relatif sederhana, asalkan Anda telah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, menjual properti melalui bank bisa menjadi opsi alternatif yang cepat, aman, dan efisien apabila Anda berkeinginan untuk melakukan transaksi dengan mudah. Penting untuk dicatat bahwa menjual rumah kepada bank bukan berarti bank akan membeli properti tersebut.

Apa saja syarat jual beli rumah?
Beberapa dokumen penting dalam transaksi properti meliputi Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), Sertifikat Hak Milik (SHM), Sertifikat Hak Pakai (SHP), Akta Jual Beli (AJB), Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan bukti pembayaran tagihan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel