Mengenal Kondominium, Hunian Ideal untuk Gaya Hidup Modern

Gaya hidup yang semakin sibuk, membuat banyak orang mencari tempat tinggal alternatif yang nyaman, praktis dan terintegrasi dengan berbagai fasilitas. Di perkotaan padat, kondominium menawarkan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tempat tinggal yang mirip apartemen ini memiliki fasilitas lengkap dan modern dengan lokasi strategis yang tentu menguntungkan penghuninya.

Kondominium adalah tipe hunian modern yang kini semakin diminati banyak orang. Disini, para pemilik unik bisa menikmati fasilitas seperti kolam renang, gym, dan sebagainya. Dilengkapi pula dengan sistem keamanan yang canggih, akan membuat penghuninya merasa aman dan tenang.

perbedaan apartemen dan kondominium

Berlokasi strategis di pusat kota, kondominium memudahkan penghuni untuk mengakses berbagai fasilitas umum dan layanan di sekitarnya, seperti rumah sakit, restoran, pusat perbelanjaan dan sebagainya. Oleh sebab itu, tidak heran jika gaya hunian ini menjadi pilihan ideal bagi anda yang ingin gaya hidup modern dan praktis.

Ciri Hunian Kondominium

 
Gaya hunian ini semakin diminati masyarakat modern. Bangunan kondominium umumnya berbentuk gedung bertingkat dengan desain modern yang elegan. Material yang digunakan'pun berkualitas tinggi seperti beton bertulang, baja dan kaca untuk memberikan kesan kokoh dan mewah pada bangunan.

Selain itu, interior bangunan juga dipoles layaknya rumah modern minimalis dengan fitur-fitur yang memudahkan penghuni dalam beraktivitas. Sistem keamanan canggih dan fasilitas modern yang bisa digunakan seluruh penghuni membuatnya menjadi hunian eksklusif di era modern ini.

Perbedaan Apartemen dan Kondominium


Meski apartemen dan kondominium kadang dianggap sama, pengertian kondominium dan apartemen sedikit berbeda. Keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam hal kepemilikan, pengelolaan, fasilitas hingga gaya hidup penghuninya. Meski dari luar tampak sama, berikut beberapa perbedaannya :
 

1. Kepemilikan


Umumnya, apartemen dimiliki oleh pengembang atau perusahaan properti untuk disewakan. Ini berarti apartemen dikendalikan pihak lain sebagai pemilik maupun manajernya.

Sedangkan kondominium dimiliki oleh perseorangan yang membeli unit tersebut. Hal ini berarti, pembeli memiliki kepemilikan penuh atas unit dan bisa menyewakannya atau menjualnya kembali. Namun, pemilik juga harus menaati peraturan asosiasi pemilik yang mengatur penggunaan fasilitas bersama.
 

2. Pengelolaan Properti


Apartemen biasanya dikelola oleh tim manajemen yang bertanggung jawab atas perawatan dan pemeliharaan keseluruhan properti. Hal ini meliputi penyediaan fasilitas dan layanan yang dibutuhkan penghuni apartemen (keamanan, kebersihan, fasilitas umum). Pemilik unit apartemen hanya membayar sewa bulanan tanpa terlibat pengelolaan secara langsung.

Sedangkan kondominium dikelola oleh asosiasi pemilik yang terdiri dari semua pemilik unik atau kompleks. Nah, para pemilik ini nantinya akan membayar biaya bulanan ke asosiasi pemilik untuk pemeliharaan dan pengelolaan properti. Asosiasi akan menunjuk petugas untuk mengelola properti seperti fasilitas umum, perawatan, pemeliharaan dan keamanannya.

Selain itu, pemilik juga berhak terlibat dalam pengambilan keputusan penting tentang pengelolaan dan perawatan properti. Jadi, dibanding apartemen, pemilik kondominium lebih memiliki kendali lebih besar terkait pengelolaan properti.
 

3. Fasilitas


Apartemen memang menyediakan fasilitas umum, tetapi bisa tidak seberagam kondominium. Biasanya fasilitas yang diberikan apartemen yaitu kolam renang, pusat kebugaran, area parkir, ruang pertemuan dan laundry. Pengadaan fasilitas ini pun tergantung manajemen apartemen atau pemilik properti.

Sedangkan kondominium memiliki fasilitas yang lebih beragam, sehingga pemilik memiliki lebih banyak kendali untuk menentukan fasilitas apa yang diinginkan & digunakan. Fasilitas yang ada bisa berupa kolam renang, taman, pusat kebugaran, area parkir, taman bermain anak, ruang rapat, dan sebagainya.

perbedaan apartemen dan kondominium

4. Harga


Harga apartemen biasanya lebih terjangkau karena dikelola oleh perusahaan properti atau developer dan disewakan atau dijual kepada penghuni. Biaya pengelolaan apartemen (apartemen, keamanan, utilitas,dll) ditanggung perusahaan dan ditambahkan ke biaya sewa.

Sedangkan harga kondominium biasanya lebih tinggi karena memerlukan biaya untuk membeli unit. Pemilik juga harus membayar biaya bulanan atau tahunan untuk pengelolaan hunian dan fasilitasnya. Harga ini bisa dipengaruhi lokasi, fasilitas umum dan permintaan pasar.

Kelebihan & Kekurangan


Meski banyak digandrungi dengan segala fasilitas modern yang ada, hunian ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan kondominium :

(+)
  • Memiliki sistem keamanan ketat yang dijaga petugas serta pengawasan CCTV 24 jam.
  • Memiliki fasilitas lengkap yang dapat digunakan seluruh penghuni.
  • Biasanya memiliki staf yang bertanggung jawas untuk menjaga dan merawat properti.
  • Memiliki kegiatan komunitas untuk membantu penghuni berinteraksi satu sama lain.
  • Menawarkan gaya hidup yang fleksibel karena penghuni dapat memilih ukuran unik dan fasilitas yang sesuai kebutuhan dan anggaran.
  • Terletak di lokasi strategis yang dekat dengan fasilitas umum.

(-)
  • Biaya lebih tinggi dibanding apartemen, seperti biaya perawatan, asuransi dan sebagainya.
  • Memiliki aturan yang harus diikuti oleh seluruh penghuni, yang mungkin saja beberapa orang merasa keberatan, contohnya larangan merokok di area tertentu, dilarang membawa hewan peliharaan tertentu yang dapat membatasi kebebasan penghuni.
  • Biasanya memiliki banyak unik dalam satu gedung, sehingga lingkungannya padat dan berisik.
Kelebihan dan kekurangan kondominium dapat berbeda-beda tergantung lokasi, jenis kondominium, aturan serta fasilitas yang tersedia. Oleh sebab itu, sangat penting mencari referensi dan informasi yang tepat sebelum memutuskan untuk menyewa atau membeli kondominium.

FAQ

Apa itu 1 unit kondominium?
Maksud 1 unit kondominium adalah satu unit perumahan dalam bangunan gedung untuk satu keluarga atau satu pemilik tunggal. Setiap unitnya memiliki fasilitas mandiri dengan ukuran bervariasi.

Apa yang dimaksud kompleks kondominium?
Kompleks kondomonium adalah sekelompok gedung kondominium yang terletak di satu lokasi area tertentu. Kompleks ini dikelola oleh asosiasi kepemilikan dan memiliki fasilitas yang terletak di area bersama seperti taman, kolam renang, ruang pertemuan dan sebagainya.

Apa rumah susun sama dengan kondominium?
Rumah susun memang mirip kondominium. Bedanya, kepemilikan rumah susun biasanya bersifat sewa atau hak guna pakai. Selain itu fasilitas, manajemen dan harganya memiliki perbedaan yang cukup besar. Meski begitu, keduanya merupakan pilihan tempat tinggal yang populer di daerah perkotaan.

Related Posts