Jasa Bongkar Rumah : Berapa Sih Biayanya?

Proses bongkar rumah merupakan tindakan yang dilakukan untuk merobohkan struktur bangunan yang ada dan biasanya menggunakan jasa bongkar rumah. Tindakan ini dilakukan karena berbagia alasan seperti karena renovasi hingga pembangunan kembali. Namun, membongkar suatu bangunan bukanlah hal yang mudah karena memerlukan perencanaan yang matang.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan proses bongkar rumah adalah mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan. Hal ini bisa membantu anda mengatur budget yang sesuai untuk menghindari biaya yang tidak perlu. Selain itu, memilih jasa bongkar rumah yang tepat juga menjadi hal penting agar prosesnya berjalan lancar.

Faktor Penentu Biaya Jasa Bongkar Rumah

renovasi rumah

1. Ukuran Bangunan
Ukuran bengunan merupakan faktor utama yang mempengaruhi besarnya biaya. Semakin besar, maka semakin banyak waktu, material dan tenaga jasa bongkar rumah yang dibutuhkan.

2. Lokasi
Jika bangunan berada di daerah yang sulit atau akses terbatas, maka biaya bisa lebih besar karena perlu mempertimbangkan transportasi material dan peralatan bongkar. Jika bangunan berada di lingkungan padat, maka prosesnya memerlukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

3. Jenis Material
Bangunan yang terbuat dari bahan yang sulit dibongkar (beton, kayu keras, batu) akan memerlukan peralatan khusus dan tenaga lebih. Material berbahaya seperti asbes atau bahan beracun lainnya juga membutuhkan tindakan khusus yang membuat biaya jasa bongkar rumah lebih tinggi.

4. Jenis Bangunan
Jenis bangunan juga bisa mempengaruhi biaya bongkar rumah. Misalnya biaya bongkar rumah kayu bisa lebih murah dibanding rumah betok karena materialnya berbeda.

5. Kondisi Bangunan
Jika bangunan sudah dalam kondisi rusak, biaya yang diperlukan akan lebih mahal karena pekerjaan bongkar yang akan dilakukan pastinya lebih sulit.

6. Tingkat Kesulitan
Bongkar rumah dengan struktur rumit atau memiliki lantai yang tinggi akan lebih sulit dilakukan, sehingga membuat biaya akan lebih tinggi.

tips renovasi rumah 

7. Jenis Layanan
Ada beberapa jenis layanan yang ditawarkan jasa bongkar rumah, seperti hanya pembongkaran material saja atau termasuk pembersihan area setelah dibongkar. Jenis layanan yang dipilih akan mempengaruhi biaya bongkar rumah. 

Beberapa layanan yang biasanya ditawarkan seperti jasa bongkar atap, bongkar partisi ruangan, bongkas pondasi, pembersihan, pengangkutan material atau pengolahan limbah juga dapat menambah biaya. Biasanya ada jula layanan beli barang bekas bongkaran yang bisa mengurangi biaya bongkar.

Estimasi Biaya

Berapa budget yang dikeluarkan bervariasi tergantung pada beberapa faktor yang telah disebutkan diatas. Sebagai gambaran umum, biaya jasa bongkar rumah di Indonesia berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp. 200 juta. Untuk rumah dengan luas sekitar 100 m2, estimasi biaya bisa berkisar antara 20 juta - 40 juta rupiah.

Sebagai gambaran kasar, estimasi biaya rumah per meter persegi dapat berkisar antara 200 ribu hingga 400 ribu rupiah. Biaya tersebut bisa lebih rendah atau lebih tinggi tergantung ukuran rumah, lokasi, jenis material dan layanan yang dipilih.

 tips bongkar rumah

Contoh :
 
Bangunan rumah tiga lantai berukuran 10 x 20 meter berada di area perkotaan dengan akses yang mudah. Rumah terbuat dari batu bata dan genteng keramik. Vendor yang akan digunakan menyediakan layanan pembongkaran material dan membersihkan area setelah selesai. Tenaga kerja 10 orang dengan waktu pekerjaan selama 30 hari.

Cara menghitung biaya jasa bongkar rumah :
  • Biaya tenaga kerja : Jika gaji tenaga kerja per hari adalah Rp. 150.000 maka biaya tenaga kerja selama 30 hari adalah 10 orang x Rp. 150.000 x 30 hari = Rp. 45.000.000
  • Biaya material : Biaya meliputi pengangkutan, pembuangan limbah dan penggunaan peralatan. Jika layanan tersebut yang dibutuhkan Rp. 10.000.000, maka total biaya jasa bongkar rumah adalah Rp. 45.000.000 + Rp. 10.000.000 = Rp. 55.000.000.
  • Biaya tambahan : Jika ada biaya tambahan seperti transportasi, pengolahan limbah dan sebagainya, maka tinggal ditambahkan ke dalam total biaya diata.
  • Pengurangan biaya : Jika sisa bahan bangunan masih bisa dipakai untuk membangun rumah atau diberikan pada pekerja bongkar, maka akan ada pengurangan biaya bongkar.

Semakin bernilai sisa material, semakin banyak anda bisa mengurangi biaya pembongkaran. Biasanya material yang masih bisa dimanfaatkan adalah kayu, gypsum, dan lain sebagainya.

Contoh RAB Bongkar Rumah

Diasumsikan luas bangunan yang akan dibongkar adalah 200 m2. Berikut RAB (Rencana Anggaran Biaya) untuk layanan jasa bongkar rumah :

biaya jasa bongkar rumah

Beberapa hal lain dapat mempengaruhi biaya, seperti tingkat kesulitan, aksesibillitas lokasi, jumlah tenaga kerja dan peralatan yang dibutuhkan. Jadi sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa pembongkaran, lakukan pengecekan dulu terhadap reputasi dan pengalaman dari penyedia jasa yang akan digunakan.

Estimasi biaya bongkar rumah dapat berbeda tergantung faktor yang mempengaruhinya dan pekerjaan apa saja yang akan dilakukan. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan dengan penyedia jasa bongkar rumah untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat.
 

Tips :

  1. Pilih jasa bongkar rumah yang terpercaya dengan harga terjangkau. Lakukan riset untuk menemukan penyedia jasa yang dapat memberikan harga kompetitif dan berkualitas baik.
  2. Lakukan perencanaan yang matang dan jelas agar tidak ada pekerjaan yang dilakukan berulang karena ketidakpastian.
  3. Perhitungkan dengan baik sebelum bongkar. Misalnya tidak membongkar dinding yang yang masih dalam kondisi baik.
  4. Manfaatkan sisa material yang masih layak pakai seperti jendela, pintu, dan sebagainya.
  5. Lakukan bongkar sendiri dengan meminta bantuan pada teman atau keluarga. Namun, perhitungkan resiko keamanan.
  6. Jangan memilih vendor yang memiliki reputasi buruk atau tanpa pengalaman yang cukup.

Bongkar rumah bukanlah pekerjaan yang mudah. Jadi pastikan anda memilih jasa bongkar rumah yang berpengalaman. Semoga informasi diatas dapat membantu anda mengambil keputusan yang tepat dan mengurangi resiko biaya tak terduga.

Related Posts