7 Cara Menata Ruang Tamu Untuk Interior Nyaman & Berkelas

Ruang tamu merupakan area vital di dalam interior rumah. Sehingga, anda memerlukan beberapa cara menata ruang tamu yang tepat agar ruangan selalu tampak nyaman dan enak dipandang. Namun, anda haru mempertimbangkan beberapa faktor, salah satunya adalah ukuran ruang tamu.

Ruang tamu adalah pusat rumah dan bisa berfungsi juga sebagai ruang keluarga. Melihat ruang tamu berantakan dan tidak rapi, tentu anda akan sulit atau bahkan malas untuk bersantai disana. Padahal, ana perlu mendesain ruang tamu agar nyaman untuk keluarga dan tamu yang datang.

Anda bisa meletakkan apapun di ruang tamu asalkan sesuai kebutuhan. Perlu diingat bahwa sebaiknya anda tidak sembarangan dalam menata ruang tamu, karena setiap desain yang anda buat akan mempengaruhi semuanya. Lalu bagaimana cara menata ruang tamu yang tepat?, yuk langsung simak!.

Cara Menata Ruang Tamu

1. Tata ruang yang simetris

ruang tamu minimalis
Simetris membuat segalanya mudah dilihat dan secara otomatis membuat ruangan terasa tenang. Simetris menciptakan keseimbangan dalam desain interior dan sangat elegan di ruangan besar. Hal ini bisa membuat ruangan tampak lebih luas pada ruang kecil.

Membuat semua dekorasinya menjadi simetris merupakan salah satu cara menata ruang tamu yang cukup rumit, tapi memberi hasil yang sempurna. Simetris dalam hal ini adalah menciptakan dekorasi dimana dua sisi ruangan yang berdekatan layaknya cermin yang saling mendandani, seperti objek yang berulang di setiap sisi ruangan.

desain ruang tamu 

Beberapa contoh simetris pada ruangan :
  • Menaruh tanaman di satu sisi dan kursi di sisi lainnya. Ini berfungsi selama kursi dan tanaman memiliki tinggi dan skala yang sama.
  • Menempatkan dua sofa identik saling berhadapan, variasikan bentuk, warna dan terkstur bantal yang ditempatkan di sofa tersebut.
  • Memasang cermin dan hiasan dinding di antara dua bagian ruangan.
  • Dan sebagainya.

2. Memilih furniture hemat ruang & fungsional

cara menata ruang tamu yang memanjang

Memilih furniture fungsional adalah cara menata ruang tamu kecil yang mudah dilakukan. Sekarang ini banyak produk furniture minimalis serbaguna seperti meja samping dengan rak dibawahnya. Penyimpanan ini akan menjaga ruangan tetap praktis dengan tetap mempertahankan desain minimalis.

Pilih furniture yang sesuai dengan skala ruangan. Di dalam ruang tamu, sofa adalah bagian terbesar dan bagian kunci yang perlu anda perhatikan. Untuk ruang tamu sempit, gunakan sofa minimalis dengan kaki-kaki untuk menambahkan kesan lapang (area bawa sofa juga lapang).

Jika, mungkin, anda juga bisa mengganti sofa dengan kursi bangku hemat ruang di dinding atau dekat jendela (tertutup) sebagai sandaran. Anda tinggal menaruh beberapa bantal yang disandarkan agar tetap tampil penuh gaya.

3. Atur kursi/sofa memanjang atau bentuk L

cara menata ruang tamu yang memanjang

Sofa sudut (bentuk L) sering menjadi pilihan ruang tamu kecil karena memberikan kenyamanan maksimal. Ini juga bisa menjadi salah satu cara menata ruang tamu yang memanjang. Aturlah sofa yang tidak mengganggu aktivitas di ruang tamu, seperti di depan pintu masuk maupun pintu ke ruangan lainnya.

Ini contoh layout yang mungkin bisa menjadi pertimbangan dalam menata ruang tamu :

cara menata ruang yang menyatu dengan ruang keluarga

cara menata ruang yang menyatu dengan ruang keluarga

Anda bisa menauh sofa memanjang di sisi dinding terbesar, kemudian taruh kursi beraksen di sekeliling sofa. Jika tidak ada ruang, pakailah bangku kecil yang mudah dipindah. Ini bisa menjadi kursi cadangan yang bisa digunakan kapanpun.

Selain itu, ada cara menata ruang yang menyatu dengan ruang keluarga dan ruang makan juga lho. Anda bisa menggunakan sekat ruangan atau tetap membiarkannya terbuka dan mengganti pemisah dengan ubin lantai yang berbeda atau bentuk meja yang berbeda.

4. Maksimalkan dengan rak vertikal

rak ruang tamu

Menggantung beberapa barang adalah cara menata ruang tamu dengan tujuan menghemat space. Ini bisa anda lakukan jika memiliki ruang tamu sempit. Anda hanya perlu menggantung parabot yang memungkinkan untuk menghemat ruang, seperti TV maupun rak penyimpanan.

5. Pasang cermin untuk ruang tamu kecil

ruang tamu minimalis

Cermin adalah cara brilian untuk meningkatkan persepsi ruang dan penting untuk menciptakan tata letak ruang tamu kecil yang terasa ringan dan terbuka. Pasanglah kaca di atas sofa yang anda letakkan di dinding terbesar. Itu akan memberi ilusi ruang yang lebih besar.

6. Atur pencahayaan terbaik

ruang tamu minimalis

Cara menata ruang tamu yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengatur pencahayaan. Bahkan, ruang tamu kecil pun membutuhkan pencahayaan yang layak. Lampu gantung ayun bisa menjadi penerangan sederhana yang dapat membuat ruangan terasa mewah.

Pilihlah lampu minimalis yang sesuai dengan luas ruangan. Jika cahayanya tidak cukup menyentuh seluruh ruang, tambahkan tampu meja atau lampu gantung yang dapat berfungsi sebagai lampu baca di atas sofa.

7. Jangan lupakan konsep minimalis ruang tamu

ruang tamu minimalis

Entah konsep ruang tamu anda kontemporer maupun vintage, menjaga dekorasi seminimal mungkin akan membantu menciptakan dan mempertahankan ruang tamu yang kohesif. Tetap gunakan warna-warna netral, tetapi jangan ragu menambahkan semburat warna lain. Gabungkan beberapa tanaman hias untuk menambah kehidupan dan nuansa sejuk pada ruang tamu anda.

Itu adalah beberapa cara menata ruang tamu yang bisa anda lakukan di rumah. Satu hal yang perlu anda ingat, kerapian dan kebersihan adalah kunci nyamannya sebuah ruang. Jadi desainlah dengan rapi dan jagalah ruang tamu tetap bersih. Semoga bermanfaat!

Related Posts