10 Dekorasi Natal Sederhana Terbaik Untuk Menghias Rumah

Dekorasi Natal selalu dicari menjelang akhir tahun, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia yang merayakannya. Hari raya umat Nasrani yang diperingati setiap 25 Desember ini selalu diwarnai dengan pernak pernik yang melambangkan suka cita dan kegembiraan, serta bertema merah dan putih.

Menjelang natal, berbagai hiasan natal selalu mendominasi pertokoan. Bahkan, tidak hanya gereja-gereja saja yang dihias sedemikian rupa, tetapi juga hunian pribadi. Menghias rumah untuk menyambut natal tidak harus mewah. Anda bisa mendekorasi rumah dengan sederhana, tetapi sangat berkesan.
 

Dekorasi Natal Sederhana

Bagi anda yang sedang mencari inspirasi dekorasi natal sederhana, ini beberapa ide yang bisa dipertimbangkan :

1. Pohon natal

pohon natal

Ini adalah salah satu dekorasi natal yang paling utama di seluruh dunia. Merayakan natal tanpa pohon natal bagaikan sayur tanpa garam. Anda bisa mencari pohon natal dari pohon cemara, atau pohon natal imitasi yang banyak dijual di pertokoan.

Namun, kini pohon natal semakin beragam karena sejalan dengan kreativitas masing-masing orang. Ada yang membuat pohon natal dari kardus, buku, sepatu, sedotan, botol hingga pohon natal unik dari bambu. Pohon natal dari bambu ini sedang populer karena di Indonesia memang banyak tanaman bambu.

pohon natal dari bambu 

Tidak sulit membuat pohon natal dari bambu, tergantung kreativitas anda. Anda bisa memakai bambu sebagai rangkanya saja, maupun menggunakan seluruhnya sebagai elemen pembentuk pohon yang mengerucut. Semakin unik dan anti mainstream, akan membuat semuanya semakin berkesan.

2. Ornamen Dekorasi Natal

dekorasi natal sederhana

Dekorasi natal tidak lengkap tanpa ornamen, karena pohon natal juga harus dihias agar tampak menyenangkan. Beberapa orang sangat senang saat menghias pohon natal, dan anda bisa melakukannya dengan menaruh berbagai pernak pernik lucu yang biasanya disesuaikan dengan tema.

dekorasi natal sederhana

Anda dapat memilih tema untuk dekorasi pohon natal, seperti metalik, warna merah, keluarga atau berbagai ornamen eklektik. Umumnya, hiasan pohon natal berupa kado, tongkat kayu, topi santa, kaus kaki, buah dan biji pinus, lonceng dan bintang pada bagian pucuk'nya.

Agar semakin semarak, jangan lupa menaruh aneka miniatur kado - kado di bawah pohon natal. Anda bisa juga menaruh kado asli sebagai hadian natal dari keluarga. Hadiah di waktu yang menyenangkan, pasti lebih sempurna, bukan?.

3. Pernak Pernik Sinterklas

Dekorasi Natal sederhana

Natal selalu identik dengan Sinterklas, karena Santa Claus ini adalah sosok ikonik di tanggal 25 Desember. Sosok yang digambarkan berpakaian merah pembawa kado ini bisa dijadikan salah satu dekorasi natal sederhana yang bisa diaplikasikan di rumah.

Tentu saja anda tidak perlu berubah meniru Santa Claus, tetapi anda bisa menggunakan pernak pernik untuk hiasan natal. Contohnya menggantung topi atau sepatu Santa Claus sebagai ornamen, maupun memasang miniatur patung Santa Claus.

4. Rusa

hiasan natal

Binatang satu ini selalu menjadi ornamen dekorasi natal yang tidak pernah dilupakan. Rusa adalah penarik kereta luncur Santa Claus, dan dimana ada Santa Claus, maka jangan lupakan rusanya. Ornamen rusa berhidung merah yang populer dengan nama Rudolf ini bisa digantung di pohon natal maupun sebagai dekorasi natal outdoor di taman.

hiasan natal 

Jika ingin menghias bagian taman depan, patung rusa adalah salah satu yang paling menarik. Anda bisa menaruh beberapa patung rusa, kemudian tinggal menghiasnya dengan lampu dan pernak pernik atau hiasan lain. Hal ini akan membuat rumah anda terlihat ceria dari luar.

5. Lampu Hias Dekorasi Natal

Ini menjadi pelengkap dekorasi natal sederhana yang tidak boleh dilewatkan. Dekorasi sederhana yang serbaguna ini akan menambahkan cahaya ke ruangan dengan cara yang menyenangkan. Apalagi, lampu senar bisa digunakan sepanjang tahun.

hiasan natal

Anda bisa memasang lampu hias di sekeliling pohon natal, di ambang jendela, pegangan tangga, bagian atas meja maupun area luar rumah. Bahkan tanpa pohon natal'pun, memasang lampu hias dengan miniatur pohon cemara dapat menjadi hiasan yang luar biasa untuk rumah minimalis.

6. Karangan Bunga Natal

hiasan natal di pintu

Miniatur karangan bunga bisa juga dijadikan ornamen hiasan natal di pintu maupun pohon natal. Jika anda tidak memasang pohon natal, hiasan ini bisa jadi dekorasi sederhana yang istimewa. Biasanya karangan bunga yang lengkap dengan daun cemara dibentuk lingkaran untuk dipasang menggantung di pintu depan untuk menyambut tamu.

hiasan natal di pintu 

Dekorasi natal sederhana ini tidak harus berupa bunga saja. Anda bisa merangkai daun pinus maupun daun cemara, kemudian menaruhnya di vas, ambang jendela, meja, menggantungnya di dinding maupun tempat lain.
 

7. Patung Malaikat

hiasan natal

Adanya patung malaikat menambah perayaan natal semakin istimewa. Anda bisa menggantung patung malaikat kecil di pintu bersama karangan bunga, maupun menaruhnya di sekitar pohon natal. Miniatur patung malaikat mungil yang imut nan menenangkan ini dapat membuat nuansa dekorasi natal lebih harmonis dan welcoming.

8. Gua dan Kandang

Gua dan kandang menjadi dekorasi natal yang tak jarang ditemukan di dalam gereja. Namun, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah agar perayaan natal keluarga menjadi lebih dramatis. Lagipula, tidak terlalu sulit untuk membuatnya karena anda hanya perlu kertas semen bekas, perekat dan cat.

hiasan natal

Pertama, anda bisa remas-remas kertas semen bekas sebelum dicat atau sebaliknya. Hal ini untuk membuat tekstur gua lebih tampak nyata. Sediakan meja untuk tatakan pohon natal atau kandang, lalu aturlah potongan-potongan kertas semen yang sudah disatukan menjadi gua yang indah. Anda bisa membuat gua besar ataupun mungil, tergantung selera.

Jika membuat gua, jangan lupa mengisinya dengan kandang dengan patung keluarga kudus (Maria, Yosef, bayi Yesus) di dalamnya. Anda bisa melengkapinya dengan tiga patung Orang Majus dari Timur dan patung malaikat di atas kandang. Agar dekorasi natal lebih dramatis, taruhlah patung kuda, domba, unta dan sapi di sekeliling kandang.

9. Lilin Dekorasi Natal

hiasan natal

Dekorasi natal satu ini tidak banyak digunakan karena cahaya sudah digantikan oleh lampu hias. Namun, tidak ada salahnya memasang lilin-lilin merah berhias potongan daun pinus atau cemara, kemudian menaruhnya rapi di meja.

10. Salju

Dekorasi Natal sederhana

Salju tidak terlalu identik dengan musim di Indonesia, tetapi adanya tema White Christmas membuat tema salju menjadi salah satu pilihan dekorasi natal yang banyak digemari. Secara tidak langsung, warna putih melambangkan suci dan ditambah ornamen ceria membuatnya menjadi sempurna.

Pohon natal putih bisa dilengkapi dengan hal-hal yang berbau salju seperti bola salju, boneka salju, kepingan salju dan pernah pernik Santa Claus. Jika ingin mendekorasi tema salju, anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan kapas, tepung, serbuk gabus putih, atau serbuk salju kering imitasi yang banyak dijual.
 
Dekorasi Natal sederhana

Itu adalah dekorasi natal sederhana yang umum digunakan. Anda bisa mengaplikasikannya di ruang tamu, area outdoor maupun ruang-ruang lain. Tidak perlu lengkap, tetapi sentuhan dekorasi tersebut dapat membuat suasana natal selalu berkesan. Semoga Dekorasi Natal menginspirasi. Selamat Natal dan Tahun Baru!

Related Posts