Mengenal Lantai Vinyl : Kelebihan, Kekurangan, Jenis & Harganya!

Lantai vinyl sudah populer di kalangan desain interior, karena fungsinya yang memang untuk dekorasi rumah. Produk ini yang terdiri dari beberapa lapisan bahan berbeda (sintetis) untuk membentuk penutup lantai yang tahan lama, praktis, terjangkau dan mudah dipasang. Ubin dan papan vinyl semakin populer karena serbaguna, daya tahan baik dan tampilan yang sangat realistis!.

Vinyl adalah bentuk paling populer dari lantai tahan air, karena perawatannya rendah, hemat biaya dan tahan lama. Selain itu juga memiliki keseimbangan yang sempurna, sehingga akan terasa nyaman saat berjalan diatasnya. Kini, vinyl hadir dalam berbagai desain yang indah dan berkualitas tinggi.

vinyl lantai
Jika anda ingin tampilan back to nature pada interior, anda bisa menggunakan vinyl lantai untuk mendekorasinya. Jika dulunya hanya berupa lembaran besar dan berat. Sekarang vinyl dapat dipasang dengan lebih mudah . Bahkan beberapa merk kini menawarkan lantai vinyl yang lengkap dengan perekat.

Jenis Lantai

1. Luxury Vinyl Tiles (LVT)

Luxury Vinyl Tiles (LVT) dirancang untuk meniru pilihan lantai alami seperti kayu keras dan ubin keramik. Tampilannya sangat identik dengan produk yang ingin ditiru. Produk ini hadir dalam berbagai desain yang selalu ngetren dalam format ubin atau papan kayu.

Sehingga, produk ini sangat mudah dan cepat dipasang. Bahkan, untuk memasangnya tidak terlalu mengganggu rutinitas, karena bisa dilakukan (dirakit) dengan furniture yang masih ada di dalam ruangan.


vinyl kayu

2. Vinyl Roll

Produk berbahan fiberglass ini hadir dalam lembaran besar, fleksibel dan tersedia dalam jumlah gaya yang tak terbatas. Vinyl lantai gulungan ini merupakan salah satu solusi lantai paling terjangkau untuk anda. Gulungan vinyl bebas ftalat dan memiliki emisi VOC (senyawa organik yang mudah menguap) rendah, sehingga dapat menciptakan ruangan yang lebih sehat.

Kelebihan Lantai Vinyl

1. Hemat Anggaran

Vinyl merupakan salah satu jenis lantai paling terjangkau. Harganya bervariasi tergantung pada ketebalan, merk, dan pola yang dipilih. Umumnya produk dikemas dalam bentuk box yang dapat berisi 18, 20, 24 hingga 36 lembar tergantung jenis dan ukuran dimensinya.

2. Banyak Pilihan

Anda bisa memilih motif yang sesuai selera karena produk ini dicetak dalam berbagai tampilan, pola dan warna. Anda bisa mendapatkan motif batu, ubin hingga serat kayu. Bahan vinyl kualitas terbaik bahkan terlihat seperti bahan asli. Sehingga anda bisa mendapatkan tampilan lantai kayu keras di ruangan manapun tanpa pemasangan yang sulit. Baca : Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu Parket untuk Ruangan.

3. Tahan Lama

kelebihan lantai vinyl

Sebagian besar lantai vinyl tahan air, tahan aus, tahan noda dan perawatannya sangat rendah dengan daya tahan yang lama. Beberapa merk ada yang memproduksi vinyl tahan air yang baik untuk kamar mandi.

Daya tahan yang baik membuatnya menjadi lapisan pelindung yang tangguh untuk lantai. Anda dapat membersihkannya dengan mudah, dan selama membersihkannya, tampilan lantai akan tetap sama hingga beberapa tahun mendatang.

4. Instalasi Mudah

Vinyl lantai roll sudah disederhanakan dengan membawa format bentuk ubin yang mudah dipasang. Ubin ini memiliki bagian belakang plastik perekat untuk diaplikasikan di lantai. Hal ini mempermudah anda untuk mengganti bagian lantai jika suatu saat tergores, anda bisa mengganti dengan yang baru tanpa haru mengulang seluruh lantai.

5. Nyaman

Dibanding bahan kayu keras atau keramik, lantai vinyl terkesan lebih lembut dan lebih empuk di bawah kaki berkat lapisan-lapisan komposisinya. Lapisan-lapisan ini juga melindungi dan membantu lantai untuk mempertahankan suhu yang konsisten terhadap cuaca apapun. Selain itu, juga dapat memiliki kualitas kedap suara untuk mengurangi kebisingan dan gema di ruangan manapun.
 

Kekurangan Lantai Vinyl

kekurangan vinyl lantai

1. Tidak Bisa Diperbaiki

Vinyl tidak dapat dipoles ulang setelah rusak. Jadi, anda harus mengganti lantai seluruhnya (berlaku untuk roll). Lantai vinyl bisa jadi akan sulit dilepas karena perekat yang sudah mengeras.

2. Tidak Selalu Menambah Nilai Jual

Penggunaan vinyl pada lantai tidak selalu berdampak pada nilai jual kembali rumah atau bangunan anda. Vinyl yang berkualitas rendah bahkan dapat berdampak negatif.

3. Tidak Ramah Lingkungan

Pembuatan lantai vinyl memerlukan penggunaan bahan kimia beracun. Bahkan, setelah pemasangan, diketahui dapat mengeluarkan senyawa VOC. VOC yang tidak mengandung gas dapat mempengaruhi kesehatan dan lingkungan dalam ruangan, apalagi jika ruangan tanpa ventilasi. Jadi sebaiknya hindari produk VOC tinggi dan pilihlah yang VOC rendah.

lantai VOC rendah

Ada banyak vinyl lantai mewah yang didukung dengan PVC tahan air (polimer sintetis). PVC yang digunakan ini dapat melepaskan ftalat yang dapat menyebabkan msalah reproduksi dan pernafasan. Namun merk tertentu terbukti melepaskan lebih sedikit racun (Ecology Center, 2015).

4. Harga Mahal

Vinyl lantai bisa berharga sangat ekonomis, tetapi juga bisa sangat mahal jika anda ingin yang berkualitas tinggi. Harga vinyl berkualitas tinggi dapat mendekati biaya kayu keras yang murah. Jadi pastikan untuk membandingkan dan membedakan keduanya sebelum membeli.

Harga Vinyl Lantai

harga vinyil kayu

1. Vinyl Roll
Kebanyakan memiliki lebar 2 meter (ada yang 1,8 meter) dan panjang mulai 16 - 40 meter dengan ketebalan variasi mulai 1,6 mm hingga 4,5 mm. Harganya dibanderol mulai dari Rp. 4.500.000 - Rp. 15.500.000 tergantung merknya.

2. Vinyl Plank
Ukuran lebar 45 cm - 95 cm, panjang beragam mulai 15 cm - 45 cm dengan ketebalan 2-3 mm. Dalam 1 box bisa berisi 18 - 35 pcs. Harganya dibanderol mulai dari Rp. 395.000 - Rp. 595.000 per box tergantung merk.

3. Vinyl Tile
Memiliki ukuran seperti keramik pada umumnya yaitu sekitar 30 x 50 cm dan 45 cm x 45 cm dengan ketebalan 1,5 - 2 mm. Dalam 1 box bisa memuat sekitar 16 - 55 pcs. Harga mulai Rp. 350.000 - Rp. 650.000 per box.

4. Vinyl Click
Dalam pemasangannya tidak menggunakan lem, tetapi click system. Sehingga pemasangan lebih mudah dan efektif. Sambungannya juga tidak terlihat, membuatnya tampil sempurna. Harga vinyl click dibanderol mulai dari Rp. 500.000 per box yang berisi 10 planks. Ukuran produk perlembar sekitar 1 meter x 22 cm x 4 mm.

Jika anda mencari lantai tahan air, tahan lama, nyaman dipijak, mudah dipasang dan sedikit perawatan, lantai vinyl cocok untuk anda. Namun, vinyl bukanlah pilihan yang sempurna. Jadi sebelum benar-benar ingin menggunakannya, anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!

Ref : forbes ; bobvila ; home.tarkett ; mrhandyman

Related Posts