5 Cara Menjernihkan Air Sumur Keruh yang Super Ampuh!

Cara menjernihkan air perlu diketahui karena air menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan. Air menjadi salah satu kebutuhan pokok sehari-hari dan memiliki banyak sekali fungsi. Di beberapa tempat, ada yang harus mengelola air kotor terlebih dahulu supaya menjadi bersih.

Lalu bagaimana cara menjernihkan air yang sesuai dengan prosedur?

cara penjernihan air
Sumber air yang utama adalah air sumur. Tapi tidak semua air sumur jernih, ada air sumur yang kotor serta memiliki endapan sehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap. Air sumur yang tidak jernih inilah biasanya bisa menimbulkan penyakit jika anda biarkan begitu saja.
 

Penyebab Air Sumur Kotor & Berbau

Saat mengambil air sumur tentu tidak selamanya jernih, bisa jadi air tersebut keruh, kotor, maupun berlumpur. Terlebih, ada juga air sumur yang berbau dan mengandung banyak bakteri sehingga anda memerlukan cara menjernihkan air untuk mengatasi hal tersebut.

Berikut beberapa penyebab air sumur menjadi kotor atau berbau :
 

1. Adanya Resapan atau Rembesan Air Laut

Penyebab utama bagi rumah yang dekat dengan pantai adalah karena adanya resapan atau rembesan air laut ke sumur. Air laut yang bercampur dengan air tawar inilah yang menjadikan tidak jernih.
 

2. Hujan Deras Secara Terus Menerus

Hujan deras yang terjadi secara terus menerus bisa membuat air sumur menjadi keruh karena pasokan airnya berlimpah. Air hujan bisa masuk dari bagian atas, meresap dari dinding sumur, atau dari sumber air di bawah tanah. Air hujan inilah yang menyebabkan sumur menjadi keruh.
 

3. Kesalahan Ketika Membuat Sumur

Anda perlu memperhatikan letak atau posisi yang strategis ketika membuat sumur. Sumur air setidaknya berjauhan dari septic tank dan selokan karena airnya bisa bercampur dengan air kotor. Resapan air kotor tersebut membuat air sumur menjadi bau, berubah warna, dan ada bakteri.
 

Virus & Kuman yang Ada di Air

cara menjernihkan air

Anda perlu mengetahui cara menjernihkan air sendiri untuk menghindari kuman-kuman yang ada di air. Berikut beberapa virus dan kuman yang ada pada air:
 
1. Bakteri Salmonella
Jika seseorang mengonsumsi air yang telah terkontaminasi dengan bakteri salmonella, maka bisa menimbulkan beberapa penyakit, seperti dehidrasi, sakit perut, diare, dan demam.
 
2. Bakteri E.coli
Air sumur mungkin saja bisa tercampur dengan air yang mengalir dari sungai kotor, dimana di sungai tersebut tercampur kotoran-kotoran baik dari hewan atau manusia. Jika air yang terkontaminasi tersebut sampai tertelan oleh seseorang, maka akan menyebabkan penyakit diare. Untuk itulah anda perlu mengetahui cara menjernihkan air untuk mengantisipasi hal tersebut.

3. Virus Hepatitis A
Anda yang terkena virus ini akan mengalami penurunan fungsi hati dengan gejalanya demam dan tubuh terasa lemah, tidak nafsu makan, nyeri perut di daerah hati, serta kulit perlahan berubah warna menjadi kekuningan.
 

Cara Menjernihkan Air Sumur

Setelah Anda mengetahui penyebab dan akibat yang akan timbul apabila menggunakan air yang tidak jernih, anda perlu mengetahui cara menjernihkan air yang akan diulas sebagai berikut:
 

1. Menggunakan tawas

cara menjernihkan air sumur dengan tawas

Tawas merupakan bongkahan kristal garam yang bisa dipakai guna menjernihkan air sumur. Anda bisa bisa menjernihkan air sumur menggunakan tawas, entah itu sumur galian maupun sumur bor. Baca : 5 Jenis Sumur untuk Rumah, Cara Kerja dan Fungsinya

Tawas mudah larut dalam air serta efektif untuk mengendapkan partikel polutan yang mengeruhkan air sumur. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan kadar tawas yang digunakan. Jika terlalu banyak, maka bisa menyebabkan efek samping seperti gatal-gatal dan kulit ruam.
 

2. Menggunakan ijuk

Ijuk adalah salah satu cara menjernihkan air sumur yang terbilang mudah. Anda bisa menyusun 5 rangkaian ijuk berdiameter sekitar 1 meter, kemudian ikat tali dan beri pemberat sebelum dimasukkan ke sumur. Dorong menggunakan bambu hingga sampai dasar sumur.
 

3. Membuat Filter Sederhana

Metode penjernihan air dengan cara saringan pasir cepat adalah proses pengolahan air dengan konsep menggunakan aliran air dalam bak besar. Medianya pasir, ijuk, potongan bata dan lainnya. Sedangkan metode penjernihan air dengan cara saringan pasir lambat adalah teknik penyaringan perlahan menggunakan media pasir halus dan sebagainya.

bahan untuk menjernihkan air

Cara menjernihkan air dengan filter perlu bahan-bahan seperti batu kerikil, arang, ijuk dan pasir agar proses penyaringan lebih baik. Batu kerikil bermanfaat sebagai penyaring, pasir untuk menahan endapan lumpur, arang sebagai penyerap partikel halus dan ijuk untuk menyaring partikel yang lolos sebelumnya.

Dalam hal ini, anda membutuhkan dua gentong, pompa, pipa dan kran agar proses penyaringan bisa berjalan. Urutan dari dasar ke atas yaitu batu, kerikil, arang tempurung kelapa, pasir halus, ijuk, pasir halus dan ijuk. Masing-masing ketinggian sekitar 10 - 20 cm. Selain itu, anda juga bisa menggunakan bahan filter lain seperti kerikil besar, kerikil kecil, pasir dan kapas yang telah disusun rapi.
 

4. Menggunakan Arang Tempurung Kelapa

Cara menjernihkan air yang mudah dicoba selanjutnya adalah menggunakan arang. Arang dari tempurung kelapa mengandung karbon aktif yang dapat mengikat kotoran, sehingga banyak digunakan sebagai bahan filter penjernih air. Anda hanya perlu membungkus arang secukupnya dengan kain dan memasukkannya ke dalam sumur.
 

5. Menggunakan Pasir Silika

Air sumur yang mengendap bisa menyebabkan gatal-gatal. Pasir silika berfungsi sebagai pembersih material dan senyawa jahat yang menyebabkan iritasi pada kulit. Filter pasir silika memiliki kualitas yang lebih bagus dalam penyaringan air dibanding pasir biasa.

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin 3, cara menjernihkan air yang bisa anda gunakan selanjutnya adalah pasir silika. Agar lebih maksimal, gunakan batu gravel sebagal lapisan dasar, kemudian pasir kasar, pasir halus dan antracite atau zeeolite yang berfungsi mengurangi senyawa organik.

Itulah beberapa cara menjernihkan air yang bisa anda coba sendiri di rumah. Pastikan air yang Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari adalah air jernih yang sudah bersih agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Jika ingin yang lebih mudah, anda bisa membeli filter air yang tersedia di pasaran dengan berbagai pilihan. Semoga bermanfaat!

Related Posts