Kombinasi ACP & Curtain Wall Dengan Pilihan Kaca Termurah

Perubahan teknologi, khususnya di bidang pencarian bahan bangunan memang sedang berkembang. Seiring berjalannya waktu, semakin modern dan banyak ditemukan bahan bangunan alternatif yang ringan, kuat dan memiliki tampilan bagus. Sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu sistem curtain wall dan ACP Seven dan istilah-istilah yang sering digunakan.

Apa itu Curtain Wall?

ACP Seven
Berikut beberapa istilah di bidang aluminium dan kaca, salah satunya adalah:

1. Fasad atau Façade
Fasad atau Façade Berasal dari bahasa Perancis yang berarti muka atau depan. Dari segi fasad bangunan berarti melihat bagian depan atau tampak muka suatu bangunan dilihat dari luar

2. Curtain Wall
Curtain Wall ini berarti dinding tirai. Atau umumnya kita menyebut pembungkus luar suatu bangunan atau Gedung yang sifatnya tidak sistematis.

Salah satu tugas Kontraktor atau toko Kaca adalah menempatkan curtain wall ini. Pada umumnya curtain wall terbuat dari kaca dengan rangka aluminium, atau bisa juga dari ACP.

3. Window Wall
Window Wall adalah rangka aluminium yang umumnya dipasang untuk bagian luar bangunan/eksterior. Karena profil sudah dibuat sedemikian rupa sehingga bisa mengurangi kebocoran air.

Berbeda dengan profil rangka aluminium, jika dipasang untuk tempat luar tentu bisa terjadi kebocoran, karena tidak ada tanggul untuk menahan air dari kebocoran.

4. Back Mullion
Back mullion bisa diringkas sebagai tiang atau rangka belakang. Arti sebenarnya dari back mullion adalah sisi curtain wall. Seperti rangka tiang aluminium vertikal dimana penempatannya diletakkan di belakang kaca, sehingga jika dilihat dari luar rangka/bingkai aluminium tidak terlihat.

Itulah beberapa istilah dalam bidang tugas fasad yang biasanya ditangani oleh Toko Kaca, masih ada istilah lain yang mungkin akan kami uraikan pada uraian artikel selanjutnya. Untuk masalah pemasangan kaca curtain wall dan ACP Seven, Anda pasti membutuhkan toko kaca spesialis curtain wall dan ACP Seven

5. Jendela Curtain Wall
Berbeda dengan jendela casement, jendela curtain wall di desain untuk outdoor sehingga anti rembes dan bocor. Profile aluminiun yang digunakan juga berbeda. Jendela curtain wall cenderung tidak kelihatan bingkai jika di lihat dari sisi luar ruangan.
 

Apa itu ACP?

ACP seven

Aluminium composite panel atau ACP masih menjadi salah satu bahan bangunan favorit bagi beberapa pengembang dan beberapa pelaku di industri properti. Khususnya ACP Seven.

Penggunaan ACP dalam dunia konstruksi dapat memberikan nilai lebih pada bangunan yaitu berupa tampilan yang istimewa, menawan dan artistik, baik diaplikasikan di dalam ruangan (interior) maupun pada fasad bangunan (eksterior).

Apa sebenarnya pengertian dari aluminium composite panel (ACP)? ACP sebagai material khusus yang biasanya digunakan untuk melapisi dinding bangunan.

Bahan untuk membuatnya adalah kombinasi dari pelat aluminium yang terbuat dari komposit. ACP ini terdiri dari polytthylene non-aluminium yang digabungkan antara dua lembar aluminium.

Seperti yang telah disebutkan, material ACP dapat dipasang di dalam ruangan atau dipasang pada fasad bangunan. Yang membandingkan adalah tingkat ketebalan yang digunakan dan finishing coating.

Untuk interior ruangan, biasanya ACP menggunakan susunan polyester (PE). Dan untuk eksteriornya, ACP membutuhkan struktur yang lebih kuat yaitu finishing coating PVDF.

Dalam proses pemasangannya, material ACP biasanya dipadukan dengan beberapa material lain, seperti penggunaan kaca, curtain wall atau material logam lainnya.

Hal ini untuk menambah nilai seni pada fasad bangunan. Dan pada interior ruangan, lembaran ACP biasa digunakan sebagai partisi, penutup kolom, dan penutup langit-langit. Agar lembaran ACP lebih indah, Anda dapat memilih berbagai warna sesuai dengan ide bangunan.

Anda juga bisa membuat pesanan khusus, misalnya jika ingin membuat permukaan ACP dengan pola mengikuti bahan lain, seperti pola pada keramik, kayu, marmer, dan lain-lain.

Poin Penting dalam Memadukan ACP dengan Curtain Wall

Anda perlu memilih 1 Aplikator yang dapat menangani pemasangan ACP dan Curtain Wall.

Di Indonesia sendiri cukup banyak toko kaca, akan tetapi tidak semuanya menerima pemasangan ACP dan Curtain Wall, hanya sebatas menjual produk saja.

Jika anda berdomisili di Tangerang, anda dapat mencari toko kaca tangerang yang menyediakan berbagai produk seperti: ACP Seven, Curtain Wall, Partisi Kaca, Pintu Kaca, Kaca Tempered, Kaca Laminated, Kusen Stainless, Kaca Shower Kamar Mandi, Kusen Aluminium, Service Pintu Kaca, Railing Tangga Kaca. Dan yang paling penting adalah spesialis dalam pemasangan ACP dan Curtain Wall.

Berikut penjelasan mengenai 2 poin penting ini dalam memadukan ACP dengan Curtain Wall yaitu:

Memilih Toko Kaca Spesialis Pemasangan Curtain Wall

ACP seven

Seperti yang ingin kami ulas tentang pekerjaan curtain wall, sekarang kami akan menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan pekerjaan di atas.

Pembungkus bangunan untuk menutupi bagian luar bangunan, sekarang biasanya yang sering digunakan adalah curtain wall kaca, aluminium composite panel atau ACP. Pekerjaan ini harus dipasang oleh jasa Kontraktor Kaca yang memiliki spesialis di bidang itu.

Karena banyak yang bisa melakukan penempatan aluminium dan kaca namun belum tentu memiliki pengetahuan, tahapan atau langkah-langkah pemasangan, dan kemampuan penataan curtain wall ini.

Jika dilihat dari cara atau sistem penempatannya, berikut ini adalah jenis-jenis tipe curtain wall yang biasa digunakan atau dipasang di proyek. Salah satunya adalah sebagai berikut:
 

1. Curtain Wall Stick System

Pemasangan untuk tipe ini seluruhnya dilakukan di lokasi proyek. Mulailah dengan menempatkan tiang aluminium vertikal secara manual atau biasa disebut mullion.

Ini diikuti dengan menempatkan bingkai aluminium horizontal atau transom dan memasang kaca dan melakukan pekerjaan pelengkap dari curtain wall.

Salah satu pelengkap curtain wall adalah: 
  • Curtain box
  • Fire Stop
  • Windows Stool atau Stool Parapet
  • Backing Spandrell

Pelengkap curtain wall adalah pekerjaan yang mengikuti penempatan aluminium dan dipasang sebelum pemasangan kaca.
 

2. Curtain Wall Semi Unitized System

Perbedaan dengan sistem stick adalah profil aluminium yang digunakan sedikit berbeda dengan model stick sistem. Selain itu, dimensi profil biasanya lebih besar daripada model stick.

Dan beberapa pemasangannya dapat dilakukan di workshop dan beberapa dapat dipasang di lokasi proyek. Biasanya jenis penempatan curtain wall semi unitized ini dapat digunakan untuk kaca dengan modul besar.
 

3. Curtain Wall Unitized System

Untuk jenis curtain wall ini, yang membedakan dari 2 jenis di atas, yaitu semua pemasangan, penempatan, perakitan aluminium dan kaca dilakukan di workshop. Dibutuhkan ruang workshop yang cukup besar untuk produksinya.

Pembuatan curtain wall jenis ini adalah dengan membuat modul rakitan aluminium dan kaca yang sudah jadi. Untuk penempatan di lokasi/proyek nantinya akan membutuhkan alat crane atau hoist khusus untuk menempatkan modul-modul tersebut ke dalam bracket yang semula dipasang pada pelat lantai bangunan.

Untuk tipe unitized system ini, hingga saat ini baru beberapa perusahaan aplikasi atau kontraktor kaca yang mampu melakukan penempatan tersebut. Bahkan mungkin hanya 2 - 3 perusahaan saja yang memiliki kapabilitas di sektor ini.

Karena tugas ini membutuhkan banyak hal, misalnya: 
  • SDM yang berpengetahuan
  • Tenaga kerja spesialis
  • Bengkel/tempat luas
  • Perusahaan yang memiliki sumber dana dan arus kas yang ideal
  • Tugas bantuan alat untuk pemasangan yang ideal

Diantara semua jenis sistem curtain wall diatas, yang paling mahal harganya adalah Unitized System, kemudian Semi Unitized System dan yang paling murah adalah jenis Stick System.

Namun, ornamen pada kaca, ukuran modul, ketinggian pelat lantai, dan jenis bahan yang digunakan mulai dari aluminium atau kaca akan menentukan harga curtain wall.

Semakin banyak ornamen, semakin rapat modul, semakin tinggi pelat lantai dan semakin tinggi spesifikasi material akan membuat curtain wall semakin mahal. Bahkan jika Anda menggunakan sistem stick sekali pun.

Selain pekerjaan aluminium dan kaca, jika Anda melakukan pemasangan fasad, Anda pasti membutuhkan jasa spesialis penempatan lainnya, yaitu:
 

Memilih Toko Kaca Spesialis Pemasangan ACP

ACP seven

Ya, memang benar dibutuhkan jasa Kontraktor atau toko kaca untuk pemasangan aluminium composite panel saat memasang kaca fasad. Karena biasanya pekerjaan ACP bisa dikombinasikan dengan pemasangan kaca, karena digunakan sebagai kombinasi lapisan bangunan selain kaca.

Meski begitu, umumnya subkontraktor aluminium kaca juga menangani pekerjaan pemasangan ACP. Karena sistem rangka kaca dan ACP sama-sama terhubung, jadi lebih baik ditangani dengan satu aplikator saja.

Dan kabar baiknya adalah anda tidak harus memilih dua aplikator untuk melakukannya, karena satu aplikator dapat melakukan semua pekerjaan fasad di atas. Kami akan sedikit merinci tentang pekerjaan ACP ini, salah satunya adalah kualitas ACP berdasarkan harga dan dari mana barang tersebut diimpor oleh para Toko Kaca.

Berikut ini adalah material ACP dari yang paling mahal hingga yang paling murah berdasarkan negara pembuatnya: 
  • ACP Alpolic dari Jepang
  • ACP Alubond dari USA
  • ACP Alcopanel dari Howsolpan dari Korea
  • ACP New Alucopan dari Taiwan
  • ACP Seven dari China
  • ACP merk local yang di produksi di Indonesia
 

Keunggulan Memadukan ACP dengan Curtain Wall

Ada beberapa keunggulan yang didapat Ketika memadukan ACP dan Curtain Wall untuk mempercantik bangunan, antara lain sebagai berikut.
 
1. Tersedia dengan berbagai pilihan warna
ACP hadir dalam berbagai pilihan dan skema warna. Saat ini ada kurang lebih 30 jenis warna yang bisa Anda tentukan. Seperti yang telah disebutkan, Anda bahkan dapat memesan lembaran ACP dengan tampilan mengikuti berbagai pola material lainnya, seperti pola kayu, marmer, keramik, dan lainnya.
 
2. Kuat dan tahan terhadap cuaca dan Iklim
Keunggulan khusus ACP dan Curtain Wall adalah memiliki ketahanan yang cukup tinggi terhadap korosi, asam, garam, dan sinar ultraviolet. Tidak hanya itu, bahan dasarnya yang terbuat dari polyethylene dapat membuat ACP tahan terhadap api. Dengan berbagai keunggulan tersebut, ACP dapat bertahan hingga puluhan tahun setelah dipasang.
 
3. Tahan benturan dan tahan gores
Keunggulan lain yang dijual ACP adalah permukaan atasnya yang tidak mudah tergores atau pecah meskipun dibengkokkan dengan sudut kemiringan tertentu. Selain itu, benturan yang terjadi pada saat pemindahan material atau pada saat proses penempatan tidak mempengaruhi tampilan fisik ACP.
 
4. Mudah diterapkan dalam berbagai konsep modern
ACP mudah disamakan dengan berbagai konsep desain modern yang akan diterapkan pada bangunan. ACP memiliki material yang baik untuk dekorasi bangunan, baik pada ruang interior maupun eksterior.
 
5. Perawatan yang cukup mudah
Dalam proses perawatan Curtain Wall dan ACP cukup mudah, tidak perlu ribet dan tidak memerlukan biaya tambahan lainnya.
 

TokoKaca.co.id sebagai Distributor Kaca Curtain Wall Termurah di Tangerang

toko kaca

Toko Kaca Tangerang merupakan distributor kaca yang menjual kaca lembaran dan berbagai part menarik untuk kaca pintu, jendela, aquarium, cermin untuk rumah dan bangunan dengan harga kaca per meter persegi.

Distributor kaca resmi dengan harga per meter persegi m2, menjual bahan kaca dengan grosir dan eceran. Bahan kaca yang bisa dipesan bisa disesuaikan dengan keperluan. Harga per lembar tergantung jumlah pesanan.

Makin banyak order makin spesial diskonnya. Terlebih lagi jika ada kontraktor kaca kami bersedia bekerja sama dalam jangka waktu yang lebih lama.

Banyak pilihan kaca untuk curtain wall yang dijual di toko kaca, yaitu sebagai berikut : 

Harga Kaca Bening

Kaca bening disebut juga dengan kaca polos, clear. Harga dimulai dari Rp 120.000 untuk ketebalan 3 mm sampai dengan Rp 480.000 untuk ketebalan 12 mm.
 

Harga Kaca bening ukuran “Jumbo”

Kaca Jumbo itu kaca dengan ukuran di atas 305 cm. Harga dimulai dari Rp 200.000 untuk ketebalan 5 mm sampai dengan Rp 500.000 untuk ketebalan 12mm.
 

Harga Kaca bening Merk Asahi

Kaca Merk Ashi. Harga dimulai dari Rp 190.000 untuk ketebalan 5 mm sampai dengan Rp 500.000 untuk ketebalan 12 mm.
 

Harga Kaca Warna

Kaca warna disebut juga dengan kaca tinted. tersedia All Colour selain hitam seperti biru, hijau, Gold, Coklat dll. Harga dimulai dari Rp 250.000 untuk ketebalan 5 mm sampai dengan Rp 880.000 untuk ketebalan 12 mm.
 

Harga Cermin

Kaca cermin yang bagus adalah cermin yang pantulannya rata. Harga dimulai dari Rp 170.000 untuk ketebalan 3 mm sampai dengan Rp 295.000 untuk ketebalan 5 mm Jumbo (Ukuran di atas 305 cm).
 

Harga Kaca Cermin Warna

Kaca Cermin Warna ini tidak seperti cermin pada umumnya. Cermin jenis ini terlihat lebih gelap namun tetap bisa memantulkan bayangan. Sering dipakai untuk Interior. Harga dimulai dari Rp 385.000 untuk ketebalan 5 mm sampai dengan Rp 450.000 untuk ketebalan 5 mm Jumbo (Ukuran di atas 305 cm).
 

Harga Kaca Es

Kaca Es disebut juga dengan kaca Mistile. Warnanya buram dan mempunya texture permukaan yang tidak rata. Kaca es ini tidak bisa di tempered. Harga dimulai dari Rp 190.000 untuk ketebalan 5 mm.
 

Harga Kaca Motif Maru

Kaca Motif Maru. Harga dimulai dari Rp 330.000 untuk ketebalan 5 mm.
 

Harga Kaca Rain Down

Kaca raindown ini kaca texture dengan motif air turun. Kaca ini membuat buram pandangan. Harga dimulai dari Rp 235.000 untuk ketebalan 5 mm.
 

Harga Kaca One Way

Kaca warna one way ini adalah kaca reflektif yang baik memantulkan panas. Kaca ini cocok untuk builiding yang menggunakan fasade curtain wall karena akan menghemat penggunaan listrik untuk pendingin ruangan. Harga dimulai dari Rp 385.000 untuk ketebalan 5 mm sampai dengan Rp 800.000 untuk ketebalan 8 mm.
 

Harga Kaca OneWay Asahi

Kaca SSDH / SSGN5 adalah tipe warna paling laku dari asahi. Harga dimulai dari Rp 375.000 untuk ketebalan 5 mm sampai dengan Rp 750.000 untuk ketebalan 8 mm.
 

Harga Kaca Glastone

Kaca warna disebut juga dengan kaca Rayban, Riben. Kaca ini termasuk kaca yang umum dipasang. harga nya berbeda dengan tinted seperti biru, hijau, gold, coklat dll. Harga dimulai dari Rp 335.000 untuk warna white atau black.
 

Harga Kaca Tempered

Kaca Tempered adalah secure glass yang tidak membahayakan kalau pecah dibandingkan kaca non tempered. Harga dimulai dari Rp 535.000 untuk ketebalan 5 mm sampai dengan Rp 950.000 untuk ketebalan 12 mm.


Tentu saja masih banyak lagi pilihan jenis kaca dengan harga yang menarik, anda bisa langsung mengunjungi TokoKaca.co.id untuk informasi detail mengenai harga kaca kebutuhan anda. Jadi tunggu apalagi, Yuk! kunjungi TokoKaca.co.id. 

Related Posts