Tips Memilih Plafon Rumah, Bikin Hunian Tampak Minimalis

Memilih plafon rumah untuk tampilan interior seringkali diabaikan. Padahal memiliki rumah yang indah dipandang mata sudah pasti menjadi impian semua orang. Tidak hanya tampilan luar, tampilan interior dalam rumah juga harus menjadi perhatian.

Memilih plafon yang baik dan tepat juga patut menjadi perhatian. Anda tentu tidak ingin memilih plafon yang tidak cocok untuk rumah anda. Terlebih jika memiliki rumah di Tangerang, Jakarta, Bekasi, maupun di daerah lainnya yang cenderung memiliki udara yang panas.

Lalu plafon seperti apa yang cocok untuk rumah anda? Berikut beberapa tips memilih plafon rumah yang dapat membuat rumah anda terlihat minimalis dan indah.

Tips Memilih Plafon Rumah

1. Pilih warna yang tepat

model plafon
Hal pertama yang harus diperhatikan tentunya adalah warna plafon. Sesuaikan warna plafon dengan konsep rumah yang ingin anda terapkan.

Warna plafon yang lebih terang daripada dinding memberikan kesan lebih tinggi pada ruangan. Kebalikannya, warna plafon yang gelap akan memberikan kesan rendah pada ruangan.

Kebanyakan orang memilih warna putih sebagai warna yang aman untuk plafon rumah mereka. Akan tetapi, anda juga harus mempertimbangkan intensitas cahaya yang masuk ke ruangan sepanjang hari. Seperti contohnya saja, warna merah muda dapat memberikan kesan lapang ketika terkena sinar matahari.
 

2. Perhatikan bentuk plafon

plafon minimalis

Tidak hanya warna yang dapat menjadi acuan memilih plafon rumah, tetapi bentuknya juga perlu dipertimbangkan. Rumah dengan gaya modern zaman sekarang biasanya dibuat dengan memiliki ceruk yang bisa digunakan sebagai tempat kipas angin atau lampu gantung.

Sedangkan untuk menciptakan kesan yang lebih klasik, anda dapat menggunakan plafon rumah model bentuk V atau melengkung.

Selain itu, anda juga perlu memperhatikan tinggi plafon rumah. Jika anda tinggal di wilayah dengan udara yang cenderung panas, anda mungkin mau mempertimbangkan plafon rumah yang tinggi.

Plafon yang tinggi dapat membuat sirkulasi udara dalam rumah lebih lancar. Plafon model ini juga dapat menurunkan suhu, sehingga menciptakan suasana yang lebih adem di dalam rumah anda.

Selain itu, karena plafon rumah yang tinggi, sumber radiasi panas juga semakin jauh dari kepala. Sehingga, rasa panas yang diserap oleh tubuh dapat berkurang.
 

3. Pilih material yang cocok

Hal yang tidak kalah penting diperhatikan dalam memilih plafon rumah adalah material yang digunakan. Plafon merupakan bagian krusial dari rumah. Jangan sampai anda salah memilih material dan justru memperburuk kondisi rumah anda.

Memilih plafon rumah dapat disesuaikan dengan kondisi yang anda miliki. Penting untuk juga mempertimbangkan material plafon yang kedap air, tahan api, dan anti rayap, sehingga kondisinya terus baik untuk jangka waktu yang panjang.

Jenis Material Plafon

Terdapat beberapa material plafon yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan anda :

1. Gypsum

plafon gypsum

Material plafon gypsum menjadi jenis material yang paling sering digunakan. Memilih plafon rumah gysum memiliki banyak keuntungan. Selain harga material yang lebih terjangkau, pengerjaannya juga tergolong mudah. Sehingga jika ada yang cacat lebih mudah untuk diperbaiki.

Selain itu, bentuk desainnya juga beragam dan dapat menyesuaikan dengan keinginan anda. Anda juga bisa mendekorasi plafon gypsum dengan berbagai aksesoris tambahan.

2. PVC (Polyvinyl Chloride)

plafon PVC

Jenis plafon PVC terbuat dari Polyvinyl Chloride. Tidak hanya tahan terhadap air, yang menjadikan material plafon ini unggul adalah ketahanannya terhadap api.

Gangguan pada rumah dapat datang dari berbagai bentuk, termasuk rayap. Rayap dapat menjadi permasalahan yang tidak dapat dihindari bagi sebagian besar rumah. Dengan menggunakan plafon PVC, anda tidak perlu khawatir karena material satu ini tahan dari serangan rayap.

Memilih plafon rumah berbahan PVC tentu berbeda dengan gysum. PVC tidak dapat dicat ulang sehingga hanya menggunakan warna atau motif dasar material itu sendiri. Namun, anda tidak perlu khawatir. PVC memiliki beragam warna dasar dan semuanya dapat mempercantik interior rumah anda.
 

3. Kayu

plafon kayu

Bagi anda yang menginginkan tampilan interior yang lebih aesthetic, coba gunakan kayu untuk material plafon rumah anda. Karena tampilan yang dihasilkannya terlihat cantik, material plafon ini memiliki banyak penggemar meski harganya tergolong lebih mahal.

Kayu yang digunakan untuk plafon rumah juga tidak sembarangan. Kayu-kayu ini telah melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Kayu akan dikeringkan sehingga kadar air di dalamnya menyusut dan kayu dapat bertahan lama.

Kebalikan dari gypsum yang dapat dipasang dengan mudah, memilih plafon rumah berbahan kayu terbilang lebih sulit untuk dipasang. Perlu ketelitian tinggi ketika memasangnya agar tidak ada celah sekecil apapun yang dapat menyebabkan kebocoran.

4. GRC (Glass Fibre Reinforced Cement)

GRC atau Glass Fibre Reinforced Cement merupakan salah satu material plafon yang paling tangguh. Material ini memiliki daya tahan yang kuat terhadap air maupun api.

Material GRC sebagai plafon dapat memberikan kesan yang simple dan modern untuk rumah anda. Meski begitu, material plafon ini justru menjadi rapuh jika terjadi kesalahan pada saat pemasangan.
 

5. Metal

plafon metal

Metal juga dapat menjadi material yang dapat digunakan sebagai plafon rumah. Lempengan-lempengan metal dicetak menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran yang dibutuhkan rumah.

Metal yang digunakan pun adalah metal yang ringan. Meski ringan, material ini tetap kuat dari berbagai gangguan seperti air, api, dan rayap. Menjadikan plafon ini awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Memilih plafon rumah berbahan metal tentunya juga memiliki kekurangan. Pemasangan plafon dengan material metal membutuhkan tenaga yang lebih profesional karena prosesnya terbilang sulit. Terlebih lagi, bentuk metal harus menyesuaikan dengan bentuk langit-langit rumah.
 

6. Akustik

Material plafon akustik cocok untuk mempercantik tampilan interior rumah anda. Selain dapat memperindah bagian dalam rumah anda, material plafon ini juga dapat menyerap suara sehingga dapat difungsikan sebagai alat peredam suara. Jadi, jika anda ingin menciptakan suasana tenang di dalam rumah, anda bisa menggunakan jenis ini.

Namun, jika memilih plafon rumah ini, anda harus siap dengan konsekuensinya. Jenis plafon ini tergolong relatif mahal karena sulit untuk didapatkan. Selain itu, jenis plafon ini juga tidak tahan air. Sehingga perlu pertimbangan yang matang dan sesuaikan penggunaannya untuk ruang-ruang khusus, misalnya.

Diperlukan ketelitian saat memilih plafon rumah. Sehingga tidak hanya dapat melindungi rumah dari panas dan hujan, tetapi juga dapat memperindah tampilan interior rumah.

Terlebih kebanyakan daerah di Indonesia seperti Tangerang, Jakarta, dan Bekasi memiliki suhu yang panas. Anda mungkin ingin memilih model dan material plafon yang dapat mengurangi panas di dalam ruangan.

Temukan rumah di Tangerang, Jakarta, Bekasi, maupun di daerah lainnya dengan CariProperti. CariProperti memberikan ribuan pilihan rumah untuk anda dengan berbagai macam model. Dengan CariProperti, mendapatkan rumah idaman anda kini jadi lebih mudah!. Semoga bermanfaat!

Related Posts