15 Carport Minimalis Kreatif di Depan & Samping Rumah

Carport Minimalis menjadi pilihan saat anda tidak ingin membuat garasi di rumah. Bentuk sederhana dan tidak membutuhkan banyak material, carport memang banyak diaplikasikan pada rumah masa kini. Menggantikan fungsi garasi, carport bisa menjadi ruang yang baik untuk menyimpan kendaraan anda di rumah.

Carport adalah tempat menyimpan kendaraan yang biasanya ada di depan rumah sebagai pengganti garasi. Perbedaan carport dengan garasi yang paling mendasar adalah bentuknya. Jika garasi adalah sebuah bangunan tertutup yang dilengkapi pengaman, maka carport hanyalah kanopi untuk melindungi kendaraan dari cuaca hujan, panas maupun kotoran dari atas.

Idealnya ukuran carport yang ideal adalah memiliki panjang 6 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 2,5 meter. Namun, itu dapat disesuaikan dengan ukuran lahan serta jumlah kendaraan di rumah. Carport minimalis biasanya berada di samping taman depan rumah, tetapi anda juga bisa menempatkan carport di area yang lebih nyaman dan efisien dalam penggunaannya.

Desain Carport Minimalis

Carport bisa dibuat di depan maupun sisi rumah. Jika memiliki area rumah yang besar, anda bisa membuatnya terpisah dari bangunan utama agar lebih mudah saat keluar-masuk ataupun saat mencuci kendaraan. Berikut beberapa desain carport minimalis yang bisa menjadi inspirasi :

1. Carport Mungil yang Kreatif

 model carport rumah minimalis
Jika anda memiliki kendaraan kecil atau hanya satu mobil, carport minimalis seperti gambar diatas bisa digunakan. Anda dapat menempelkannya ke dinding rumah maupun membuatnya berdiri bebas. Anda bisa menggunakan aneka material untuk membuatnya seperti kayu, logam, beton maupun batu.

2. Struktur Metal dan Atap Kaca

model carport rumah minimalis

Desain carport minimalis ini banyak ditemui pada hunian modern masa kini. Struktur logam dengan tiang-tiang elegan yang ditutup atap kaca (atau polikarbonat bening) membuat tampilannya terkesan mewah. Atap kaca ini dapat mengurangi kebisingan saat hujan dan mudah dibersihkan. Menarik bukan!

Sebelumnya, model carport seperti gambar diatas bisa dilihat selengkapnya pada artikel 70 Carport Minimalis yang Keren untuk Hunian Modern. Ada berbagai model yang bisa anda pilih untuk menyesuaikan dengan gaya rumah minimalis anda.

3. Kayu & Logam yang Melengkapi Arsitektur

carport minimalis modern

Rumah atap datar modern ini memiliki carport yang menyatu dengan area teras, melekat dengan struktur rumah. Berbahan material logam dan kayu yang ramping menambahkan elemen eksterior yang menarik. Untuk desain carport tersebut, tetap sediakan jalan ke pintu masuk meskipun dapat melewati area carport.
 

4. Desain Terbuka dan Simple

carport minimalis modern

Cantik dengan warna putih, rumah modern ini menawarkan carport sederhana yang cocok dengan gaya rumah. Letak carport yang menjadi bagian dari teras samping rumah ini tampak efektif dan efisien. Bahan material rumah berpadu dengan sudut tajam arsitektur untuk menciptakan keseimbangan gaya yang menarik.

5. Carport Minimalis dengan Panel Kayu

carport minimalis modern

Terkadang area carport terlihat terlalu kosong, tetapi rumah kontemporer ini memiliki carport dengan panel kayu di tengah struktur penyangganya. Hal itu menciptakan tampilan lebih banyak area lapang daripada hanya sekedar tempat parkir kendaraan.

6. Terpisah dari Bangunan Utama

carport rumah minimalis

Jika memiliki lahan luas, anda bisa membuat carport minimalis yang terpisah dari bangunan utama. Ini juga solusi yang sangat baik jika anda tidak ingin mengambil alih jalan masuk utama rumah. Jika anda punya kendaraan yang jarang digunakan, membuat carport terpisah adalah jalan keluar yang tepat.
 

7. Carport Minimalis Sederhana dari Palet

carport rumah minimalis

Kayu palet tidak hanya bermanfaat untuk furniture, tetapi juga untuk carport. Dengan palet, anda dapat membuat carport khusus yang cukup ekonomis. Memiliki atap logam yang disokong dengan tiang kayu keras akan membuatnya tahan lama.

8. Menggabungkan Carport Minimalis dan Taman Vertikal

carport rumah minimalis

Taman vertikal sangat cocok untuk hunian mungil karena tidak membutuhkan banyak ruang. Menggabungkan dinding taman berpalang cukup bagus untuk carport dengan struktur pergola. Tanaman rambat akan memberikan keteduhan dan privasi yang unik dipandang.

9. Menjadi Satu dengan Garasi

carport rumah minimalis

Carport adalah pengganti garasi, tetapi tidak masalah jika anda punya keduanya. Anda bisa menggunakan garasi untuk menyimpan barang berharga atau kendaraan dengan aman, sedangkan carport untuk memarkir kendaraan. Carport minimalis dengan garasi ini sangat ideal jika anda memiliki satu kendaraan besar yang jarang dikendarai.

10. Carport Minimalis di Area Terbuka

model carport minimalis

Meski memiliki ekterior minimalis, anda bisa mengusahakan untuk area carport. Ada dua jalan menuju carport yang bisa digunakan untuk kendaraan roda empat maupun roda dua. Carport ini memiliki enam tiang dan terbuka lebar, tidak menciptakan kesan sumpek pada eskterior rumah.
 

11. Gaya Showroom yang Modern

model carport minimalis

Carport Minimalis terbuka adalah ide yang tepat jika ingin memamerkan kendaraan berharga anda. Desainnya mewah dan elegan, tetapi pertimbangkan ide keamanan rumah.

12. Carport Minimalis Kontemporer

model carport minimalis

Desain carport lebar dengan tiang kecil menambah daya tarik bagian depan rumah kontemporer. Struktur lebar memungkinkan anda memarkir dua mobil sekaligus. Sementara tiang tipis untuk balok penyangga membantu membuat ruang terlihat lebih terbuka.

13. Desain Carport Minimalis Miring

desain carport minimalis

Atap carport tidak harus datar dan mainstream, karena anda bisa membuat desain yang menakjubkan. Bentuk miring dengan garis ramping, detail minimalis dan material yang modern membuat carport ini sangat mewah. Desainnya seperti perpanjangan dari rumah utama dan sangat futuristik!.
 

14. Carport Baja yang Tahan Lama

desain carport minimalis

Terbuat dari bahan yang dikenal memiliki kekuatan tinggi dan perawatan rendah, bisa menjadi keuntungan bagi anda. Baja dapat memberi perlindungan lebih untuk kendaraan anda dari hujan dan terik matahari. Material baja adalah bahan bangunan paling tahan lama daripada bahan lain yang bisa anda pertimbangkan.

15. Carport Minimalis di Depan Garasi

desain carport minimalis

Jika sebelumnya ada garasi dan carport, kali ini anda bisa menciptakan carport dari garasi, yaitu dengan menambahkan kanopi di depan garasi. Carport ini menggunakan pintu masuk yang sama dengan garasi, tetapi memungkinkan dua kendaraan lagi untuk diparkir permanen di depan rumah. Selain carport, anda bisa menggunakan area tersebut untuk acara lain jika sedang kosong.

Itu adalah beberapa desain carport minimalis yang bisa dijadikan inspirasi. Pembuatan carport cukup ekonomis, tergantung materialnya. Ada carport permanen, ada juga carport tenda yang bisa dibongkar pasang. Anda bisa memilih berbagai jenis dan model carport sesuai selera. Namun, pastikan carport tetap kokoh untuk memberikan perlindungan yang baik. Semoga menginspirasi!.

Related Posts