Inovasi Material Baja Ringan untuk Gaya Rumah Industrial

Baja Ringan kerap diaplikasikan pada rumah berkonsep industrial. Konsep industrial dianggap sebagai konsep yang unik dalam suatu bangunan. Sesuai namanya, konsep ini memanfaatkan penggunaan produk – produk industri untuk barang di dalam bangunan. Konsep ini biasanya digunakan pada café ataupun bangunan kantor.

Namun, seiring berjalannya waktu dan meningkatnya popularitas konsep industrial, membuat konsep ini melebar dan mulai diterapkan untuk konsep rumah.

material baja ringan
Rumah Insdustrial

Hal menarik tentang konsep rumah industrial : 
  • Konsep industrial memiliki tampilan yang sederhana karena menggunakan warna netral seperti putih, hitam, abu – abu, hingga coklat. Namun dibalik tampilan yang sederhana, pemilihan warna netral memberikan kesan kuat dan berbeda.
  • Mengedepankan fungsional barang di setiap tempat dengan menggunakan barang daur ulang yang ramah lingkungan.
  • Pencahayaan yang natural membuat tampilan rumah industrial lebih menarik dengan penyelesaian konsep rumah apa adanya dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Penggunaan dan pemilihan baja ringan sebagai material rumah industrial

Rumah industrial mengedepankan kesederhanaan dan fungsional haruslah menggunakan material yang juga mendukung penerapan konsep rumah ini. Di mana material yang digunakan tidak terlalu mencolok, fleksible, dan juga ramah lingkungan.

Material baja ringan adalah pilihan tepat untuk menyesuaikan dengan konsep rumah industrial. Sama seperti rumah industrial yang mulai populer, material ini juga mulai terkenal untuk pembangunan rumah.

Berikut beberapa alasan kenapa baja ringan dipilih sebagai material pembangunan rumah: 
  1. Dapat digunakan jangka panjang karena memiliki ketahanan karat dan pastinya anti rayap.
  2. Material yang fleksible dan mudah diaplikasikan pada desain apapun, karena emiliki karakteristik yang lebih lentur dan memiliki tegangan tarik tinggi. Semakin besar tegangan tarik semakin banyak juga energi yang dapat diserap.
  3. Membuat efisiensi pada waktu dan biaya, karena pemasangannya lebih cepat serta material yang kokoh dan tahan lama sehingga minim perawatan.
  4. Ramah lingkungan karena sudah memiliki persyaratan dasar untuk standard kandungan berdasarkan SNI dan hasil limbah dapat didaur ulang.
  5. Memiliki sifat non-combustible yang berarti tidak mudah terbakar dan tidak mudah membuat api semakin besar jika terjadi kebakaran.

Pengaplikasian Baja Ringan untuk Konsep Rumah Industrial

Sebagai material utama, baja ringan tidak hanya dapat digunakan untuk struktur bangunan, tetapi dapat digunakan untuk kebutuhan rumah lainnya seperti:

1. Rangka atap terbuka

kanopi baja ringan
Rangka Baja Ringan Terbuka

Biasanya rangka atap rumah diberikan tambahan plafon untuk menutup struktural rangka baja ringan yang digunakan. Namun, pada konsep rumah industrial penggunaan rangka dapat dibiarkan terbuka pada bagian atap. Ini membuat kesan alami dan orisinil dalam desain rumah di mana warna dari rangka baja ringan akan menyatu dengan warna interior yang natural.

2. Material sebagai penutup atap rumah

atap baja ringan
Atap Baja Ringan untuk Rumah

Dalam penggunaanya atap baja ringan dapat digunakan sebagai penutup atap untuk terciptanya konsep rumah industrial. Warna netral yang dimilikinya membuat pengaplikasian semakin maksimal. Selain itu atap yang tahan lama, anti karat, dan tidak mudah keropos seiring berjalannya waktu dapat melindungi rumah secara maksimal dari cuaca ekstrem. 

3. Dapat digunakan sebagai dinding rumah

material baja ringan
Dinding Baja Ringan

Tidak hanya sebagai rangka ataupun penutup atap, material baja ringan juga dapat digunakan untuk penggunaan dinding. Untuk pengaplikasiannya material ini dapat digunakan untuk kebutuhan dinding partisi yang bisa disesuaikan untuk ruangan pemisah. Dinding baja ringan juga dapat digunakan sebagai dinding non-struktural karena sifat yang kokoh apabila ada penambahan atau renovasi pada konsep rumah industrial dinding dapat tetap dipertahankan.
 

BlueScope Zacs® pilihan tepat untuk kebutuhan material bajar ringan rumah anda

Material baja ringan dari BlueScope Zacs® memiliki banyak kegunaan yang dapat diaplikasikan pada konsep rumah industrial Anda.

Memilih Baja Ringan yang Bagus

Untuk rangka baja ringan, Anda dapat memilih BlueScope Zacs® Truss yang merupakan rangka bangunan kuat dan tahan lama yang diproduksi dengan menggunakan teknologi Australia dan dibuat presisi dengan standard internasional. Hal ini dilakukan bukan hanya menjaga ke kuatan bagunan, namun juga menjaga nilai investasi bangunan.

Sedangkan untuk atap atau dinding, Anda dapat menggunakan BlueScope Zacs® Natural jika memiliki perpaduan konsep harmonisasi dari alam dan bangunan. Warna pilihan dari BlueScope Zacs® Natural terinspirasi dari unsur – unsur alam sekitar bangunan seperti bebatuan dan pohon.

Atau ingin memberikan kesan rumah industrial yang berkilau melalui atap dan dinding Anda dapat memilih BlueScope Zacs® Bare yang memiliki motif metallic atau silver.

Sudah tahu ingin menggunakan produk BlueScope Zacs® yang mana? Jika ingin mencari produk BlueScope Zacs®, Anda dapat menggunakan fitur cari toko yang terdapat pada website BlueScope Zacs®. Rencanakan pembangunan, pilih produk baja ringan terdekat, ingat material kokoh dan terpercaya, ingat BlueScope Zacs®. Semoga bermanfaat!

Related Posts