5 Tips Kamar Monokrom, Tema Sederhana Hasil Luar Biasa

Kamar monokrom merupakan tema populer masa kini yang banyak diterapkan pada hunian modern. Kombinasi warna yang sudah ada sejak tahun 60'an ini tidak pernah kehilangan daya tariknya. Tren warna ini adalah pilihan yang tepat untuk anda karena cocok dengan gaya maskulin maupun feminim.

Arti monokrom mengacu pada skema warna yang terdiri dari variasi satu warna. Anda bisa menggunakan warna apa saja untuk membuat skema warna. Misalnya, merah dan putih menjadi merah muda, hitam ke merah menjadi merah maron. Hasilnya, anda memiliki warna monokromatik merah, merah muda dan merah maron.
 
desain kamar monokrom
Kamar Monokrom

Warna monokrom bisa didapatkan dari semua warna, tidak hanya hitam putih saja, karena anda bebas membuat skema warna sesuai selera. Hanya saja, monokrom hitam putih sangat populer diaplikasikan dan sudah menjadi trending di banyak hunian berkonsep minimalis modern.

Jika anda ingin membuat tema kamar monokrom, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, karena mendapatkan tema monokrom yang sempurna tidak hanya memperhatikan warna cat saja.
 

Tips Kamar Monokrom :

1. Pilih warna sesuai selera

desain kamar monokrom
Monokrom Biru

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa warna monokrom bisa anda buat pada semua jenis warna. Gunakan tiga pilihan warna dari satu warna dasar untuk cat kamar monokrom. Pilih satu warna dasar, kemudian warna yang lebih terang dan satu lagi warna yang lebih gelap. Ini akan membantu menciptakan tampikan yang kohesif.

Cara yang lebih mudah,anda bisa menyesuaikan warna netral yang sudah ada untuk desain kamar monokrom. Selanjutnya, sesuaikan skema warna netral tersebut agar selaras.
 
desain kamar monokrom
Menyesuaikan dengan warna lantai

Dalam hal ini anda harus mampu mengidentifikasi warna hangat dan warna dingin yang serasi untuk dikombinasikan dengan warna netral. Jika permukaan kamar anda sudah menggunakan warna netral, skema monokromatiknya juga harus netral.

2. Perhatikan kontras warna

Warna hitam dan putih adalah satu dari berbagai contoh perpaduan warna yang sangat mudah. Pada kamar monokrom, warna hitam dan putih dapat menciptakan kesan berani sekaligus menenangkan.

desain kamar monokrom

Untuk mengatur suasana relaksasi, anda bisa mengaplikasikan warna putih pada dinding. Sedangkan perabot seperti tempat tidur, rak dan meja samping bisa menggunakan warna hitam untuk kontras. Tambahkan warna netral pada alas meja, permadani atau perabot lainnya untuk menambah kehangatan pada skema warna.

Area dekat jendela adalah tempat paling terang di ruangan karena banyak cahaya alami yang masuk. Anda bisa menaruh kursi atau sofa kecil berwarna terang, kemudian tambahkan bantal warna gelap untuk menciptakan kontras yang sempurna.

3. Tambahkan fitur ke kamar tidur

desain kamar monokrom

Warna memang menjadi daya tarik untuk kamar monokrom. Selain itu, dalam menata desain monokrom, anda bisa menggunakan fitur utama dan beberapa detail kecil untuk daya tarik lainnya.

Fitur utama pada kamar tidur adalah headboard. Meski desainnya cukup mendasar, skala yang lebar menciptakan kesan gagah dan tahan lama. Fitur lainnya bisa anda tambahkan untuk menciptakan karya seni yang berani dan kontras, seperti kursi bangku anyaman, lampu hias dan sebagainya.

4. Jangan lupakan tekstur dan pola

desain kamar monokrom

Tema monokrom memang sangat sederhana dan kadang terlihat membosankan. Oleh sebab itu padukan dengan tekstur agar seimbang. Menambahkan tekstur dan pola adalah rahasia untuk tampilan kamar monokrom yang sempurna.

Tekstur menambah daya tarik ruangan melalui benda yang membuat permukaan tampak tidak rata. Contohnya seperti bantal, permadani, dan sebagainya. Dalam hal ini, satu atau dua warna netral dapat ditambahkan sebagai aksen untuk menghidupkan ruangan.

desain kamar monokrom
 
Anda bisa menggunakan tekstur terang, gelap maupun warna yang sama. Sedangkan pola adalah cara yang tepat untuk menambahkan kedalaman palet warna monokromatik. Namun, gunakan dengan hemat jika anda ingin tampilan yang sederhana.

5. Manfaatkan permukaan metal

Anda bisa bermain dengan pantulan warna menggunakan permukaan metalik untuk kamar monokrom yang terang. Jika mengkombinasikan warna hitam, putih dan abu-abu, hasil yang didapat akan luar biasa karena warna dan pantulannya terlihat berbeda saat cahaya matahari menyinarinya.
 
desain kamar monokrom

Menggunakan skema monokromatik gelap dan terang dari satu warna, dapat menciptakan keselarasan dan suasana santai. Ini sangat cocok dijadikan latar belakang hiasan dinding seperti lukisan dan karya seni lainnya.

Anda bisa memanfaatkan permukaan metal dari bingkai cermin, kaki nakas, tempat lilin, fitting lampu, furniture berbahan metal, hiasan kuningan dan sebagainya. Semua aksen ini dapat meningkatkan suasana ruangan yang dipoles chic.

Itu adalah beberapa tips untuk mendesain kamar monokrom agar lebih sempurna. Tidak mudah mendesain tema monokrom pada ruangan. Jika anda tidak bisa memperlihatkan tekstur dan variasi nada yang halus, interior ini bisa tampak datar alias biasa-biasa saja.

Selain itu, ide kamar monokrom sulit diperbaiki jika tidak tepat mengaplikasikan warna-warna pada dinding, aksen dan ornamen di ruangan. Skema warna monokrom memang sederhana, tapi sangat berdampak. Jadi, rencanakan dan pertimbangkan dahulu sebelum memulainya ya!. Semoga bermanfaat!

Related Posts