Jual Rumah?, Ini 8 Tips Jitu Meningkatkan Nilai Jual Properti!

Tidak mudah untuk jual rumah di era modern ini, apalagi jika anda ingin mencapai harga jual yang tinggi. Sekarang sudah banyak perumahan yang menjual properti dengan sistem KPR. Tentunya hal ini akan menyulitkan bagi anda ingin menjual rumah, entah rumah baru atau sudah terpakai.

Nilai tanah dan bangunan semakin naik dari tahun ke tahun. Inilah kenapa banyak orang yang menginvestasikan uangnya untuk properti. Tingkat kenaikan properti dapat bergantung pada sejumlah faktor berbeda, termasuk dimana rumah anda berada, permintaan perumahan lokal dan ekonomi.

Namun, anda sebagai pemilik juga dapat mempengaruhi nilai harga rumah dengan melakukan peningkatan dan perubahan yang meningkatkan daya tariknya. Tidak melakukan perubahan apapun pada rumah, nantinya anda justru hanya bisa jual rumah murah. Padahal, anda bisa memasang nilai yang lebih pantas pada rumah tersebut.

Jika anda berencana menjual rumah dalam waktu dekat atau ingin berinvestasi pada rumah anda, ada banyak langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai rumah anda. Dengan begitu, kelak saat anda siap untuk jual rumah, anda mendapatkan harga rumah yang lebih tinggi.

Jual beli rumah

Tips Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Berikut beberapa strategi yang dapat dilakukan, hingga saatnya nanti anda siap untuk jual beli rumah tersebut :

1. Perbaharui finishing rumah.

Perubahan sederhana dapat membuat dampak yang lebih besar daripada renovasi yang lebih intensif. Mengaplikasikan cat dinding baru bisa anda lakukan, mengingat biaya upgrade yang rendah. Kombinasikan warna dengan baik agar sesuai gaya dan tema rumah, tidak terkesan norak.

Beberapa ahli berpendapat bahwa, lapisan cat baru dapat meningkatkan harga jual rumah sekitar 5%. Gunakan warna-warna netral dan cerah agar ruangan tampak lebih besar, serta dapat memberi kesempatan pada calon pembeli untuk memvisualisasikan dekorasi mereka sendiri.

2. Investasikan pada dapur dan kamar mandi.

Jika anda berniat renovasi, mengupgrade dapur dan kamar mandi adalah cara terbaik meningkatkan harga jual rumah anda. Area dapur dan kamar mandi adalah ruangan yang sangat menjual pada rumah anda. Dalam banyak kasus, merombak dapur atau kamar mandi dapat menawarkan pengembalian 100% atau lebih besar dari investasi anda.

Jual beli rumah

Hal itu bisa lebih tinggi lagi, tergantung pelaksanaan yang anda pilih. Anda ingin mengerjakan sendiri atau menggunakan jasa tukang, serta berapa banyak upgrade yang ingin anda tawarkan pada ruangan.

Dapur bukan hanya ruangan fungsional, tetapi juga sering menjadi pusat kehidupan keluarga. Buatlah dekorasi yang hangat dan mengundang. Beberapa perubahan kecil pada lemari, wastafel, dan tema ruang dapat membawa dapur dan kamar mandi ke era modern kekiniaan.

Untuk kamar mandi, pastikan kamar mandi anda berkilau. Kenapa?, karena sebagian besar pembeli akan lebih memilih kamar mandi tua daripada kamar mandi baru yang kotor. Jadi, berikan perbaikan kecil untuk memastikan semuanya bersih untuk meningkatkan nilai harga jual rumah anda.
 

3. Rapikan taman dan halaman.

Jual beli rumah

Halaman depan, taman dan teras adalah bagian pertama yang dilihat oleh calon pembeli. Fitur landscape sederhana seperti tanaman hias segar dapat membantu menciptakan kesan yang baik pada rumah. Perubahan ini hemat biaya dan dapat anda lakukan sendiri.

Dengan begitu, calon pembeli akan terpengaruh oleh dampak visual tanaman hias cantik di taman anda. Ada banyak desain taman yang bisa anda aplikasikan untuk meningkatkan harga jual rumah.
 

4. Rapikan ruangan sebelum fix jual rumah

Jika anda menjual rumah baru (kosongan), hal ini tidak diperlukan. Tetapi jika rumah anda sudah lengkap dengan furniture, maka rapikan segala hal yang berantakan di setiap ruang, khususnya sebelum calon pembeli datang melihat rumah.
 
Jual beli rumah

Calon pembeli tidak akan dapat memvisualisasikan furniture dan barang-barang mereka sendiri di rumah anda jika barang-barang anda berserakan (tidak rapi) dimana-mana. Ciptakan ruang tamu yang terbuka dan rapi. Kemudian biarkan calon pembeli berimajinasi.
 

5. Perbaiki beberapa kerusakan kecil.

Jika tidak ada kerusakan parah yang mengharuskan renovasi, anda dapat memperbaiki hal-hal kecil lainnya. Mungkin anda perlu mengganti beberapa nat ubin kamar mandi, gagang pintu usang, kayu lapuk dan sebagainya, yang selama ini memerlukan perhatian.

Berikan perhatian khusus pada perlengkapan lampu, pipa, pintu, jendela, wastafel dan kamar mandi, serta perbaiki area yang terkelupas dan rusak. Pastikan semuanya bebas dari keretakan dan kerusakan. Melihat rumah anda yang terawat pasti akan meningkatkan minat calon pembeli.

6. Bersihkan semua bagian rumah

Bersihkan setiap sudut ruangan di rumah. Jangan lupa membuat jendela dan lantai berkilau. Jika karpet terlihat tua dan bernoda, pertimbangkan untuk menggantinya. Selain itu pastikan tidak ada bau yang mengganggu. Anda bisa beli semprotan penetral udara untuk menghilangkan bau tanpa pewangi.

Nyalakan semua lampu dan biarkan cahaya matahari masuk dengan bebas. Buka semua gorden dan biarkan rumah cukup terang. Pastikan calon pembeli nyaman saat berkeliling rumah anda. Jika di luar panas, nyalakan kipas atau AC.

 
7. Meningkatkan ke fitur hemat energi.

jual beli rumah

Tidak banyak rumah dijual yang memanfaatkan fitur solar cell. Menambahkan fitur hemat energi memang mahal di awal, tapi kelak dapat mengurangi tagihan utilitas saat menempati rumah. Peningkatan ini akan menawarkan lebih banyak daya tarik bagi pembeli.

Mereka akan mempertimbangkan fitur hemat energi yang akan menurunkan biaya mereka jika jadi pemilik rumah. Jika rumah anda sekarang memiliki peralatan yang menghabiskan energi, anda bisa investasi pada hal ini. Memasang peralatan modern dengan harga terjangkau dapat membantu anda mendapatkan harga jual rumah yang lebih tinggi.
 

8. Jual rumah cepat? Pilih agen real estate.

Menemukan agen real estate yang sempurna di daerah anda bisa dilakukan untuk peluang menjual dengan cepat dan harga terbaik. Namun, hal ini bisa sedikit membingungkan karena ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Untuk melakukan hal ini, anda bisa melakukan riset dan mencari informasi lebih lanjut.

Itu adalah beberapa cara untuk meningkatkan harga jual rumah. Menjual rumah bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapat keuntungan setelah merawat properti tersebut dengan baik.

Dengan beberapa trik tersebut, ada beberapa cara yang hemat anggaran untuk mempercantik rumah anda. Setelah melakukan perbaikan, anda bisa memasang iklan 'rumah dijual' dengan harga yang pantas, untuk kemudian menunggu calon pembeli. Anda bisa mempromosikan di situs jual beli rumah maupun via agen. Semoga bermanfaat!

Related Posts