Aktifkan Javascript

Untuk mengakses blog RUmahku Unik, hidupkan Javascript di dalam pengaturan browser.

12 Denah Rumah Kost Minimalis Untuk Daerah Perkotaan

Denah rumah kost banyak dicari akhir-akhir ini karena kebutuhan akan tempat tinggal. Semakin berkurangnya lahan dan bertambahnya penduduk membuat bisnis kontrakan, rumah kost dan sejenisnya menjadi peluang yang menjanjikan. Tidak sedikit rumah kost tersedia untuk penunjang pendidikan hingga keluarga baru.

Rumah kost kebanyakan ada di kota-kota besar yang banyak dihuni pendatang dari luar kota. Para pendatang ini bisa sedang melanjutkan pendidikan, bekerja atau memulai keluarga baru. Harga tanah dan properti yang semakin naik karena keterbatasan lahan, desain rumah kost'pun dituntut untuk efisien dan murah.

Memang tidak mudah untuk membangun rumah kost. Banyak yang harus dipertimbangkan untuk membuat penghuninya nyaman tinggal di ruang sekitar 3x4 meter. Untuk memulainya, anda membutuhkan denah rumah kost terbaik yang dapat memberi gambaran bagaimana penataan desain yang tepat untuk lahan anda.
 

Denah Rumah Kost


Ada banyak pilihan desain rumah kost yang bisa dipilih. Dalam buku berjudul 28 Rumah Kost Minimalis penerbit Griya Kreasi, tersaji berbagai desain lengkap denah 3D serta perkiraan harga bangun. Kali ini akan disajikan 12 denah yang bisa menjadi inspirasi anda.

1. Symmetrical House


Ukuran Lahan : 162 
Rumah Kost
by. Norman Prakoso | Griya Kreasi
Rumah kost ini memiliki cukup banyak kamar yang bisa disewakan kepada calon penghuni. Pemaksimalan penggunaan lahan pada bangunan tidak mengesampingkan kaidah efisiensi dan kenyamanan.

Pengolahan sirkulasi dibuat sederhana dengan peletakan inner court di bagian dalam bangunan sebagai sumber pengudaraan dan pencahayaan alami. Pada bagian depan diletakkan sepasang taman sebagai area hijau dan carport yang cukup luas sebagai fasilitas pendukung.

2. Natural Flat Residence


Ukuran Lahan : 118 

Rumah Kost
by. Dini Cahya IP | Griya Kreasi

Desain rumah kost ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan penghuni. Rumah kost ini terdiri dari delapan kamar kost yang masing-masing dilengkapi kamar mandi. Area koridor dan teras merupakan akses utama dalam menghubungkan setiap ruang dengan ruang luar.
 

3. Modern Residence


Ukuran Lahan : 107 m²

rumah kost
by. Dini Cahya IP | Griya Kreasi

Rumah kos dengan luas bangunan sebesar 98 m² ini terdiri dari dua lantai. Bentuk bangunan yang menyerupai bentuk 'U' dengan sebuah halaman di tengah juga dapat memaksimalkan bukaan bangunan. Sehingga, tiap ruang memiliki view dan sirkulasi udara yang baik.
 

4. Contemporer Side Residence


Ukuran Lahan : 150 

rumah kost
by. Dini Cahya IP | Griya Kreasi

Denah rumah kost ini didesain mengikuti lahan yang berbentuk memanjang. Hal ini membantu bangunan agar mendapatkan aliran udara yang baik, sehingga cahaya matahari dan udara dapat masuk ke dalam ruang. 

Rumah kost dua lantai ini memiliki delapan ruang kamar yang dilengkapi kamar mandi.Tangga yang diletakkan berdekatan dengan area pintu utama membuat penghuni rumah kost yang berada di lantai dua memiliki akses langsung ke area luar bangunan.
 

5. Share Living Residence


Ukuran Lahan : 105 

rumah kost
by. Dini Cahya IP | Griya Kreasi

Rumah kost ini didesain dengan konsep ruang sharing, sehingga daerah selain unit kamar dapat dipergunakan bersama. Hal ini dapat dilihat dari adanya area penjaga, dapur dan kamar mandi tiap lantai. Denah rumah kost ini terdiri dari tiga lantai bangunan yang memiliki tujuh kamar dan beberapa ruang fasilitas penunjang.

Antar ruang dihubungkan dengan sebuah koridor utama yang mengarah ke area tangga dan setiap ruang kost. Rumah kost ini memiliki halaman di dalam, sehingga bukaan ruang cukup untuk menghadirkan aliran udara dan cahaya matahari bagi setiap ruang.
 

6. The Simple Building


Ukuran Lahan : 173 

Denah Rumah Kost
by. Norman Prakoso | Griya Kreasi

Denah rumah kost ini terdiri atas 6 kamar tidur dengan 3 kamar mandi luar. Dibuat juga sebuah dapur umum dan ruang duduk agar penghuni bisa sosialisasi dengan penghuni lainnya. Pada bagian belakang diletakkan sebuah kolam ikan memanjang.

Rumah kost satu lantai ini dibangun di lahan dengan luas 10,5 m x 16,5 m. Pengolahan denah bangunan ini cukup sederhana dan tidak rumit, sehingga bisa menghemat biaya konstruksi agar bangunan bisa dibangun dengan murah dan mudah.
 

7. Pool Entrance View


Ukuran Lahan : 144 

Rumah Kost
by. Norman Prakoso | Griya Kreasi

Rumah kost ini terdiri dari enam kamar dan bisa diperuntukkan untuk pria dan wanita. Terdapat pembagian zona kiri dan kanan yang masing-masing zona terpisah dan memiliki tiga buah kamar sewa. Pada bagian depan dibuat sebuah ruang duduk untuk mengakomodasi kebutuhan sosialisasi para penghuni.

8. Simple & Symmetrical


Ukuran Lahan : 167 

Rumah Kost
by. Norman Prakoso | Griya Kreasi

Denah rumah kost berlantai 1 ini memiliki 10 unit kamar dengan kamar mandi dalam. Pada bagian depan bangunan dibagi menjadi ruang simetris dengan inner court di dalamnya dan seluruh unit terhubung dengan koridor.

Bangunan ini dibuat dengan konfigurasi denah yang simple dan simetris sebagai upaya efisiensi konstruksi dan maksimilisasi lahan yang tersedia. Namun, tetap mengedepankan kaidah kenyamanan bagi penghuni.
 

9. The Cozy House


Ukuran Lahan : 102 

rumah kost
by. Norman Prakoso | Griya Kreasi

Rumah kost ini memiliki fasilitas yang diperuntukkan bagi pasangan muda dengan grid kamar yang cukup luas dilengkapi kamar mandi dalam. Bagian sisi koridor dibuat terbuka untuk menghindari kesan gelap pada bangunan.
 

10. Compact Dorm


Ukuran Lahan : 60 


Rumah Kost
by. Rili Viliansyah| Griya Kreasi

Lahan yang sempit bukan alasan untuk tidak kreatif bisnis kos-kosan. Kuncinya adalah pengorganisasian ruang yang tepat dan efisien. Faktor yang tidak boleh dilupakan adalah memberi kenyamanan penghuni.

Denah rumah kost ini tergolong ekstrim karena memiliki lebar 3 m. Kos-kosan dibagi menjadi 5 unit kamar. Dua di bagian bawah dan tiga di bagian atas. Lantai atapnya digunakan sebagai area jemur dan kamar penjaga.

Area depan digunakan sebagai area publik berupa pantri yang terhubung dengan teras. Meski sangat padat, setiap kamar kost ini tetap mendapat bukaan, sehingga tetap terjadi sirkulasi udara dan cahaya matahari. Ruang yang padat bisa diakali dengan penggunaan furniture minimalis untuk memberi kesan lega.
 

11. Pool Side


Ukuran Lahan : 14,69 


Rumah Kost
by. Rili Viliansyah| Griya Kreasi

Berada di tapak trapesium menjadi tantangan untuk menciptakan denah rumah kost yang baik secara visual, fungsi dan kenyamanan. Rumah kost ini terdiri dari 6 unit yang dilengkapi kamar mandi dalam.

Tambahan fasilitas lain berupa pantri yang diletakkan di area bawah tangga, tepat sebelah pintu masuk. Pantri terhubung dengan teras dek kayu yang digunakan sebagai ruang berkumpul dan bersantai penghuni kost.
 

12. Kos Gerbong


Ukuran Lahan : 125 

Rumah Kost
by. Rili Viliansyah| Griya Kreasi

Lahan memanjang dan lebar terbatas bukanlah hambatan untuk mendirikan kos-kosan. Terinspirasi dari gerbong kereta, denah rumah kost ini dibagi dan disekat satu sama lain. Bedanya, penyekat antar bangunan adalah ruang terbukan untuk memasukkan cahaya matahari dan udara alami.

Setelah melewati zona carport, penghuni akan memasuki zona pertama yaitu pantri dan teras yang berfungsi untuk menyambut tamu penghuni kos-kosan. Zona pertama dan kedua dipisahkan kolam yang berfungsi sebagai view sebelum penghuni masuk kamar kost masing-masing.

Terakhir, penyekat antara zona kedua dan ketiga adalah patio, yaitu ruang terbuka di tengah bangunan. Patio bisa digunakan sebagai tempat berkumpul atau dimanfaatkan sebagai tempat menjemur pakaian.

Itu adalah beberapa denah rumah kost yang bisa menjadi inspirasi memulai bisnis rumah kost. Untuk membangun bisnis properti tersebut, hal yang harus diperhatikan adalah bangunan harus memenuhi standar arsitektur hunian, sesuai dengan iklim dan memiliki konsep desain yang menarik.

Jika berniat untuk membangun hunian sewa dengan informasi yang lebih detail mengenai kisaran total biaya, desain bangunan dan denah yang lain, anda bisa membaca buku 28 Desain Rumah Kost Minimalis < Rp.200 Juta penerbit Griya Kreasi. Semoga bermanfaat!

Ref : Prakoso, Norman, Dini Cahya Indah Putri, dan Rili Viliansyah. 2017. 28 Desain Rumah Kost Minimalis < Rp.200 Juta. (Cetakan ke II) Jakarta : Griya Kreasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel