6 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi & Pencegahannya

Cara membersihkan kerak kamar mandi tidak terlalu sulit jika anda mengetahui langkah-langkahnya yang tepat. Kamar mandi memang harus dibersihkan secara rutin karena merupakan ruangan yang paling sering digunakan di rumah. Kerak yang menumpuk disebabkan oleh mineral dalam air dan itu cukup sulit dibersihkan.

Mineral dalam air mengandung kalsium dan magnesium. Air yang mengandung mineral (air sadah), tidak merusak saluran air, tetapi kalsium yang tertinggal akan terakumulasi dan menjadi lebih buruk seiring waktu.

Endapan tersebut akan menjadi lebih keras seiring bertambahnya usia. Jadi, semakin cepat anda menghilangkan kerak, semakin mudah pengerjaannya. Jadi sebaiknya langsung membersihkan kerak saat anda melihatnya.

membersihkan kamar mandi
Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi
 
Cara membersihkan kerak kamar mandi membandel juga tidak mudah, entah itu ruangan kecil ataupun besar. Oleh sebab itu, banyak yang malas membersihkan kamar mandi secara rutin dan membiarkannya.

Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi

Ada berbagai cara menghilangkan kerak, yaitu cara natural dan kimia. Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan :
 

1. Asam Sitrat

Bahan ini bisa digunakan untuk membersihkan ubin kamar mandi berkerak. Selain murah, bahan ini sangat aman karena tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Sebelum menggunakannya, gosok lantai dengan batu apung dan air sabun terlebih dahulu.

Setelah dibilas, taburkan asam sitrat pada keramik berkerak saat keramik masih basah. Diamkan sekitar satu jam sebelum menggosoknya ulang dengan sikat. Kemudian bilas dengan air bersih.
 

2. Cuka

Cara membersihkan kerak kamar mandi selanjutnya ada cuka. Larutan ini juga ampuh untuk menghilangkan jamur membandel di kamar mandi. Pemakaiannya sangat mudah, karena anda hanya perlu memasukkan cuka di botol semprot.

Seperti sebelumnya, semprotkan cuka ke seluruh ubin kamar mandi yang akan dibersihkan dan diamkan sekitar 10 menit. Pastikan ventilasi cukup, karena baunya sangat menyengat.  

membersihkan kamar mandi

Siram dengan air panas setelah didiamkan. Air panas akan membantu melarutkan kerak pada lantai keramik. Setelah dua menit, siram lagi ubin dengan air panas. Kemudian bersihkan ubin kamar mandi dengan spon basah, bilas dan keringkan dengan lap.

Tips : Anda bisa menuang cuka dengan beberapa taburan soda kue sebelum digosok. Jika tidak cukup berhasil, tambahkan jus lemon untuk membantu melarutkan noda kerak.

3. Klorin

Menggunakan larutan ini adalah salah satu cara membersihkan kerak kamar mandi yang cukup efektif. Selain dikenal sebagai disinfektan air, klorin juga bisa digunakan untuk membersihkan keramik yang kusam.

Pertama-tama, siram lantai kamra mandi dengan air panas, kemudian taburkan bubuk klorin pada keramik yang berkerak dan diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu, gosok kamar mandi menggunakan sikat dan bilas sampai bersih.

4. Larutan HCl (Asam Klorida)

Anda juga dapat menggunakan larutan ini untuk membersihkan lantai kamar mandi. Namun, anda harus berhati-hati karena HCl adalah salah satu jenis asam kuat. Gunakan sarung tangan plastik, lengan panjang dan masker saat menggunakannya.

Cara membersihkan kerak kamar mandi dengan HCl bisa dilakukan dengan mencampurkan larutan HCl dengan air dalam ember. Kemudian gosokkan larutan pada lantai keramik dengan hati-hati. Terakhir, bilas dengan air bersih hingga tidak ada larutan yang tersisa.

Tips : Hindari menuang HCl dalam jumlah banyak karena dapat merusak keramik.
 

5. Belimbing Wuluh

Tidak hanya untuk memasak, buah satu ini adalah bahan alami untuk membersihkan kerak membandel. Kandungan asam pada belimbing wuluh dipercaya mampu mengikis kerak pada lantai keramik dan membuatnya kembali bersinar.

Caranya, gosokkan belimbing wuluh pada lantai berkerak dan diamkan sejenak. Kemudian gosok kembali menggunakan sikat dan bilas dengan air.
 

6. Jeruk Nipis

Cara membersihkan kerak kamar mandi secara alami selanjutnya bisa dilakukan dengan jeruk nipis. Caranya, taruh potongan jeruk nipis pada lantai berkerak, kemudian gunakan untuk menyikat noda sampai hilang dan bilas dengan air bersih.

Pencegahan Kerak Keramik

membersihkan kamar mandi

Kerak yang terjadi disebabkan oleh air yang masuk ke dasar ubin dan mengambil garam terlarut dari substrat. Larutan garam ini dibawa ke atas melalui pori-pori nat dimana air menguap dan meninggalkan residu garam.

Hal yang terjadi terus menerus itu akan menjadi penumpukan dan mengeras. Kadang sumber garam juga dapat berupa penggunaan pasir dalam nat yang tidak dicuci. Namun, paling sering berasal dari substrat.

Cara membersihkan kerak kamar mandi bisa dilakukan menggunakan cara-cara diatas. Sedangkan untuk pencegahannya bisa dilakukan dengan cara menggunakan beton kualitas tinggi yang mengandung sedikit air (beton low slump) serta mencuci pasir dan kerikil yang digunakan dalam beton. Sehingga air dalam campurannya murni, bebas garam.

Ada berbagai cara pencegahan lain yang membutuhkan jasa agen anti air berkualitas. Untuk pencegahan jangka pendek yang bisa anda lakukan adalah selalu rutin membersihkan kamar mandi dengan cara yang benar dan tepat, agar endapan mineral tersebut tidak semakin menumpuk dan mengeras.

Tips & Info :

  1. Gunakan sikat dengan bulu nilon. Sikat model kawat akan menggores dan merusak porselen.
  2. Cara membersihkan kerak kamar mandi bisa dilakukan dengan menggunakan batu apung sebagai pengganti sikat. Batu apung tidak akan terlalu merusak porselen, tetapi pastikan menggunakan sedikit air untuk mencegah batu apung menggores porselen.
  3. Jika menggunakan pembersih komersial yang banyak dipasarkan, ikuti petunjuk pada label. Jangan gabungkan pembersih yang mengandung asam klorida encer dengan pembersih yang mengandung pemutih. Jika ingin menggunakan keduanya. Gunakan produk pemutih dan siram dua kali sebelum membersihkan dengan produk yang mengandung asam.

Membersihkan kamar mandi adalah pekerjaan yang berat, terlebih jika ada kerak membandel disana. Anda bisa membersihkan kerak dengan cara alami maupun menggunakan bahan kimiawi. Namun bersihkan secara rutin untuk hasil maksimal. Semoga artikel Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi bermanfaat!.

Ref : germanybrilliant, homeguides.sfgate, slique, home.howstuffworks.

Related Posts