10 Cara Jitu Membuat Ruangan Tampak Lebih Terang

Banyak ruangan terlihat sempit karena kurangnya cahaya yang masuk ke dalam rumah. Entah itu karena salah penempatan jendela atau kurangnya luas ruangan. Kadang juga ada ruangan tanpa jendela, karena ukurannya yang sempit membuatnya harus terang dengan cahaya lampu saja. 

Ruangan yang minim atau tidak adanya jendela dapat menjadi masalah untuk rumah anda. Ruangan akan menjadi sangat panas karena tidak ada cara untuk mendapatkan udara segar. Selain itu, ruangan akan tampak selalu gelap meski ada skylight di atasnya. 

Tidak banyak orang suka ruang gelap dan suram. Mencerahkan ruangan gelap bisa menjadi tantangan baru bagi anda yang tidak memiliki jendela lebar untuk memungkinkan sinar matahari alami masuk. 

Nah, untungnya ada beberapa cara mudah untuk mendekorasi rumah anda untuk menjadi ruangan yang lebih terang dan menyenangkan. Cara ini biasanya juga banyak diaplikasikan pada desain rumah minimalis yang memiliki ruang-ruang mungil di dalamnya. 

Cara Membuat Ruangan Lebih Terang

1. Pasang cermin di tempat strategis

Ruang gelap tampak terang
Cara ini banyak digunakan sebagai salah satu trik membuat ruangan tampak lebih luas secara visual serta mencerahkan ruangan gelap. Namun, pastikan untuk menempatkanya secara strategis, seperti di samping lampu meja atau lampu lantai. 

Gantung cermin di dekat sumber cahaya (lampu) atau di dekat jendela. Anda bisa mengatur cermin-cermin yang lebih kecil untuk membantu mencerahkan area gelap dari pantulan cahayanya. Jika memiliki dinding yang luas, tambahkan sentuhan eklektik dengan merakit dinding galeri menggunakan cermin berbagai ukuran. 

Terakhir, pastikan lampu memancarkan pencahayaan sekitar agar tidak terlalu terang saat dipantulkan dari cermin. Hal itu justru akan mengganggu pandangan saat beraktivitas di ruangan tersebut. 

2. Tambahkan cahaya kecil

Ruang gelap tampak terang

Jangan ragu untuk menggunakan sedikit sentuhan cahaya lain di area gelap pada ruangan. Lampu-lampu aksen tidak hanya akan menghias ruang, tetapi juga menambah pesona dan nuansa terapeutik yang luar biasa. 

Berikut beberapa ide penambahan lampu :
  • Tambahkan beberapa string lampu bola atau lampu ambient lainnya. Cahaya kuning yang hangat dapat membuat dekorasi ruang terlihat cantik.
  • Gunakan tempat lilin dinding atau lampu lantai. Cahaya tersebut akan mengisi setiap sudut ruangan dengan cahaya hangat.
  • Jika berencana memasang lampu pot di langit-langit, tambahkan beberapa lampu di bagian paling ujung sehingga dapat memancarkan cahaya ke bawah dinding dengan elegan. 

Jangan lupa untuk mengecek seberapa terang bohlam yang akan digunakan (diukur dalam lumen). Anda bisa meletakkan cahaya utama ke saklar peredup, sehingga anda dapat mencerahkan ruangan tergantung kebutuhan, terutama saat cahaya berubah sepanjang hari.


3. Aplikasikan warna cerah

Ruang gelap tampak terang

Pemilihan warna terang adalah trik yang benar-benar tepat untuk membuat ruang gelap menjadi cerah. Putih merupakan solusi terbaik, karena dapat mengirimkan cahaya yang memantul di sekitar ruang, kemudian memantulkannya kembali ke permukaan lain. 

Gunakan warna-warna cerah seperti putih, krem maupun warna matahari seperti kuning, merah dan oranye. Jika putih terlalu membosankan, cat satu sisi dinding dengan warna yang menyegarkan. Anda juga bisa mengecat langit-langit dengan warna biru muda untuk menciptakan ilusi optik yang membuka ruang.

4. Gunakan furniture minimalis

Ruang gelap tampak terang

Furniture berukuran besar akan menambah banyak bayangan dan membuat ruang semakin gelap. Jadi, pastikan menggunakan furniture minimalis yang rendah ke tanah. Tetapkan ketinggian maksimum untuk furniture dan pastikan setiap bagian furniture berada di bawah ketinggian tersebut.

Sisakan ruang yang cukup di antara bagian furniture agar berpeluang mendapat pencahayaan. Selain itu, gunakan furniture berwarna terang seperti putih krem, putih gading atau furniture transparan. Hindari meja kayu walnut, penggunaan bingkai kamar tidur dan rak-rak besar (rak TV, rak buku).

Selain warna cerah, memasukkan warna emas dan perak adalah cara mudah yang bisa dilakukan. Penambahan cermin metalik, lampu, karya seni atau benda dekoratif yang mengkilap adalah cara mudah memantulkan cahaya sekaligus membuat skema desain lebih mewah. 

5. Pertimbangkan lantai kayu

Ruang gelap tampak terang

Lantai kayu ringan untuk mencerahkan ruang adalah pilihan yang tepat jika anda membutuhkan cahaya tambahan. Lantai papan lebar berwarna terang memberikan tampilan lebih segar dan kontemporer ke semua ruang. Lantai berwarna terang sangat ideal untuk ruang gelap, ruang tanpa cahaya alami dan ruang kecil. 

6. Tutup lantai dengan karpet luas warna terang

Ruang gelap tampak terang

Selain menggunakan lantai kayu, anda bisa mencerahkan ruang dengan menambahkan karpet atau permadani berwarna cerah. Tidak hanya menambah kelembutan dan tekstur pada lantai, tetapi akan membuat area lantai bersinar. Anda bisa mengaplikasikan hal ini jika ruangan anda memiliki lantai yang gelap.

Untuk pemilihan karpet, pilih kombinasi warna putih (gading), kuning atau beberapa warna yang lebih hangat. Pastikan karpet berukuran besar untuk membantu memperluas ruang visual. Karpet bukan hanya solusi untuk menentukan area tertentu di rumah, tetapi dapat digunakan untuk meningkatkan estetika rumah. 

7. Gunakan tirai panjang dan terang

Ruang gelap tampak terang

Tirai banyak diabaikan, padahal memiliki dampak besar pada interior. Agar ruangan terasa tinggi sekaligus memperluas ruang visual jendela, pasang gorden dari lantai ke langit - langit.  Anda bisa memasang korden yang lebih luas dan panjang dari ukuran jendela. 

Pilih tirai tipis di kedua sisi jendela dan pastikan warnanya sedikit krem atau abu-abu muda. Warna transparan atau tirai tipis memungkinkan sinar matahari menyebar ke seluruh ruangan. Jadi, jangan gunakan tirai tebal dan gelap yang justru menyerap cahaya. 

8. Jangan berlebihan dengan hiasan dinding

Ruang gelap tampak terang

Tidak perlu melakukan banyak hal untuk menghias ruang gelap dengan memasang banyak aksesoris dekoratif seperti seni. Bermain dengan pencahayaan, dinding harus tampak jelas agar semua cahaya dapat dipantulkan. 

Satu lukisan dinding besar berwarna gelap dapat menghambat dalam mencerahkan ruangan. Jika ruangan sempit, setidaknya gunakan maksimal tiga benda saja yaitu cermin dinding, permadani atau karpet dan hiasan dinding berwarna ringan untuk menyenangkan suasana. 

9. Bersihkan area jendela

Ruang gelap tampak terang

Ini adalah cara yang paling simple, tetapi sering diabaikan. Ruangan dengan jendela bernoda akan membatasi jarak pandang, serta mengurangi jumlah cahaya alami yang masuk. Hal ini tidak hanya membuat ruang tampak luas dan terang tetapi juga menambah suasana dinamis. 

Bersihkan jendela luar dalam secara rutin. Beda halnya jika cahaya alami tidak dapat masuk sehingga membuat ruang gelap. Pastikan semak atau pohon di dekat jendela dipangkas secara teratur. 

10. Jangan lupakan tanaman hias

Ruang gelap tampak terang

Tanaman dapat menambah kehidupan pada ruangan. Anda dapat memilih pot berwarna terang (putih, metal, merah muda, biru, abu-abu,dll) untuk menyebarkan nuansa cerah yang lebih kecil. 

Namun, pastikan tanaman hias indoor tersebut dapat tumbuh baik di ruang gelap atau tanpa jendela. Jika tidak, tempatkan di dekat jendela ruang lain dan berikan waktu sejenak.

Itu adalah beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk mencerahkan ruangan gelap. Mencerahkan ruangan tidak terbatas dengan cat putih dan cermin saja, tetapi banyak hal kecil yang bisa anda lakukan seperti yang telah diuraikan diatas. Semoga artikel Cara Mencerahkan Ruangan bermanfaat!

Related Posts