15+ Tanaman Hias Terbaik untuk Kamar Mandi yang Mudah Dirawat

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan hangat dan lembab di rumah selain dapur. Memiliki kamar mandi yang nyaman, segar dan enak dipandang akan membuat penghuni rumah betah. Menaruh beberapa tanaman hias untuk kamar mandi bukanlah ide baru. Hanya saja, anda harus tahu apa yang harus anda letakkan disana. 

Membawa berbagai jenis tanaman hias ke dalam ruangan bukanlah hal baru. Tanaman tidak hanya dapat membersihkan udara dan menambah warna dalam ruangan, tetapi juga memberikan banyak manfaat lainnya. Masalahnya, tidak semua tanaman bisa tumbuh subur di dalam kamar mandi. 

Agar tanaman dapat tumbuh di kamar mandi, pilihlah tanaman yang suka kelembaban tinggi, dapat beradaptasi di ruangan yang minim cahaya dan dapat menoleransi perubahan suhu. Tanaman yang cocok untuk kamar mandi adalah tanaman yang tumbuh di hutan hujan tropis yang dapat menolerir tiga hal tersebut.

Lalu tanaman apa sajakah itu?

Jenis-jenis Tanaman Hias Untuk Kamar Mandi

Berikut beberapa tanaman untuk kamar mandi yang bisa menjadi inspirasi :

1. Paku Sarang Burung (Bird's Nest Fern)

Paku Sarang Burung
Tanaman hias ini cukup istimewa dan banyak digunakan sebagai penghias interior rumah. Tanaman tropis yang rimbun ini menyukai cahaya rendah hingga sedang serta suka kelembaban, sehingga sangat cocok diletakkan pada jendela di kamar mandi atau dapur.

Perawatan tanaman ini sangat mudah, cukup disiram di bagian bawah daunnya saja. Jangan menuang air di tengah atau mahkota nya karena bisa menyebabkan membusuk.

2. Spider Plant

spider plant
Spider Plant

Tanaman ini tidak hanya untuk penghias ruangan, tetapi juga penghias taman outdoor. Daun yang melengkung indah membuatnya cantik ditaruh dimana saja, termasuk kamar mandi. Tanaman hias spider plant adalah pembersih udara tertinggi sekaligus penghilang kelembaban, menjadikannya salah satu tanaman yang cocok digantung di kamar mandi anda. 

3. Calathea Ornata

Calathea Ornata

Tanaman cantik ini terkenal dengan motif daunnya yang mencolok. Calathea Ornata dapat tumbuh subur di tanah lembab dan pada kelembaban tinggi, menjadikannya tanaman hias sempurna untuk menghias kamar mandi mewah anda. Namun, saat cuaca panas, jagalah agar tidak sampai basah. 

4. Philodendron Heartleaf

Philodendron 

Tanaman hias akar yang mudah tumbuh ini memiliki daun berbentuk hati berwarna hijau mengkilap. Tanaman ini cocok digantung maupun ditaruh di atas lemari untuk efek 'tumpah'. Philodendron dapat tumbuh subur pada cahaya rendah dan ruang lembab seperti kamar mandi. 

5. Lidah Mertua (Sanseveria)

Lidah Mertua
Lidah Mertua 

Jenis tanaman hias satu ini sangat baik untuk kamar mandi karena kemampuannya untuk menyaring racun dari udara termasuk formaldehida yang banyak ditemukan pada kosmetik dan produk pembersih. Selain itu, lidah mertua mampu menahan kelembaban tinggi dan cahaya rendah. 

6. Peace Lily

Peace Lily
Peace Lily

Tanaman ini berbunga sepanjang tahun dan cocok untuk penghias interior kamar mandi. Peace Lily suka kehangatan, kelembaban dan keteduhan, menjadikannya pilihan yang tepat untuk kamar mandi. 

Meski dapat beradaptasi dengan kondisi cahaya rendah, bunganya akan mekar sempurna jika diberi cahaya tidak langsung yang terang. Jangan letakkan di bawah cahaya matahari langsung karena akan membakar bunganya. 

7. Bromeliad (Guzmania lingulata)

Bromeliad
Bromeliad

Kamar mandi adalah ruang yang tepat untuk bromeliad. Kamar mandi memiliki kelembaban alami yang lebih tinggi daripada ruang lainnya, meski cahaya alami yang tersedia sedikit. Jika tidak ada jendela, pastikan tanaman terkena lampu yang menyala sepanjang waktu. 

8. Anggrek Bulan (Phalaenopsis spp.)

Anggrek Bulan

Meski terkenal rewel, anggrek bulan adalah salah satu jenis anggrek yang paling mudah tumbuh dan cocok untuk kamar mandi. Jenis tanaman hias bunga ini bisa tumbuh dalam cahaya rendah, suhu hangat dan kelembabapan yang tinggi. 

Bunga hias ini hadir dalam warna pink, putih, ungi dan aneka warna lannya. Sekali mekar, bunganya tahan hingga empat bulan dan akan mekar kembali dengan baik setahun sekali. 

9. Suplir (Maidenhair Fern)

Suplir
Suplir

Suplir sulit dipelihara sebagai tanaman hias karena membutuhkan banyak kelembaban untuk pertumbuhannya. Tempat lembab dengan cahaya tidak langsung yang terang adalah tempat terbaik untuk suplir. Itulah kenapa tanaman ini cocok ditaruh di kamar mandi. 

10. Dragon’s Tongue

Dragon’s Tongue
Dragon’s Tongue

Daun tanaman lidah naga ini seperti rumput yang memiliki warna hijau keunguan. Tanaman dari Malaysia ini dapat bertahan hidup di lingkungan dengan kelembaban rendah. Tanaman ini cantik ditaruh di kamar mandi yang kaya kelembaban. Tempatkan dalam cahaya tidak langsung yang terang untuk menonjolkan warna cerahnya. 

11. Ti Plant

Ti Plant
Ti Plant

Tanaman ini dapat tumbuh sebagai pohon kecil atau semak dengan daun berbentuk tombak. Daunnya berwarna merah muda hingga magenta sebelum akhirnya berwarna hijau tua.  Tanaman ini mudah tumbuh asal ada kelembaban dan cahaya. Kamar mandi yang cerah adalah tempat sempurna.

12. Nerve Plant (Fittonia albivenis)

Nerve Plant 

Tanaman hias fittonia ini adalah pilihan yang bagus untuk kamar mandi dengan jumlah sinar matahari yang terbatas. Tanaman mungil ini tidak suka sinar matahari langsung. Bentuknya yang kecil bagus untuk pot, rak atau tanaman gantung. Fittonia membunuhkan kelembaban tinggi yang konsisten, sehingga sangat cocok untuk menghias kamar mandi anda. 

13. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Lidah Buaya

Selain di dapur, tanaman hias batang satu ini juga baik untuk kamar mandi karena memiliki manfaat kecantikan. Bagian dalam lidah buaya dapat membantu menenangkan kulit, mengurangi gatal dan masih banyak lagi. Lidah buaya suka cahaya terang dan sinar matahari langsung. Untuk pertumbuhan terbaik, tempatkan lidah buaya di tempat yang tidak jauh dari jendela. 

14. Dischidia Oiantha

Dischidia Oiantha
Dischidia Oiantha

Menggantung tanaman hijau di kamar mandi dapat menambah semburat warna dan sensasi kesegaran yang elegan. Dischidia Oiantha cocok untuk kamar mandi sempit maupun kamar mandi mewah. Tanaman ini suka tempat teduh dan teknik penyiraman ringan seperti gerimis. Sangat sempurna untuk kamar mandi. 

15. Peperomia Argyreia 

Peperomia Argyreia 

Daun kecil bergaris melengkung ini adalah tanaman hias populer yang biasanya ditaruh di jendela yang cukup terang. Peperomia watermelon suka kehangatan, sehingga cocok untuk kamar mandi di dalam ruangan, bukan kamar mandi outdoor.

16. Sirih Gading (devil’s ivy)

Sirih Gading

Karena suka cahaya tidak langsung yang sedang hingga rendah, sirih gading sempurna diletakkan di rak atau meja kamar mandi. Meski tidak selalu membutuhkan kelembaban ekstra, tanaman ini adalah pilihan yang bagus untuk kamar mandi.

Perawatan yang rendah dan mudah tumbuh, tanaman hias akar ini juga bisa ditanam dengan media pot gantung. Anda bisa menggantungnya di tirai kamar mandi atau di area lain yang cocok. 

17. Fishbone Cactus (epiphyllum anguliger)

Fishbone Cactus
Fishbone Cactus

Tanaman hias kaktus tulang ikan ini suka kehangatan dan kelembaban. Jadi, kamar mandi dan dapur adalah ruangan terbaik untuk tanaman ini. Tanaman cantik yang juga dijuluki Wijaya Kusuma ini memiliki bentuk cantik dengan bunga berwarna krem yang indah. 

18. Tanduk Rusa (staghorn fern)

tanduk rusa
Tanduk Rusa

Seperti namanya, janis tanaman hias pakis ini memiliki bentuk seperti tanduk rusa. Tanaman ini membutuhkan sedikit cahaya dan menyukai kelembaban, sehingga ideal untuk kamar mandi. Anda bisa menaruhnya pada pot, menggantungnya atau memasang tanaman ini di dinding untuk kesan dramatis. 

Itu adalah beberapa pilihan tanaman hias untuk kamar mandi. Selama ada cahaya yang bagus, tanaman akan tumbuh sehat entah itu di kamar tidur, ruang tamu, ruang makan maupun kamar mandi. Kamar mandi adalah ruangan yang sangat berbeda dari ruangan manapun, karena cenderung basah, hangat dan kurang terang. Jadi jangan sembarangan untuk menaruh tanaman hias ya!. 

Related Posts