Perbedaan Gazebo dan Pergola. Mana yang Tepat untuk Rumahmu?

Sudah lama gazebo dan pergola menjadi tambahan dekorasi untuk taman dan halaman rumah. Tidak hanya sebagai objek untuk mempercantik tampilan eksterior, tetapi juga menyediakan ruang santai dan nyaman area outdoor. Selama ini gazebo adalah sebutan untuk tempat semacam itu, meskipun itu pergola. Padahal ada perbedaan gazebo dan pergola yang hampir serupa tapi tak sama. 

Banyak orang suka menghabiskan waktu di luar ruangan. Menambahkan gazebo ata pergola menawarkan ide bersantai penuh gaya yang banyak digandrungi pemilik rumah. Untuk bercengkerama dengan keluarga, gazebo atau pergola ini dapat melindungi dari panas sinar matahari, tergantung desainnya.

Perbedaan Gazebo dan Pergola

perbedaan gasebo dan pergola
Gazebo telah ada lebih lama daripada pergola dan dulunya menjadi tempat mewah untuk bersantai sambil melihat pemandangan yang luar biasa. Memilih gazebo atau pergola kadang membingungkan jika anda tidak tahu perbedaan keduanya.

Berikut perbedaan gazebo dan pergola serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk membantu anda memutuskan apa yang tepat untuk desain taman di rumah anda. 

1. Struktur atap 

Struktur atap adalah ciri utama yang dapat menunjukkan bangunan ini gazebo atau pergola. Desain atap pergola biasanya berupa kisi horizontal terbuka dari balok yang saling mengunci. Material ini bisa dari kayu, aluminium, baja maupun PVC. 

desain pergola
Struktur pergola tersebut menawarkan beberapa naungan untuk perlindungan, tetapi tidak dari hujan. Untuk itulah biasanya ditambahkan kanopi yang bisa ditarik. Untuk pergola tanpa atap, tanaman rambat yang tumbuh atau menggantung dapat meningkatkan naungan jika anda menginginkan estetika alami. 

Pergola biasanya berdiri di atas struktur tanah yang sudah jadi, seperti dek, teras keras atau halaman rumput. Pergola dibangun tanpa tempat duduk dan anda harus menyediakan tempat duduk yang bisa ditata sesuka hati. 

Sedangkan struktur atap gazebo menawarkan penutup yang lengkap. Atap gazebo sering berbentuk poligon enam sisi atau delapan sisi. Atap gazebo biasanya dibuat miring agar air hujan bisa mengalir. Model atap gazebo ini bisa berbentuk kubah atau kerucut, tergantung selera. 

desain gazebo
Sisi gazebo ada yang sepenuhnya terbuka, ada yang sebagian terbuka dibatasi pagar atau setengah dinding di sekelilingnya dengan jendela besar untuk menikmati pemandangan. Biasanya gazebo memiliki lantai yang dinaikkan di atas pemrukaan tanah untuk memberikan sudut pandang yang lebih baik dan memastikan permukaan tetap kering saat hujan deras. 

Ada berbagai gaya dan variasi model gazebo, mulai model pagoda, paviliun, gazebo rangka baja modern maupun gazebo model kain. Beberapa gazebo dirancang dengan bangku yang dibangun di dalamnya untuk menambah kenyamanan pengguna. 
 

2. Naungan

desain pergolaGazebo memiliki atap tertutup, sehingga memberikan lebih banyak naungan dan tempat perlindungan daripada pergola. Jumlah tempat perlindungan dalam gazebo ini bervariasi tergantung desainnya.

Anda dapat memasang layar mesh pada gazebo, pagar kayu, hingga jendela rol. Jadi, gazebo dapat menawarkan perlindungan yang hampir lengkap, tergantung fitur yang dipilih. 

Sedangkan desain pergola umumnya tidak memiliki sisi tertutup seperti gazebo. Pergola digunakan untuk menutupi jalan setapak dan untuk menyediakan tempat berteduh untuk area tempat duduk. Pergola juga cocok untuk menaungi dapur outdoor maupun ruang tamu outdoor

3. Harga

Banyak orang akan memilih pergola saat membuat struktur taman permanen karena harga pergola dasar lebih murah. Struktur pergola juga cukup mudah dirakit sendiri, sehingga menghemat biaya tenaga kerja.

desain gazeboKisi-kisi pergola dan tata cara perakitan sudah tersedia di toko furniture untuk memudahkan anda. Jika ingin membuat struktur atap sesuai desain sendiri, ada banyak contoh dan rencana yang tersedia di internet. 

Namun, gazebo bisa menjadi pilihan termurah untuk taman. Untuk atap bisa menggunakan panel atap polikarbonat yang lebih murah tetapi kuat dan ringan. Baca : 70 Model Gazebo Kayu Sederhana di Taman

Atap polikarbonat yang dihubungkan dengan rangka baja bisa menjadi struktur yang kaku, tetapi mungkin lebih murah daripada mendirikan pergola. Meski dapat bertahan beberapa tahun, penutup kain mungkin perlu sering diganti

4. Penggabungan dengan bangunan

desain pergola
Tidak semua pergola adalah struktur yang dapat berdiri sendiri. Pergola bisa direkatkan pada dinding luar rumah (didukung struktur utama rumah), sehingga dinding rumah akan menjadi salah satu sisi pergola. Anda dapat membangun pergola di dek atau permukaan teras dengan tiang pergola langsung menempel di tanah atau di atas beton. 

Sedangkan gazebo pada dasarnya berdiri sendiri. Meski dipasang di dekat tempat lain, struktur gazebo tetap tidak bisa digabungkan. Jadi, anda memang harus menempatkannya di taman atau halaman rumah.

5. Gaya bangunan

desain gazebo
Di zaman modern ini, desain pergola minimalis sangat bagus diaplikasikan dengan arsitektur modern. Bagi yang memiliki selera minimalis dan sederhana, pergola cocok dengan gaya halaman belakang kontemporer. Anda bisa menampatkannya di tepi kolam dan sepanjang taman untuk menjadi oasis di halaman rumah. 

Sedangkan gazebo tampil lebih klasik, meski sekarang ada model gazebo modern di pasaran. Keseluruhan gazebo selaras dengan hunian klasik dan sangat cocok bagi anda yang suka hunian bernuansa tradisional.

Gazebo vs Pergola

perbedaan gazebo dan pergola

Beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan untuk memilih antara pergola dan gazebo :
  • Pertimbangkan panasnya matahari di lokasi anda ingin menempatkan gazebo atau pergola. Kemudian pikirkan apakah anda membutuhkan tempat berteduh saja atau berlindung.
  • Pertimbangkan ukuran yang anda inginkan serta kelengkapan yang mungkin dibutuhkan. Pergola membutuhkan kelengkapan seperti tempat duduk dan sebagainya, sedangkan gazebo tergantung desain yang anda pilih. 
  • Pertimbangkan fungsi bangunan. Jika anda ingin menghias taman, gazebo bisa menjadi titik fokus yang bagus. Tetapi jika anda ingin membuat ruang tamu outdoor atau dapur outdoor, sekaligus tempat santai di halaman, pergola bisa jadi pilihan yang sesuai.  
  • Cukupkah budget anda untuk membuatnya?
Keduanya bisa menjadi struktur yang sangat menarik dan serbaguna, serta meningkatkan nilai rumah anda. Berbagai desain dan model keduanya juga bisa disesuaikan dengan gaya rumah anda. Jadi tunggu apa lagi, memilih gazebo atau pergola?

Ref : bobvila ; renson-outdoor ; patioproductions ; pergoladepot

Related Posts