Ruang Makan Sempit? 15 Trik ini Membuatnya Tetap Istimewa

Mengubah ruang makan sempit menjadi tempat berkumpul yang menyenangkan bisa diwujudkan pada hunian sempit. Di dapur, anda bisa memiliki ruangan khusus untuk ruang makan, seperti sudut ruangan, pulau dapur dan sebagainya. Namun, untuk medesain ruang makan sempit yang istimewa, anda harus memiliki trik jitu!.

Menghuni rumah minimalis seringkali menjadi masalah untuk pengaturan tata ruang. Ruang yang terbatas dan keinginan untuk tampil sempurna kadang sulit diwujudkan. Ruang makan adalah salah satu ruang yang posisinya hampir sama dengan ruang keluarga, sehingga seringkali keberadaannya dibutuhkan untuk menggabungkan ruang untuk berkumpul. 

Ruang makan Sempit

Bagi anda yang ingin menciptakan ruang makan di space kecil, ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk membuatnya tetap istimewa 

1. Gunakan furniture minimalis

ruang makan mewah
Gaya minimalis harus menjadi gaya utama untuk desain ruang makan anda. Anda bisa menyatukan ruang makan dengan ruangan di sekitarnya seperti dapur maupun ruang keluarga, yang penting gunakan furniture minimalis. Selain itu, gunakan warna yang tidak mencolok. Gunakan warna hitam - putih 

2. Furniture lipat untuk aktivitas padat


Furniture seperti meja lipat bisa menjadi ide ruang makan mungil selanjutnya. Manfaatkan dinding yang ada untuk memasang meja lipat sebagai meja makan. Meja dan kursi yang mudah dilipat saat makan dapat menjaga space ruang tetap luas saat tidak digunakan. Dengan begitu, aktivitas di dapur tidak akan terganggu dengan adanya tempat makan tersebut. 

3. Potong sudut dengan meja bundar 

ruang makan mewah

Meski kelihatan sepele, meja bundar sangat cocok untuk desain ruang makan minimalis. Jika anda memutuskan membuat area makan kecil, meja bundar yang mengikuti garis bangku perjamuan ini dapat mencegah anda berdesakan di ruang makan kecil. 

Anda akan merasa lebih lapang duduk maupun bergerak masuk dan keluar dari area. Tidak hanya menghemat ruang, model meja tersebut bisa memotong sudut dan terkesan ramah karena menghadap ke semua orang. 

4. Ganti kabinet dengan rak dinding

ruang makan mewah

Ukuran lemari bisa mempengaruhi luas tidaknya sebuah ruang. Anda bisa menggunakan ruang sempit lebih efisien dengan tidak menggunakan lemari besar untuk menyimpan peralatan masak dan peralatan makan. Alih-alih lemari, gunakan rak dinding sederhana yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. 

Rak dinding menawarkan penyimpanan lebih fleksibel dibanding lemari besar. Letakkan peralatan makan yang cocok di rak tersebut untuk memenuhi kebutuhan ruang anda. Taruh beberapa hiasan agar lebih menarik. 

5. Buat tempat duduk built-in

ruang makan mewah

Furniture built-in dimaksudkan untuk berada tetap di dinding untuk meminimalkan space ruang. Bukan rak saja yang bisa didesain built-in, tetapi area duduk juga bisa. Menggabungkan rak dengan area duduk untuk pelengkap meja makan mungil akan menciptakan ruang makan yang nyaman dan santai.

6. Maksimalkan fungsi ruang makan

ruang makan mewah

Seperti yang sudah dituliskan di awal, ruang makan juga menjadi tempat berkumpul yang tepat. Sehingga anda bisa memanfaatkan meja makan tidak hanya untuk makan, tetapi bisa dimanfaatkan untuk belajar, bekerja maupun bincang ringan. Hanya saja, pastikan kebersihan meja makan tetap terjaga.

7. Posisikan di sudut ruangan

ruang makan mewah

Memanfaatkan sudut ruang membuat ruang makan anda sangat efisien. Sudut kosong bisa menjadi ruang makan elegan. Taruhlah kursi sofa disudut dan kursi tambahan lain untuk menciptakan meja makan yang nyaman. Untuk desain ini, gunakan meja bundar atau meja kotak minimalis. 

8. Bangku berhadapan di ruang terbatas

ruang makan mewah

Jika tadi di sudut, maka kali ini adalah ruang makan di bilik sempit. Bilik makan sangat cocok untuk suasana yang lebih privat, sekaligus merupakan cara cerdas lain untuk memanfaatkan sudut ruangan. Jendela lebar pada dinding membuat bilik kecil terasa luas dan tidak membosankan. 

9. Jangan lupakan elemen kaca

ruang makan mewah

Kaca adalah salah satu elemen dekorasi yang dapat membuat ruang terasa lebih luas dengan tipuan visual. Anda bisa menambahkan kaca berupa jendela lebar atau cermin sebagai dekorasi ruang. Pantulan cahaya dari cermin sangat bagus untuk memalsukan ruang, sehingga membuat ruangan tampak lapang.

10. Pastikan tetap terang

ruang makan mewah

Biasanya ruang kecil cenderung gelap. Jadi, jika anda memiliki ruang kecil, hilangkan bayangan yang dapat timbul dengan memastikannya tetap terang. Pertimbangkan untuk mendapatkan cahaya sebanyak mungkin dengan memasang jendela besar atau lampu-lampu minimalis. Agar lebih sempurna, pakai warna cerah untuk dinding. 

11. Gunakan pola menarik

ruang makan mewah

Pola akan membuat ruang makan minimalis memiliki daya tarik. Pola dinding bergaris hitam-putih memberikan latar belakang mencolok untuk perabotan warna-warni. Motif keramik lantai memperkenalkan gaya vintage yang cocok dengan kursi antik. Motif bunga di kain bangku menambah sentuhan kepribadian yang lembut. Motif-motif tersebut memoles cantik ruang makan kecil di dalam dapur yang lebih besar. 

12. Pakai warna netral dan perpaduan tekstur

ruang makan mewah

Warna netral dan perpaduan tekstur membuat ruang makan kecil ini terasa nyaman. Kursi hitam minimalis disandingkan dengan meja kayu sederhana yang menyediakan banyak laci penyimpanan. Cermin bundar memantulkan cahaya membuat ruang tampak lebih besar. Karpet berpola menampilkan warna-warna hangat'pun memainkan hasil sempurna. 

13. Pertimbangkan ruang makan terbuka

ruang makan mewah

Maksimalkan ruang makan kecil dengan menampatkannya di dekat jendela besar, pintu yang terbuka maupun konservatori. Udara segar dan ventilasi yang baik adalah kunci desain ruang kecil. Memastikan cahaya alami dan mudahnya akses ke luar ruangan akan membuat ruang makan tidak sesak.

14. Ruang makan menyatu dengan dapur

ruang makan mewah

Ini adalah ide yang paling umum dilakukan banyak orang. Jika dapur anda terhubunga ke ruang terbuka yang besar, buat ruang makan di areanya dengan beberapa trik desain. Anda bisa membuat ruang makan ala cafe di sisi meja, membuat ruang makan sederhana di tengah dapur dan sebagainya. Gunakan ubin yang berbeda untuk memisahkan area.

15. Dekorasi dinding untuk daya tarik

ruang makan mewah

Ruang makan kecil dapat terlihat lebih hidup dengan beberada trik desain yang cerdas, salah satunya adalah dekorasi dinding. Anda bisa menghias dinding dengan lukisan seni, cermin hingga memasang tirai cerah pada jendela. Jangan lupa untuk memainkan warna sesuai dengan tema ruang makan. Anda bisa memakai warna natural, monokromatik atau warna apapun yang sesuai dengan gaya impian anda. 

Berbagai trik diatas dapat membuat ruang makan kecil terlihat besar, nyaman dan menarik. Meja terbaik untuk ruang makan minimalis adalah meja melengkung, bisa bundar atau oval. Selain mendesain tatanan furniture, jangan lupa ubin, dinding dan dekorasi lain yang akan menciptakan ilusi lebih banyak ruang. Semoga bermanfaat dan selama mendesain!

Related Posts