12 Desain Kamar Tidur Nuansa Biru, si Dingin yang Menawan

Memilih warna ruangan merupakan hal yang cukup rumit untuk dilakukan. Tidak hanya harus pandai menyeimbangkan warna, tetapi juga harus mengerti kombinasi warna yang tepat, sesuai dengan gaya rumah atau gaya ruang. Itulah kenapa banyak yang memutuskan menggunakan warna netral agar tidak terjadi kesalahan.

Warna apapun baik untuk ruang, asalkan anda bisa mengkombinasikan warna dengan tepat. Salah satu warna yang menjadi favorit adalah warna biru. Warna biru tidak hanya dapat diaplikasikan pada dinding saja, tetapi pada aksesoris desain lainnya juga, seperti kap lampu, furniture, taplak, karpet, dan sebagainya. Bukan hanya sebagai tren, tetapi ada pesan psikologi di balik warna biru lhoh!.

Ruangan bertema biru terbukti menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Secara psikologi, warna biru dapat membantu menurunkan depresi, karena warnanya menetralkan kadar melatonin (hormon yang berperan mengatur pola tidur). Itulah kenapa warna biru selalu cocok untuk desain kamar tidur.

Warna biru menjadi warna populer untuk desain kamar tidur. Tak hanya itu, warna biru juga mampu beradaptasi dengan semua warna lain di hampir semua tema dekorasi. Anda bisa memilih warna biru lembut, cerah atau biru kuat untuk dipadukan dengan warna lain, yang penting anda bisa mekombinasikannya dengan tepat. 

Berikut beberapa kombinasi warna biru pada kamar tidur yang bisa menjadi inspirasi anda : 

1. Biru - Netral

kamar mewah
Warna netral adalah warna yang dapat membawa dirinya sendiri, tetap bagus meski tidak digabung warna lain. Jadi, saat menambahkan warna biru ke dalam warna netral, anda akan menambahkan nuansa super tenang di dalam ruangan. Skema yang santai antara warna biru dan warna-warna netral yang lembut sangat sempurna untuk menciptakan suasana damai dan sejuk. 

2. Biru - Cokelat

kamar sederhana

Nuansa cokelat yang berbeda dalam berbagai tekstur menambah kenyamanan dalam kamar sederhana tersebut. Meja rias kayu terang, garis kursi cokelat gelap dan tempat tidur cokelat krem menunjukkan variasi yang bagus. Menambahkan gorden biru pucat dan bantal biru muda membuat kombinasi yang halus dan menawan. 

3. Biru - Orange

model kamar sederhana

Kedua warna diatas sangat cocok dipadukan. Oranye yang cerah dan biru tua yang dingin membuat desain kamar tidur minimalis ini menyenangkan untuk dilihat. Memasangkan warna yang lebih cerah pada warna gelap adalah cara yang bagus untuk menonjolkan setiap aksen pada ruangan.

4. Biru - Hijau 

kamar mewah modern

Warna kamar tidur tersebut menampilkan banyak warna biru dan hijau cerah. Warna tersebut cocok untuk ukuran kamar tidur apapun, tetapi ini adalah konsep warna yang bagus untuk kamar tidur yang lebih kecil atau kamar tamu, karena warnanya sangat menonjol dan ceria. Skema pada kamar tidur ini membuatnya menarik dan mengesankan. 

5. Biru - Hitam

kamar aesthetic hitam

Warna apapun yang dipasangkan dengan hitam akan mengesankan, termasuk warna biru. Tidak perlu terlalu dramatis saat menambahkan warna hitam ke kamar tidur. Memasukkan warna hitam melalui aksen adalah cara yang bagus untuk membuatnya menonjol tanpa membebani ruang. Kasur biru diatas sangat menonjol, tapi dekorasi hitam pada dinding dan lampu gantung membuat kamar aesthetic hitam tersebut lebih modern dan berani.

6. Biru - Abu

kamar tidur minimalis

Biru tua dan abu-abu atau perak adalah pasangan yang sempurna jika anda suka tema klasik. Warna perak adalah sorotan sempurna yang tidak mengalihkan perhatian anda pada titik fokus biru. Dinding biru bertekstur membentuk pola geometris yang elegan. Meski sama-sama dingin, kedua warna tidak bersaing untuk terlihat mana yang lebih menonjol. 

7. Biru - Emas

desain kamar tidur

Emas adalah warna yang sama mempesonanya dengan warna perak atau abu-abu jika bersanding dengan warna biru. Perpaduan warna biru dan emas bisa dilakukan dengan penggunaan eksen warna emas, seperti lampu, kursi maupun aksesoris dekorasi lainnya. Perpaduan biru navy dan emas diatas memberikan nuansa modern dan berkelas. 

8. Biru - Merah

kamar tidur warna biru

Biru dan merah adalah perpaduan warna klasik yang menonjol, terlebih jika dicampur dengan warna putih. Namun, tidak terbatas pada gaya kasual saja, tema kontemporer, retro dan gaya Asia juga cocok dengan paduan biru dan merah. Ini adalah pilihan bagus untuk desain kamar tidur anak.

9. Biru - Kuning

kamar estetik

Memasangkan biru dan kuning adalah kombinasi warna yang umum. Menggunakannya di kamar tidur adalah cara yang bagus menggabungkan warna yang bagus, yaitu kuning yang ceria dengan warna biru yang lebih tenang dan santai. Kedua warna itu saling melengkapi dengan indah dan sangat cocok untuk semua ruang, termasuk kamar tidur. 

10. Biru - Pink

dekorasi kamar

Selain kuning, biru dan pink adalah kombinasi yang menyenangkan. Untuk beberapa alasan, kadang perpaduan warna ini tidak cocok, karena mungkin warna pink identik dengan warna perempuan dan biru menjadi warna laki-laki. Namun, siapa sangka kalau pink dan biru adalah dua warna yang menyenangkan dan elegan?.

11. Biru Indigo (Nila) - Putih

dekorasi kamar tidur

Warna biru selalu menjadi warna favorit untuk dinding kamar mewah modern. Menggunakan warna nila atau biru tua gelap, akan memberikan lebih banyak warna pada dinding anda. Anda bisa memadukan dengan warna putih terang. Perpaduan kedua warna ini menenangkan dan dapat membuat rileks. Nila memberikan kehangatan pada ruangan. Perpaduannya dengan putih membuat ruangan terlihat mewah dan nyaman.

12. Biru - Ungu

kamar tidur minimalis

Kombinasi warna biru dan ungu akan mendapatkan hasil yang lembut dan manis. Namun, jika anda memilih warna yang lebih gelap, akan mendapatkan hasil dramatis dan sedu. Menggabungkan warna muda pada biru dan ungu membuat kamar tidur terasa menenangkan dengan penampilan mencolok. 

Itulah beberapa kombinasi warna biru pada desain kamar tidur yang bisa menjadi inspirasi. Jika tidak yakin dengan kombinasi tersebut, anda bisa mengambil elemen dari beberapa desain tersebut untuk membuat ruang unik sendiri dengan kreativitas anda. Semoga artikel Desain Kamar Tidur Nuansa Biru bermanfaat!