20 Ide Dekorasi Hammock Indoor, Santai di Rumah Serasa Liburan

Dimanapun kita berada, pasti membutuhkan tempat yang nyaman untuk bersantai. Hammock dikenal dari kegiatan alam bebas yang marak sekarang ini, mulai dari wisata, camping dan lain sebagainya. Penggunaan hammock sebenarnya tidak hanya untuk alam bebas saja, karena sekarang hammock hanya terlihat pada hunian-hunian masa kini. 

Hammock adalah sejenis tempat tidur gantung seperti ayunan. Bentuknya seperti tempat tidur yang bisa digantung di kedua ujungnya. Model ayunan hammock tidak hanya berupa tempat tidur saja, tetapi juga ada hammock duduk layaknya kursi gantung, dan bentuk layer layaknya kasur besar bertali dan sebagainya. 

Kini ayunan ini tidak hanya untuk pelengkap alat bersantai di alam bebas, tetapi juga bisa dipakai untuk dekorasi rumah. Meski awalnya hammock dibuat dari tenunan serat pohon, kini materialnya bervariasi, mulai dari bahan tali, nilon, poliester, parasut dan katun. Harga hammock pun juga bervariasi tergantung model dan materialnya. 

Biasanya hammock dipasang di area luar rumah, seperti halaman belakang, taman, maupun teras. Namun, model hammock yang beragam membuatnya cocok dipasang di dalam rumah, seperti loteng, tempat keluarga, kamar tidur dan sebagainya. Justru hammock kini menjadi dekorasi interior yang menambah daya tarik dan kesenangan di dalam rumah. 

Berikut beberapa ide dekorasi hammock indoor untuk ruang :

1. Hammock berponi yang menggemaskan

ayunan hammock
Hammock kelambu dengan desain yang lucu dan unik bisa dipasang dimanapun, entah itu ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur maupun dapur. Tak masalah jika tempat tidur gantung diletakkan di ruang tamu yang lebar. 

Hammock dapat mengubah ruang ekstra di rumah menjadi tempat peristirahatan yang santai sekaligus mengubah tempat canggung di depan pintu depan menjadi area duduk santai. Samping jendela yang cerah dan karpet di bawahnya menghadirkan suasana santai yang menyegarkan.

2. Warna lembut untuk tampilan yang nyaman


Tempat yang nyaman dengan hammock kemerahan sangat cocok untuk perempuan. Anda bisa bersantai di ruang pribadi yang hangat dan menentramkan hati.

3. Hammock santai di samping dapur

harga hammock

Lelah beraktivitas di dapur?, atau sedang menunggu sajian makan pagi?. Hammock di sebelah jendela bisa menjadi tempat berjemur pagi anda yang nyaman. Bersebelahan dengan ruang keluarga, anda bisa tetap berinteraksi dengan keluarga sambil bersantai.

4. Penambah keceriaan di ruang yang kaku

hammock kelambu

Hammock tersedia dalam warna dan desain yang berbeda. Hammock berwarna netral krem sederhana ini ditambahkan kedalam desain ruang nuansa putih yang dingin. Anda bisa mencairkan suasana dengan sedikit bersenang-senang atau bersantai bebas disana. 

5. Hammock dengan pemandangan lepas di samping jendela

ayunan camping

Jika memiliki teras tertutup, maka pemasangan hammock diatas akan membuat ruang terasa sempit. Namun, jika memiliki teras tertutup seperti diatas, maka itu bisa menjadi tempat yang sempurna untuk hammock. Anda bisa berjemur ringan atau bersantai sambil menghadap pagi yang cerah dari jendela. 

6. Ayunan camping pelengkap ruang bermain

hammock ayunan

Pilih tempat tidur gantung atau kursi gantung yang semarak dan warna-warni atau hammock dengan tali klasik untuk tambahan ruang bermain yang menyenangkan dan nyaman. Anak-anak akan senang beraktivitas seperti bermain dan belajar di kamarnya yang menyenangkan. 

7. Built-in hammock jaring yang memanfaatkan ruang

hammock indoor

Area atap atau loteng yang sempit bisa dimanfaatkan untuk menggantung built-in hammock sekaligus menciptakan spot sensasional di dalam rumah. Anda bisa bersantai disana, tetapi tidak menutup interaksi dengan lantai bawah. Berada di ketinggian, apalagi jika menghadap jendela, akan membuatnya menjadi ruang menyenangkan di rumah anda. 

8. Ruang kerja atraktif anti bosan

harga hammock

Ruang kerja tidak harus sepenuhnya formal, apalagi jika work from home. Anda bisa menjadikan ruang kerja atraktif dengan menambahkan hammock. Dengan begitu, tidak perlu jauh-jauh ke kamar tidur untuk istirahat atau bersantai sejenak untuk melanjutkan pekerjaan anda kembali. 

9. Alternatif tempat tidur hemat ruang

hammock ayunan

Entah siang atau malam, tempat tidur gantung adalah alternatif yang baik untuk tempat tidur yang menghemat ruang. Menggantung hammock di kamar membuat anda bisa memilih tempat ternyaman sesuai dengan mood. Ingin tidur di kasur atau hammock nih?

10. Pemisah ruang yang atraktif

ayunan hammock

Pemisahan ruang satu dengan ruang yang lain bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti memisahkan warna ubin, memasang sekat ruangan ataupun hammock yang menambah daya tarik. Hammock yang menggantung diantara ruang memberikan tampilan unik ada interior ruang anda.

11. Tampilan elegan di atas permadani

hammock interior

Hammock ayunan bisa saja diletakkan di samping lemari, tetapi letak diagonal yang ditampilkan hanyalah sentuhan dekoratif untuk mengatur mood. Hammock yang ada di tepi jendela ini menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai maupun membaca buku. 

12. Tata ruang terbuka modern dengan hammock putih

hammock ruang tamu

Desain kontemporer dengan tata letak terbuka ini sangat menarik. Area formal dengan sofa dan meja tersedia dengan area bersantai di belakangnya yang bersebelahan dengan balkon tertutup yang tampak segar. Memasang hammock melintang membuat desain interior terkesan welcoming dan menyenangkan.

13. Tempat nyaman di apartemen mewah 

hammock indoor

Hammock rajut di apartemen modern yang dipasang di foyer tidak hanya membuat suasana rumah lebih santai, tetapi juga berfungsi sebagai pembatas ruang antara pintu masuk dan ruang tamu utama. 

14. Ruang colorfull dengan hammock merah

hammock indoor

Hammock tersedia dalam berbagai warna dan model yang dapat disesuaikan dengan gaya interior rumah. Ruang colorfull tersebut dilengkapi hammock merah mencolok, membuat ruangan terasa menyenangkan dan semarak. 

15. Tetap minimalis dengan hammock melintang

hammock ayunan gantung

Sebelum memutuskan untuk membeli hammock, anda harus memperhatikan warna yang akan digunakan agar sesuai dengan tema interior anda. Jika warna hammock di atas tidak serasi dengan tema ruang, pasti akan serasa memenuhi kamar, tetapi karena warna tersebut serasi, maka ruang tetap terlihat minimalis dan elegan. 

16. Hammock multifungsi di ruang keluarga

hammock indoor

Hammock yang tergantung diantara kursi dapat menjadi solusi furniture fleksibel yang menyesuaikan kebutuhan anda. Hammock dapat berfungsi sebagai dekorasi interior, tempat bersantai atau sebagai tempat untuk menaruh bantal sofa yang mengganggu. 

17. Gaya minimalis di ruang bersantai

hammock interior

Ruang santai sempit yang cerah dengan beberapa tanaman hias indoor, sangat pas untuk berjemur di pagi hari. Memasang hammock untuk menikmati waktu santai disana akan menjadi tempat tidur kedua selain kamar anda.

18. Balkon sejuk dengan hammock rajutan

hammock

Jika tempat tidur gantung terlalu memakan tempat, cobalah kursi hammock sebagai gantinya. Duduk dengan nyaman di balkon hijau yang sejuk di tengah maupun pinggir ruangan masih menyediakan banyak ruang tanpa halangan untuk berjalan. 

19. Hammock ayunan sebagai ornamen

ayunan hammock

Di ruang tamu ini, hammock menjadi pusat perhatian sebagai tempat tidur tamu atau tempat istirahat yang nyaman. Selain mencairkan suasana kaku, hammock ini juga menghangatkan suasana. Tidak hanya duduk di sofa saja, membaca di atas hammock adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu santai. 

20. Tempat terbaik di rumah

hammock interior

Tempat tidur dalam ruangan ini adalah tempat yang menghibur di rumah. Hammock berada di antara ruang keluarga dan dapur. Di tempat ini juga area yang tepat untuk bersantai membaca buku dengan area lapang. 

Meski jarang diaplikasikan dalam desain interior rumah, hammock dapat memberi banyak manfaat untuk rumah anda, yaitu menghemat space, pembagi ruang, penambah warna dalam ruangan dan membuat ruang nyaman.

Tips Dekorasi Interior dengan Hammock :

  • Hammock makrame (kerajinan mengikat tali) warna putih atau netral cocok hampir semua gaya dekorasi. Hammock warna tersebut merupakan kunci untuk menciptakan suasana bohemian (gaya kebebasan) di ruang relaksasi anda. 
  • Hammock cocok untuk hari-hari yang panas karena identik dengan suasana pantai. Pilih hammock bergaris cerah dan gantung di ruangan yang dipenuhi sinar matahari. Tambahkan beberapa furniture kayu dan tanaman hias.
  • Untuk gaya minimalis pertimbangkan untuk menggunakan desain tempat tidur gantung sederhana dengan warna hitam, putih dan netral. Desain yangbersih menawarkan tampilan minimalis bagi anda yang tidak suka warna atau pola mencolok.