Tren Warna Cat Rumah Minimalis Modern Paling Favorit!

Menentukan warna rumah yang bagus memang gampang-gampang susah. Sebagian orang memilih warna sesuai selera, dan beberapa yang lain memilih warna sesuai estetika desain. Jika anda berniat untuk menjual atau mengkontrakkan rumah, mempertimbangkan warna cat eskterior adalah salah satu langkah yang baik. 

Ada banyak pilihan warna cat rumah minimalis yang bisa dipilih. Itulah kenapa pemilihan warna menjadi yang hal cukup ribet dan membingungkan. Namun, satu hal yang pasti, anda harus memilih warna eksterior yang anda sukai, agar setiap hari anda mendapat energi positif dari warna tersebut. Bukankah pemilihan warna juga mempengaruhi mood  seseorang?.

Nah, warna netral masih menjadi juara teratas di daftar warna cat dinding luar rumah terkini yang banyak diminati. Warna netral juga pilihan yang bagus untuk tampilan hangat dan homey. Untuk tampilan eksterior sempurna, anda perlu mengkombinasikan warna rumah, cat teras rumah serta warna cat tembok pagar luar. Hm... memang gampang-gampang susah ya!

Warna Cat Rumah Minimalis 

Berikut beberapa cat warna rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi anda :

1. Putih

warna rumah minimalis
Warna netral ini sudah banyak diaplikasikan mulai gaya rumah klasik, modern dan mewah. Warna putih adalah warna sempurna untuk eksterior rumah. Menambahkan kontras pada pintu, jendela maupun kusen dengan warna berani adalah perpaduan warna cat rumah minimalis yang bagus. 

Warna putih ini beragam, tidak hanya putih cerah saja, tetapi ada putih gading untuk hunian klasik, putih krem, putih hangat dan sebagainya. Anda bisa membuat kombinasi cat rumah warna putih dengan warna yang lebih gelap untuk kesan minimalis modern. Baca : Varian Cat Putih & Tips Memilihnya untuk Interior.

2. Biru - Abu

warna rumah minimalis

Biru dan abu-abu telah menjadi cat eksterior yang populer selama beberapa tahun terakhir. Kini, perpaduan kedua warna tersebut menghasilkan warna yang ramah untuk ekterior rumah. Batu alam dan trim kayu menjadi pelengkap sempurna untuk desain rumah modern ini. 

3. Biru cerah

warna rumah minimalis

Warna cat biru langit ini merupakan warna segar yang dapat meningkatkan elemen arsitektur. Kesan menenangkan bisa disempurnakan dengan memberikan warna cerah pada aksen dan warna lebih gelap pada daun jendela maupun pintu.

4. Biru retro 

warna rumah minimalis

Warna biru yang hampir seperti biru navy ini cocok untuk gaya rumah klasik, bahkan hingga rumah mewah untuk menciptakan kesan kemegahan. Warna ini dapat bertindak sebagai warna netral dalam nada abu-abu dan bisa dikombinasikan juga dengan warna biru cerah. 

5. Abu-abu terang

rumah minimalis

Abu-abu terang merupakan salah satu warna rumah yang paling trendi karena memberi tampilan ekstra modern pada hunian. Tidak hanya untuk eksterior, abu-abu terang juga bagus diaplikasikan pada interior dan dikombinasikan dengan warna yang lebih gelap pada area atap, pintu, jendela, tiang, maupun kusen. 

6. Abu-abu gelap

rumah minimalis

Warna abu-abu memang memberikan tampilan yang bagus untuk gaya rumah apapun. Jika sebelumnya memberikan tampilan ekstra modern, maka abu-abu gelap memberi kesan kecanggihan pada hunian. 

7. Taupe

rumah minimalis

Taupe adalah perpaduan abu-abu dan cokelat. Warna yang sedang tren ini adalah salah satu pilihan paling populer diantara warna cat netral eksterior. Warna netral klasik ini hadir dalam berbagai warna turunan, seperti hijau atau abu-abu, membuatnya mudah untuk disesuaikan dengan eksterior rumah anda. 

8. Pirus

rumah minimalis

Pirus atau turquoise adalah warna biru hijau lembut yang cocok untuk cat rumah minimalis. Warna yang dalam namun lembut ini akan membuat tampilan rumah tampak segar, apalagi jika dipadukan dengan beberapa tanaman hias. 

9. Kuning gandum

warna cat rumah minimalis

Tidak terlalu putih dan hampir seperti kuning mentega, warna ini terkesan hangat dan bersih. Warna kuning gandum ini cocok dikombinasikan dengan cokelat tua, abu-abu dan biru untuk aksen. Warna rumah akan semakin cantik dengan halaman rumput hijau dan beberapa tanaman hias di depannya. 

10. Hijau mint

warna cat rumah minimalis

Cat warna rumah minimalis yang sedang tren ini dapat memberikan nada dingin yang sempurna. Warna hijau keabu-abuan ini membuat kontras indah antara rumah dan halaman berumput. Untuk kusen dan daun jendela, bisa dikombinasikan dengan warna abu-abu geap, hitam, putih atau krem. 

11. Coklat muda / Krem

warna cat rumah minimalis

Warna natural yang akan mengingatkan siapapun pada kayu dan suasana alam. Warna hangat dan yang menciptakan kesan welcoming ini bisa dipadukan dengan warna hitam dan putih untuk tampilan klasik atau warna yang lebih gelap agar lebih dramatis. 

12. Coklat tua

warna rumah minimalis

Meski biasanya hanya sebagai warna aksen, tidak ada salahnya mencoba warna coklat tua untuk warna cat dinding luar rumah. Warna gelap yang bersahaja ini bisa dipadukan dengan warna merah, biru, hitam atau putih untuk aksen. Warna rumah yang berani akan membuatnya menonjol dan pastinya memiliki daya tarik. 

13. Hitam

warna rumah yang bagus

Warna hitam menjadi warna eksterior rumah yang mencolok dan banyak digunakan pada rumah gaya modern minimalis. Warna hitam dapat dikombinasikan dengan batu bata maupun kayu. Untuk aksen bisa menggunakan warna abu-abu, merah, biru atau warna-warna lain untuk kesan dramatis. 

14. Merah

cat rumah yang bagus

Ceria, mencolok, segar dan terkesan tradisional bisa anda dapatkan dari warna merah. Warna merah ini bisa tampil di lokasi manapun, entah hunian anda ada di daerah pepohonan, landscape atau tepi pantai sekalipun, warna merah akan memberikan tampilan klasik yang cantik dan menonjol. 

Tips Memilih Warna Rumah yang Bagus :

  1. Jika memiliki halaman atau tanaman hias, pertimbangkan kesesuaian warna cat rumah dengan halaman. Apakah warnanya kontras atau tidak?.
  2. Jika rumah memiliki batu alam pada bagian luarnya, pilihlah warna yang tidak bertentangan dengan skema warna eksterior alami rumah anda.
  3. Pilih warna yang menghibur dan membuat semangat, tidak hanya untuk tamu yang datang tetapi juga anda sendiri. 
  4. Warna cat dinding luar rumah harus selaras dengan warna atap anda. Apakah atap rumah berupa atap seng atau atap sirap?. Tidak perlu mencocokkan warna dinding dan warna atap, tetapi keduanya harus saling melengkapi. Pasangkan warna dinding yang hangat dengan warna atap yang hangat, atau warna dinding yang sejuk dengan warna atap yang dinding, dan sebagainya. 
  5. Gunakan warna pastel atau warna terang lainnya jika ingin rumah tampak besar. 
  6. Jika budget terbatas, hindari warna cerah yang cepat memudar seiring waktu. Warna yang rentan pudar adalah warna kuning cerah, biru dan merah.