Budget Pas-pas'an? Ini Tips Agar Kamar Mandi Terlihat Mewah

Kamar mandi merupakan salah satu bagian dalam rumah yang memiliki fungsi vital sekaligus tempat yang bisa mencerminkan pemilik rumah. Kamar mandi yang bersih, jelas menunjukkan bahwa penghuninya selalu menjaga kebersihan, begitu juga sebaliknya. 

Sebagai sarana relaksasi setiap hari, tidak sedikit penghuni rumah yang menginginkan kamar mandi yang bersih, nyaman, luas, mewah dengan peralatan lengkap untuk memanjakan pemakainya. Namun, keterbatasan lahan kadang menjadi salah satu faktor untuk membuat kamar mandi minimalis.

Memiliki kamar mandi kecil bukan berarti anda tidak memiliki kamar mandi yang indah dan nyaman. Mengatur kamar mandi memang cukup sulit, karena anda harus menata berbagai peralatan ke dalam satu ruangan mungil. Mulai dari pancuran, bak mandi, toilet, wastafel, rak dan sebagainya.

Ada berbagai tips untuk membuat kamar mandi sederhana tapi mewah yang bisa anda lakukan, bahkan untuk ukuran kamar mandi standar (1,5 m x 2,4 m) hingga desain kamar mandi biasa sekalipun. Berikut beberapa tips agar desain kamar mandi minimalis anda tampak mewah :

1. Pilih warna cat dinding yang tepat

desain kamar mandi modern
Sentuhan warna dapat mempengaruhi seluruh tampilan kamar mandi. Untuk warna tidak ada aturan warna apa yang dapat membuat kamar mandi tampak mewah. Warna dapat menciptakan nuansa lain di kamar mandi. 

Jadi, warna tergantung kesan apa yang ingin anda tampilkan, entah itu warna terang atau gelap, selama berpadu dengan baik dengan warna lain yang ada pada perabot, hiasan, dan peralatan lain di kamar mandi, akan menciptakan tampilan yang elegan. 

Tips :
  • Gunakan warna cat netral terang untuk dinding dan putih untuk tirai shower agar tercipta gaya kamar mandi hotel kelas atas.  
  • Untuk kamar mandi sederhana tapi mewah dan elegan, anda bisa menaruh furniture penyimpanan (lemari, meja) putih sebagai latar belakang. 
  • Anda bisa menggunakan warna abu-abu yang lebih menenangkan dan mudah dipadankan dengan warna lain. Warna abu-abu hangat dapat membuat kamar mandi tidak terlihat dingin. Warna ini juga cocok untuk melengkapi furniture kayu maupun trim metal. 
  • Jika ingin menciptakan suasana spa, gunakan skema warna monokromatik sederhana. Tidak harus netral, karena warna aqua maupun biru bisa sangat menenangkan. Kemudian, tambahkan nuansa lebih terang atau lebih gelap dari nuansa itu untuk kedalaman. 
  • Warna netral ada banyak pilihan warna. Jika ingin putih, tidak harus mengecat seluruh dinding, anda bisa mengecat bagian bawah atau atas dengan warna netral seirama dengan warna utama (lebih terang atau gelap).
  • Jika ventilasi cukup, anda bisa menggunakan wallpaper. Namun pastikan bahan dan perekat yang digunakan aman untuk area lembab. 

2. Dekorasi ubin dengan pola dan warna menarik

desain kamar mandi mewah

Hal sederhana untuk membuat kamar mandi tampak mewah adalah mendekorasi ubinnya. Jika banyak orang menata ubin persegi sesuai dengan bentuk ruang, maka buatlah perbedaan yang sedikit mencolok. Ubin diagonal yang dipasang dari ubin persegi akan membuat kamar mandii terlihat mewah.

Tips :
  • Anda bisa mengkombinasikan ubin persegi dan ubin yang ditata diagonal. Ubin persegi sebagai batas, sedangkan diagonal untuk isinya.
  • Agar lebih unik, bisa menambahkan beberapa ubin berbeda warna sebagai pemanis ruangan, tetapi pastikan warnanya serasi dengan tema kamar mandi. 
  • Tidak hanya bentuk persegi, ubin segi lima maupun segi enam bisa diaplikasikan dan dikombinasikan dengan beberapa ubin warna lain. Anda bisa mendekorasi tatanan ubin sesuai kreatifitas.
  • Untuk menambahkan kilau dan dimensi, bisa menutupi dinding dengan ubin hingga langit-langit. Jika terlalu mahal, gunakan ubin pada setengah bagian, atau satu bagian di area shower. 
  • Jika tidak cocok dengan warna ubin yang lama, tidak perlu mengganti ubin, tetapi bisa mengganti warna dengan cat ubin atau stiker ubin untuk menghemat budget

3. Tambahkan pencahayaan

kamar mandi sederhana tapi mewah

Bukan rahasia lagi kalau pencahayaan dapat membuat ruangan tampak lapang. Hal ini bisa dilakukan pada kamar mandi minimalis anda yang ingin sentuhan mewah. Memberi pencahayaan dapat membuat peningkatan besar dalam nuansa mewah dengan harga murah. 

Tips : 
  • Lampu gantung skala besar, seperti lampu gantung flush-mount, bisa menjadi pilihan yang baik untuk sentuhan mewah dalam kamar mandi sederhana. Meski tampak besar, berada di langit-langit tidak akan memakan banyak space dalam kamar mandi. 
  • Untuk budget yang lebih hemat, anda bisa menggunakan berbagai jenis pencahayaan untuk berbagai fungsi di kamar mandi. Seperti lampu untuk area shower, untuk area bathtub, area kaca dan sebagainya.
  • Menambahkan pencahayaan bukan berarti ruangan harus terang benderang. Selain lampu utama, anda bisa menambahkan lampu lilin. Cahaya kuning yang hangat dikala sedang mandi atua berendam di bathtub, akan menciptakan nuansa hotel bintang lima!.
  • Tambahkan peredup lampu ke lampu-lampu kamar mandi. Meski tidak penting, hal ini dapat membuat banyak perbedaan pada kamar mandi sederhana. 

4. Aplikasikan tanaman hias

kamar mandi minimalis

Tanaman hias dapat membantu menarik perhatian, relaksasi, dan membuat ruangan kecil tampak besar. Anda bisa menaruh beberapa tanaman hias di kamar mandi untuk membuat kamar mandi lebih segar dan enak dipandang. Hal ini juga ide yang tepat jika anda ingin relaksasi. Disamping itu, beberapa tanaman justru tumbuh subur di kamar mandi. Jadi mengapa tidak?

Tips :
  • Gantung beberapa tanaman hias pada jendela dalam deretan vas warna warni yang akan menangkap cahaya. Baca : 60 Desain Kamar Mandi Natural - Segar dan Enak Dipandang.
  • Jangan asal pasang tanaman, karena ada tanaman yang baik untuk tempat lembab dan ada juga yang tidak. Untuk kamar mandi, anda bisa menaruh lidah buaya, philodendron, pakis, anggrek bulan, maidenhair fern, peace lily, spider plant, hingga air plant. 
  • Selain tanaman hias yang tahan kelembaban, tidak ada salahnya menaruh tanaman hias palsu di rak dinding untuk sekedar hiasan. 
  • Taruh tanaman rambat pada rak paling tinggi atau di tempat tinggi agar ada efek 'menutupi' nan alami, sehingga membuat ruang menjadi hidup. Tanaman hias dalam pot yang ramping yang berdiri bebas di sudut ruangan juga akan terlihat luar biasa. 

5. Pilih karya seni untuk dekorasi

kamar mandi modern

Karya seni cenderung pada kemewahan, dan memasang karya seni adalah salat satu ide kamar mandi paling populer sebagai pilihan dekorasi yang mewah. Tidak hanya kamar mandi modern saja, kamar mandi kecil'pun bisa tampil menakjubkan dengan hadirnya karya seni dalam ruangan. Bahkan ide ini banyak digunakan di berbagai hunian mewah kelas atas!.

Tips :
  • Lukisan adalah karya seni yang banyak digunakan untuk dekorasi mewah. Anda bisa memasang lukisan besar di dinding. Tidak perlu kuatir dengan ukuran kamar mandi minimalis karena lukisan besar akan berfungsi secara virtual menjangkat ruang kecil.
  • Pastikan lukisan dibingkai dengan tepat untuk menjaga dari kerusakan akibat air dan uap air. 
  • Selain lukisan anda bisa memasang karya seni dinding lainnya yang unik dan menunjukkan kreatifitas. 
  • Tak hanya di dinding, anda bisa memasang hiasan lain di rak ataupun meja rias. 

6. Gunakan perlengkapan yang tepat 

kamar mandi minimalis modern

Sangat penting untuk menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan luas kamar mandi anda. Kamar mandi minimalis yang berukuran kurang dari tiga meter persegi, anda bisa menyiasatinya dengan perlengkapan back to wall untuk toilet dan wastafel. Untuk shower, bisa menggunakan bilik shower minimalis untuk ruang kecil, tetapi kepala shower yang besar juga bisa menjadi pertimbangan. 

Tips :
  • Gunakan tempat penyimpanan yang tepat untuk perlengkapan dan atur agar mudah dijangkau. 
  • Jika ada furniture yang perlu diganti, anda bisa menggunakan perabot rumah tangga lain yang masih bisa dimanfaatkan, atau mungkin didaur ulang. Kemudian cat dengan warna yang serasi dengan dinding untuk tampilan yang ramping dan luas.
  • Anda bisa menggunakan meja atau unit rak untuk menjadi meja rias. Pastikan ukurannya sesuai dengan kamar mandi anda. Menggunakan barang-barang besar di ruang kecil akan mengurangi tampilan mewah kamar mandi anda. 
  • Untuk tampilan lebih glamour, ubah wadah peralatan mandi anda dengan yang lebih indah. Misalnya, menempatkan shampo, sabun, lotion pada botol kaca atau dengan wadah seragam dan elegan. 
  • Belilah satu set handuk yang kaya detail, seperti tepian dengan bordir, pita, atau pola unik lainnya yang mudah kering dan terasa mewah. Handuk yang tidak serasi akan membuat kamar mandi terlihat kumuh, apapun ukurannya. Anda bisa memilih handuk warna putih untuk tampilan berkelas atau warna berani seperti hijau zambrud, merah tua atau hitam.
  • Fungsikan handuk sebagai hiasan. Simpan handuk dengan bersih dan rapi di rak dan gantung handuk yang sedang digunakan pada pengait atau tempat khusus di dinding berwarna solid untuk memberikan dimensi dan warna. 
  • Jika tidak mampu memperbaharui ubin, gunakan keset kamar mandi besar yang mudah dibersihkan dan dikeringkan. 

7. Gabungkan aksen emas dan metal

desain kamar mandi minimalis

Menggunakan aksen logam seperti warna emas adalah ide dekorasi kamar mandi mewah yang populer di tahun 70 dan 80an. Perak itu klasik, tetapi emas, kuningan, tembaga atau hitam dapat membawa kamar mandi anda ke tingkat yang lebih modern. 

Tips : 
  • Tambahkan sentuhan tersebut pada rel gorden, batang pancuran, bingkai kaca, dst, untuk membuat kamar mandi lebih mewah dan elegan, tetapi gunakan warna yang tepat agar tidak terlihat norak.
  • Pada kamar mandi kecil, anda harus berhati-hati menggunakan sentuhan warna ini. Jadi, pertimbangkan untuk menggunakannya pada titik fokus tertentu, seperti lampu gantung. Gunakan satu logam untuk lampu gantung dan satu lagi untuk yang lain. 

8. Manfaatkan elemen kaca

kamar mandi minimalis modern

Untuk meningkatkan kamar mandi sederhana tampak mewah, gunakan elemen kaca. Selain menambah kesan modern, kaca dapat membuat ruangan kecil terlihat lebih luas. Kaca akan menangkap dan menyebarkan cahaya alami, membuat kamar mandi lebih cerah dan menciptakan ilusi ruang. 

Tips :
  • Menambahkan cermin besar ke salah satu dinding kamar mandi akan langsung membuat desain kamar mandi sederhana tapi mewah, terutama dengan bingkai yang tepat.
  • Pilih cermin dengan bentuk atau finishing yang menarik dan unik.
  • Anda juga bisa meletakkan cermin lebih dari satu dinding agar dapat memantulkan cahaya satu sama lain. 
  • Elemen kaca tidak hanya dari cermin saja. Ubin kamar mandi juga bisa menjadi ide yang sempurna. Coba pasang backsplash ubin kaca dengan warna-warna cantik. Jika ingin lebih murah, carilah cermin dengan bingkai warna-warni untuk tampilan yang menyenangkan. 

9. Maksimalkan jendela kamar mandi

kamar mandi mewah minimalis

Sebagian besar jendela kamar mandi berukuran kecil, terutama pada desain rumah minimalis. Cahaya alami yang masuk dalam kamar mandi kecil akan langsung mengangkat nuansa ruangan. Jadi, jangan sepelekan hal ini. Buatlah sesuatu yang enak dilihat pada jendela kamar mandi anda.

Tips :
  • Tidak perlu menggunakan tirai jendela kamar mandi yang malah membuatnya tampak kuno dan tidak mewah. Namun jika ingin privasi lebih, gunakan tirai semi tipis.
  • Tingkatkan kemewahan dengan memasang tirai panjang penuh di kedua sisi jendela. Jangan memasang tirai yang sama tinggi dengan jendela. Letakkan batang gorden di tengah antara bagian atas jendela dan langit-langit. 
  • Jika lokasi jendela memungkinkan orang lain mengintip ke dalam, ganti kaca bening dengan kaca buram. Anda juga bisa menempel stiker perekat buram untuk membuat buram bagian jendela bawah saja, sedangkan bagian atas tetap bening untuk mempertahankan infiltrasi cahaya maksimum.
  • Percantik bingkai jendela dengan cat atau pernih untuk membuatnya tampak baru. 
  • Ramaikan area jendela dengan beberapa tanaman pot atau deretan vas warna-warni. 

10. Jaga agar tetap bersih

desain kamar mandi biasa

Secantik apapun kamar mandi, jika tidak bersih, maka semuanya sia-sia. Ini bukan tentang bagaimana cara membersihkan kamar mandi, tetapi juga tentang garis nat yang bersih dan warna yang bersih sehingga bisa digambarkan sebagai minimalis. 

Tips :
  • Untuk lantai, gosok nat dengan baik. Nat yang bersih akan membuat ubin terlihat seperti baru. Nat yang ternoda akan sulit dibersihkan. Anda dapat menggantinya dengan nat baru yang lebih murah daripada beli ubin baru. Gunakan nat putih untuk melihat perbedaan yang elegan.
  • Ada banyak cara membersihkan keramik kamar mandi yang membandel. Anda bisa menggunakan pembersih keramik khusus atau dengan cara tradisional. Membersihkan kerak keramik dan membuatnya berkilau bisa dilakukan dengan menggunakan baking soda, cuka, sitrun (asam sitrat) dan kaporit. Silahkan pilih. 
  • Atur dan rapikan peralatan yang ada di kamar mandi. Singkirkan barang-barang yang tidak seharusnya ada di kamar mandi, seperti sandal, atau perlengkapan kebersihan yang harusnya ada di tempat lain.
  • Ganti secara berkala tirai jendela maupun tirai shower agar tidak ditumbuhi jamur. 

Itu adalah beberapa tips untuk membuat kamar mandi sederhana tampak mewah. Tidak harus semuanya, anda bisa melakukan beberapa perombakan yang sekiranya bisa dan perlu untuk kamar mandi anda.

Kamar mandi paling mahal menggabungkan alam bebas sebagai elemen desain. Jika anda berencana membuat kamar mandi terkesan mewah, cari cara untuk menghadirkan alam bebas dengan jendela baru yang memungkinkan banyak cahaya masuk. 

Tanaman maupun aksen tanaman tidak hanya dapat menciptakan keadaan alam bebas tetapi juga memiliki manfaat feng sui. Jadi, jika anda berencana membuat kamar mandi mewah, pikirkan lebih dulu di rencana awal sebelum membangunnya, atau anda bisa mencoba beberapa tips di atas. Semoga bermanfaat!