10 Ide Cerdas Pemanfaatan Kayu Palet untuk Taman

Jika anda sedang mencari cara untuk mendekorasi taman, maka anda bisa menjadikan kayu palet sebagai salah satu material yang bisa digunakan. Kayu palet adalah susunan rangka kayu yang biasanya dibentuk menjadi alas atau peti untuk mengangkut barang dan ini banyak ditemui di pabrik-pabrik. Kali ini, kayu palet bisa hadir di rumah anda dengan manfaat lain lho!. 

Kini, sudah banyak hunian yang memanfaatkan kayu palet untuk pelengkap interior dan eksterior. Palet-palet baru biasanya dimanfaatkan untuk rak susun, rangka tempat duduk, ranjang, dan lain sebagainya. Sedangkan palet bekas biasanya dimanfaatkan pada eksterior atau sebagai dekorasi ruangan bertema vintage

Palet adalah bahan daur ulang yang biasanya diabaikan. Jutaan palet kayu bekas industri banyak berakhir di tempat pembuangan sampah. Padahal anda bisa berkreasi dengan palet bekas, mendaur ulang dan menjadikannya bahan dekorasi yang tidak dimiliki banyak orang.  

Ada banyak ide dekoratif hasil dari daur ulang palet kayu untuk mempercantik desain taman anda. Apalagi daur ulang palet adalah ide paling terjangkau dan efektif yang bisa anda lakukan. Palet kayu mudah dirakit dan sangat fungsional untuk aktivitas anda dalam jangka panjang. 

Berikut beberapa ide pemanfaatan kayu palet untuk desain taman :

1. Pagar sederhana

palet kayu bekas
Anda bisa membuat pagar taman sederhana atau halaman dengan beberapa kayu palet. Palet kayu keras lebih murah daripada membeli kayu untuk panel pagar. Jika pagar dilapisi dengan cat atau lapisan penutup yang sesuai, akan memiliki masa pakai yang cukup lama. Jangan lupa menyediakan pintu pagar.

Anda bisa membuat pagar tunggal (biasanya ujungnya dibuat lancip), palet ganda dengan tanaman diatasnya (pallet top garden), maupun palet susun agar pagar lebih tinggi. Pagar palet kayu bisa dimodifikasi dengan menambahkannya roda. Tentu saja itu tergantung dengan gaya rumah, taman dan lingkungan. 

Anda bisa menambahkan kawat pada pagar kayu untuk menjaga hewan lain (tikus,ular, dst) masuk ke dalam taman atau halaman. Anda bisa mengecat pagar untuk tampilan yang lebih halus atau membiarkannya apa adanya untuk gaya sederhana. 

2. Jalan Setapak

palet kayu bekas

Umumnya, jalur taman dibuat menggunakan paving block dan berbagai macam batu alam lainnya. Namun, jalan taman dari palet kayu tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan taman anda tampak cantik dan indah. Bahkan, jalan taman dari palet bisa menjadi titik fokus yang pastinya akan menarik perhatian dengan desainnya yang unik. 

Jalan taman dari palet kayu ini baik digunakan di area taman dengan lalu lintas rendah, tidak ada gerobak berat yang melintas. Papan palet adalah kayu tipis dan mudah lapuk. Jadi, daripada meletakkannya cuma-cuma di atas tanah, gali area beberapa inci dan timbun dengan kerikil sebelum menaruh susunan palet. Ini akan membantu air mengalir menjauh dari area palet, sehingga mencegah pembusukan.

3. Bangku Taman

palet kayu bekas

Bangku taman dari palet sudah banyak diaplikasikan. Palet kayu mungkin tidak bisa menjadi furniture taman yang  indah, tetapi warna cat dan beberapa bantal dapat mengubah kayu palet menjadi bangku yang layak untuk landscape. Anda bisa berkreasi untuk membuat model bangku yang diinginkan. 

Jadikan sudut - sudut taman anda sedikit menarik dengan sofa palet yang dibuat dengan menggabungkan dua atau tiga palet untuk membentuk alas dan sandaran. Pilih warna yang menarik, kemudian tambahkan bantal sofa di atasnya untuk hasil sempurna. 

4. Meja multifungsi

palet kayu bekas

Kurang lengkap jika bangku taman tanpa meja. Anda bisa membuat meja dari palet kayu untuk pelengkap taman atau halaman rumah anda. Anda bisa membuat meja sebagai pelengkap bangku taman, meja untuk menaruh perlengkapan berkebun, maupun meja makan mini (meja piknik). Anda bisa membuat meja biasa pada umumnya, atau meja dengan roda agar mudah dipindahkan. 

5. Ayunan

palet kayu bekas

Jika anda memiliki area taman luas, anda bisa mendesain dan mendekorasi apapun di dalamnya. Ayunan memang bukan hal baru, tetapi jarang diaplikasikan pada taman, kecuali taman kanak-kanak. Nah, menikmati segarnya udara di taman sambil relaksasi bisa anda lakukan salah satunya dengan tiduran pada ayunan. 

Ayunan tidur ekonomis bisa anda buat dari hammock maupun palet untuk area yang lebih lapang. Anda bisa menyusun dua palet untuk ayunan. Kemudian lengkapi dengan kasur busa dan bantal. Pastikan anda menggunakan tali dengan batas beban kerja tinggi dan batang yang kuat untuk menggantungnya.

6. Media tanam

palet kayu bekas

Palet bisa dimanfaatkan sebagai metode untuk berlatih berkebun bunga atau sayur di ruang kecil. Tanah yang ditinggikan serta tanah gembur yang ditambahkan dapat membuat sistem akar yang sehat pada semua jenis tanaman. Jangan lupa untuk melapisi media kayu palet dengan kain landscape agar tanah tidak pindah saat disiram. 

7. Tempat penyimpanan dan pembuangan

palet kayu bekas

Palet dapat juga dimanfaatkan sebagai wadah penyimpanan. Anda hanya perlu membuat wadah persegi, entah dilengkapi tutup atau tidak. Wadah palet pada halaman bisa dijadikan tempat menyimpan sampah kompos maupun tempat pembuangan sampah lain. 

Buatlah beberapa kotak palet dengan fungsi yang berbeda, seperti satu kotak untuk menampung sampah kebun dan sisa kebun, kotak kedua untuk memindahkan dan memutar bahan-bahan yang sudah membusuk dan kotak ketiga untuk menampung kompos yang sudah jadi. Agar lebih enak dilihat, anda bisa menanam beberapa tanaman merambat pada bagian luarnya, yang pastinya akan tumbuh ternutrisi dari dalam tempat sampah. 

8. Media taman vertikal

palet kayu bekas

Jangan hanya fokus pada taman horisontal saja. Tambahkan beberapa palet kayu dan buat fitur taman vertikal yang indah. Taman vertikal ini sangat cocok diaplikasikan pada desain taman minimalis yang tidak memiliki banyak space. Ini adalah cara yang baik untuk menggantung tanaman jika area eksterior terbatas. 

Taman vertikal juga solusi bagi anda yang ingin menanam bunga hias, rempah-rempah atau sayur, tetapi tidak memiliki ruang untuk menanamnya. Vertical garden ini dapat terdiri dari palet yang diisi dengan tanah dan tanaman, atau palet yang hanya berfungsi sebagia jangkar tempat memasang klip penahan pot. 

Menjadi jangkar penahan pot tentu akan menambah berat palet. Jadi, pasanglah dengan amna menggunakan sekrup kayu besar atau braket logam, atau letakkan bagian bawah palet di tanah untuk membantu menahan beban. 

9. Rak sederhana

palet kayu bekas

Kayu palet bisa menjadi solusi penyimpanan outdoor yang praktis. Anda bisa mengubah kayu palet menjadi rak sederhana untuk menyimpan tanaman, peralatan berkebun, outdoor bar dan sebagainya. Anda bisa menaruh rak di tempat yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan tempat tersebut aman agar tidak merusak apapun yang ada di rak. 

10. Hiasan

palet kayu bekas

Jika anda tidak membutuhkan perlengkapan apapun, tetapi masih ingin berkreasi, anda bisa memanfaatkan kayu palet untuk dekorasi taman minimalis anda. Anda bisa membuat berbagai seni dari palet, seperti lentera kayu, gerobak kayu untuk aktivitas berkebun, hiasan dinding kayu berupa papan tulisan atau berbagai hal kreatif lainnya. 

Itu adalah berbagai ide pemanfaatan kayu palet yang bisa menjadi inspirasi anda. Ada banyak model yang mungkin bisa anda kembangkan dari ide tersebut dan tentunya tergantung kreatifitas dan selera anda. Semoga artikel ide Kayu Palet bermanfaat!.

Ref : idealhome, diytomake, themicrogardener, thespruce