11 Kesalahan Mendesain Kamar Mandi Kecil yang Harus Dihindari

Memiliki kamar mandi kecil bisa menjadi persoalan baru ketika anda kesulitan untuk merancangnya. Anda harus memanfaatkan semua space yang ada untuk kenyamanan, karena tidak ada yang menyukai ruang sempit dan anda harus memiliki segala cara untuk membuatnya tampak besar.  Disisi lain anda juga perlu menghemat budget.

Tidak ada yang ingin kamar mandi minimalisnya terlihat kecil. Kamar mandi menjadi salah satu tempat refreshing di rumah. Meski kecil, anda pasti ingin kamar mandi terasa spesial bagi anda. Kunci dari desain kamar mandi adalah perencanaan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat mendesain kamar mandi untuk membuatnya bagus dan bermanfaat di masa depan. 

Anda bisa mendesain kamar mandi kecil sesuka hati, untuk membuatnya tampak luas dan nyaman. Merenovasi kamar mandi minimalis bukanlah hal yang mudah. Kesalahan renovasi dapat menggagalkan rencana anda. Beberapa orang yang sudah melakukan hal terbaiknya, kadang mendapat hasil yang kurang sempurna. 

Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari saat mendesain kamar mandi kecil :

1. Melebihi anggaran.

renovasi kamar mandi
Banyak yang berfikir kalau kamar mandi kecil tidak membutuhkan banyak budget untuk merenovasinya. Meski begitu, sebelum memutuskan desain yang tepat, anda harus membuat rencana anggaran untuk menghindari anggaran yang berlebihan. Kebanyakan orang tidak meneliti berbagai merk dan jenis produk untuk menentukan kombinasi antara apa yang mereka sukai dengan apa yang mereka mampu untuk dibeli. 

Harga untuk beberapa perlengkapan kamar mandi, seperti pipa ledeng, ubin, meja rias, lampu, dst sangat bervariasi. Apa yang anda sukai mungkin tidak bisa dibeli, dan begitu pula sebaliknya. Itulah kenapa anda harus memiliki perencanaan yang matang agar budget yang ada dapat menciptakan desain kamar mandi yang anda inginkan. 

Jangan lupa bahwa merenovasi kamar mandi mungkin memerlukan biaya tidak terduga. Jadi, setelah anda membuat penawaran untuk kamar mandi, tambahkan 20% ke anggaran untuk kontingensi. 

2. Tata letak buruk.

layout kamar mandi
Memiliki tata ruang yang direncanakan dengan baik sangat penting untuk desain kamar mandi anda. Jadi sempatkan waktu untuk memetakan atau membuat sketsa penempatan perlengkapan seperti toilet, baskom, shower, bak mandi, wastafel dan sebagainya. Baca : 30+ Denah Kamar Mandi Minimalis Paling Diminati.

Tata letak kamar mandi yang dirancang buruk bisa menjadi kesalahan yang pada akhirnya akan mempengaruhi estetika dan aliran ruang pada konsep Yin dan Yang. Pastikan dinding atau benda pertama yang dilihat saat masuk kamar mandi enak dipandang. Anda bisa menaruh bak mandi dengan aksen indah disana. 

3. Desain serba putih.

kamar mandi minimalis

Ruangan sempit memang bisa disiasati dengan warna putih. Entah itu warna pada dinding, furniture, lantai maupun langit-langit. Namun, warna putih yang berlebihan justru tidak akan membuat tampilan kamar mandi anda tampak luas, tetapi justru monoton dan membosankan. Untuk itulah jangan takut untuk menggunakan warna gelap pada ruang kecil.

Pola yang berani pada ruangan kecil dapat membuat dampak besar pada kamar mandi minimalis anda. Jika memiliki wallpaper, gunakan warna yang serasi di langit-langit daripada hanya memberinya warna putih. Meski kamar mandi kecil, jangan segan untuk berekspresi dan membuatnya lebih modern. 

4. Kurangnya rak penyimpanan.

kamar mandi minimalis

Jika kamar mandi sudah bagus, apakah sudah berfungsi dengan baik dan memiliki tempat penyimpanan yang cukup?. Kamar mandi dilengkapi dengan berbagai perlengkapan keseharian dan produk perawatan lain. Produk yang terlalu banyak, hingga makan tempat akan membuat ruang berantakan, apalagi jika tempat penyimpanan sudah habis. 

Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan dinding untuk menaruh rak penyimpanan lain dan menata barang anda disana. Anda juga bisa memilih laci kecil untuk meja rias dan wastafel agar mudah diakses. Anda bisa memilih rak terbuka, rak tertutup maupun laci.

Jika mendesain ruang kecil, mengatur tempat penyimpanan adalah hal yang penting. Jadi anda harus lebih teliti dan cerdas untuk menambahkan penyimpanan tanpa mempengaruhi keadaan kamar mandi. 

5. Mengaplikasikan banyak benda kecil.

kamar mandi minimalis

Ruang minimalis, tentu barang di dalamnya harus minimalis. Namun, kamar mandi kecil yang dipenuhi dengan barang kecil yang terlalu banyak dapat membuat ruang terasa sesak dan berantakan. Itu adalah kesalahan umum mendesain ruang kecil, yaitu memiliki banyak barang kecil. Entah itu cermin, rak, keranjang dan sebagainya.

Anda tidak perlu memasang banyak aksesoris untuk memperindah kamar mandi anda, meski itu perlu. Rapikan barang-barang dan produk lain di rak penyimpanan dan hias kamar mandi seperlunya dengan tetap memerhatikan skala. Anda bisa menaruh satu barang besar daripada harus memenuhi kamar mandi dengan banyak barang-barang kecil.

Anda bisa mengelompokkan peralatan sesuai fungsinya, kemudian menempatkannya pada satu wadah dan menyimpannya dalam rak. Tempatkan barang-barang kecil pada rak tertutup agar ruangan tidak terlihat berantakan. 

6. Interior kurang cerah.

kamar mandi minimalis

Jika ingin ruang kecil tampak besar, maka pastikan ruangan itu cerah. Pencahayaan yang buruk di kamar mandi minimalis dapat merusak suasana. Jadi jangan lupakan pencahayaan, entah itu dari lampu atau jendela. Anda harus mengatur kedekatan lampu dengan perlengkapan kamar mandi tertentu. 

Rencanakan skema pencahayaan kamar mandi. Anda tidak harus menggunakan satu atau dua lampu downlight standar. Ada pilihan sconce dinding, atau anda bisa menambahkan skylight di atas kepala, atau anda ingin mengganti model jendela untuk menambah fungsi dan estetika?. Silahkan pilih guys!.  

7. Salah memilih cat.

Banyak orang sering membuat kesalahan dengan menggunakan cat biasa saat merenovasi kamar mandi. Contohnya area shower yang menyebabkan dinding sering basah. Untuk itu, sebaiknya gunakan cat tahan jamur untuk mencegah kerusakan yang akan terjadi. Anda juga harus menggunakan primer berbasis minyak sebelum mengecat.

8. Mengabaikan pola ubin.

keramik kamar mandi

Pilihan ubin yang tepat dapat mempercantik kamar mandi maupun merusak tampilannya. Biasanya ubin dipasang pada lantai dan dinding kamar mandi. Anda harus mempertimbangkan warna, ukuran, bahan ubin hingga warna nat yang dapat membuat perbedaan. Ubin lantai berpola dengan cetakan berani dan menarik akan menghidupkan kamar mandi anda. Baca : 82 Motif Keramik Dindind Kamar Mandi Gaya Modern.

Di kamar mandi kecil, ubin besar dapat memberikan ilusi ruang yang lebih besar jika anda menyukai tampilan batu atau marmer. Jika ingin lebih ekonomis, banyak barang serupa dari porselen yang bisa dijadikan alternatif. Kini ubin metro sangat populer dan tersedia dalam berbagai warna dan anda bisa menjadikannya pilihan. 

9. Ventilasi tidak memadai.

kamar mandi minimalis

Kamar mandi adalah lingkungan yang lembab, jadi sangat penting untuk membuat ventilasi yang memadai. Kelembaban dapat menyebabkan jamur dan lumut dari waktu ke waktu dan itu dapat merusak tampilan kamar mandi minimalis anda serta berdampak pada kesehatan keluarga.

Anda bisa menggunakan exhaust fan, tetapi sebelum itu, selalu periksa spesifikasi kipas untuk memastikannya cocok untuk kamar mandi anda. Pilih kipas yang dapat menggerakkan banyak udara dengan suara yang tidak berisik pada saat yang sama. Selain kipas, anda bisa memasang jendela pada dinding atas atau jendela yang sesuai dengan gaya kamar mandi anda. 
 

10. Melupakan aksesoris.

kamar mandi minimalis

Seperti yang sudah ditulis di awal, bahwa terlalu banyak aksesoris membuat kamar mandi tampak berantakan. Namun, jangan melupakan aksesoris sama sekali. Seperangkat aksesoris seperti vas, lilin, tanaman hias dan sebagainya, akan menambahkan sentuhan akhir yang sangat penting ke kamar mandi anda. Aksesoris adalah detail-detail kecil yang dapat menyempurnakan semuanya.

Cermin adalah salah satu contoh aksesoris kamar mandi yang praktis dan berguna. Bahkan cermin yang tepat bisa membuat ruang kecil tampak lebih besar dengan memantulkan cahaya ke sekeliling. Anda bisa membuat dinding cermin atau memasang cermin bundar besar untuk tempilan yang sedang ngetren. Cermin dengan lampu memberikan penerangan yang cukup terang untuk ber make-up maupun bercukur. 

Anda bisa memasang barang dekoratif lainnya, seperti foto atau lukisan. Namun, berhati-hatilah menggunakan barang yang tidak tahan kelembaban dan hindari sesuatu yang terlalu berharga seperti foto. 

11. Melupakan fungsi dari sebuah desain. 

Desain yang indah tapi tidak berfungsi maksimal sama saja dengan sia-sia belaka. Sebelum membeli furniture untuk kamar mandi, jangan lupakan fungsi dari desainnya. Misalnya, jangan melupakan ceruk pada pancuran atau bak mandi yang biasa dimanfaatkan untuk meletakkan botol sabun, shampoo dan sebagainya. Selain untuk kenyamanan, hal tersebut akan membuat aktivitas anda lebih praktis dan rapi. 

Itu adalah beberapa kesalahan desain kamar mandi yang harus dihindari, karena bisa mengurangi keindahan kamar mandi anda. Selain itu, ada beberapa kesalahan yang mungkin belum disebutkan dalam artikel ini, seperti kesalahan pemasangan saluran air shower, sistem pancuran, kepala pancuran, hingga ukuran pipa ledeng. Untuk itulah sangat penting untuk berkoordinasi dengan tukang ledeng atau profesional untuk hasil maksimal. Semoga bermanfaat!

Ref : mydomaine, bigbathroomshop, realhomes, clark.