Harga Selangit, Ini 14 Tanaman Hias Favorit untuk Interior

Tanaman hias sekarang menjadi buruan banyak orang. Viralnya janda bolong membuat banyak hunian ramai-ramai melakukan penghijauan rumah dengan menaruh berbagai tanaman hias disana. 

Bagi yang memiliki taman di depan rumah, memiliki tanaman hias pasti menjadi faktor penting yang harus ada. Jika anda ingin kesegaran yang lebih menyeluruh, anda bisa membuat taman indoor atau menaruh satu-dua tanaman hias di pojok ruangan atau di dekat jendela. 

Tanaman hias kini bukan hanya bermanfaat sebagai penghias hunian saja, tetapi juga menjadi hobi baru banyak orang. Maka jangan heran ada yang rela membeli tanaman hias dengan harga mahal, mencapai jutaan rupiah. Ada yang berfikir harga tersebut masuk akal, ada juga yang berfikir tidak demikian. 

Tentu ada beberapa faktor yang menentukan harga tanaman hias, yaitu varietas tanaman, faktor pertumbuhan, mutasi, jenis, populasi dan keunikannya. Semakin sulit ditemui, semakin sulit dirawat, semakin cantik rupanya, semakin langka jenisnya, pasti harganya selangit, bahkan bisa saja tidak dijual. 

Nah, berikut beberapa tanaman hias harga mahal, tetapi masih menjadi favorit banyak orang dan desainer interior untuk mempercantik interior rumah. 

1. Pohon Kemuning / Ketapang Biola / Mature Fiddle lead fig tree

tanaman hias indoor
Tanaman hias ini sangat disukai oleh para desainer interior karena bentuknya seperti pohon minimalis berdaun lebar. Di dalam hutan hujan tropis, tanaman ini mampu tumbuh hampir 15 meter. Sedangkan dalam kondisi ruangan yang baik bisa tumbuh hingga 3 meter. Daunnya yang besar dan kokoh sangat menarik minat banyak orang. 

Biasanya tanaman ini mulai diburu saat masih berumur muda. Tanaman hias mahal ini tidak bersahabat dengan cuaca kering, berangin, tanah yang terlalu basah atau terlalu kering, rentan terhadap sinar matahari langsung tetapi juga tidak bisa kekurangan sinar matahari. Jadi sangat cocok untuk dipajang pada interior rumah anda.  

Harga : Tanaman yang akrab disebut dengan Mature Fiddle lead fig tree ini dijual dengan harga sekitar 1,1 juta hingga 4 juta ke atas. 

2. Janda Bolong / Variegated Monstera

tanaman hias viral

Tanaman ini sempat eksis pada tahun 2020 dan banyak jadi incaran banyak orang di Indonesia. Bukan hanya karena namanya yang unik dan nyleneh, tetapi karena bentuk khas tanaman yang sangat cantik. 

Ciri khas tanaman Janda Bolong adalah adanya lubang-lubang pada permukaan daun yang membentuk jari-jari, tetapi pada jenis lain lada yang bentuk dan ukuran bangnya berbeda, ada juga yang tidak memiliki lubang. 

Tanaman hias kekinian ini memiliki berbagai jenis, seperti monstera borsigiana, monstera delicosa, monstera adansonii dan sebagainya. Dari berbagai jenis tanaman janda bolong (monstera), jenis monstera variegata bisa dikatakan yang paling populer dan mahal. 

Monstera variegated adalah salah satu jenis janda bolong dengan warna unik yang jarang ditemui di pasaran. Janda Bolong satu ini memiliki warna putih yang mendominasi setengah bagian daunnya dengan corak beragam, membuatnya sangat unik dan cantik untuk mewarnai interior rumah. 

Harga : Varietas janda bolong yang terbilang langka ini dijual dengan harga mulai 10 juta hingga 70 juta rupiah. 

3. Hoya Compacta

tanaman hias gantung

Selain Janda Bolong, tanaman hias Hoya Compacta ini ternyata tak kalah populer dari segi kecantikan dan harganya. Tanaman dari Asia ini juga akrab disebut Hoya Carnosa 'Compacta'. Berbeda dari sebelumnya, ini adalah tanaman rambat dengan ciri khas daun yang hijau berisi, mengkerut, melengkung dan mengkilap. 

Hoya Compacta ini dapat terus tumbuh memanjang menyerupai tali tebal yang melingkar, sehingga cocok untuk diaplikasikan pada area teras rumah atau di dekat jendela dengan pot gantung. Tanaman indoor ini juga memiliki bunga berwarna merah muda yang semakin mempercantik tampilannya. 

Harga : Harga tanaman ini beragam, ada yang dibawah 100 ribu hingga 2 juta. Namun ini adalah tanaman termahal di situs Trade Me pada tahun 2020 dengan harga $6500, sekitar 91 juta rupiah. 

4. Alocasia Azlanii / Red Mambo

tanaman hias daun

Sekilas daun tanaman hias ini mirip keladi, tetapi jika bicara warna, Red Mambo pantas menjadi tanaman hias termahal selanjutnya. Alocasia Azlanii ini memiliki daun hijau tua dengan warna urat daun berwarna-warni seperti merah jambu, ungu dan pink. 

Tanaman cantik dan unik yang berasal dari Malaysia ini jarang ditemukan di toko tanaman hias maupun tempat pembibitan. Maka jangan heran kalau harganya mahal. 

Harga : Harga tanaman ini sekitar 8 juta rupiah. Harga tanaman yang mulai terlihat warna urat daun yang bervariasi bisa dihargai lebih tinggi. 

5. Mini Monstera / Philodendron Minima

tanaman hias daun

Tanaman ini sebenarnya banyak tumbuh di alam liar dan bisa tumbuh panjang hingga lima meter. Tanaman kecil ini memiliki daun berupa jari-jari lebar yang unik dan indah dipandang. Tanaman ini ada yang berwarna hijau saja, ada pula yang berwarna hijau dan kuning.

Philodendron ini juga memiliki banyak jenis seperti Philodendron Birkin, Philodendron Pink Princess, Philodendron Florida Beauty, Philodendron Joepii, dan sebagainya. Tentu saja jenis-jenis yang lain berbeda bentuk dan harga dengan Philodendron Minima. Tanaman ini sangat populer lho. Bahkan keindahan urat-urat daunnya membuat tanaman ini banyak diburu kolektor tanaman hias. 

Harga : Philodendron Minima hanya memiliki 4 lembar daun dan dijual dengan harga sekitar 700 ribu hingga 114 juta rupiah. Sedangkan harga jenis yang lain juga mencapai jutaan rupiah. 

6. Mawar Juliet / Juliet Rose

tanaman hias indoor

Dari banyak mawar yang ada di bumi, sepertinya hanya mawar juliet yang bisa membuat orang menangis karena harganya. Mawar juliet memang berbeda dengan bunga mawar lain. Mawar juliet memiliki warna merah jambu yang lembut, kelopak yang tebal berbentuk indah, susunan kelopak-kelopaknya dan aromanya yang khas. 

Juliet Rose juga tidak bisa hidup di sembarang tempat, karena bunga ini hanya bisa mekar dengan bantuan badai dan membutuhkan waktu lama untuk panen bunga ini, yang kabarnya bisa puluhan tahun lho!. Bunga ini sering dihadirkan pada momen-momen spesial, seperti pernikahan, perayaan keagamaan dan sebagainya. 

Bunga yang dijuluki '$3 milion rose'  ini memang tidak bisa tumbuh di sembarang tempat. Biaya bidudaya mawar juliet yang dibudidayakan David Austin ini konon mencapai 200 M rupiah lebih!. Waow!.

Harga : Awal kemunculannya, bunga ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 57 Milyar. 

7. Shenzhen Nongke Orchid

tanaman hias bunga

Anggrek hasil budidaya perusahaan agrikultur Shenzhen Nongke ini disebut-sebut sebagia anggrek termahal di dunia. Anggrek unik ini memiliki lima kelopak dengan warna kuning kejihauan dengan bagian lidah berwarna merah hati dan putih. 

Anggrek budidaya ini sangat langka karena memiliki estetika warna indah dan aroma yang khas. Anggrek ini dibudidayakan selama delapan tahun dan setelah ditanam, harus menunggu sekitar 4-5 tahun untuk mekar. Keindahan dan kesabaran ektra'pun menjadikan anggrek langka ini sebagai anggrek termahal di dunia. 

Harga : Anggrek ini pernah dilelang pada tahun 2005 dengan harga sekitar 2 miliar rupiah. 

8. Gold of Kinabalu Orchid

tanaman hias gantung

Seperti namanya, anggrek ini hanya tumbuh di Taman Nasional Kinabalu, Malaysia dan hanya tumbuh di bulan April-Mei. Seperti sebelumnya, setelah ditanam, anggrek ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mekar. Bunga langka yang hampir punah ini memiliki kelopak hijau berbintik-bintik merah dalam pola yang unik, membuatnya sangat didambakan banyak orang. 

Harga : Kelangkaannya membuat anggrek ini dihargai sekitar 70 juta rupiah. 

9. Bunga Kadupul

tanaman hias gantung

Sebagian orang menyebut bunga ini adalah bunga terindah di dunia yang hanya tumbuh di Sri Lanka. Bunga cantik ini berwarna putih dan mirip dengan bunga Wijaya Kusuma. Uniknya, bunga ini hanya berbunga setahun sekali dan mekar hanya dua jam saja antara jam 10-11 malam!. Waktu untuk melihat bunga ini sangat berharga, memasukkannya dalam deretan bunga mahal di dunia. 

Harga : Bunga yang mekar hanya dua jam dalam setahun di malam hari ini tidak ternilai harganya. Biasanya orang-orang datang ke Sri Lanka untuk melihat fenomena tersebut pada akhir Juni atau awal Juli.

10. Old Pine Bonsai

tanaman hias indoor

Bukan rahasia lagi kalau bonsai selalu menjadi tanaman hias dengan harga mahal. Bonsai adalah tanaman berupa pohon yang dikerdilkan. Banyak model dan jenis bonsai yang bisa pilih. Bonsai memang dibentuk untuk menarik perhatian. Keseimbangan antara daun, tangkai dan akar serta pemeliharaan yang tak mudah, membuat harga jual bonsai mahal. 

Harga : Bonsai termahal adalah pinus putih berusia ratusan tahun yang dijual seharga 18 miliar. Sedangkan harga bonsai pada umumnya ada yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

11. Anthurium Jenmani

tanaman hias daun

Anthuriun adalah salah satu tanaman hias favorit masyarakat Indonesia. Tanaman yang dikenal juga dengan kuping gajah ini memiliki banyak jenis, seperti anthurium superbum, anthurium hookeri, anthurium keris, anthurium corong dan sebagainya. Diantara semua jenisnya, anthurium jenmanii memiliki harga termahal. 

Anthurium jenmanii banyak dicari orang-orang karena daunnya yang kokoh dan elegan. Anthurium jenmanii sendiri juga ada jenis-jenisya hasil dari persilangan, yaitu jemani cobra, jemani jaipong, jemani tanduk dan jemani mangkuk. Perbedaan jenis anthurium tersebut tentu dari bentuk daun dan kelangkaannya. 

Harga : Anthurium Jenmani harganya bervariasi tergantung jenis. Ada yang ratusan ribu hingga mencapai 70 juta rupiah. 

12. Anggrek Hitam Papua

tanaman hias indoor

Indonesia juga memiliki anggrek khas dari tanah timur yaitu anggrek hitam Papua. Tanaman endemik ini sangat terbatas dan jarang ditemukan di tempat lain, membuat harganya fantastis. Anggrek ini memiliki labellum putih dengan bintik-bintik merah muda di tepinya dan warna hitam di ujungnya. Callus berwarna kuning dengan corak hitam di tengahnya. 

Menurut BBKSDA (Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Papua Barat, anggrek ini sangat langka dan untuk memastikan keasliannya harus dilakukan pengecekan sampel organ vegetatif dan generatif anggrek. Umumnya, informasi yang muncul tentang anggrek tersebut adalah Anggrek Hitam Kalimantan (Coelogyne pandurata Lindl), yang sudah dikenal dunia Internasional.  Sehingga banyak yang dirugikan dengan informasi tersebut. 

Tahun 2001-2015, ada jenis anggrek (Cymbidium Kiwi Midnight 'Geyserland') silangan asal Amerika Serikat yang disebut-sebut sebagai anggrek hitam Papua. Selain itu memang banyak masyarakat lokal yang mengaku anggreknya adalah anggrek hitam papua, tetapi sampai saat ini belum ada anggrek yang dikenal dunia Internasional sebagai anggrek hitam papua asli. 

Harga : Kabarnya anggrek hitam papua yang langka ini dihargai hingga 100 juta rupiah.

13. Sansivera

tanaman hias indoor

Tanaman lidah mertua ini juga populer di kalangan kolektor tenaman hias. Bahkan banyak hunian yang menjadikan lidah mertua sebagai penghias taman maupun interior, mengingat manfaatnya sebagai pembersih udara alami terbaik sekaligus pemasok oksigen yang melimpah. 

Seperti tanaman hias lain, sansivera juga memilii banyak jenis yang tersebar di seluruh dunia, seperti sansivera bagamoyensis, star sansicera, sansivera eilensis, sansivera pagoda dan sebagainya. 

Harga : Harga bervariasi, ada yang murah, ada pula yang sampai tembus ratusan juta. Jenis agave purposum varigata adalah jenis langka yang mengalami mutasi dengan harga sekitar 125 juta rupiah. Bahkan ada juga jenis lidah mertua yan per daun dijual 10 juta rupiah. 

14. Aglaonema Golden Hope

tanaman hias daun

Bersamaan dengan hadirnya janda bolong, minat terhadap aglonema juga meningkat, karena tanaman hias indoor satu ini memiliki daun cantik dengan corak dan warna yang bervariasi. Aglaonema memiliki banyak jenis, seperti moonlight, pictum tricolor, bidadari, khanza, lotus delight dan sebagainya, tetapi yang paling mahal adalah golden hope. 

Varian aglaonema golden hope muncul pada September 2020 melalui persilangan oleh Greg Hambali. Daunnya memiliki warna bervariasi dengan urat daun yang berbeda dari jenis aglaonema lainnya. 

Harga : Aglaonema dijual dengan harga mulai 500 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenisnya. Sedangkan golden hope harganya sekitar 102 juta hingga 2,4 miliar rupiah. 

Itu adalah beberapa tanaman hias berharga mahal yang menjadi idaman banyak orang, meski ada beberapa yang sulit didapat. Masih banyak tanaman yang memiliki harga selangit, seperi tanaman rempah saffron crocus, sansivera kirkii silver blue dan sebagainya.

Tanaman hias memang banyak, mulai dari yang murah hingga mahal. Untuk itulah sebelum membeli tanaman hias, anda harus mempertimbangkan matang-matang, apalagi jika anda seorang kolektor tanaman. Banyak tanaman memiliki bentuk dan rupa yang hampir sama, tetapi beda jenis. Sedangkan harga kebanyakan ditentukan dari jenisnya. Jadi, sebaiknya cari informasi sebanyak-banyaknya dulu  ya guys!.