Tak Selalu Kuno, Ini 20 Ide Kanopi Tempat Tidur Terbaik Masa Kini

Kanopi tidak hanya untuk teras loh. Kanopi tempat tidur ternyata sudah dikenal lama. Jika dulu tempat tidur dengan tirai menjadi hal wajib, kini kamar tidur yang dilengkapi tirai memang kurang diminati. Beberapa orang berfikir bahwa kamar tidur bertirai atau berkanopi hanya khusus kamar anak-anak. 

Dulu, tempat tidur yang dilengkapi tirai merupakan standar khusus kamar tidur untuk membuat pemiliknya nyaman. Selain disebut kuno, banyak yang berfikir bahwa kamar bertirai adalah ciri khas hunian bangsawan Eropa. Meski sudah jarang yang menggunakan tirai, benarkah keberadaannya sudah tidak diminati?.

Tentu tidak. Tirai kamar tidur banyak diaplikasikan pada rumah-rumah yang biasanya berlokasi jauh dari kota. Selain itu, tirai sering digunakan pada rumah modern untuk kamar bayi dan anak-anak. Selain berfungsi untuk mencegah masuknya nyamun dengan cara aman, adanya tirai juga membuat anak-anak perempuan berada di surga impian mereka.

Keindahan rumit di tiang kanopi tempat tidur dulu menjadi penanda kekayaan seseorang, tetapi sekarang tidak lagi. Kini tempat tidur bertirai kembali populer dalam dekorasi kontemporer. Tempat tidur yang indah, elegan dan sangat terjangkau dapat mengubah kamar tidur biasa anda menjadi layaknya negeri dongeng. 

Berikut beberapa contoh desain kanopi tirai kamar tidur kontemporer yang bisa dijadikan inspirasi :

desain kamar tidur
Memiliki ranjang dengan tirai tidak akan membuat desain kamar tidur anda tampak kuno jika anda bisa mendesainnya lebih modern. Tempat tidur kanopi diatas menawarkan tampilan segar ke dalam hunian modern. Warna yang netral membuatnya bisa dipasangkan dengan semua furniture, membuat interior lebih elegan, mewah dan romantis. 

desain kamar tidur

Tempat tidur pada gambar diatas memiliki nuansa minimalis dengan atap anyaman. Sedangkan tirai bergelombang menjadikannya titik menarik di dalam ruangan. Interior yang mewah dan penuh warna menambah kesan mewah yang sempurna untuk ruangan kamar yang besar dan lapang. Tempat tidur kanopi ini sangat cocok untuk penggemar desain kontemporer yang menyukai sedikit kemewahan. 

desain kamar tidur

Tidak selalu memerlukan ruangan luas agar tempat tidur anda cocok dipasang kanopi. Faktanya, banyak orang tidak memiliki kamar yang luas, tetapi memiliki model kanopi modern yang dibuat sesuai dengan ruang kecil. Model tiang tirai kamar tidur diatas cocok untuk desain sempit maupun luas. 

desain kamar tidur

Kanopi modern tidak selalu berbentuk bujur sangkar. Model kanopi tirai kamar tidur bisa dimodel dramatis berbentuk ring dan dua sisi tirainya disampirkan melalui cincin di atas kepala. Tirai hitam putih diaplikasikan untuk menambah kesan grafis. 

desain kamar tidur

Kamar tidur bertirai tidak hanya untuk wanita dan anak-anak saja. Anda bisa mendesainnya dengan gaya modern yang maskulin dan warna berani. Furniture kayu dan tiang kanopi yang dalam, menciptakan nuansa kontemporer yang indah. Tirai tipis dapat menciptakan suasana privat dan romantis. 

desain kamar tidur

Rangka tempat tidur yang lebih tipis berwarna putih sangat cocok digunakan pada desain kamar tidur minimalis. Bahkan ini adalah salah satu solusi jika anda ingin memasang tirai di ruang sempit. Memilih bingkai logam adalah cara yang harus dilakukan jika anda menyukai dekorasi industrial, meski hal tersebut juga cocok digunakan dalam tema apapun. Desain klasik dan bersih memungkinkan anda untuk memilih model tirai sesuai selera. 

desain kamar tidur

Model tirai kamar tidur diatas yang sangat simple membuat siapapun merindukan liburan di vila tepi laut, dimana tirai akan bergerak mengikuti arah angin. Material kayu natural memberi kesan hangat dalam ruangan. Jika anda ingin desain seperti diatas, pastikan memiliki jendela yang cukup lebar untuk arah keluar masuk angin. Ide yang menarik adalah menampatkan ranjang tersebut di lantai atas, dengan kamar tidur yang berbatasan dengan balkon. 

desain kamar tidur

Kamar sempit dengan langit-langit yang rendah pasti akan membingungkan jika anda ingin memasang rangka kanopi kayu. Oleh karena itu, kombinasi kayu dan logam tersebut memastikan bahwa anda masih punya cukup ruang untuk menggantung tirai.  

desain kamar tidur

Langit-langit yang rendah memang merepotkan untuk memasang tirai, karena ukurannya pasti tidak pas. Solusi yang bisa digunakan adalah hanya memasang batang besi di langit-langit untuk menyampirkan tirai. Kamar tidur sederhana anda mungkin tampak seperti tenda kecil, tetapi hasilnya pasti unik dan romantis. 

desain kamar tidur

Fokus kamar tersebut adalah pada ukiran dan bahan tiang yang pastinya tidak murah. Sehingga tak mengherankan jika tempat tidur diatas adalah ranjang gaya klasik super mewah. Banyak detail dan ukiran yang bisa anda pilih jika menyukai desain kanopi tempat tidur tersebut. 

desain kamar tidur

Berbeda dari sebelumnya yang serba kayu, anda bisa juga memilih bahan logam untuk kanopi tempat tidur. Jika anda tinggal di daerah perkotaan dan menginginkan kamar tidur tetap rapi dan tampil stylish, tiang kanopi logam putih ukuran penuh sangat cocok untuk digunakan, serta membuat ruangan tampak lebih lapang. Anda'pun bisa memilih ingin memasang tirai ataupun tidak, karena keduanya tidak akan mengurangi kesan mewah pada kamar anda. 

desain kamar tidur

Meski suka desain klasik, tidak semua orang menyukai desain sederhana. Jadi, anda bisa menambahkan material ke dalamnya. Beberapa kanopi abad pertengahan menggabungkan logam dan kayu dan itu menjadikan konstruksi cantik yang dapat di dekorasi dengan tirai pilihan anda. 

desain kamar tidur

Bagi yang suka furniture gaya industrial, kanopi tempat tidur berbahan logam hitam adalah pilihan yang tepat. Anda akan mendapatkan gaya elegan, terlebih jika memadukannya dengan seprai putih. Tiang kanopi tipis dengan garis tajam tersebut tidak akan memakan banyak tempat, sehingga cocok juga untuk desain kamar tidur minimalis. 

desain kamar tidur

Seperti sebelumnya, tempat tidur diatas juga menggunakan logam hitam dan sprei putih. Tempat tidur tersebut tampak elegan karena rangka hitamnya dilengkapi dengan tirai putih tipis dan lampu gantung kecil yang tergantung diatasnya. Garis - garis lampu gantung dan tiang tentu tidak akan mengganggu tampilan desain interior. Tempat tidur dan ruangan yang putih memberikan skema warna mencolok dan lantai kayunya menambah nuansa pedesaan yang tepat. 

desain kamar tidur

Ini adalah salah satu ide tepat tidur kanopi untuk anak-anak. Rangka mengerucut di tengah ruangan akan membuat kamar seperti tenda kecil, yang tentunya disukai anak-anak. Tirai yang digunakan juga tidak tipis, agar anak-anak bisa berimajinasi secara privasi di dunia fantasinya.

desain kamar tidur

Tirai tidak harus menutup semua bagian kanopi. Anda bisa tidak menggunakan bagian atasnya seperti gambar diatas. Warna tirai merah mencolok bermotif bunga pada logam tipis, dengan furniture klasik adalah kombinasi yang tepat untuk menciptakan gaya sederhana yang mewah. 

desain kamar tidur

Batang logam tipis dan kanopi ranjang yang tinggi dapat menciptakan suasana lapang dalam ruangan. Pastikan menggunakan tirai cerah untuk dekorasi karena sangat kontras dengan logam hitam. Desain sederhana ini akan mempertahankan kesan minimalis kamar tidur anda. 

desain kamar tidur

Desain cerah pada kamar tersebut membuatnya tampak lembut dan menyenangkan. Dominasi warna putih dapat mengundang cahaya masuk dan cermin di dinding dapat memantulkan cahaya, membuat interior kamar tidur minimalis menjadi lapang dan mewah meski tiang kanopinya sederhana.

desain kamar tidur

Warna abu-abu adalah warna netral yang bisa dikombinasikan dengan warna apapun. Tiang gelap bertirai abu-abu dengna prei putih adalah perpaduan warna yang tepat jika anda suka nuansa dingin dalam kamar tidur. 

desain kamar tidur

Mungkin bagian atas kanopi mengingatkan anda pada tudung bayi. Menggunakan bentuk seperti itu pada bagian atas kanopi juga tidak ada salahnya jika anda ingin menciptakan nuansa klasik. Kombinasikan dengan tirai putih tipis agar garis gelap logam mempertajam struktur desain. Jangan lupa menyesuaikan furniture kayu untuk membuatnya lebih sempurna. 

Itu adalah 20 ide kanopi yang bisa dijadikan inspirasi untuk memasang tirai kamar tidur anda. Sebelum menentukan modelnya, sebaiknya tentukan dulu material apa yang ingin digunakan, kayu atau logam, kemudian sesuaikan bentuknya dengan gaya interior rumah anda. 

Dulu kanopi tempat tidur sangat disukai oleh kalangan kelas atas. Kanopi kamar tidur ada adalah simbol status yang dibuat khusus untuk membuatnya istimewa. Kini kanopi kebih berperan pada manfaat dan dekorasi. Jadi, jangan takut terlihat kuno jika anda memiliki kamar tidur bertirai dengan desain ala vila-vila modern. Semoga artikel Ide Kanopi Tempat Tidur bermanfaat!

Related Posts