Selain Putih, Ini 15 Warna Terbaik untuk Kamar Mandi Kecil

Kebanyakan kamar mandi menjadi ruangan terkecil di rumah. Meski kecil, kamar mandi adalah salah satu elemen penting yang harus ada di dalam sebuah hunian. Bahkan banyak yang menyebut, kamar mandi adalah cerminan dari penghuni rumah. Jadi, kebersihan dan kenyamanan kamar mandi harus selalu diperhatikan. 

Memiliki desain kamar mandi kecil bukan berarti anda tidak dapat mengubahnya menjadi ruangan yang menarik. Kamar mandi terkecil'pun dapat dengan mudah berubah cantik dengan penambahan warna-warna cerah dan berani jika dilakukan dengan benar. Skema warna kamar mandi dapat memiliki efek mendalam pada suasana ruangan secara mendalam. 

desain kamar mandi minimalis
Mitos bahwa cat warna putih bersih akan membuat ruangan mungil terasa jauh lebih besar adalah desain kuno. Meski benar, warna putih bukan satu-satunya pilihan untuk menciptakan kesan lapang, indah dan cantik di dalam ruangan sempit. Terkadang, cara terbaik membuat kamar mandi terasa lebih luas adalah mempercantiknya dengan warna gelap, cerah, atau eksperimental. 

Sebelum menentukan warna pada kamar mandi, anda harus memastikan apakah ada cahaya alami yang cukup atau tidak, karena warna cat yang tepat dapat membuka ruang dan membantu menciptakan ilusi ruang yang cukup terang. Langkah pertama dalam mendekorasi kamar mandi adalah memahami pilihan pencahayaan yang anda miliki (alami, aksen overhead).

Berikut 15 ide warna kamar mandi kecil yang perlu dipertimbangkan saat merombak atau menyegarkan ruang kamar mandi sempit anda :

1. Ungu Mellow

desain kamar mandi minimalis

Warna ungu menunjukkan keinginan untuk individualitas dan petualangan. Ungu mellow, ungu muda atau ungu lavender dapat mengubah kamar mandi menjadi tempat dengan suasana lembut. Kombinasi dengan warna putih, dengan kaca dan jendela sebagai cahaya alami, akan membuat kamar mandi tampak lapang.

2. Terong Gelap

desain kamar mandi minimalis

Menggunakan warna ungu terong yang gelap untuk desain kamar mandi sempit mungkin terlalu berani, tetapi konsep ini bisa sangat indah jika anda memadukannya dengan perlengkapan berwarna putih, seperti furniture dan aksesoris. 

3. Abu-abu Muda

desain kamar mandi minimalis

Abu-abu sering dianggap warna membosankan, tetapi abu-abu terang dalam desain kamar mandi sempit akan membuatnya indah, elegan dan unik. Warna abu-abu adalah warna netral yang cocok dengan warna apapun. Jika anda mencari tampilan yang lembut, bersahaja dan tradisional, abu-abu muda / pucat adalah warna yang sempurna. Anda bisa mengkombinasikan dengan aksen warna biru tua dan emas lembut. 

4. Abu-abu Gelap

desain kamar mandi minimalis

Abu-abu tidak berarti warna yang ringan dan lembut, tetapi anda bisa menggunakannya untuk gaya yang lebih gelap dan lebih modern. Warna abu-wabu gelap dapat menambah suasana personal dan modernitas. Dengan tambahan aksen putih pada lantai, plafon dan aksesoris lain membuatnya menjadi tempat sempurna untuk mengakhiri hari yang berat. 

5. Hijau Hutan

desain kamar mandi minimalis

Desain kamar mandi yang hidup bisa ditemukan dengan menggunakan warna hijau gelap. Warna berani ini dapat membuat perpindahan yang kuat dari segi desain pada ruang sempit. Warna hijau gelap yang condong ke warna pepohonan dapat membuat tampilan kamar mandi terasa lebih segar dan nyaman. Meski dipasangkan dengan perlengkapan warna putih, dapat membuat ruangan tetap ringan dan lapang. 

6. Hijau Muda

desain kamar mandi minimalis

Jika ingin menciptakan ruang seperti spa di rumah, tambahkan warna hijau muda seperti hijau mint ke dalam desain kamar mandi anda. Ubin hijau muda terasa sangat bersih dan menyegarkan, terutama jika dipadukan dengan detail kayu. Untuk tampilan sederhana dan lembut, aplikasikan dengan aksen putih. 

7. Merah Anggur

desain kamar mandi minimalis

Ruangan yang netral akan menjadi ruangan penuh semangat dengan penambahan warna merah anggur yang menyelinap di balik warna putih. Dinding putih dan cermin besar dapat menipu mata bahwa ruang kecil ini lebih besar dari yang sebenarnya. Menggunakan warna merah anggur adalah keseimbangan yang sempurna untuk desain kamar mandi yang unik dan mewah. 

8. Merah Muda

desain kamar mandi minimalis

Menurut teori warna, merah muda dianggap warna untuk mewakili mewakili cinta dan kedamaian batin. Warna ini sangat tepat untuk desain kamar mandi sempit jika anda menginginkan ketenangan. Merah muda adalah warna yang bagus untuk menambahkan sedikit dimensi dan kedalaman pada ruang. Meski tampak hampir putih, semburat warnanya cukup untuk memberikan kilau yang nyaman di dalam kamar mandi sempit anda. 

9. Oranye Terang

desain kamar mandi minimalis

Seperti warna merah anggur yang tajam di antara warna netral, anda bisa melakukan hal yang sama untuk warna oranye. Warna oranye adalah warna yang berani, sekaligus bisa menjadi kanvas yang bagus untuk bermain dengan bentuk dan tekstur di seluruh ruangan. Warna terbaik di ruangan kecil sering kali menjadi warna yang paling jelas dan warna oranye seperti gambar diatas dapat mengubah kamar mandi kecil membuatnya lebih besar dari aslinya. 

10. Biru Tua


desain kamar mandi minimalis

Desain interior warna biru tua dan putih adalah kombinasi warna yang tidak pernah ketinggalan zaman. Banyak orang tertarik dengan cita rasa maskulin dari desain berpenampilan tegas ini. Menambahkan aksen kayu semakin memperjelas kesan minimalis, bersih dan nyaman. 

11. Biru Langit

desain kamar mandi minimalis

Dinding ubin kaca biru langit memberikan kualitas reflektif air di kamar mandi sederhana ini sekaligus menawarkan tempat yang tenang. Furniture kayu menambahkan kesan hangat dalam ruangan. Sedangkan cermin besar dan kombinasi dinding putih membuat ruangan tampak lapang dengan sentuhan warna samudra. 

12. Teal

desain kamar mandi minimalis

Warna teal yang cerah untuk dinding dan langit-langit dan membiarkan bagian bawah berwarna putih akan membuat perlengkapan dalam kamar mandi kecil lebih menonjolr dan terlihat cantik. 

13. Krem

desain kamar mandi minimalis

Nuasnsa krem yang terang sangat bagus untuk mencapai suasana santai, lembut dan ramah di kamar mandi, membuat anda terasa sedang spa. Jika menggunakan krem saja tanpa warna lain, anda akan mendapatkan ruang yang sangat lembut. Jika menambahkan putih, akan menyegarkan ruang dan jika anda menambahkan warna berani seperti hitam, merah anggur dan coklat, anda akan mendapatkan desain kamar mandi kecil yang dramatis. 

14. Cokelat Gelap 

desain kamar mandi minimalis

Maksud cokelat gelap ini adalah chocolate brown. Jika sudah mengaplikasikan warna coklat, anda pasti membayangkan kayu alami dan elemen dekoratif lainnya dari bahan kayu. Warna coklat gelap ini sangat cocok bagi anda yang tidak terlalu menyukai perubahan. Coklat adalah warna netral dan menciptakan rasa ketenangan. Desain kamar mandi warna coklat tidak akan membuat anda bosan dan anda hanya perlu mengganti aksesoris saja dari waktu ke waktu. 

15. Kuning Neon

desain kamar mandi minimalis

Kuning menambahkan sedikit keceriaan pada kamar mandi, entah itu warna pastel untuk tampilan lebih kasual, atau warna emas untuk gaya yang lebih mewah. Warna dinding kuning cerah yang mengkilap dan sedikti sentuhan kuning pada wastafel dan peralatan lain akan menambahkan sentuhan yang menyenangkan. Kombinasikan warna kuning dengan warna netral untuk warna yang bersinar cerah. 

Warna-warna tersebut dapat membuat kamar mandi terasa cerah, berenergi, tenang dan rileks, atau diantaranya. Pada desain kamar mandi kecil, beberapa sentuhan warna bisa membuat ruangan terasa lebih personal. Banyaknya kombinasi untuk dipilih, menentukan pilihan warna yang pas mungkin membingungkan. 

Untuk mempersempit pilihan anda, pertimbangkan keseluruhan yang ingin anda ciptakan. Anda harus mempertimbangkan berbagai elemen termasuk warna cat, ubin, perlengkapan lampu, permadani dan aksesoris lain seperti handuk tangan dan benda-benda dekoratif. Kuncinya, anda harus berkreasi mencapai keseimbangan yang tepat. Semoga artikel Warna Terbaik untuk Kamar Mandi Kecil bermanfaat!.