Tips Feng Shui untuk Pemula & Pengaplikasiannya Pada Hunian

Tidak sedikit orang yang membangun rumah dengan memperhatikan Feng Shui. Dalam budaya Tiongkok, Feng Shui mempelajari bagaimana energi alam semesta dan lingkungan sekitar saling mempengaruhi hidup dan keberuntungan. Kini, budaya yang sudah ada sejak 6000 tahun silam itu digunakan untuk desain tata kota, monumen, gedung dan rumah hunian. 

Di dalam Feng Shui dikenal istilah energi Chi (Qi). Chi mencangkup segalanya, termasuk energi listrik hingga kuman penyebab sakit. Chi juga bisa berupa sesuatu yang bukan benda atau bahkan juga keadaan pikiran manusia. Energi Qi yang baik, bisa muncul dari harapan akan sesuatu yang baik juga. Misalnya, untuk meningkatkan cinta dan keharmonisan, maka di dalam rumah dipasang dekorasi berupa tulisan Love and Harmony.

Harapan kecil berupa benda dekorasi tersebut merupakan energi positif yang bisa muncul dalam rumah. Jika suatu saat keadaan rumah sedang tidak harmonis, simbol cinta dan keharmonisan akan menjadi alarm pengingat. Inilah yang dinamakan Qi, energi tidak kasat mata.  

Elemen Feng Shui

feng shui
Dalam Feng Shui, ada lima elemen yang berasal dari filosofi Tao. Sistem ini melihat pada siklus alam dan bagaimana mereka bekerja sama agar seimbang. Lima elemen tersebut adalah tanah, logam, air, kayu dan api. Setiap elemen dikaitkan dengan kualitas tertentu, warna dan bentuk yang dapat digunakan sebagai elemen desain jika anda ingin meningkatkan kualitas tersebut di dalam rumah anda. 


1. Tanah
  • Lambang : Perawatan diri, batasan dan makanan. 
  • Warna : Kuning, oranye dan coklat.
  • Bentuk : persegi dan flat.
  • Tips : Tambahkan elemen tanah pada hunian dengan permadani persegi warna kuning atau meja persegi panjang solid. 

2. Logam
  • Lambang : Kegembiraan, keindahan, presisi.
  • Warna : Putih, abu-abu dan metalic.
  • Bentuk : Melingkar
  • Tips : Untuk menambahkan logam ke ruangan, tambahkan lampu logam bulat. 

3. Kayu
  • Lambang : Pertumbuhan, penyembuhan dan vitalitas.
  • Warna : Hijau, biru dan hijau kebiruan.
  • Bentuk : Tinggi dan bentuk kolom.
  • Tips : Gunakan tanaman hias hijau kedalam hunian.

4. Api
  • Lambang : Gairah, inspirasi dan visibilitas.
  • Warna : merah dan oranye terang. 
  • Bentuk : Segitiga.
  • Tips : Lampu adalah cara yang bagus untuk menambahkan elemen api ke rumah.

5. Air
  • Lambang : Kebijaksanaan yang dalam, serta hubungan dengan orang lain dan dunia sekitar.
  • Warna : Hitam dan biru tua.
  • Bentuk : Bergelombang.
  • Tips : Tambahkan air mancur atau karya seni dengan gambar yang berhubungan dengan air. 

Commanding position (posisi komando) adalah salah satu dasar fundamental dalam Feng Shui. Sangat penting bahwa tata letak perabot, barang dan semua yang ada di rumah dalam kendali, karena masing-masing mewakili aspek penting dalam hidup anda. 
feng shui
Untuk mengatur perabot dan barang lain di rumah anda, pastikan anda dapat melihat pintu secara langsung, tanpa segaris dengan itu. Dengan begitu, anda memiliki pandangan yang baik tentang siapa saja atau apapun yang mungkin masuk melalui pintu. Hal tersebut akan membantu anda merasa lebih nyaman di tingkat bawah sadar. Secara filosofi, ini juga berarti anda lebih sadar akan peluang potensial yang mungkin datang kepada anda.

Menurut Feng Shui, pintu masuk rumah harus berada di depan dan harus terbuka ke dalam, untuk mengundang energi Chi, sekaligus dapat terbuka dengan leluasa. Tidak hanya itu, Feng Shui rumah juga memberi manfaat dalam segi psikologis. Misalnya jika memberi tanaman di dalam hunian dan cat warna-warni, pasti dapat membuat anda semakin bersemangat dan meningkatkan motivasi. 

Tips Feng Shui Pada Hunian

1. Pintu Masuk

feng shui

Feng Shui rumah yang pertama dimulai dari pintu masuk. Pintu masuk yang disebut mulut Qi, adalah tempat energi memasuki ruang, dan itu juga yang dilihat orang dari luar. Sehingga pintu masuk rumah mewakili wajah anda kepada dunia. 

Pastikan area masuk ini bersih dan bebas dari kekacauan, sehingga qi dapat mengalir dengan mudah. Penting juga agar memberi label dengan jelas dan bebaskan dari penghalang, agar pintu depan mudah ditemukan dan diakses orang lain yang berkunjung ke rumah. Pastikan bel pintu berfungsi dengan baik.

Jangan lupa untuk menyapu dan mencuci pintu rumah anda. Anda mungkin ingin menambahkan lampu untuk menjaga area tetap terang dan memperkenalkan elemen api.

2. Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

feng shui
Feng Shui rumah yang kedua adalah area tengah. Ruang Tamu dan Ruang Keluarga adalah tempat berkumpul dengan keluarga dan teman, sehingga mereka harus merasa nyaman. Di ruang publik ini, anda harus membuatnya terbuka dan welcoming. Anda bisa menggunakan lima warna elemen untuk mendekorasi ruang tersebut berdasarkan energi yang ingin anda kembangkan. 

Pastikan anda memiliki tempat duduk yang nyaman dan cukup untuk semua orang yang tinggal di rumah, ditambah beberapa kursi tambahan untuk tamu. Untuk mendorong koneksi dan percakapan, hadapkan kursi dan sofa satu sama lain. Usahakan untuk menghindari sandaran kursi menghadap pintu. 

Tanaman hijau yang sehat juga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk ruang tamu dan ruang keluarga, karena dapat menambah energi qi (kekuatan hidup) yang vital, serta elemen kayu yang mewakili kebaikan dan kasih sayang. 

3. Ruang Makan

feng shui
Feng Shui rumah yang ketiga adalah ruang makan. Tak jauh beda dengan ruang keluarga, ruang makan juga tempat berkumpul untuk makan bersama, dan itu adalah waktu untuk terhubung dengan keluarga dan orang lain sekaligus mewakili persahabatan. 

Gunakan meja makan untuk makan secara teratur untuk menarik lebih banyak persahabatan ke dala, hidup anda. Jika meja makan juga digunakan untuk keperluan lain, pastikan untuk membersihkannya saat makan. Bunga segar dapat diaplikasikan untuk mengundang energi ataupun melepaskan hubungan dengan orang lain dalam hidup. 

4. Dapur

feng shui
Dapur merupakan area penting di rumah karena mewakili cara anda menyehatkan diri. Salah satu cara untuk meningkatkan Feng Shui dapur anda adalah dengan memastikan lemari penyimpanan anda bersih dan rapi, mulai lemari es, rak dan kitchen set

Bersihkan apapun yang tidak berguna, seperti barang kadaluwarsa. Gunakan kompor minimal sekali sehari meski hanya untuk merebus air, karena hal ini membuat energi tetap aktif. Jaga semua peralatan dapur tetapa bersih dan dalam keadaan baik. 

5. Kamar Mandi dan Toilet

feng shui

Kamar mandi memiliki banyak saluran pembuangan, sehingga dapat menjadi sumber turunnya energi. Untuk meminimalkan hal ini, sebaiknya tutup pintu kamar mandi sesering mungkin. Karena air mewakili aliran kekayaan dan uang di Feng Shui, hal tersebut dapat mencegah uang mengalir pergi dari anda. 

Memiliki banyak elemen air yang dapat menyebabkan terkurasnya kekayaan, mulailah menjaga kebersihan kamar mandi agar menjadi tempat yang nyaman untuk digunakan. Tak hanya itu, kloset juga mewakili area tersembunyi dalam hidup dan membutuhkan perhatian seperti halnya ruang hidup.

Tips :
  • Tanaman hijau di atas toilet dapat mengubah energi air yang kebawah menjadi energi kehidupan ke atas, karena tanaman tumbuh dan berkembang dengan air. 
  • Tutup dudukan toilet saat tidak digunakan.
  • Jaga kebersihan cermin agar bisa memantul dengan jelas. 
  • Periksa lemari dan bersihkan dari barang yang tidak lagi diperlukan. 
  • Jangan lupa bersihkan debu menumpuk di sudut yang tersembunyi. 
  • Biarkan sedikit ruang terbuka, seolah anda memiliki ruang untuk mengundang peluang baru ke dalam hidup anda. 

6.  Kamar Tidur

feng shui
Tempat tidur dan kamar tidur mewakili pribadi anda. Jadi, ini adalah area yang sangat penting untuk dilihat dalam Feng Shui, sekaligus tempat yang bagus untuk memulainya. 

Untuk memulai Feng Shui kamar tidur, pastikan tempat tidur dalam commanding position, yaitu lokasi terjauh dari pintu, tidak searah dengan pintu, dan anda bisa melihat pintu masuk ke kamar. Selanjutnya, periksa di bawah tempat tidur. Sangat tidak ideal menggunakan area tersebut sebagai tempat penyimpanan, karena anda menghabiskan banyak waktu untuk beristirahat disini. Jadi, apapun yang ada di bawah anda akan mempengaruhi secara energik. 

Jika ingin menyimpan barang di bawah tempat tidur karena alasan ruang sempit, pastikan anda hanya menyimpan barang-barang yang berhubungan dengan tempat tidur, seperti seprai dan selimut. Anda juga bisa menambahkan elemen tanah berupa karpet persegi berwarna coklat di bawah tempat tidur.

7. Ruang Kerja

feng shui
Ruang kerja sangat penting jika ini adalah kantor anda saat bekerja di rumah. Ruang kerja dan meja kerja melambangkan karir anda. Oleh karena itu, Feng Shui ruang kerja di rumah sangat mempengaruhi kesuksesan anda dalam bekerja. 

Tempatkan meja pada posisi commanding position. Periska apakan anda menggnuakan kursi dengan sandaran atau tidak. Kursi dengan sandaran memberikan lebih banyak dukungan, dan setiap orang dapat menggunakannya dalam karir mereka. Pastikan anda memiliki jarak setidaknya satu meter antara meja dan kursi. 

8. Lorong

feng shui

Lorong seperti arteri tempat mengedarkan qi melalui rumah, karena itu jangan lupa Feng Shui di lorong. Lorong rumah memang jarang diperhatikan, padahal lorong merupakan jalur perantara aliran energi dari luar ke dalam rumah.

Jaga agar lorong sempit bersih dari kekacauan dan hindari membuat lorong terlalu sulit untuk dilalui karena itu mewakili hambatan dalm hidup. Pastikan lorong memiliki penerangan yang baik. Berikan karya seni seperti foto, lukisan atau pajangan lain di lorong, terutama yang panjang. 

Jangan menempatkan kamar mandi di ujung lorong atau tengah rumah. Sebaiknya tempatkan kamar mandi di samping lorong atau area pinggir rumah, agar aliran energi positif lebih maksimal. 

Feng Shui tidak hanya datang dari benda-benda di luar atua dalam bangunan, tetapi juga harapan penghuni rumah. Benda- benda yang menyimbolkan hal baik diharapkan dapat meningkatkan kualitas Feng Shui rumah. Posisi benda-benda ini sebaiknya diletakkan pada tempat yang mudah terlihat untuk memberi efek psikis bagi yang melihatnya. Semoga artikel Tips Feng Shui Rumah bermanfaat!.