15 Desain Dapur Sederhana & Murah untuk Rumah Minimalis

Memiliki dapur kecil tidak selalu menjadi masalah jika anda bisa mendesain dan memanfaatkan setiap sudutnya dengan benar. Di dapur sederhana, setiap inci perseginya dapat membuat perbedaan, mulai dari tempat penyimpanan hingga menciptakan nuansa yang lebih luas. 

Membuat desain dapur sederhana dan menerapkan ide minimalis untuk dapur dengan budget terbatas tentunya tidak membutuhkan banyak bahan. Dapur kecil sama indah dan fungsionalnya dengan dapur besar. Hanya diperlukan sedikit kreativitas untuk membuat dapur sederhana anda menjadi tempat yang nyaman untuk memasak, bersantai bersama keluarga dan teman-teman. 

Bagaimanapun, kini dapur adalah salah satu tempat yang lebih dari sekedar tempat untuk menikmati makanan atau cemilan. Tak perlu bingung dengan dapur kecil yang anda miliki karena ada beberapa ide desain dapur sederhana yang bisa menjadi inspirasi anda.

1. Dapur sederhana  dengan meja makan (meja bar).

desain dapur minimalis
Memiliki rumah minimalis, maka anda harus memanfaatkan semua space yang ada, seperti menggabungkan ruang makan dan dapur. Cara paling mudah adalah menambahkan meja bar di sisi dapur. Sehingga, sebagian sisi bisa digunakan untuk masak, sedangkan sisi yang lain bisa untuk persiapan makan. Tambahkan meja dan kursi ramping agar terkesan minimalis dan modern.

2.  Dapur ramping dengan sentuhan modern.

desain dapur minimalis
Jika anda harus memilih lemari, ingatlah bahwa desain kabinet dapur kecil adalah salah satu elemen penting yang sangat menentukan. Mengganti gagang dan kenop yang berat dengan tarikan jari akan membuat tampilan minimalis dan modern pada lemari dapur anda. Hal ini juga dapat membuat ruangan tampak lebih besar

3. Dapur sederhana dengan bahan mengkilap.

desain dapur minimalis
Salah satu trik ruang kecil adalah dengan menciptakan ilusi ruang. Hal ini bisa anda lakukan dengan memanfaatkan cermin dan kaca. Anda bisa membuat sekat ruangan dari kaca agar dapur tampak lebih luas. Anda juga bisa memasukkan kaca di lemari kayu atau menggunakan lapisan logam. Selain itu, memasang backsplash menggunakan ubin atau kaca reflektif juga pilihan yang menarik. 

4. Dapur praktis satu sisi.

desain dapur minimalis
Dapur sederhana dengan desain terbuka sangat cocok untuk area kecil. Dapur yang didesain pada satu sisi dan desain dapur bentuk L bahkan membuat ruangan tidak terasa sempit sama sekali. Minimalkan saat memilih peralatan, perkakas dan aksesori lainnya. 

Peralatan penting seperti kompor dan lemari es dapat dipilih dalam ukuran lebih kecil yang cocok untuk dapur anda. Jaga agar tidak berantakan untuk membuat ruangan terlihat lapang dan luas. 

5. Dapur sederhana bernuansa putih.

desain dapur minimalis
Meski sudah tidak populer, menggunakan warna putih untuk dapur sempit lumayan bagus. Warna terang akan membuat dapur lebih luas, apalagi warna putih bisa memantulkan cahaya. Dapur warna putih yang diaplikasikan dengan lantai kayu membuatnya tampak sederhana namun eksklusif. 

6. Dapur dua sisi dengan penyimpanan cerdas.

desain dapur minimalis
Dapur dengan dua countertops paralel dengan jalan di tengahnya bisa menjadi pilihan selanjutnya selain model satu sisi saja. Meski terlihat sempit, aktivitas area dapur akan lebih efisien. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan seluruh area dinding sebagai tempat penyimpanan untuk menghemat ruang. 

7. Dapur mungil dengan jendela lebar. 

desain dapur minimalis
Iluminasi adalah elemen penting untuk dapur kecil karena dapat menghilangkan bayangan dan kegelapan, sehingga membuat ruangan tampak lebih besar. Jika anda memiiki jendela besar di dapur, manfaatkan cahaya alami di area tersebut untuk menjaga ruangan tetap terang. Lengkapi dengan pencahayaan LED yang terang untuk malam hari. 

8. Dapur praktis teknik segitiga emas.

desain dapur minimalis
Segitiga emas adalah teknik populer yang digunakan oleh perencana dapur dan desain interior saat merencanakan pembuatan dapur. Ini melibatkan penempatan kompor, wastafel dan lemari es dalam tata letak segitiga untuk memaksimalkan efisiensi aktivitas di dapur sederhana apapun. 

9. Dapur sederhana dengan warna kontras.

desain dapur minimalis
Jika ingin membuat elemen menarik di rumah minimalis anda, pilihlah peralatan terang, seperti oven warna merah, lemari kuning, kabinet coklat muda atau lainnya. Ini adalah salah satu ide dapur sederhana terbaik yang bisa dicoba. Mengaplikasikan warna-warna cerah akan menciptakan kontras yang menakjubkan terhadap warna terang atau netral di ruang lainnya. 

10. Dapur tradisional dengan material kayu.

desain dapur minimalis
Anda dapat membuat dapur sederhana dengan memilih desain klasik. Memilih lemari kayu adalah cara yang mudah untuk melakukannya, tetapi jika anda memilih warna kayu yang lebih gelap, seimbangkan dengan menggunakan warna yang lebih terang pada dinding dan lantai agar ruangan tidak terlihat sempit. 

11. Dapur dengan pulau dapur sederhana. 

desain dapur minimalis
Untuk memiliki meja dapur (kitchen island), anda tidak memerlukan dapur besar. Pada dapur kecil dengan tata letak terbuka, pulau dapur sederhana dapat berfungsi sebagai counter untuk menyiapkan makanan atau sebagai meja makan, tergantung kebutuhan. Anda dapat memodifikasi dengan menyertakan bar atau meja sementara.

12. Dapur sederhana dengan warna terang. 

desain dapur minimalis
Tidak hanya dapur, semua ruang sempit akan mendapatkan keuntungan jika menggunakan warna cerah, karena memberikan kesan lapang dibanding warna gelap yang memberikan kesan sesak. Warna putih, krem, abu-abu, atau warna pastel sangat ideal untuk dapur sederhana. 

Namun, jika dapur cukup memiliki cahaya alami, anda bisa memilih warna modern seperti midnight blue atau charcoal grey. Ingatlah untuk menyeimbangkan warna gelap ini dengan warna netral agar tidak terlalu menguasai ruangan. 

13. Dapur minimalis tata letak terbuka.

desain dapur minimalis
Tata letak terbukan adalah favorit di rumah kecil, karena menggabungkan ruang untuk membuatnya multifungsi dan memberikan tampilan cantik. Anda bisa menghubungkan dapur dengan ruang tamu atau ruang makan untuk membuatnya tampak lebih luas. 

14. Dapur sederhana dengan fitur unik.

desain dapur minimalis
Bila ingin menjadikan dapur minimalis lebih menarik, ide yang paling efektif adalah mencerahkan ruangan dengan warna dan corak. Alih-alih menggunakan lantai putih atau netral yang membosankan dan ubin backsplash, pilih ubin berpola dan cocokkan dengan warna serupa pada lemari untuk menyatukan desain dapur. 

15. Dapur cantik dengan backsplach cerah.

desain dapur minimalis
Tidak hanya warna terang atau netral yang direkomendasikan untuk desain dapur sederhana maupun dapur kecil. Anda bisa menanamkan kecerahan pada dapur dengan warna berani pada ubin backsplash atau beberapa pintu lemari untuk memecahkan kebosanan dengan menghadirkan fitur menarik pada desain dapur sederhana anda.

Menghadirkan desain dapur sederhana yang menggabungkan semua eleman dan fitur penting tanpa membuat ruangan terlihat sesak merupakan tantangan memiliki rumah minimalis. Semoga artikel desain dapur sederhana bermanfaat!.

Related Posts