Top 10 Desain Interior Rumah yang Ngetrend di 2021

Tahun baru, gaya baru!. Itulah yang diimpikan banyak orang ketika tahun baru tiba untuk memulai kehidupan baru yang lebih baik. Selama tahun 2020, sebagian besar orang menghabiskan waktu berbulan-bulan berada di rumah untuk work from home, dan ruang keluarga bisa menjadi ruang multifungsi yang menekankan pada pekerjaan, pendidikan, hiburan dan sebagainya.

Sebagian besar melalui tahun 2020 di rumah, anda tentu memikirkan hal yang baru juga untuk rumah anda. Mungkin anda terlalu bosan dan ingin merenovasi atau berniat membuat desain interior impian yang ngetrend di tahun 2021. Setelah mengalami tahun yang membosankan, tidak mengherankan jika tren desain rumah tahun 2021 berfokus pada kenyamanan. 

Mungkin anda berencana membuat desain rumah minimalis, atau mungkin ingin sofa beludru berumbai tradisional dan sebagainya. Faktanya, tren desain rumah 2021 adalah tentang menciptakan rumah yang nyaman, fungsional dan cerminan dari diri anda. Hm.... tidak jauh beda dengan desain rumah pada tahun sebelumnya ya!.

Berikut beberapa tren desain interior 2021 yang bisa anda jadikan inspirasi untuk dekorasi baru di tahun baru :

1. Gaya interior grandmillennial atau granny chic.

desain rumah 2021
Gaya estetika desain grandmillennial mungkin tidak pernah diduga akan kembali bergaya di zaman modern ini. Sentuhan pada gaya tradisional ini adalah penangkal interior modern abad pertengahan yang telah mendominasi selama bertahun-tahun. Jika sebelumnya gaya tradisional disisihkan dengan gaya modern, maka kini sentukan tradisional mulai dipercantik hingga menjadi populer.

Dengan pola dan tekstur tradisional, tampilan granny chic mencerminkan keinginan orang berusia 20-30an tahun akan sebuah ruangan yang memamerkan individualitas mereka. Sehingga memadukan furniture kayu tradisonal berwarna coklat dengan furniture modern akan menambahkan keunikan pada interior rumah. 

Gaya tradisional yang diperbaharui ini mengadopsi tren jadul, seperti meja berpola, kain pelapis berpola, wallpaper bermotif bunga dan furniture ukir, yang dimodifikasi dengan sentuhan segar untuk abad 21. Dengan memadukan beberapa elemen modern, gaya nostalgia dan nyaman tidak akan terlihat norak. 

2. Gaya interior industrial

desain rumah 2021
Seperti gaya granny chic yang mulai naik daun, desain interior industrial diprediksi akan populer di tahun 2021. Gaya interior industri seringkali menggabungkan elemen seperti bangunan batu ekspos, langit-langit tinggi, elemen kayu dan logam, serta warna-warna netral. Gaya industrial terlihat seperti loteng dengan desain modern penuh estetika.

Gaya bebas yang cukup merepotkan ini diprediksi akan menjadi tren yang meningkat di tahun 2021, karena banyak orang akan menghabiskan waktu di rumah. Gaya dengan perpaduan desain modern dan tradisinal serta dekorasi kreatif untuk interior ini memang cocok dijadikan sebagai tempat tinggal, bekerja dan bersantai. 

3. Wallpaper kupas dan tempel.

desain rumah 2021
Wallpaper semakin populer di kalangan orang-orang yang mencari cara untuk meningkatkan hunian dengan cara yang mudah dan cepat dengan hasil dramatis. Banyak pilihan wallpaper yang bisa dipilih sesuai selera untuk diaplikasikan pada dinding ruangan rumah anda. Anda bisa menjadi kreatif dan langsung melepasnya jika sudah bosan. 

Dulunya, wallpaper hanya dibuat menggunakan kertas. Seiring perkembangan zaman, kini ada berbagai jenis bahan wallpaper yang bisa anda pilih, mulai dari bahan kain,kertas, heavy duty paper, vinyl, beludru dan foil. Dengan wallpaper, anda bisa mengubah suasana ruangan kapanpun yang anda mau dengan waktu singkat, tapi jangan lupa siapkan budget ya!.

4. Keramik rustic untuk interior dapur. 

desain rumah 2021
Desain dapur tahun 2021 dapat ditukar dari backsplash yang halus dan seragam, dengan ubin keramik warna warni. Menggunakan keramik sepertinya memang sudah ketinggalan zaman, tapi kini mulai banyak ubin keramik yang menunjukkan variasi alami dan cantik dipandang. Anda bisa menggunakan ubin keramik untuk membuat backsplash atau menutupi seluruh dinding area dapur.

5. Kitchen set hijau.

desain rumah 2021
Lemari kabinet hijau digadang-gadang akan menjadi salah satu tren dapur paling populer tahun 2021. Bahkan, warna yang kemungkinan akan bermunculan di dapur mana pun pada tahun 2021 adalah warna yang lebih terang dan lebih dalam. 

Jika anda ingin menambahkan suasana yang lebih mendramatisir di dapur, pertimbangkan untuk mengecat lemari atau kitchen set dengan warna hijau, karena warna ini cocok dengan palet warna yang sejuk, sehingga akan menciptakan desain dapur yang hangat dan nyaman. 

6. Furniture anyaman dan rotan.

desain rumah 2021
Gaya furniture tenun kemungkinan akan populer di tahun 2021. Bahan alami yang berada di puncak popularitas pada beberapa tahun terakhir ini akan menambah kehangatan dan cahaya pada dekorasi interior maupun eksterior rumah. Produk dari bahan tersebut (rotan dan bambu), terlihat elegan, indah, ringan dan sangat cocok dengan landscape apapun. 

Untuk area taman, furniture rotan atau bambu anyam adalah salah satu dekorasi yang paling estetis. Namun, furniture tersebut berumur  pendek dan mudah rusak. Selain itu, tanpa lapisan khusus, rotan, bambu hingga alang-alang, dapat kehilangan warna dan bentuknya karena pengaruh cuaca.

7. Memadukan warna kuat dan warna netral.

desain rumah 2021
Meski belakangan ini warna netral selalu menjadi warna paling populer, kini anda harus melakukan permainan warna dan pola yang lebih kuat. Saat warna netral digunakan di dinding dan lantai, anda bisa bermain warna pada furniture dan aksesoris. Efek yang sangat menarik bisa anda dapatkan dengan menciptakan kontras dari warna-warna cerah dan visual yang tinggi.

8. Tanaman hias untuk dekorasi dan penyegar.

desain rumah 2021
Sebelumnya, tanaman sangat digandrungi untuk menghias eksterior rumah. Tanaman hias dalam ruangan sempat ketinggalan zaman pada tahun 1990 an, tetapi kini tanaman hias dalam rumah membawa warna baru dalam hunian. Menjelang akhir tahun 2020, berbagai jenis tanaman hias mulai populer untuk dekorasi interior rumah, maupun sekedar hobi baru. 

Membawa tanaman ke dalam desain interior rumah tidak hanya membawa semangat dan warna saja, tetapi juga bermanfaat menyegarkan udara, menyaring polutan dan melepaskan oksigen. Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa anda aplikasikan di rumah minimalis. Namun, jika anda menginginkan lebih, anda bisa membuat taman indoor dalam hunian anda. 

9. Pencahayaan dekoratif.

desain rumah 2021
Saat memasuki tahun baru, banyak orang akan mencari cara membuat rumah menjadi tempat tinggal yang nyaman dan fungsional. Ada beberapa pencahayaan utama untuk interior yang akan jadi trending di tahun 2021, yaitu :
  • Bentuk geometris : Bentuk ini berada di puncak popularitas dengan berbagai bentuk, seperti bentuk kubik, kap lampu kerucut, lampu gantung spiral, struktur bola dan sebagainya.
  • Kombinasi bahan : Contohnya lampu pijar yang dipasang dengan rantai logam.
  • Warna hitam : Merupakan tren baru dalam desain, misalnya lampu gantung dalam kap hitam, dipadukan dengan sconce lampu dan lampu lantai. 
  • Lampu gantung : Menjadi hits untuk desain kamar tidur. Lampu kaca buram di sisi tempat tidur menekankan ide desain interior modern. Lampu gantung juga cocok untuk ruang  tamu dan dapur. Untuk nuansa pedesaan, bisa ditambahkan penutup lampu anyam.
  • Cahaya horisontal : Lampu gaya horisontal yang banyak diaplikasikan pada gaya industri.
  • Komposisi vintage : Jika suka gaya vintage, dapat menggunakan desain lampu langit-langit yang terbuat dari perpaduan aluminium alloy dan logam. Model kuningan, tekstur emas, permukaan tradisional, akan sangat populer. 
  • Kaca berwarna : Lampu gantung atau kaca berwarna merupakan karya seni yang menciptakan pencahayaan unik penuh warna. 
  • Pencahayaan patung : Tidak hanya polos berbentuk lampu, model pencahayaan patung juga berkembang. Model lampu ini sekaligus akan menambah aksesoris interior anda. Anda bisa memilih berbagai bentuk sesuai selera.

10. Memanfaatkan barang bekas untuk interior. 

desain rumah 2021
Kepedulian terhadap dampak lingkungan membuat banyak orang berkreasi dengan barang-barang yang sudah menjadi sampah. Hal ini sudah dilakukan sejak tahun lalu, tapi sepertinya akan semakin populer di tahun 2021. Selain hemat anggaran, barang daur ulang dengan cepat menjadi objek desain di setiap rumah kontemporer.

Dengan barang bekas, anda bisa membuat banyak hal, seperti pot tanaman, penyimpanan dekoratif, furniture untuk ruang tamu atau ruang makan, toples penyimpanan, hiasan dinding dan berbagai ide lainnya. 

Itu adalan 10 ide dekorasi interior yang digadang - gadang akan trending tahun 2021. Memang tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya yang masih mengedepankan konsep desain rumah minimalis modern, tetapi faktanya ada beberapa dekorasi yang populer, dan pada tahun 2021 diprediksi mulai ditinggalkan. Ini akan dibahas pada artikel selanjutnya. Semoga artikel ide desain interior 2021 bermanfaat. Selamat berkreasi!.