8 Solusi Praktis Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Banyak orang ingin menghuni rumah yang sejuk sepanjang hari, apalagi ketika cuaca sedang panas-panasnya. Kebanyakan di dataran rendah, seperti Surabaya, Cirebon, Bekasi dan lainnya, pasti sudah sedia AC atau kipas angin untuk mengatasi suhu panas setiap hari. 

Saat cuaca panas diluar, panas itu akan merembes ke dalam rumah dan memang sulit untuk mengatasi rasa gerah di rumah tanpa bantuan alat elektronik. Lembab, lengket dan berkeringat di dalam rumah tentu akan membuat siapapun benar-benar tidak nyaman. 
membuat rumah sejuk tanpa ac
Memiliki rumah sejuk bisa dilakukan ketika anda memulai membangunnya. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli bangunan untuk membuat hunian yang tidak panas, dan hal ini tentunya harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti material bangunan, tata letak ruangan dan bahan tambahan lainnya. Hal yang paling mudah adalah tidak membuat bangunan menghadap ke timur atau barat, karena pasti rentan panas akibat sinar matahari. 

Beberapa orang kadang juga membuat ventilasi silang, menyiasati dengan meninggikan plafon, melapisi dengan cat khusus, hingga menggunakan material batu, batu bata atau beton, agar bangunan nantinya terasa lebih dingin. Ada juga yang menggunakan alternatif lain seperti sistem campuran (mencampur bahan kayu dengan beton) dan bahan perubahan fasa (PCM). 

Lalu bagaimana jika rumah anda tidak desain seperti itu?

Pasti AC ada di pikiran anda ketika gerah di rumah. Jika anda memiliki AC, anda bisa menciptakan lingkungan yang dingin di dalam rumah, tetapi itu akan menghabiskan banyak energi dan tagihan listrik. Menyalakan AC atau kipas angin bukan satu-satunya trik untuk membuat anda nyaman saat cuaca panas. Ada banyak cara menjaga rumah anda agar tetap sejuk tanpa membebani tagihan listrik. 

Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

1. Tutup tirai jendela

membuat rumah sejuk tanpa ac
Tips ini memang sangat sederhana. Bagaimana mungkin tirai jendela yang terbuka bisa menyebabkan ruangan panas?. Ya, sekitar 30% panas yang tidak diinginkan memang berasal dari jendela. Jika menggunakan tirai dan sejenisnya, bisa menghemat panas masuk hingga 7% dan dapat menurunkan suhu ruangan hingga 20 derajat. Dengan kata lain, menutup tirai pada dasarkan mencegah rumah anda menjadi miniatur rumah kaca, terutama jendela yang menghadap arah sinar matahari. 

Tips :
  • Tutup tirai saat siang hari jika memiliki jendela yang menerima sinar matahari langsung. Pastikan menutup tirai sebelum cuaca terlalu panas. 
  • Lebih baik lagi, belilah tirai anti tembus pandang. Tirai yang tidak tembus pandang menghalangi sinar matahari dan secara alami mengisolasi ruangan tempat memasangnya.
  • Pilih tirai warna netral atau terang, yang akan memantulkan daripada menyerap sinar matahari. Hal ini dapat mengurangi panas hingga 33%.
  • Buka jendela malam hari. Udara yang lebih sejuk akan bersirkulasi sepanjang malam. 

2. Desain area interior

membuat rumah sejuk tanpa ac
Menutup ruangan yang tidak digunakan akan mencegah udara dingin memasuki area ini. Jika anda tidak memiliki ruang keluarga dengan konsep terbuka, anda bisa membuka pintu interior untuk menjaga rumah tetap sejuk. 

Tips :
  • Biarkan pintu interior terbuka, agar udara bersirkulasi dengan bebas, menghilangkan titik panas dan mengatur suhu di dalam rumah. 
  • Hindari ruangan dengan banyak sekat, karena hal ini membuat udara lebih panas. 
  • Buat taman indoor untuk membuat rumah lebih sejuk. Baca : 80 Desain Taman Indoor, Penyejuk Alami Interior Ruma

3.  Batasi sumber panas di rumah

membuat rumah sejuk tanpa ac
Semua peralatan elektronik yang dijalankan akan membuang banyak panas, seperti oven, mesin cuci, kompor dan sebagainya. Anda harus memakai peralatan tersebut di saat yang tepat untuk meminimalkan panas di dalam hunian. 

Tips :
  • Nyalakan mesin cuci di malam hari, karena mesin cuci mengeluarkan banyak panas. Jadi sebaiknya anda mencuci baju malam hari untuk meminimalkan pemanasan. agar semuanya tetap dingin. 
  • Penggunaan oven atau kompor akan memanaskan rumah. Jika anda menggunakan kompor, pastikan untuk menyalakan kipas angin yang mengarah keluar. Jika kipas angin tidak mensirkulasi, maka tidak akan mendinginkan ruangan, tetapi setidaknya dapat meningkatkan aliran udara. 
  • Kabel benda elektronik sebaiknya tidak dibiarkan menempel jika tidak digunakan. Kabel yang teraliri listrik ini dapat memicu peningkatan suhu ruangan. 
  • Ganti lampu pijar dengan bohlam yang lebih dingin. Meski cahaya kuning dari lampu pijar menciptakan suasana yang menyenangkan, hal itu justru mengeluarkan banyak panas dan sebaiknya diganti dengan bohlam yang lebih hemat energi. 

4. Gunakan Exhaust Fan

membuat rumah sejuk tanpa ac
Mengaplikasikan exhaust fan di dalam dapur atau kamar mandi dapat menghidap udara di dalam ruangan untuk dibuang keluar. Hal ini juga akan menarik udara segar di luar ke dalam ruangan. Selain itu, exhaust fan dapat mengatur volume udara yang disirkulasikan de dalam ruangan. 

5. Optimalkan kipas angin yang ada

membuat rumah sejuk tanpa ac
Kipas angin bisa menyejukkan ruangan dan tubuh. Meski tidak sedingin AC, kipas angin bisa bekerja optimal dan efisien dengan perawatan yang tepat. 

Tips :
  • Nyalakan kipas berputar berlawanan arah jarum jam pada kecepatan tertinggi, untuk mendorong udara lurus ke bawah dan menciptakan efek angin dingin. Jika musim dingin, anda bisa menyalakan kipas searah jarum jam pada kecepatan rendah.  
  • Bersihkan kipas secara teratur, karena hal ini membantu kipas bekerja lebih baik. Kotoran pada kipas angin dapat memanaskan motor yang membuatnya berjalan lebih lambat. 
  • Poles baling-baling kipas untuk meningkatkan kemampuannya memindahkan udara. Lepas bilah dan usap dengan kain lembab, kemudian keringkan. 
  • Jika kipas bergetar, kipas bekerja  lebih keras dan tidak akan mendinginkan ruangan dengan baik. Ganti skrup longgar pada kipas anda. 
  • Berikan 5-6 tetes oli pada mesin untuk menghilangkan suara berdecit dan membantu motor bekerja lebih efisien. Sebaiknya lihat buku panduan produk tentang meminyaki kipas angin anda. 

6. Desain area outdoor

membuat rumah sejuk tanpa ac

Membuat hunian sejuk bisa dilakukan dengan mendesain area eksterior. Tanaman indoor ataupun outdoor yang ditempatkan dengan baik dapat membuat banyak perubahan untuk hunian anda. Meski tidak langsung memberikan hasil, hal ini adalah cara yang baik untuk menambahkan warna dan keindahan pada interior rumah anda.

Tips :
  • Tambahkan tanaman pada jendela atau bagian luar jendela. Hal ini memberikan lapisan perlindungan lain dari matahari. Anda bisa mengaplikasikan tanaman cukup tinggi yang dapat menghasilkan bayangan. Hal ini dapat mengurangi panas hingga 70% jika ditempatkan di jendela yang berhadapan dengan sinar matahari.
  • Untuk jangka panjang, anda bisa menanam pohon di halaman yang kelak akan memberikan naungan sejuk untuk rumah anda. 
  • Cat ulang atau ganti atap rumah anda ke warna yang lebih terang, atau ganti dengan atap dengan perlindungan panas. Hal ini akan melindungi rumah dari panas, karena atap tersebut akan memantulkan dan melepaskan energi matahari. Anda bisa menggunakan cat khusus yang  terdiri dari pelapis fotokromik dan termokromik. 
  • Anda bisa memasang panel atap putih atau mengaplikasikan pelapis atap putih jika memiliki atap datar atau metal. 
  • Gunakan kaca film reflektif pada jendela untuk menjaga rumah tetap sejuk. 
  • Manfaatkan kanopi untuk membuat area depan rumah menjadi lebih teduh. Memasang kanopi yang cukup lebar akan meminimalkan cahaya matahari langsung masuk ke dalam rumah. Baca : 48 Desain Kanopi Modern, Pilihan Tepat untuk Rumah Minimalis

7. Membuat pendingin sederhana

membuat rumah sejuk tanpa ac
Pendingin ruangan tak selalu harus AC. Jika anda punya kipas angin meja, anda bisa membuat pendingin sederhana di rumah. Anda bisa meletakkan semangkuk es di depan kipas angin agar butiran uap dingin dari es tertiup dan membuat ruangan menjadi sejuk. Memang hal ini tidak akan bertahan lama, tapi setidaknya bisa membuat aliran udara yang segar. 

8. Membuat diri sendiri tetap sejuk

membuat rumah sejuk tanpa ac
Anda sendiri juga harus kreatif agar tetap sejuk di dalam rumah. Bukan hanya menjaga rumah, tetapi anda harus membuat diri anda sendiri sejuk. Tips di bawah ini tidak akan menurunkan suhu rumah anda, tetapi akan menurunkan suhu anda, agar anda tetap merasa sejuk. 

Tips :
  • Jika anda susah tidur malam karena panasnya udara, tidurlah di lantai dengan alas, untuk beberapa saat. Anda juga bisa merubah tatanan tempat tidur anda menempel di lantai.
  • Hindari menggunakan bahan material sintetis khususnya di kamar tidur. Gunakan sprei berbahan katun atau sprei berbahan lain yang memang dirancang untuk membuat anda tetap sejuk di malam yang panas. Misalnya terbuat dari flanel, selimut bulu dan kapas.  
  • Kipas angin yang berputar berlawanan arah jarum jam akan menarik udara panas. Pastikan memiliki kipas angin gantung di malam hari. Meski tidak menurunkan suhu, kipas akan membuat anda lebih sejuk karena udara yang bergerak di atas kulit dapat menguapkan keringat dan menarik panas dari tubuh. 

Itu adalah beberapa tips membuat rumah sejuk tanpa AC yang bisa dicoba. Jika anda menginginkan hunian sejuk di dataran rendah, hal ini bisa dikonsultasikan lebih dulu dengan ahli bangunan anda. Biasanya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti membuat ventilasi silang, material bangunan, cat khusus dan lain sebagainya. 

Membuat rumah sejuk itu tidak sulit, tetapi juga tidak mudah. Berbagai cara diatas bisa dilakukan untuk membuat rumah sejuk tanpa boros listrik. Anda bisa mencobanya atau merubah bentuk bangunan rumah anda. Semoga artikel Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC bermanfaat!