8 Ide Brilian Mendesain Dapur Kecil yang Perlu Dicoba

Memiliki dapur kecil tidak selalu menjadi masalah. Memiliki dapur yang besar dan luas juga tidak selalu menarik jika anda tidak mendesainnya dengan baik. Sementara dapur kecil yang dirancang dengan baik bisa  menghadirkan beberapa keuntungan. 

Dapur kecil sebenarnya sangat menarik, karena pastinya mudah diatur dan direnovasi. Dapur kecil juga menghemat ruang di dalam rumah yang pas untuk kebutuhan anda. Jika anda mengurangi ukuran dapur, mungkin anda bisa menambahkan ruangan baru seperti kamar mandi, ruang keluarga, ruang kerja dan sebagainya.

Merenovasi dapur terbilang mahal dan memiliki desain dapur kecil pastinya menguntungkan. Daput kecil lebih baik secara ergonomis, serta membuat penggunaan ruang menjadi efisien. Nah, jika memiliki dapur kecil, anda tidak perlu kuatir, karena ada beberapa ide menarik untuk membuat dapur kecil anda lebih cantik dan berkesan. 

Ide Desain Dapur Minimalis

1. Pastikan tetap terang.

desain dapur minimalis

Jangan berkeinginan mengaplikasikan warna gelap ke dalam dapur kecil. Saran pertama untuk ruang kecil adalah selalu menggunakan warna cerah. Jadi pikirkan untuk mulai menggunakan warna putih, krem atau warna cerah lain untuk dinding dan warna gelap pada beberapa aksesoris saja. 

Warna cerah akan memantulkan cahaya yang akan membuat ruang tampak lebih luas. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan jendela untuk dapur anda agar cahaya alami dapat masuk dengan leluasa. Jika tidak, pasang lampu gantung yang cukup untuk menerangi seluruh ruang dapur kecil anda. 

2. Gunakan wastafel kecil.

desain dapur minimalis

Beberapa orang mungkin sudah terbiasa dengan wastafel besar dengan meja yang sangat populer di desain properti. Jika memiliki dapur kecil, sediakan area wastafel secukupnya dan sisakan bagian lain untuk kebutuhan lain, seperti memasak hingga untuk menyiapkan makanan. Manfaatkan setiap sudut meja untuk kebutuhan dapur kecil anda. Baca : 48 Model Wastafel Minimalis Berkonsep Natural.

3. Buat space dengan meminimalkan fitur.

desain dapur minimalis
Kadang anda tidak punya cukup ruang untuk menempatkan semua fitur dapur. Pada beberapa rumah mungil yang memiliki satu kamar tidur, kamar mandi dan ruang tamu, tidak ada banyak ruang untuk dapur standar dengan segala furniture lengkapnya. 

Nah, anda tidak perlu memaksakan furniture untuk memenuhi dapur kecil anda. Sebaliknya, anda bisa menggunakan furniture yang berdiri sendiri. Contohnya, wastafel sendiri, meja untuk memasak dan meja makan anda beli eceran. Bukan satu set - seperti kitchen set, yang biasanya diaplikasikan pada rumah mewah dan modern. 

Anda bisa mempertimbangkan juga untuk meja yang berfungsi ganda sebagai tempat persiapan dan meja makan. Hal ini dapat meminimalkan area dapur, menjadikannya tetap standar dengan mengabaikan beberapa fitur seperti lemari yang berat dan besar. 

4. Desain area seringkas mungkin.

desain dapur minimalis
Setelah mengurangi fitur-fitur berat, anda perlu menggantinya dengan fitur yang lebih ringkas, minimalis tetapi tetap rapi. Biasanya, area dapur entah itu dapur bentuk U atau bentuk L, memiliki satu konter yang lengkap dengan tempat cuci piring, kompor dan sebagainya. Jika memiliki dapur kecil, anda tentu harus membuat spesifikasi yang lebih ringkas.

Anda bisa mengganti lemari dinding di atas dengan rak-rak minimalis yang cukup untuk menyimpan beberapa peralatan. Rak terbuka sangat fungsional dan membuatnya jauh lebih mudah untuk mengakses piring dan gelas. Jangan asal membuat tanpa memperhatikan kerapian ya guys!.

Jika anda memiliki dapur bentuk L menghadap dinding kosong, anda bisa memanfaatkan area dinding untuk memasang rak atau meja dinding sebagai counter tambahan maupun meja makan. Sempit?. Maka pasang meja lipat agar rata dengan dinding saat tidak digunakan. 

5. Jangan membuang space kosong

desain dapur minimalis
Sudah meminimalkan fitur, anda tidak boleh membuang space kosong begitu saja, karena dapur kecil akan menyebabkan penyimpanan menjadi bermasalah. Penyimpanan yang berlebihan akan membuat dapur anda tampak penuh dan kurang enak dilihat. Untuk itulah, aplikasikan lemari penyimpanan minimalis yang cocok untuk dapur sempit dan gunakan space yang memungkinkan untuk penyimpanan. 

Misalnya, lemari dengan bilah geser meski hanya memiliki lebar 10 cm, masih bisa dimanfaatkan untuk menyimpan rempah-rempah, loyang dan barang kecil lainnya. Jangan sia-siakan juga area lemari yang masing lapang. Anda bisa membuat rak-rak'an sendiri untuk penyimpanan di dalam lemari kabinet. 

Anda juga bisa memasang lemari pantry dan lemari dinding yang mencapai langit-langit. Daripada bagian atasnya dibuang percuma, lebih baik menjadikannya tempat penyimpanan yang maksimal, bukan?. Namun anda juga harus memikirkan dapur secara arsitektur, karena tidak selalu masuk akan untuk memiliki lemari atas, terutama jika langit-langit tingginya 3 meter. 

6. Hias ruang dengan backsplash

desain dapur minimalis
Tidak banyak area yang bisa digunakan untuk mendesain dapur kecil. Jadi hal yang bisa anda lakukan adalah membuatnya tampak mewah agar tetap mengesankan. Backsplash adalah tempat yang sempurna untuk mendekorasi dapur, karena desain mewahnya akan menghidupkan seluruh area dapur kecil anda.

Anda bisa menggunakan bahan keramik mozaik, kayu reklamasi, marmer, ubin timah antik dan stainless steel  untuk menciptakan backsplash pada dinding maupun meja kabinet. Selain berfungsi sebagai lapisan anti kotor, backsplash dapur akan membuat dapur kecil anda semakin bercahaya, elegan dan menyenangkan. 

7. Gunakan keramik lantai berwarna terang

desain dapur minimalis
Tak hanya dinding, mengaplikasikan keramik lantai yang cerah juga sangat disarankan untuk desain dapur sempit. Selain itu, ubin adalah ilusi visual, dimana ubin kecil akan membuat dapur terasa sempit, sedangkan ubin berukuran besar akan membuat dapur terasa lebih longgar dan luas. Hal ini karena, memasang keramik yang besar akan mengurangi jumlah garis nat, sehingga seolah-olah menjadikan dapur anda tidak terbatas. 

Pilih ubin yang tidak lebih kecil dari ubin standar 12 x 12 inch. Sebaiknya anda memilih ubin yang lebih besar. Namun, dapur dengan lantai tengah yang sempit akan terlihat aneh jika meletakkan ubin besar, terutama jika garis nat yang panjang sejajar dengan lemari. Sesuaikan ubin dengan ukuran dapur dan pastikan tidak terlalu kecil atau kebesaran. Keramik berpola juga akan memberikan ilusi ruang yang lebih luas. 

8. Tambahkan tanaman hijau. 

desain dapur minimalis
Tanaman dapat memenuhi ruangan apapun, termasuk dapur kecil anda. Agar lebih menyegarkan, tambahkan beberapa tanaman hias ke dalam dapur. Anda bisa menaruh tanaman gantung di dekat jendela, tanaman pot kecil di meja kabinet, meja makan dan lain sebagainya. Agar lebih sempurna, aplikasikan tanaman yang memang cocok untuk dapur. Baca : 14 Tanaman Herbal Terbaik untuk Dapur, Rasakan Manfaatnya.

Itu adalah beberapa ide menarik yang bisa dicoba untuk mendesain dapur kecil di rumah anda. Rumah minimalis memang menawarkan banyak pesona, meski kurang dalam hal dapur. Namun, semua itu tidak jadi masalah jika anda bisa mengatur tata letak ruangan, memaksimalkan penyimpanan dan efisiensi. Semoga artikel Ide Desain Dapur Kecil bermanfaat!.